alexis23bledelAvatar border
TS
alexis23bledel
HATI-HATI! Beli iPhone 6 di Bilna.Com
[CASE CLOSED]


Ane cuma nge-share aja pengalaman ga enak ane. emoticon-Berduka (S)

Jadi ceritanya gini:

Tgl 17 Februari kemaren, bini ane dapet BBM dari temennya ngasi tau kalo di bilna.com (nyang jual produk2 bayi gitu, ibu-ibu tante-tante pasti pada tau dah emoticon-Big Grin ) ngejual iPhone 6 dengan kode diskon tambahan yang gede menurut ane. Jadi modelnya, harga promo + kode diskon. Totalnya jadi cuma 8.7 juta sekian lah buat model 16GB. Pan murah banget ntu, mana ada lagi iPhone 6 harga segono setau ane, CMIIW.

Jadilah ane pesen kan hari itu juga dengan harapan hepi2, bisa dapet iPhone terbaru harga miring dengan metode bayar pake kartu kredit. Walopun ane sedikit aneh karena Bilna akhirnya maen barang elektronik juga. Cuma karena ane sama bini ane juga udah sering belanja disitu dan fine2 aja. Kebetulan ane punya bayi baru lahir dan sempet beli breast pump buat pompa ASI dan beli susu juga. emoticon-Malu (S)

Pengirimannya cepet, tanggal 18 Februari besokannya udah dateng gan (usut punya usut, ternyata gudangnya deket rumah ane di Daan Mogot). Seneng banget ane pas lagi diluar rumah menuju ke rumah waktu itu, denger kabar dari bini ane kalo udah dateng dan ternyata ada problem miskomunikasi di pembayaran. Dari pihak kurir mintanya COD dan emang tertulis di bon pengirimannya, ya bini ane debat dikit bilang udah bayar langsung via kartu kredit dan di email juga udah diterima invoice dan shipping note. Lah kenapa ini jadi minta COD dan lagian ane kan bukan pelanggan baru yang baru pertama kali belanja di Bilna emoticon-Cape d... (S)

Kurirnya jawab mohon maaf (pas kebetulan ane sampe rumah tuh) emang mayan sering kayak begitu, jadilah dia contact dulu ke pusat (entah deh ke pusat di Slipi ato ke gudangnya). Akhirnya nunggu2 agak lama via telpon kebeneran pas lagi jam makan siang emang, ane sempet kasih minum dulu tuh kurir. Kasian gan, lagi panas banget terik waktu itu. Setelah dapat jawaban, katanya iPhone-nya dibawa dulu buat proses ulang. Lah, ane jelas kaga mao donk. Wong udah bayar, ntar dibilangnya barang udah terkirim pegimana? Kan airway bill sama invoice shipment udah keluar juga donk ane bilang. Akhirnya dia telpon atasannya lagi dan akhirnya katanya, ya udah minta tolong nanti invoice yang di email di BBM-in ke dia. Ane bilang ya udah OK. Dalam hati sih ane ketawa ngakak, pegimana sih lah invoice via email kan harusnya mereka udah ada dalam sistem donk. Kan yang ngirim emailnya dari Bilnanya sendiri, kenapa harus minta bukti dari ane coba? emoticon-Cape d... (S)

Singkat kata pokoke tuh iPhone ga jadi diambil dan ane buka donk, mikir udah kelar. Packaging sih segel dan bener2 segel memang, semuanya keliatan baru tanpa ada kesan udah dibuka sama sekali. Mulus juga. Cuma dapet chargernya yang kaki tiga (ane cek2 sih kemaren ini region Hong Kong punya), ane ga masalah yang penting HP-nya aja. FYI, ane pake Apple udah dari 2007. Mulai dari Macbook, iPod, sampe iPhone. Jadi kurang lebih ane tau dan ngerti produk Apple gimana lah. Cuma ane curiganya pas pertama juga, tombol mute-nya udah rada2 kendor. Ane positive thinking aja, mungkin emang model baru begini. Tapi iPhone 5 ane sampe sekarang jg ga sampe sekendor itu sih. emoticon-Bingung (S)

Problem muncul pas tanggal 22 Februari, ane iseng ngecek garansi dan disini ane salah juga ga langsung ngecek pas tuh barang pertama ane buka waktu 18 Februari. Ane mikirnya barang Apple lah ya jarang kenapa2 dan lagian masa iya Bilna baru pertama kali jual barang elektronik langsung ngecewain pelanggan. Ane ceknya di: https://selfsolve.apple.com/ dan hasilnya:

Spoiler for cek garansi:


Ane langsung kaget lah. Seumur-umur pake barang Apple baru kali ini dapet barang baru segel yang udah diaktivasi dari Oktober 2014. Berarti itu barang udah pernah dipakai donk. Itung2 sampe bulan Februari ane beli, brati garansi dari Apple udah jalan 4 bulanan. Keki ga ente? Ane beli iPhone 5 yang BM di toko Roxy aja garansinya bener pas diitung pas tanggal diaktivasi pertama kali pas dicek di website cek garansi Apple-nya. Lah ini ritel online gede kok begini... emoticon-Mad (S)

Ane komplain via email akhirnya donk pas tanggal 22 Februari dan ane tanya apakah itu iPhone barang bekas pakai? Dan ane juga minta penggantian. Terus dijawab tgl 23 Februari kalo garansi ane diperpanjang jadi Februari 2016, ngikutin 1 tahun dari yang semestinya ane dapatkan. Ya maksud ane tetep mao minta ganti unit baru yang dalam artian baru sebaru-barunya gan. Ane beli HP mahal pake duit, bukan pake daun ato kertas koran kan. Kaga gampang cari duit.emoticon-Bingung (S)

Ane sempet juga contact ke Apple Care dan dijawab karena Bilna bukan reseller Apple resmi, jadi ga bisa update langsung masa aktivasi alias garansi dari Apple-nya karena dari catatan mereka emang bener itu iPhone udah diaktifin pas Oktober 2014. Ya ane ngerti lah memang bukan salah mereka, karena seperti yang ane bilang sebelumnya diatas barang2 Apple ane yang laen juga garansinya bener kok.

Katanya ntar ditindaklanjuti lagi dan dikabarin. Ane tungguin kaga ada kabar, kebiasaan emang disini. Yang kena rugi siapa, customer yang mesti bawel. Akhirnya tgl 24 minta nomor IMEI, fotokopi KTP sama nomor HP ane. Agan2 tau setelahnya? Ane baru dihubungin tgl 27 dan tetep kekeuh dari Bilna cuma ngasi perpanjangan garansi sampe Februari 2016. Ane reply lagi bilang kaga ngasi solusi kenapa ntu iPhone bisa udah diaktivasi dari Oktober 2014, sedangkan ane beli Februari 2015. Dan ane juga tetep minta ganti unit baru. emoticon-Bata (S)

Akhirnya tgl 2 Maret kemarin baru, ada yang telpon ngasi solusi:
1. Kasih ganti unit TAPI tetep masa aktivasinya sudah aktif dari Oktober 2014. Gile ga gan? emoticon-Cape d... (S)
2. Kasih refund, tapi ga balikin duit langsung. Mesti dipotong dari pembelanjaan di Bilna selanjutnya. Gile ga gan?emoticon-Cape d... (S)

Ane antara mao ngakak + marah campur aduk. Ane interogasi yg nelpon ane. Katanya iPhone 6-nya dari supplier mereka di mangga dua. Ya ane sih ga mao donk, ane taunya beli barang baru segel kok dan seumur2 beli barang Apple ga pernah kejadian ga enak begini. Ujung2nya ya udah tetep solusinya cuma 2 itu doank. emoticon-Cape d... (S)

Ane bilang ane pikir2 dulu soalnya ane udah telanjur pasang tempered glass screen protector yang harganya kaga murah. Kalo dituker unit, ane mesti beli baru lagi ntu tempered glass. Ane rugi lah. Lucunya pas tgl 2 itu setelah ane bilang pikir2 dulu pas sekitar jam 10 - 11, eh sore jam 3 - jam 4an kurir Bilnanya udah dateng lho bawa unit gantinya. 2x deh ketauan ga ada koordinasinya emoticon-Cape d... (S)

Akhirnya ane tolak dulu dan telpon sama CS-nya Bilna lagi (mbak ella), suru kurirnya balik lagi. Say sorry udah repotin dan si kurir bilang gpp mas, udah kerjaannya emoticon-thumbsup

Spoiler for email:


Pokoke akhir cerita hari ini, ane batalin ganti unit barunya karena ane pikir sama aja toh dapetnya udah diaktivasi per Oktober 2014 jg. Garansi sama diperpanjang Feb 2016. Cuma kalo diganti tuker unit, ane mesti keluar duit baru lagi buat beli tempered glass baru lagi. Rugi 2x donk. Ane anggep buang sial aja pembelian iPhone 6 yang ini meskipun tombol mute rada kendor.

Ane cuma ga abis pikir, Bilna yang notabene udah ada nama kok berani2nya dan bisa2nya jualan kaya begini dan cari supplier kaya begini. iPhone uda aktivasi dijual baru demi jual harga murah. Ini baru ane aja yang tau, kalo yang laen yang kaga tau cara ngecek garansi servis pegimana gan?

Ya udah gitu aja gan, pokoke hati-hati saja kalo beli barang elektronik di Bilna ya terutama barang Apple. Murah sih murah, tapi takutnya barang bekas aja yang dijual baru.

Thanks Kaskus. emoticon-Cendol (S)

]UPDATE:
Hari ini perwakilan Bilna telepon ane lagi, setelah baca dimari sepertinya. Intinya nawarin full refund + biaya beli screen protector.

Ane bilang nda usah, ane udah legowo dan biarin udah pake aja ini iPhone-nya. Ribet juga gonta ganti. Ane heavy user IM + email kerjaan soalnya, maklum baru start-up + ngurus baby. Ane cuma saranin soal transparansi dan cari supplier yang terpercaya, sayang nama Bilna udah OK jadi jangan sampe rusak cuma gara2 jualan barang lain yang kaga ada hubungan sama bisnis intinya.

Pernyataan dari mereka:
- pihak manajemen menyesal dan sangat mengerti kekecewaan ane sebagai customer

- aturan refund-nya adalah pengembalian dana ke kartu kredit, bukan ke Bilna Kredit yang bisa dipake buat next shopping (ya ane kaga tau dan kaga tau ngerti ada Bilna kredit, soalnya yang biasa belanja bini ane)

- sudah tegur keras ke supplier mereka untuk produk ini dan juga minta tanggung jawabnya. Alhasil, iPhone yang ane beli ini ditambahkan masa garansinya jadi total 20 bulan garansi dari tanggal aktivasi (itung2 ane dapet tambahan garansi 8 bulan) dan lagi nunggu semacam surat pengesahan perpanjangan garansinya ini.

Ya udah begitu aja gan. Need to get back to work.

Semoga bisa jadi hikmah dari sharing ane ini.
Diubah oleh alexis23bledel 06-03-2015 14:42
0
8.8K
54
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan