TS
paulsomad
Mengapa (Ane) Pilih Blender? (3D Software)
Quote:
Assalamulaikum[/CENTER]
Quote:
Bismillahirrohmanirrohim..
Picture : Ane
Halo agan-aganwati sekalian, mimin, momod, dan para suhu dunia animasi
Terima Kasih atas dibuka nya SF Animasi ini.
Pertama-tama ijinkan newbie kayak ane perkenalin diri, ane seorang mahasiswa jurusan statistika di sebuah institut negeri di Surabaya.
Loh? Mahasiswa statistika kok bikin thread tentang animasi, gak nyambung banget? bisa dipercaya gak?
ini nih emang tujuan ane perkenalin diri, ane mau tunjukin bahwa dunia ini emang borderlessdimana sebenernya ente gak bisa batesin diri ente
Batesin diri itu gak baik, ente dilahirkan dengan potensi yang tak terbatas, kalo ente batesin potensi diri ente hanya karena ente gak sedang duduk di bangku kuliah yang jurusannya gak sejalan sama passion ente, ente salah besar !
Oiya ane bakal berusaha buat nampilin screenshot dari karya orisinil ane, kalaupun sampe butuh screenshot dari sumber lain, ane bakal nyantumin sumbernya. Oke langsung aja gaanss..
Quote:
Ane emang newbie di kaskus, malah ini thread animasi pertama ane, tapi untuk urusan animasi, ane udah mulai belajar sekitar 3 tahun lalu. Gak begitu lama sih emang, tapi Alhamdulillah puji Tuhan ilmu yang ane dapet bisa ane jadi’in modal buat ikutan project atau jualan hasil render CG, yah meskipun gak banyak dan gak gede ane tetep bersyukur.
Nah, buat agan yang lagi atau yang pengen mulai belajar animasi, tanpa merendahkan atau menjelek-jelekkan software lain, ane pengen ngrekomendasi’in software yang selama ini ane pake gan, yaps sesuai gambar di atas yaitu BLENDER !
Sebelum pake ni Software, ane juga pernah pake Autodesk 3Ds Max dan Autodesk Maya, daaan mau tau alesan ane pindah ke Blender, cekidot !
Quote:
1.Gratisss
Hal pertama yang mendasari ane kenapa sampe jatuh hati sama ni software yaitu karena Blender bisa di download dengan cuma-cuma, Blender sama sekali gak minta biaya atas apa yang agan buat atau agan hasilkan dari penggunaan software ini, mantap kan.
Loh hari gini kan software-software lain udah ada krack nya?
Gini gan kalo agan udah punya karya yang bisa diperjual-belikan alangkah baiknya agan pake software asli alias beli biar gak jadi masalah dikemudian hari.
emang mulai tahun 2013 kemarin Autodesk sudah menggratiskan software-software nya untuk pemakaian selama 3 tahun, tapi hanya diperuntukkan buat pembelajaran, untuk penggunaan sebuah project komersil Autodesk sangat melarangnya.
Spoiler for Blender Download:
Picture : http://www.blender.org/download/
Tuh gan tinggal sekali klik aja software Blender udah otomatis terdownload ke kompi agan
Spoiler for Maya Download:
Picture : http://www.autodesk.com/products/maya/buy
Tuh gan kalo mau beli Autodesk Maya, silahkan di rupiahkan sendiri harganya, tapi Autodesk udah berbaik hati kok di kanan atas itu ada cara biar agan bisa pake Autodesk Maya secara gratis selama 3 tahun, buruan daftaar !!!
Quote:
2. Render Engine Bawaan
Ini nih gan yang gak kalah bikin ane meringis waktu pertama kali cobain blender, pas pertama masuk ane udah di suguhin 2 Render Engine bawaan dari blender, yaitu Blender Render Enginesama Cycle Render Engine, dan kedua Engine Render ini buat ane udah cukup menjawab semua keluh kesah ane selama masa pencarian Render Engine yang pas di hati ane (halah alay)
buat ane Render Engine memegang peran penting untuk pembentukan sebuah model animasi, cara dan tahapan untuk membuat sebuah texture model berbeda, tergantung Render Engine apa yang sedang kita pakai, kalo ane seringnya pake Cycle Render Engine, disamping lebih luwes, konsep berpikir Cycle Render Engine lebih mudah dipahami. untuk kualitas gambar yang dihasilkan, kedua Render Engine ini sama imba nya gan.
Spoiler for Render Engine:
Spoiler for Cycle Render:
Quote:
3. Easy Texturing
Maaf mungkin yang ini agak berlebihan kalo di taroh nomer 3, tapi bener gan ane emang terkesima sama UV/Image Editor yang Blender punya, ane bebas ngelakuin Texturing tanpa harus lewat photoshop, contoh nih gan
Spoiler for Raissa Face Texture Wrap:
Picture : Ane
Nah di atas itu ane nyoba bikin texture kulit, pake kulit wajahnya mantan ane raisa gan
walaupun harus hilangin daerah mata biar daerah sekitar situ gak item kena bayangan bulu mata, maaf ya mbak raissa fotonya jadi belepotan gitu
Quote:
4. Bundled with Compositor (Node)
Yap, kalo agan seorang Compositor yang udah bertahun-tahun pake Adobe After Effect atau software semacamnya, agan pasti ngiri liat Node Compositor punya Blender, secara si doi udah lengkap banget bak pecel sama rempeyeknya, mau nambah efek ke gambar bisa, mau edit background (green screen) bisa, sampe mau bikin texture pun bisa
hah bikin texture???
nih kalo ane lagi males buka photoshop buat bikin texture, ane biasanya main-mainin aja node Compositor sampe nemu komposisi yang pas.
Spoiler for Node for Robot Texture:
Picture : Ane
nih gan yang ane maksud node Compositing buat bikin Texture, tampak ribet emang, tapi gak kok sebenernya, buat project satu ini ane mau nyampein banyak terima kasih buat Albinmereyang udah sabar balesin email ane waktu ane kebingungan tentang Node.
Spoiler for Lightning and Effect:
Quote:
5. Friendly User Interface
Nah gan, agan bakalan dimanjain banget waktu pake Blender, seluruh key yang bisa diatur, jendela kerja yang leluasa ditarik kesana-kemari, diperbesar-diperkecil, diperbanyak, dikurangi, ditentukan jenis jendela kerjanya, waaah sampe bisa ngintip ke jendela rumah sebelah wkwk becanda gan.
Selain itu Blender juga dilengkapi dengan Layerdan Scene yang memungkinkan kita bekerja dengan jendela ganda yang tidak saling mengganggu satu sama lain atau mensupport satu sama lain.
Spoiler for Multi Task Interface:
Its so easy to use, ini hal yang pertama kali muncul di benak ane waktu pertama kali liat interface dari Blender
Quote:
6. Shape Key and Armature
Apaan sih shape key, apa lagi tuh armature?
Shape key digunain saat agan mau merubah struktur model 3D agan tanpa harus kehilangan struktur orisinilnya, misal nih agan mau model 3D agan senyum tapi agan mau setelah senyum doi kembali ke bentuk mulut yang semula, agan bisa pake shape key
Armature? yap adalah kumpulan tulang-tulang penghubung yang digunain untuk proses Rigging. Ringging sendiri adalah proses menggerakkan model 3D. Nah di blender selain agan bisa pake shape key dan Armature untuk proses Ringging, agan bisa menggabungkan keduanya lhoo, armature sebagai driver dari shape key.
Spoiler for Shape key:
Picture: Ane
yang di kotak merah gan tools buat bikin shape key nya, bisa di ukur seberapa struktur model 3D ente mau di ubah, itu semua dilakuin tanpa armature atau tulang lho gan
Spoiler for Armature:
Picture : Ane
nah gan kalo yang ini baru main tulang, sendi dan kawan-kawannya, paling enggak agan pernah dapet ilmu tentang anatomi tubuh biar gak kebingungan pas pake nya. (ceritanya nakut-nakutin)
Spoiler for Armature for Shape Key Drive:
Picture: youtube
Nah kalo ini shape key yang dikendalikan same armature. Sekarang terserah agan mau pilih salah satu, atau keduanya sekaligus.
Quote:
7. Blender Game Engine
haaaaaa??? (kaget gaya wakwaw)
Software 3D di bundled sama Game Engine? Gratis lagi? beneran nih? gak bo'ong? Gue pura-pura mati loh, yang bener doong...
Kalo yang ini ane no comment gan, silahkan agan bersuka ria memprogram game berbasis phyton (language) sembari membuat karakter-karakter game yang aduhai
Spoiler for Game Zelda Awakening:
Quote:
8. Add-Ons
Nah gan, karena Blender adalah Open Source Program, jadi semua orang di dunia ini bisa ikut ngembangin, termasuk agan.
jadi gak heran banyak banget bantuan yang diterima oleh Blender User, salah satunya sudah tersedianya add-ons pendukung kegiatan modelling ataupun programming.
Ane kasi contoh untuk modelling, Armature atau susunan tulang yang digunakan untuk menggerakkan tubuh karakter sudah tersedia di kolom add-ons Blender, jadi agan tinggal ambil dan pake, gak perlu bikin susunan tulang yang ribetnya naudzubillah. Selain itu? waah bejibun gan ada auto face rigging, ada lipsycn, daaan masih banyak lagi, gak bisa ane sebutin satu per satu.
Spoiler for Riggify Add-ons:
Quote:
9. Software Supporter
Pernah denger istilah Open Source support Open Source?
kebanyakan pendukung Software Open Source adalah juga Software Open Source.
Bayangin kalo software se powerfull Blender di support oleh Software lain yang juga sesama Open Source?
daftar software supporter Blender teratas yang sering ane pake yaitu crazybump, makehuman, YafaRay.
Spoiler for YafaRay:
Picture : Ane
YafaRay adalah salah satu software Engine Render di luar Engine Render yang terdapat di Blender.
Ceritanya ane pengen buktiin rekomendasi dari temen ane yang bilang kalo YafaRay bagus buat ngrender saat pencahayaan "stage" sedang redup, ane yang lagi bikin outfit (kostum) buat karakter jadi pengen nyobain dan taraa di atas noh hasilnya, gak beda jauh sih sebenernya sama Cycle Render Engine kepunyaan Blender, logika kerjanya pun hampir sama, lebih ke pemotongan waktu saat Render aja kalo ane
Quote:
10. Advanced Sculpting
Wah gan hampir kelupaan, ini yang gak kalah penting.
Ane gak tau kalo sekarang tapi sekitar 2 tahun yang lalu saat ane masih pake Autodesk Maya, ane harus pindah ke Autodesk Mudbox untuk pengerjaan Sculpting tingkat lanjut. Tapi di Blender masalah ini terselesaikan
Spoiler for Sculpting:
Quote:
11. Easy Tools, System, and Simulator
Langsung aja gan, ane udah sempoyongan bikin Thread dari pagi gak kelar-kelar
Blender punya bejibun Tools, System, dan Simulator yang penggunaannya gampang banget, bahkan untuk Particle System hanya dalam hitungan menit gan.
nih sedikit listnya :
Particle System, Smoke Simulator, Wind System (Force Field), Soft Body, Collision, all
Spoiler for Particle System:
Picture : Ane
contoh penggunaan Particle System yang ane capture pas lagi bikin Project, diterapkan buat bikin helai-helai rumput dan helai-helai rambut, tapi hati-hati gan penggunaannya juga harus memperhitungkan wind system dan simulator lain-lain agar animasi bisa terlihat realistik
Spoiler for Soft Body:
Quote:
Note !!!
1. Thread ini dibuat bukan untuk menyakiti atau merusak citra atau merendahkan pihak manapun, maka jika ada pihak yang merasa dirugikan saya sangat meminta maaf dan bersedia untuk menghapus isi yang dirasa merugikan
2. Thread ini dibuat sekedar untuk berbagi
3. Kesalahan dalam bentuk apapun adalah karena ketidaktahuan saya sebagai Animator pemula dan mohon master dan suhu memaafkan
4. Sebagai penyeimbang saya berencana menulis "Kenapa (Ane) pilih Autodesk Maya"
5. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada para master dan suhu animasi juga agan-agan sekalian, mohon kiranya saya diberi masukan tentunya dengan kepala dingin
Spoiler for jangan dibuka:
Ane gak tau tapi pokoknya ane disuruh temen masang spoiler ini wkwk
Quote:
Ane punya mimpi bikin big project yang digarap bareng-bareng sama animator se-Indonesia haha pasti seru
Salam buat seluruh animator Indonesia
Blender Army Indonesia
Blender Area Pati (Belati)
yang domisil Surabaya sekitarnya yok kita ngopi-ngopi sambil bikin film
Quote:
Tak ada Software yang sempurna, semua tergantung pada diri anda, improvisasi dalam mendesain yang sebenarnya menentukan hasil
Quote:
Wassalamualaikum
Diubah oleh paulsomad 25-11-2014 14:16
0
8.4K
Kutip
11
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan