E-TIME (Electro Activities Programme) 2015 Politeknik Negeri Jakarta
TS
Dian9395
E-TIME (Electro Activities Programme) 2015 Politeknik Negeri Jakarta
Sekilas tentang E-TIME 2015
E-TIME 2015 (Electro Activities Programme 2015) merupakan event terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Jakarta yang berisi kegiatan-kegiatan positif berupa perlombaan-perlombaan se-Nasional dengan tema tahun ini adalah “Infinite Technology”. Tujuan diselenggarakannya E-TIME 2015 untuk meningkatkan semangat berkreasi dan berkarya juga sebagai wadah kreativitas para mahasiswa. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2015 digelar di Politeknik Negeri Jakarta. Ada tiga lomba yang akan dilombakan.
1. Android Competition
Android Competition (AC) merupakan perlombaan keterampilan dalam membuat program mobile berbasis java dengan platform android.
Spoiler for TEMA:
“Tunjukan Kekayaan Budaya dan pariwisata Indonesia kepada Dunia”
Spoiler for SYARAT DAN KETENTUAN:
1. Peserta adalah mahasiswa D3/S1/sederajat aktif
2. Peserta harus mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan memberikan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan
3. Peserta merupakan tim yang beranggotakan minimal 2 orang maksimal 3 orang
4. Peserta hanya boleh tergabung dalam 1 tim saja dan hanya dapat mengirimkan 1 aplikasi atau game
5. Peserta wajib membayar biaya registrasi sebesar Rp. 250.000,00 (biaya registrasi dibayarkan setelah pengumuman penerimaan proposal)
6. Aplikasi yang diajukan merupakan aplikasi orisinil peserta dengan tidak menjiplak aplikasi yang sudah ada
7. Ide aplikasi belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis dimanapun
8. Ide aplikasi belum pernah diproduksi secara massal dan/atau diperjualbelikan
9. Ide aplikasi tidak mendiskritkan SARA lain
10. Keputusan penilaian sepenuhnya ada di tangan tim juri dan tidak dapat diganggu gugat. Kecuali untuk penentuan juara favorit ditentukan dari vote prototype yang di-upload yang dilakukan masyarakat umum.
11. Segala bentuk plagiarisme akan didiskualifikasi
Spoiler for TATA TERTIB LOMBA:
1. Peserta hadir minimal 20 menit sebelum lomba dimulai
2. Bagi peserta yang terlambat tidak diberikan perpanjangan waktu
3. Menggunakan almamater universitas serta tanda pengenal yang diberikan panitia
4. Peserta diharapkan hanya membawa peralatan yang dapat menunjang perlombaan
5. Alat komunikasi harap dimatikan
6. Dilarang membuat gaduh diruangan lomba saat lomba berlangsung
7. Peserta dilarang meninggalkan ruang perlombaan tanpa seizin panitia
8. Saat menunggu waktu lomba habis peserta tetap berada di ruangan
9. Turut memelihara kelestarian, kebersihan, ketertiban, dan keamanan di dalam ruangan perlombaan Note : tata tertib di atas berlaku pada babak final kompetisi android di kampus PNJ
Spoiler for FORMAT LOMBA:
Kompetisi akan berbentuk aplikasi berbasis Android yang dapat mencakup beberapa aspek sesuai tema yang di tentukan, dapat berupa aplikasi maupun games developer.
Pada tahap pertama, peserta membuat proposal ide aplikasi yang akan mereka realisasikan. Ide aplikasi harus bersesuaian dengan tema yang diberikan oleh panitia. Ide aplikasi dapat berupa aplikasi atau games.
Setelah melakukan submisi proposal, peserta diminta untuk melakukan submisi aplikasi versi beta mereka kepada panitia untuk diikutkan dalam penyeleksian tahap berikutnya.
Babak final perlombaan akan dilaksanakan di Politeknik Negeri Jakarta. Babak final akan di lakukan 2 tahap, yaitu tahap pertama penyempurnaan dan tahap kedua presentasi di hadapan juri. Peserta yang dinyatakan lolos ke babak final harus mengikuti rangkaian acara final atau didiskualifikasi.
Spoiler for ALUR KOMPETISI:
Pra Kompetisi
1. Pendaftaran dan Pengiriman Proposal
2 – 22 Februari
• Peserta melakukan pendaftaran melalui website E-Time.
• Peserta memahami peraturan kompetisi yang tertera pada rulebook.
• Pendaftaran dibuka sampai tanggal yang telah ditentukan. Peserta diharuskan
mengirimkan proposal ide aplikasi mereka kepada panitia sebelum deadline.
• Proposal merupakan SYARAT WAJIB sebagai kelengkapan peserta untuk mengikuti kompetisi. Pada tahap ini peserta belum dipungut biaya. Berikut konten proposal yang harus disertakan pada proposal ide aplikasi peserta:
Nama aplikasi
Latar belakang pembuatan aplikasi
Deskripsi & Konsep aplikasi
Tujuan pembuatan aplikasi
Platform aplikasi
Fitur-fitur aplikasi
Screenshot aplikasi / wireframe
Pernyataan pemenuhan 3 persyaratan berikut :
1. Aplikasi yang diajukan merupakan aplikasi orisinal peserta dengan tidak menjiplak aplikasi yang sudah ada.
2. Ide Aplikasi belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis di manapun.
3. Ide Aplikasi belum pernah diproduksi secara massal dan/atau diperjualbelikan.
2. Penyetujuan Proposal
2-3 hari setelah pengiriman proposal
Proposal yang telah panitia terima akan diseleksi terlebih dahulu untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Setelah proposal yang diseleksi disetujui oleh panitia peserta diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran untuk mengikuti kompetisi.
Kompetisi
1. Pengembangan Aplikasi
Setelah proposal disetujui – 21 Maret
Peserta yang dinyatakan lolos pada tahap proposal diharuskan untuk merealisasikan ide aplikasi mereka dalam bentuk aplikasi atau games.
2. Pengiriman aplikasi versi beta dan Penyeleksian Babak Final
Deadline pengiriman tgl 21 maret
Pada tahap ini, peserta diminta untuk mengumpulkan aplikasi versi beta dari aplikasi yang sedang dikembangkan ke website E-TIME 2015. Pengiriman Aplikasi Beta merupakan SYARAT WAJIB sebagai kelengkapan peserta untuk mengikuti kompetisi. setelahAdapun persyaratan minimal untuk tahap ini adalah sebagai berikut:
Aplikasi sudah dapat dijalankan namun belum sempurna.
Fitur yang diimplementasi sudah mencapai 90% dari yang direncanakan pada proposal.
3. Technical meeting
Tanggal 26 Maret
Pada tanggal ini setiap tim WAJIB mengirimkan perwakilannya mengikuti Technical Meeting, untuk menjelaskan tata tertib serta peraturan perlombaan.
4. Penyelesaian dan Implementasi
Tanggal 27 Maret
Proses penyelesaian aplikasi beta menjadi aplikasi siap release yang dilakukan di kampus PNJ dan dipersentasikan di hari berikutnya.
5. Presentasi
Tanggal 28 Maret
Peserta mempresentasikan aplikasi mereka di hadapan para juri serta melakukan live demo. Pada rangkaian persentasi, peserta diminta untuk menjalankan aplikasi mereka dihadapan juri secara langsung. Waktu presentasi dibatasi 15 menit. Berikut poin-poin yang harus dilakukan peserta pada live demo:
Peserta menjelaskan konsep aplikasi yang telah dibuat
Peserta mendemokan aplikasi mulai dari sebelum aplikasi dibuka sampai aplikasi ditutup.
Peserta dianjurkan untuk membuka setiap halaman yang terdapat pada aplikasi mereka.
Untuk kategori aplikasi, peserta minimal mendemokan satu fitur utama dalam aplikasi mereka.
Untuk kategori games, peserta minimal memainkan satu level atau mode dalam game mereka.
6. Pameran Aplikasi Peserta
28 Maret Pukul. 14.00 WIB
Aplikasi peserta yang telah siap release akan dipamerkan kepada pengunjung
7. Pengumuman Pemenang
28 Maret
Pengumuman pemenang lomba pada rangkaian acara penutupan e-Time 2015
Spoiler for TIMELINE:
2 Februari - 22 Februari 2015
Pendaftaran & Submit Proposal
Peserta melakukan Registrasi
Peserta men-submit proposal teknis.
Panitia meng-approve proposal dan
memberikan konfirmasi.
Peserta membayar uang pendaftaran.
4 Februari - 21 Maret 2015
Developing Apps
Peserta men-develop apps di rumah.
Peserta men-submit apps versi beta, screenshot, dll ke voting paling lambat 21 Maret 2015, pukul 23.59.
23 Maret - 28 Maret 2015
Voting
Voting dilakukan untuk menentukan JUARA FAVORIT.
Voting Terbuka untuk UMUM disini.
Voting ditutup 28 Maret 2015, Pukul 15.00 WIB.
27 Maret - 28 Maret 2015
Penyelesaian Apps & Presentasi
Penyelesaian Apps di PNJ pada 27 Maret.
Presentasi dihadapan Dewan Juri untuk menentukan JUARA 1,2,3 pada 28 Maret.
Spoiler for FORMAT PENILAIAN:
Kriteria Penilaian
Concept 15 %
User interface 10 %
Live Demo 10 %
Impact/Fun 50 %
Future prospect 15 %
Spoiler for FORMAT PENGUMPULAN APLIKASI:
Aplikasi anda dikumpulkan dalam bentuk executable (.apk, .xap, atau lainnya). Aplikasi dan dokumen-dokumen yang dirasa diperlukan (seperti panduan operasi) di-zip dan dikumpulkan melalui website E-TIME 2015 dengan format nama file : [PROTOTYPE/AC] –Nama Universitas- Nama Tim – Nama Aplikasi.zip
Spoiler for HADIAH UTAMA:
2. Line Follower Robotic (LFR)
LFR ( Line Follower Robotic ) merupakan perlombaan
mini robotic yang mengharuskan robot melewati jalur sesuai
dengan jalur yang sudah disiapkan oleh panitia. Dimana dalam
perlombaan ini terdiri dari 3 orang per tim.
Spoiler for PERSYARATAN LOMBA:
Peserta masih berstatus sebagai mahasiswa baik pada saat pendaftaran dan/atau perlombaan dengan tingkat D1, D2, D3, D4, dan S1 yang berasal dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
Jumlah peserta (tim) dari tiap perguruan tinggi adalah 20 tim.
Setiap tim maksimal terdiri dari 3 orang, masing-masing berasal dari satu universitas/perguruan tinggi yang sama. Setiap individu hanya diperbolehkan terdaftar pada satu tim.
Pendaftaran paling lambat tanggal 20 Maret 2015.
Peserta bisa mendaftar tanpa melakukan pembayaran terlebih dahulu, dan pelunasan pendaftaran paling lambat saat technical meeting tanggal 25 Maret 2015 melalui rekening bank yang sudah ditentukan oleh panitia
Jumlah peserta maksimum lomba dibatasi sejumlah 128 tim.
Bila kuota pendaftar sudah mencapai 128 tim maka pendaftaran secara online dan bukan online akan ditutup
.
Spoiler for KRITERIA ROBOT:
Robot yang diikutsertakan berbasis mikrokontroller (terprogram)
Dimensi robot maksimum :
Panjang : 20 cm
Lebar : 20 cm
Tinggi : 20 cm dari tanah
Berat robot maksimum yang diizinkan 3 kg (termasuk baterai).
Robot berjalan secara autonomous tanpa bantuan operator, transmiter-receiver, dan device-device interface human to robot lainnya (remote control).
Fungsi utama robot adalah mengikuti jejak garis serta melewati rintangan pada trek yang dipergunakan dalam perlombaan.
Robot (body dan/atau programnya) harus benar-benar merupakan hasil kreasi sendiri.
Tidak diperkenankan menggunakan salah satu atau lebih komponen dari satu atau
beberapa kit robot rakitan dan/atau kit permainan yang ada di pasaran, misal seperti
LEGO maupun produk lain yang serupa. (Untuk kanibalisme mainan TAMIYA atau
sejenisnya, yang diperbolehkan hanya bagian ban, motor DC, dan gearbox. Selebihnya
tidak diperbolehkan)
Robot harus bebas dari unsur eksplosif-oksidatif seperti bensin, butane, kerosene, hydrogen, dsb.
Sumber energi yang diperkenankan adalah yang tergolong klasifikasi sebagai baterai kering (dipersiapkan sendiri oleh peserta). Dengan tegangan maksimum yang diijinkan
yaitu 12 Volt dan tidak diperkenankan menggunakan accu.
Robot yang akan diperlombakan tidak diperkenankan dapat mengubah/merusak kondisi awal trek termasuk membahayakan robot lawan, penonton dan/atau panitia.
Robot mampu berorientasi dengan kondisi pencahayaan ruangan yang telah ditentukan oleh dewan juri, termasuk lampu kilat camera fotografer (kecuali menurut dewan juri dianggap mengganggu)
Spoiler for TATA TERTIB PESERTA:
Setiap peserta harus menaati ketentuan dan peraturan yang berlaku baik yang tertulis maupun tidak tertulis.
Peserta harus melakukan daftar ulang sebelum pertandingan.
Peserta harus mengenakan tanda peserta selama acara.
Peserta tidak diperkenankan memindahtangankan tanda peserta tersebut kepada orang lain.
Peserta harus bertanggung jawab atas keamanan barang/perlengkapan masing-masing.
Peserta diwajibkan untuk tidak melakukan tindakan diluar asas sportifitas atau kecurangan terhadap peserta lain selama acara berlangsung.
Apabila peserta yang bertanding belum/tidak datang, maka dinyatakan didiskualifikasi saat pertandingan tersebut.
Peserta boleh tidak mengikuti satu/lebih pertandingan.
Peserta harus menjaga kebersihan lingkungan
Di ruangan indoor peserta tidak boleh merokok
Spoiler for ATURAN PERLOMBAAN:
Umum:
Sebelum petandingan berlangsung, robot wajib dikumpulkan di tempat yang telah di sediakan oleh panitia ( sistem karantina ).
Apabila terjadi kecurangan saat proses karantina maka robot akan langsung didiskualifikasi
Kerusakan robot sebelum dan selama kompetisi bukan menjadi tanggung jawab panitia.
Peserta membawa perlengkapan/tools (tang, obeng, alat pemrogram, sparepart, dsb.) sendiri, disarankan untuk membawa perlengkapan seperlunya saja.
Satu tim terdiri dari 3 orang, setiap kelompok harus memiliki robot sendiri (masing-masing tim satu robot).
Penggantian anggota tim harus dikonfirmasikan kepada panitia paling lambat 25 Maret 2015. Anggota pengganti yang tidak diberitahukan kepada panitia tidak berhak membantu tim selama perlombaan.
Bila terdapat nama robot yang sama di antara kelompok peserta, diutamakan yang telah menyelesaikan administrasinya terlebih dahulu yang akan menggunakan nama tersebut.
Tiap tim hanya ada 1 perwakilan yang berada pada game arena, sisanya berada pada free area.
Peserta tidak diperkenankan mengganti power supply dan suku cadang pada saat sedang bertanding.
Retry dilakukan jika Seluruh badan robot keluar dari lintasan garis atau robot macet total harus kembali ke cek point terakhir yang telah dilewati. Robot diam di tempat,macet, dan hal lain yang menyebabkan robot diam diberi toleransi waktu menunggu selama 3 detik kemudian harus mengambil retry. Peserta meminta retry sendiri ke wasit.
Di tempat check point, jika peserta ingin melakukan setting robot tidak boleh di atas jalur/robot harus di angkat agar tidak mengganggu peserta lain yang ingin melakukan retry juga.
Bila ada dua peserta yang melakukan retry bersamaan di tempat cek point yang sama, maka didahulukan kepada peserta yang lebih cepat meletakan robotnya/lebih cepat menyatakan retry di tempat check point tersebut.
Setelah bertanding, peserta dapat menjaga robotnya dan membawanya kembali ke ruang karantina
Setelah bertanding, peserta harus saling menjabat Apabila robot ditabrak oleh robot lain dan masih berada dalam trek dan masih dapat bergerak maka tidak diperbolehkan untuk memindahkan posisi robot, namun bila kedua robot atau lebih bertabrakan dan tidak dapat bergerak,maka kedua robot atau lebih yang bertabrakan harus melakukan retry di cek point terakhir.
Keputusan wasit adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
Kualifikasi:
Jumlah peserta maksimal 128 tim.
Untuk penyisihan awal akan digunakan 2 sistem grup dan setiap tim bermain disetiap groupnya. Setiap peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bermain 2 kali dengan grup yang berbeda.
Sistem yang digunakan dalam babak penyisihan awal menggunakan sistem point.
Jika robot berhasil mencapai finish tanpa mengambil point pada arena titik point, skor yang akan didapat sebanyak 40 point ( setiap check point bernilai 10 point kecuali pada arena titik point)
Dalam arena titik point masing masing titik bernilai 15 point
Jika robot berhasil mengambil semua point dan mencapai finish maka skor akan bernilai 100 point
Setiap point pada arena titik point yang telah diambil lawan tidak dapat diambil kembali oleh robot lain
Peserta akan diambil 32 teratas untuk dapat melaju ke final dengan kriteria tertentu.
Adapun kriterianya adalah:
Point terbanyak
Finish
Waktu tercepat
Jarak Terjauh.
Penentuan posisi start ditentukan sebelum pertandingan dimulai oleh juri. Pada saat
penyisihan awal, setiap tim akan memperoleh posisi start yang berbeda.(jika
pertandingan pertama tim mendapat start, di posisi A maka dapat dipastikan pada
pertandingan kedua akan mendapat posisi start di B, C, atau D)
Jika robot tidak dapat berjalan sama sekali pada pertandingan pertama dan kedua, darigaris start hingga waktu habis, maka tim tersebut dinyatakan gugur.
Robot harus mengikuti jalur/garis/path yang ada pada trek, tidak diperkenankan untuk memotong jalur kecuali di daerah yang ditentukan. Jika robot keluar dari garis maka harus diulang dari garis check point.
Robot diberikan batas waktu maksimal 4 menit untuk menyelesaikan seluruh trek yang telah ditentukan.
Robot mulai bergerak setelah ada aba-aba dari wasit/dewan juri.
Semua lintasan & obstacle harus dilewati kecuali pada daerah yang diperbolehkan untuk memotong jalan.
Putaran Final:
Jumlah peserta putaran final adalah 32 tim.
Sistem gugur pada pertandingan ini menggunakan sistem pertandingan one and one fighting (head to head duel).
Sistem penilaian pada putaran final tidak menggunakan sistem point
Robot diberikan batas waktu maksimal 10 menit untuk menyelesaikan seluruh trek yang telah ditentukan
Robot harus mengikuti jalur/garis/path yang ada pada trek, tidak diperkenankan untuk memotong jalur kecuali di daerah yang ditentukan. Jika robot keluar dari garis maka harus diulang dari garis check point sebelumnya.
Semua lintasan & obstacle harus dilewati.
Spoiler for PENDAFTARAN:
Tim wajib mengisi formulir pendaftaran di website resmi E-TIME 2015: www.etimepnj.com/form:
Tim wajib melampirkan surat keterangan dari jurusan/program studi
Tim wajib melampirkan fotokopi kartu tanda mahasiswa (KTM) dan KTP.
Tim wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000,- (untuk 20 pendaftar pertama : Rp.180.000,-) ke nomor rekening panitia:
Atas nama : Maya Andriyani
No. Rekening : 1570003810125
Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu UI Depok
Biaya sudah termasuk makan siang, snack, dan sertifikat keikutsertaan.
Tim mengirimkan seluruh kelengkapan pendaftaran via email (scan file) ke : yogiaditya96@gmail.com
Pendaftaran dianggap sah apabila panitia pendaftaran telah menerima seluruh kelengkapan pendaftaran melalui konfirmasi e-mail.
3. Programmable Logic Control (PLC)
PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC) merupakan salah satu perangkat keras pengontrol yang keberadaannya memiliki peranan control dalam industri. Penggunaan PLC mampu menaikkan produktifitas, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya produksi, menghasilkan kualitas produk yang konsisten, dan lain sebagainnya. Pengoperasian produksi membutuhkan program yang ditulis dalam bentuk ladder logic. Agar diperoleh program yang bekerja dengan benar, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan teliti, sehingga PLC dapat melakukan fungsi dan pengontrolan terhadap mesin yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.
Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) adalah suatu sistem pengawasan, pengendalian, dan akuisi data berbasis computer yang digunakan untuk pengontrolan proses seperti manufaktur pabrik, infrastruktur, dan proses-proses dalam fasilitas umum. Suatu sistem SCADA terdiri dariRemote Terminal Unit (RTU) dan Master Terminal Unit (MTU). Jarak antara RTU dengan MTU cukup jauhsehingga diperlukan media komunikasi di antara keduanya. Dalam sistem SCADA, PLC berperan sebagai RTU. Human Machine Interface (HMI) adalah suatu antar muka manusia mesin yang digunakan untuk memonitor, mengendalikan, serta mengakuisisi data pada PLC. Dalam sistem SCADA, HMI berperan sebagai MTU.
Spoiler for INFO E-TIME LEBIH LENGKAP:
Website E-TIME 2015
Contact Person :
Yogi :
0812-9635-7390
0857-1745-8890
Wulan :
0812-9127-5139
Indah N
0857-1771-1368
Diubah oleh Dian9395 03-02-2015 03:46
0
3.1K
Kutip
3
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru