- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
[PERINGATAN] Pengalaman beli di Blibli dan Saran
TS
punk_9uy
[PERINGATAN] Pengalaman beli di Blibli dan Saran
PROBLEM SOLVED
Agan-agan, malem ini gw udah dapet nomor resi yang di JNE belum ditemukan datanya, mungkin baru banget masuknya.
Ke depannya saran gw untuk minta kejelasan kalau agan-agan ngerasa kegantung status pembeliannya. Nyatanya mereka bisa bekerja lebih cepat untuk urusan pengadaan.
Kalau mau diclosed silaken min mod, thank you kaskus.
Agan-agan, malem ini gw udah dapet nomor resi yang di JNE belum ditemukan datanya, mungkin baru banget masuknya.
Ke depannya saran gw untuk minta kejelasan kalau agan-agan ngerasa kegantung status pembeliannya. Nyatanya mereka bisa bekerja lebih cepat untuk urusan pengadaan.
Spoiler for update:
Spoiler for Isi komplain:
Oke, pertama-tama gw pengen cerita pengalaman gw beli di Blibli.
Sebenernya awal-awal gw gak terlalu minat beli di marketplace kayak gini, tapi gw tertarik ketika mereka ngasih layanan cicilan 6x, ya karena lagi butuh banget dan bisa dicicil dan di toko-toko kayaknya susah banget nyarinya, akhirnya gw mutusin untuk beli di Blibli.
Kamis, 9 Oktober lalu, gw mesen satu unit Asus Nexus 7 2013 LTE 32GB untuk memenuhi kebutuhan kerjaan gw, waktu itu karena kesulitan ngurus pembayaran lewat CC BCA, akhirnya gw memutuskan minjem Mandiri temen, sehingga proses pembayaran baru beres sore hari. Di sana tertera kalau estimasi barang sampai tanggal 10 sampai 16 Oktober.
Gw rasa tanggal 10 itu enggak mungkin karena mungkin barang baru mulai dihandling dan masuk ke jasa ekspedisi mengingat pake JNE Regular dan kemungkinan kecil sehari sampe, dan itu hari Jumat, gw prediksiin senin deh sampainya. Nah, selama beberapa hari itu, gw ngecek status pesanan. Yang gw heran kenapa itu gak berubah-ubah, terus-terusan masih dalam proses pengadaan kalau gak salah. Nah, sampai hari senin masih gak berubah, gw komplain ke Live Support mereka yang nyatanya cukup membantu setelah gw marah-marah ke sana. Tapi jawabannya tetep sama, senin, selasa, rabu pagi mereka bilang masih dalam pengadaan, proses pengambilan ke supplier dll.
Sampe akhirnya tadi menjelang siang mereka bilang, barangnya gak ada di supplier kata Live Supportnya, DEG banget, gw kaget karena gak pantes banget tiba-tiba duit udah masuk, udah mau tanggal 16 gw baru dikasih tau.
Gw langsung inget ada trit di kaskus yang ngebahas masalah pembatalan sepihak, lalu direfund. Gw gak mau lah hak gw tiba-tiba dibatalin gitu aja karena nyatanya sampai hari ini, di portal blibli.com dibilang barangnya masih ada, berarti berapa orang lagi diboongin?
Akhirnya gw konfrontir lah si Live Supportnya, gw bilang bahwa gw gak mau direfund, gw gak mau tau gw minta resi sebelum jam 12, kok bisa dengan gampangnya konsumen udah bayar, terus sehari sebelum pengambilan mereka bilang barang gak ada. Gw tekenin terus biar ada pihak sana yang mau bertanggung jawab, seenggaknya jangan Live Supportnya, inisiatif kek nelepon atau gimana. Sampai gw ngomong gw ditipu, di twitter bliblicare.
Sekitar jam 12an gw ditelepon sama pihak Blibli, mereka bilang sebenarnya mereka sudah mengontak pihak supplier sejak pemesanan gw minggu kemaren, tapi baru dikasih kabar hari ini dan mereka sedang mengusahakan barang gw. 'Mengusahakan' itu kan aneh, kalau barangnya ada, apa yang harus diusahakan? Gw akhirnya bilang, "pihak Anda nulis barang dateng tanggal 16 maksimal lho, ini udah tanggal 15, dan sampai sekarang belum ada kabar itu barang saya ada di mana, itu kan kondisi barang saya, udah saya bayar". Tiba-tiba mereka bilang, "kami ga pernah bilang barang itu gak ada, cuman barang itu lagi di supplier dan belum sampai di pihak blibli, mereka bilang baru bisa sampai di blibli maksimal hari jumat baru dikirim ke bapak hari jumat akan kami bantu dengan percepatan pengiriman." Gw cuman ketawa dan bilang, "barang dateng jumatnya jam berapa aja ga jelas, belom masuk ekspedisi, paket reguler, yang entah diprosesnya berapa lama, mau sampe ke saya hari apa? Senin depan? Selasa depan? saya gak mau tau mas, ditulis tanggal 16 ya saya minta tanggal 16" Mereka minta maaf terus-terusan sambil bilang akan dilakukan percepatan. Akhirnya sesi telepon disudahi dan gw kontak lagi Live Supportnya berharap ada sebuah upaya yang lebih dari sekedar bikin konsumen nunggu.
Dan ternyata sore ini statusnya berubah, walaupun belum ada nomer resi, tapi masih dalam proses pengambilan kurir. Gw gatau entah itu kurir dari ekspedisi atau kurir dari Blibli, yang pasti barang itu gw udah yakin gak akan sampai tanggal 16 besok kecuali mereka nganter sendiri pake mobil kantor
Sebenernya bukan gw egois atau apa pengen barang dateng dalam seminggu, tapi cuma pengen ngasih pelajaran buat yang kayak gitu untuk gak main-mainin konsumen karena mereka bisa dengan gampangnya nunda-nunda barang ke konsumen karena dirasa kita butuh banget, dan setelah mereka jual barangnya dan kalo kayak kasus gw, barang gak ada, mereka tinggal ngerefund itu duit dengan gampangnya, sedangkan kita udah rugi waktu dan mungkin duit pada saat kita nunggu dan saat proses refund yang bisa 7-14 hari. Lucu banget jadinya.
Saran gw sih:
Di saat hendak membeli barang, cek dulu siapa yang menyediakan, apakah blibli atau pihak ketiga. kalau pihak ketiga, kroscek reputasi dan juga hubungi terlebih dahulu biasanya pengiriman berapa lama dan apakah barangnya benar-benar ada dan mereka pegang. Nah ini, kalau dari Blibli, kalau agan-agan berasumsi kayak gw bahwa barangnya ada, coba tanyakan lagi, barang itu ada di pihak blibli tinggal kirim, atau masih di supplier/distributor. Kalau masih di supplier/distributor, pastiin barang itu ada, minta mereka kontak dulu dan tanyakan berapa lama akan masuk jasa ekspedisi, karena itu yang bikin semuanya gak jelas karena gak ada update untuk status pemesanan. Kalau mereka bilang masih belum jelas, minta mereka pastiin, push aja karena nantinya berhubungan dengan waktu agan-agan. Kalau mereka bilang sudah ada, maka agan punya waktu satu minggu untuk menanti barang tiba. Logikanya nanti gunakan saat barang h-1 atau h-2 dari estimasi hari terakhir kedatangan barang, ternyata statusnya belum berubah, maka agan harus mendorong si Blibli untuk memberikan jawaban sejelas-jelasnya, soalnya di kasus gw mereka awalnya masih terkesan nganggep enteng masalah ini dengan bilang barang habis ternyata ada. Gw gaktau itu barang dibilang abis karena biar cepet nanggepin komplain, atau emang bener-bener abis tapi ngambil barang di pihak lain.
Rajin-rajinlah ngobrol sama Live Support untuk hal kayak gini, kita bisa nuntut mereka untuk lebih profesional terkait pengadaan barang, karena estimasi waktu 7 hari bukan berarti kita harus komplain setelah 7 hari habis, ya sama aja bohong kalau gitu, berarti mereka ngapain aja selama 7 hari itu. Karena gw yakin tanpa kita ngepush mereka untuk ngasih effort lebih terhadap produk yang kita beli, maka bisa terjadi pembatalan sepihak karena bilang barang gak ada kayak yang dialami sama agan yang uangnya direfund dan pesanannya dibatalkan sepihak.
Sekian dari gw, mohon maaf kalo ada tendensi menyudutkan tapi itu yang gw alamin, sebenernya blibli dengan layanan Live Supportnya cukup membantu, setiap layanan customer servicenya juga membantu, cuma mungkin kita harus lebih mempush mereka untuk fokus ke pesanan-pesanan pelanggan.
Mohon maaf juga kalau capturean live supportnya gak sempet gw ambil tadi karena banyak banget dan koneksi internet putus-putus.
Sebenernya awal-awal gw gak terlalu minat beli di marketplace kayak gini, tapi gw tertarik ketika mereka ngasih layanan cicilan 6x, ya karena lagi butuh banget dan bisa dicicil dan di toko-toko kayaknya susah banget nyarinya, akhirnya gw mutusin untuk beli di Blibli.
Kamis, 9 Oktober lalu, gw mesen satu unit Asus Nexus 7 2013 LTE 32GB untuk memenuhi kebutuhan kerjaan gw, waktu itu karena kesulitan ngurus pembayaran lewat CC BCA, akhirnya gw memutuskan minjem Mandiri temen, sehingga proses pembayaran baru beres sore hari. Di sana tertera kalau estimasi barang sampai tanggal 10 sampai 16 Oktober.
Gw rasa tanggal 10 itu enggak mungkin karena mungkin barang baru mulai dihandling dan masuk ke jasa ekspedisi mengingat pake JNE Regular dan kemungkinan kecil sehari sampe, dan itu hari Jumat, gw prediksiin senin deh sampainya. Nah, selama beberapa hari itu, gw ngecek status pesanan. Yang gw heran kenapa itu gak berubah-ubah, terus-terusan masih dalam proses pengadaan kalau gak salah. Nah, sampai hari senin masih gak berubah, gw komplain ke Live Support mereka yang nyatanya cukup membantu setelah gw marah-marah ke sana. Tapi jawabannya tetep sama, senin, selasa, rabu pagi mereka bilang masih dalam pengadaan, proses pengambilan ke supplier dll.
Sampe akhirnya tadi menjelang siang mereka bilang, barangnya gak ada di supplier kata Live Supportnya, DEG banget, gw kaget karena gak pantes banget tiba-tiba duit udah masuk, udah mau tanggal 16 gw baru dikasih tau.
Gw langsung inget ada trit di kaskus yang ngebahas masalah pembatalan sepihak, lalu direfund. Gw gak mau lah hak gw tiba-tiba dibatalin gitu aja karena nyatanya sampai hari ini, di portal blibli.com dibilang barangnya masih ada, berarti berapa orang lagi diboongin?
Akhirnya gw konfrontir lah si Live Supportnya, gw bilang bahwa gw gak mau direfund, gw gak mau tau gw minta resi sebelum jam 12, kok bisa dengan gampangnya konsumen udah bayar, terus sehari sebelum pengambilan mereka bilang barang gak ada. Gw tekenin terus biar ada pihak sana yang mau bertanggung jawab, seenggaknya jangan Live Supportnya, inisiatif kek nelepon atau gimana. Sampai gw ngomong gw ditipu, di twitter bliblicare.
Sekitar jam 12an gw ditelepon sama pihak Blibli, mereka bilang sebenarnya mereka sudah mengontak pihak supplier sejak pemesanan gw minggu kemaren, tapi baru dikasih kabar hari ini dan mereka sedang mengusahakan barang gw. 'Mengusahakan' itu kan aneh, kalau barangnya ada, apa yang harus diusahakan? Gw akhirnya bilang, "pihak Anda nulis barang dateng tanggal 16 maksimal lho, ini udah tanggal 15, dan sampai sekarang belum ada kabar itu barang saya ada di mana, itu kan kondisi barang saya, udah saya bayar". Tiba-tiba mereka bilang, "kami ga pernah bilang barang itu gak ada, cuman barang itu lagi di supplier dan belum sampai di pihak blibli, mereka bilang baru bisa sampai di blibli maksimal hari jumat baru dikirim ke bapak hari jumat akan kami bantu dengan percepatan pengiriman." Gw cuman ketawa dan bilang, "barang dateng jumatnya jam berapa aja ga jelas, belom masuk ekspedisi, paket reguler, yang entah diprosesnya berapa lama, mau sampe ke saya hari apa? Senin depan? Selasa depan? saya gak mau tau mas, ditulis tanggal 16 ya saya minta tanggal 16" Mereka minta maaf terus-terusan sambil bilang akan dilakukan percepatan. Akhirnya sesi telepon disudahi dan gw kontak lagi Live Supportnya berharap ada sebuah upaya yang lebih dari sekedar bikin konsumen nunggu.
Dan ternyata sore ini statusnya berubah, walaupun belum ada nomer resi, tapi masih dalam proses pengambilan kurir. Gw gatau entah itu kurir dari ekspedisi atau kurir dari Blibli, yang pasti barang itu gw udah yakin gak akan sampai tanggal 16 besok kecuali mereka nganter sendiri pake mobil kantor
Sebenernya bukan gw egois atau apa pengen barang dateng dalam seminggu, tapi cuma pengen ngasih pelajaran buat yang kayak gitu untuk gak main-mainin konsumen karena mereka bisa dengan gampangnya nunda-nunda barang ke konsumen karena dirasa kita butuh banget, dan setelah mereka jual barangnya dan kalo kayak kasus gw, barang gak ada, mereka tinggal ngerefund itu duit dengan gampangnya, sedangkan kita udah rugi waktu dan mungkin duit pada saat kita nunggu dan saat proses refund yang bisa 7-14 hari. Lucu banget jadinya.
Saran gw sih:
Di saat hendak membeli barang, cek dulu siapa yang menyediakan, apakah blibli atau pihak ketiga. kalau pihak ketiga, kroscek reputasi dan juga hubungi terlebih dahulu biasanya pengiriman berapa lama dan apakah barangnya benar-benar ada dan mereka pegang. Nah ini, kalau dari Blibli, kalau agan-agan berasumsi kayak gw bahwa barangnya ada, coba tanyakan lagi, barang itu ada di pihak blibli tinggal kirim, atau masih di supplier/distributor. Kalau masih di supplier/distributor, pastiin barang itu ada, minta mereka kontak dulu dan tanyakan berapa lama akan masuk jasa ekspedisi, karena itu yang bikin semuanya gak jelas karena gak ada update untuk status pemesanan. Kalau mereka bilang masih belum jelas, minta mereka pastiin, push aja karena nantinya berhubungan dengan waktu agan-agan. Kalau mereka bilang sudah ada, maka agan punya waktu satu minggu untuk menanti barang tiba. Logikanya nanti gunakan saat barang h-1 atau h-2 dari estimasi hari terakhir kedatangan barang, ternyata statusnya belum berubah, maka agan harus mendorong si Blibli untuk memberikan jawaban sejelas-jelasnya, soalnya di kasus gw mereka awalnya masih terkesan nganggep enteng masalah ini dengan bilang barang habis ternyata ada. Gw gaktau itu barang dibilang abis karena biar cepet nanggepin komplain, atau emang bener-bener abis tapi ngambil barang di pihak lain.
Rajin-rajinlah ngobrol sama Live Support untuk hal kayak gini, kita bisa nuntut mereka untuk lebih profesional terkait pengadaan barang, karena estimasi waktu 7 hari bukan berarti kita harus komplain setelah 7 hari habis, ya sama aja bohong kalau gitu, berarti mereka ngapain aja selama 7 hari itu. Karena gw yakin tanpa kita ngepush mereka untuk ngasih effort lebih terhadap produk yang kita beli, maka bisa terjadi pembatalan sepihak karena bilang barang gak ada kayak yang dialami sama agan yang uangnya direfund dan pesanannya dibatalkan sepihak.
Sekian dari gw, mohon maaf kalo ada tendensi menyudutkan tapi itu yang gw alamin, sebenernya blibli dengan layanan Live Supportnya cukup membantu, setiap layanan customer servicenya juga membantu, cuma mungkin kita harus lebih mempush mereka untuk fokus ke pesanan-pesanan pelanggan.
Mohon maaf juga kalau capturean live supportnya gak sempet gw ambil tadi karena banyak banget dan koneksi internet putus-putus.
Kalau mau diclosed silaken min mod, thank you kaskus.
Diubah oleh punk_9uy 15-10-2014 13:30
0
11.4K
Kutip
18
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan