Di awali dari sebuah status tmn di facebook seperti ini “Kalo subsidi bbm dibilang dinikmati orang kaya, apakah dgn subsidi bbm dicabut org miskin akan menikmatinya? Tapi subsidi bbm kan sebenernya tidak pernah ada”
status tmn gw itu bisa di bilang mewakili jutaan rakyat indonesia dan banyak yang nda paham dgn mekanisme BBM Subsidi di Indonesia
dimulai dari History/sejarah BBM bersubsidi
Spoiler for Sejarah nya BBM Bersubsidi:
gw nga bilang penjelasan sejarahnya BBM Bersubsidi gw akurat cuman singkat cerita aja sejarah BBM bersubsidi di buat kebijakan nya sekitar jaman orde lama atau orde baru dimana waktu itu negara indonesia mampu memproduksi banyak minyak mentah untuk di ekspor dan menjadi anggota negara OPEC (negara2 penghasil minyak mentah) dimana pemerintahan pada saat itu beranggapan krn Indonesia mempunyai minyak mentah berlimpah nda ada salah nya rakyat indonesia mendapatkan BBM Bersubsidi, klo di masa sekarang negara indonesia sudah berubah negara Indonesia sudah keluar dari OPEC artinya apa? artinya negara Indonesia sudah tidak dapat memproduksi minyak mentah dalam jumlah cukup dan di ekspor malahan Indonesia Import minyak untuk memenuhi kebutuhan dalam negri
sudah tau kan history nya BBM Bersubsidi sekarang lanjut apa sih hubungan nya APBN dgn BBM Bersubsidi?
Spoiler for Mekanisme BBM Bersubsidi dalam APBN:
Ada sebuah keluarga bernama Indonesia, terdiri dr Bpk’e (pemerintah/presiden) anak2nya (rakyat Jawa), (rakyat Bali), (rakyat Kalimantan), (rakyat Sumatra), (rakyat Sulawesi), (dan rakyat2 dr daerah lain), Bpk’e dlm setahun penghasilan nya di target harus lbh dr Rp. 1.000 T biar cukup menghidupi anak2nya a.k.a “Income” (makanya dikit2 dipajakin n jualan2 hasil dr keluarga Indonesia a.k.a “ekspor”) dan sebagai Bpk’e yg bertanggung jawab harus ngebudget tuh duit biar aman buat setahun a.k.a APBN or “Outcome”,
Bpk’e ngebudget (APBN) kira2 seperti ini
1. 30% dr APBN di alokasi kan untuk travelling (Subsidi BBM) hasil nego2an antara Bpk’e sama wakil dr anak2 nya (DPR)
2. Sekitar 20% dr APBN dialokasikan untuk Pendidikan n Kesehatan anak2 nya
3. Sisa 50% APBN di budget kira2 seperti ini
3.1. siskamling (pertahanan eg. Polisi n TNI)
3.2. sandang pangan (pertanian, perkebunan n kelautan)
3.3. infrastructure (eg. perumahan rakyat, bikin n baikin jalan, dll)
3.4. operasional (bayar asisten2 Bpk’e eg. Mentri sampe paling bawah PNS, serta biaya2 lain untuk maintenance keluarga Indonesia)
3.5. dan yg juga penting keluarga Indonesia harus bayar hutang luar negri sktr Rp. 3.000 T
Back to story, pada saat baca status itu gw assume tmn gw dan jutaan rakyat Indoneisa nda paham dgn BBM Subsidi dan mekanisme nya BBM PSO (dalam undang2 “Bahan Bakar Minyak Public Service Obligation”) yaitu Premium dan Solar.
Gw coba breakdown status itu menjadi 3 buah pertanyaan dan gw coba jawab satu2, tp ingat yah klo pakai “I” “aku” jadi nya mikir “what I get from it?” “How it benefit for me?” jadinya egois tapi klo pakai “WE” “kita” jadi nya mikir “what WE get from it?” “How it benefit for US?” jadi nya kebersamaan untuk maju
Spoiler for Pertanyaan 1 “Kalo subsidi bbm dibilang dinikmati orang kaya”:
Kenapa di berita2 beberapa ekonom memberi pernyataan seperti itu, krn dr sudut pandang ekonomi end user Premium dan Solar siapa sih? Pasti jawabannya kendaraan2, di breakdown lg kategori kendaraan nya apa aja sih? Pasti jawaban nya 1. kendaraan pribadi (mobil n motor) 2. kendaraan komersial (truck) 3. kendaraan umum (bus n angkot) di breakdown lg brp sih jumlah kendaraan masing2 kategori? Pasti jawaban nya berdasarkan urutan no. 1 paling banyak kendaraan pribadi no. 2 kendaraan komersial no. 3 kendaraan umum, masih nda percaya coba berdiri di pinggir jalan trs pakai timer 5 menit sama counter trs hitung tuh brp jumlah kendaraan tiap kategori trs croscek dgn data di kementrian perdagangan
Jelaskan kan end user premium dan solar terbanyak dr kategori kendaraan pribadi. Next, siapa sih yg punya kendaraan pribadi? untuk memiliki kendaraan pribadi cuman ada 2 cara yg pertama pembelian cash entah dpt Jackpot atau warisan, yg kedua credit melalui leasing, perusahaan leasing akan menghitung si pembeli kendaraan pribadi ini mampu nga secara financial untuk mengangsur. Artinya org yg punya kendaraan pribadi artinya secara financial diatas income per capita atau dgn kata lain orang mampu
Spoiler for Comment 1.1 “klo smua pake pertamax,pasti angkutan jg naek, cost yg saya kluarkan juga nambah, kbutuhan sehari2 jg naek, jd kita bicara real aja, ga usah terlalu teori lah,,” :
Kalo sudah pakai pertamax berarti lo sudah ngurangin beban Negara buat ngayomin/ ngmanjain lo, dan duit nya bisa di pakai untuk yg lain yg bisa buat Negara kita lebih maju dan rakyat nya makmur. Subsidi tu jgn cuma terpatok dgn BBM, subsidi tuh bisa dalam bentuk subsidi transportasi masal kayak bus, MRT, subsidi pendidikan, subsidi kesehatan dll.
Spoiler for Comment 1.2 “Kalau saya lebih setuju mobil mobil bagus pajaknya dinaekin aja... toh kalau kita mampu beli mobil bagus artinya kita tidak termasuk golongan tak mampu kan...”:
Harus di pahamin dulu pajak itu artinya pendapatan atau income sedangkan subsidi BBM itu adalah outcome, problem nya outcome lebih besar dr income
Spoiler for Pertanyaan 2 “apakah dgn subsidi bbm dicabut org miskin akan menikmatinya?”:
Sebelum gw jawab secara detail di perjelas dulu ya siapa sih org miskin? Dalam ekonomi benchmark kemakmuran org itu adalah income per kapita, sudah jelas diatas, org yg punya kendaraaan secara financial posisi mrk di atas income per kapita, sedangkan org yg di bawah income per kapita baru tergolong org miskin. Logikanya org miskin nda mungkin punya kendaraan pribadi, kendaraan nya aja nda punya brarti mereka nga mengkonsumsi premium dan solar secara langsung. Korelasi antara orang miskin dan BBM PSO hanya pada saat mereka menggunakan kendaraan umum dari titik A ke titik B untuk membawa barang atau jasa yg mrk tawarkan.
Spoiler for Pendapat pribadi gw:
Pendapat pribadi gw insyallah klo anggaran subsidi bbm yg sebesar Rp.300 Triliun di rubah menjadi anggaran infrastructure, pendidikan, kesehatan rakyat bisa lbh makmur. Drpd cuman buat kendaraan=prestige individual, Drpd cuman di bakar mesin biar driver atau biker nyaman, lbh baik angaran nya di pakai untuk?
a. Infrastructure
Fungsi infrastructure dalam ekonomi untuk menggenjot dan mengaselerasi perekonomian di suatu daerah, jgn kayak sekarang semua nya terpusat di jawa sedangkan di daerah2 lain infrastuktur nya terbengkalai.
b. Pendidikan
klo anggaran subsidi bbm di transform jd anggaran pendidikan, kita atau anak kita bisa sekolah sampe S3 dgn biaya murah trs outputnya banyak warga indonesia yg intelektual, berkualitas dan punya skill dan kita punya bargaining power (posisi tawar menawar yg lebih tinggi) di dalam dan luar negri, nda seperti skrg di mata dunia indonesia itu cheap labour cost krn penduduk kita pendidikan nya rendah2, kenapa bangga ngirim jutaan TKI keluar negeri, seharusnya kita mengirim jutaan ilmuan dan inisyur ke luar negri. nda seperti skrg hnya org yg punya duit bisa sekolah tinggi sedangkan yg kurang beruntung jadi kuli
c. Kesehatan
sama seperti pendidikan hanya org mampu yg bisa dpt pelayanan bagus sedangkan yg nga ga mampu ya tunggu takdir
Spoiler for Comment 2.1“Ah, bahasa itu udah sejak jaman dulu,,,,ttp aja skrg sekolah mahal, dan brp byk org miskin yg bisa mengenyam pendidikan tinggi.” :
Kenapa biaya sekolah tetap tinggi, lo liat aja porsi anggaran untuk pendidikan di APBN jauh di bawah anggaran subsidi BBM, ya logika nya 240jt rakyat Indonesia lebih senang bakar uang ke mesin kendaraan nya daripada untuk bangun sekolah atau universitas dan beli buku trs dapat sekolah secara gratis.
Spoiler for Comment 2.2 “Kayaknya sejak SMP..bbm udah naek berkali2 tetep aja yg namanya sekolah makin mahal..tetep aja kesehatan juga mahal”:
Lo di SMP pasti udah di ajarin bahwa sumber daya alam yg dari fossil itu bisa habis, artinya volume minyak yg menipis tp permintaan akan minyak meningkat ya pasti naik harga nya, Udh gw jawab di comment 2.1 anggaran di APBN untuk pendidikan dan kesehatan jauh di bawah untuk mengakomodir 240jt rakyat Indonesia
Spoiler for Comment 2.3 “....itu teorinya bro...faktanya?”:
teori itu butuh kita semua sebagai rakyat Indonesia support biar bisa terealisasi, klo menurut gw kita jadi warga negara harus punya positive mind.
Fakta.1 pemprov DKI punya program Jakarta sehat jadi warga Jakarta dpt pelayanan kesehatan terjangkau, kok bisa begitu? Krn pemprov DKI mengcut anggaran2 yg tidak berguna dan mengefisienkan anggaran2 APBD mrk dan meningkatkan anggaran kesehatan mrk,
Fakta. 2 Pemerintah RI punya program BOS (bantuan operasi sekolah) yg menggratiskan sekolah dasar dan meningkatkan taraf hidup guru biar bisa maximal memberikan pendidikan. Tp apa kah cukup sekolah sampe SD doang?
Teori bisa jadi fakta klo kita sebagai rakyat mau berubah menjadi lebih baik, Kok bisa cara gimana? Ya sama kayak diatas anggarannya yg di otak atik biar rakyat mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik
Spoiler for Comment 2.4 “Logikanya BBM naik...biaya distribusi naik...otomatis harga jual barang2 naik....untuk infrastruktur yg mana?...kesehatan yg mana?..pendidikan apaan?”:
Udh gw jawab di comment 1.1, udh baca kan ilustrasi keluarga Indonesia diatas, lo minta infrastructure, kesehatan dan pendidikan di upgrade tapi lo nda mau berkorban anggaran subsidi BBM di cut ya kagak bakal terpenuhi permintaan lo
Spoiler for Pertanyaan 3 “subsidi bbm kan sebenernya tidak pernah ada”:
Banyak sekali undang2 yg ngbahas ttg subsidi BBM (bahasa di undang2 “BBM PSO”) tinggal aware aja dan mau baca, gimana sih mekanisme BBM PSO, di mulai dari pemerintah dgn dasar assumsi harga crude oil (minyak mentah) per barrel ngajukan anggaran subsidi BBM di dalam APBN nya trs di presentasikan di DPR (wakil nya rakyat) untuk di setujui atau di revisi. Krn yg ngucurkan uang nya DPR. Setelah di setujui DPR Pemerintah memberi tugas Pertamina sebagai BUMN untuk menyalurkan Subsidi ke rakyat selama 1 tahun. Di tahun 2014 pemerintah dan DPR sepakat untuk menyalurkan Subsidi BBM sebesar 46jt barrel klo di konversi kan ke rupiah sekitar Rp. 300 Triliun.
Harga asli BBM tuh harga keekonomian/pertamax dan harga premium itu yg sudah di subsidi, itungan nya gini ya, assume harga bbm keekonomian Rp. 12.000 berarti pemerintah mensubsidi Rp. 5.500 biar jadi harga premium Rp. 6.500 nah di kali tuh Rp. 5.500 x 46jt kilo liter bbm yg di tetapkan APBN = Rp. 300 triliun
Spoiler for Comment 3.1 “Kalo premium disubsidi makanya keluar harga 6500 trs tanpa subsidi 12000, brarti harga jual premium sama donk dgn pertamax?”:
Kenapa ada product premium dan pertamax krn fungsi nya untuk membedakan mana barang yg di subsidi pemerintah mana yg nga, ingat ya premium yang sudah di subsidi klo pertamax nda ada subsidi.
Spoiler for Comment 3.2 ” Kalo harga jual premium sama dgn pertamax, emg harga modalnya premium sbnrnya berapa? (Padahal katanya kualitas beda”:
Untuk kesekian kali di jelaskan harga jual premium dan pertamax dibedakan untuk membedakan fungsi nya. Klo mau tau harga asli BBM ya acuan nya klo gasoline ya pertamax klo diesel ya pertamina dex, kualitas beda ya jelas dong org yg beli barang non subsidi berhak mendapatkan barang yg berkualitas krn dia membeli tanpa di sokong pemerintah.
Spoiler for Comment 3.3 “Kalo emg mau cabut subsidi, knp gak premiumnya aja dihapus, cukup jual pertamax aja utk yg termurah”:
Klo subsidi di cabut ya otomatis nga ada product premium krn premium di buat emang untuk kategori BBM PSO, harga jual pertamax tergantung dr harga pasar atau harga keekonomian
Spoiler for Comment 3.4 “Kyk pada tau aja harga minyak mentah dunia...trs mulai harga produksi smp harga jualnya gmn itungannya ketemu angka 12rb?” comment lg “Trs harga minyak mentah dunia?..Indonesia kan bahan bakunya dr dlm negeri?..knp hrs ikut harga minyak dunia? (Yg ditentukan NYMEX)”:
aduh comment lo tuh sama aja kayak Tanya brp harga kurs skrg, jawaban nya bisa lo cek di media cetak atau online, Indonesia sudah bukan termasuk dalam Negara OPEC artinya bukan lagi termasuk dalam golongan Negara produsen crude oil/ minyak mentah, otomatis sudah nda punya power untuk meng set harga minyak mentah makanya hasil minyak mentah kita di trading di market nya minyak mentah dgn transaksi mengikuti harga pasar
knapa harga gasoline dan diesel range nya 12rb an, jawaban nya simple krn harga pasar nya segitu, beda nya harga jual BBM di luar negri tiap hari berubah2 seperti kurs klo di Indonesia pertamina gambling setiap tgl 1 dan 15 di bulan berjalan ngset harga, artinya klo dalam periode tgl 1-14 bulan berjalan ternyata harga pasar diatas 12 rb berarti pertamina rugi, klo di periode tgl 15-30 bulan berjalan harga pasar dibawah 12 rb artinya pertamina dpt profit. Alasanya simple krn masyarakat kita belum siap beli BBM dengan harga keekonomian yg fluctuative
gw posisikan diri gw sebagai seorang yg punya sedikit ilmu ekonomi mencoba sharing ilmu dan memberikan sudut pandang lain dari sebuah masalah, dan gw menganggap lo sebagai orang yg punya background pendidikan dari universitas ternama dan seorang yg professional, jd gw harap lo berpikir open minded, klo ada yg mau revisi atau di tambah dgn informasi yg lebih update dan bermutu monggo
0
1.7K
Kutip
3
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru