davearmstrongAvatar border
TS
davearmstrong
SEKILAS KILO KLAS SUBMARINE type 877K NKRI (JKGR)
Ngomomg-ngomong soal “Hoax”, saya sengaja
memebuat artikel “Hoax” ini mengenai kemampuan
Kapal selam Kilo kita yang hasil pengadaaan tahun
2007 lalu. Terserah deh tanggapan para warjager di
sini sesuai dengan “azas dan paham keyakinan
masing-masing” bagaimana, so saya hanya
memberikan sedikit pencerahan saja.


Data KS Kilo kita adalah sebagai berikut: panjang
72,6 meter lebar badan tekan 9,9 meter, sarat kapal
6,6 meter. Tetapi Kilo kita diperpanjang sekitar
delapan meter untuk penempatan AIP, air
independent propulsion . fuell cell system.
Penambahan ruangan yang dipergunakan untuk
tangki LOX (liquid oxygen ) dan hybrid hidrogen .
Ilustrasi artikel: Dimensi Kilo class + AIP
Berat pemindahan airnya ( displacement) di atas air
2325 ton, di bawah air (menyelam) 3076 ton. Kapal
kita ditenagai dengan dua buah mesin diesel type
4-2DL-42M bertenaga 3650 HP, dibawah air
bergerak dengan menggunakan motor listrik pokok
bertenaga 5900 HP, yang didukung pula dengan dua
buah motor listrik auxiliary type MT-165 berkekuatan
204 HP, serta motor ekonomi yang berkekuatan 103
HP ( setara dengan PG-103 ex Whiskey class ).
Besarnya tenaga diesel di kapal ini memberikan
gambaran akan usaha memperkecil probabilitas
discretion , dengan mempersingkat waktu pengisian
batere.


Transfer of power nya menggunakan system electrical
transfer power, seperti pada type U-209. Kecepatan
KS kita ini berkisar sekitar 10 knot saat berlayar
diatas air, 17 knot saat menyelam, dan 9 knot saat
berlayar dengan RDP (rabotayet diesel potwodoy /
DBA diesel bekerja di bawah air,). Jarak jelajahnya
mencapai 6.000 mil dengan kecepatan 7 knot RDP,
dan saat berlayar dengan rezim motor ekonomis dan
dalam kondisi silent run, akan dapat mencapai jarak
400 mil dengan kecepatan 3 knot. Kemampuan
kedalaman selam normalnya mencapai 240 meter.
“Disamping itu, Kilo kita sudah dikaji magnetic
anomaly signature nya, sehingga sudah di
demagnitisasi sedemikian rupa sehingga
kemungkinan KS kita ini terdeteksi oleh MAD
( Magnetic Anomaly Detection) yang menjadi andalan
pesawat terbang Lockheed P-3B “Orion” , pesawat
anti kapal selam Australian Navy maupun
penggantinya nanti Boeing P-8 Poseidon, akan turun
menjadi seminimal mungkin.”


Awak kapalnya berjumlah kurang lebih “50-an orang
dengan belasan orang diantaranya Perwira”. Sumber
tenaga bawah airnya menggunakan batere dengan
kekuatan 9700 kWH, yang merupakan
pengembangan dari batere CY-45 ex Whiskey class .
Salah satu diantara sekian banyak keistimewaan
positif KS kilo kita ini adalah reserve buoyancynya
yang mencapai nilai 23%, yang berarti, bahwa walau
kapal ini mengalami kebocoran, akan tetapi, dengan
reserve buoyancynya yang sebesar itu, kemungkinan
penyelamatan kapal masih amat tinggi.


KS Kilo kita memiliki enam peluncur torpedo caliber
53,3 cm yang tertata pada bagian haluannya.
Peluncur ini dapat menembakkan baik long torpedo
anti kapal atas air standard Angkatan Laut Rusia,
maupun torpedo pendek anti kapa lselam dari type
USET 80. Sebagai konfigurasi alternative , setiap
torpedo dapat digantikan dengan dua ranjau.
Torpedo cadangan yang dibawanya berjumlah dua
belas torpedo.

Pengendalian torpedonya pada kapal sudah
menggunakan Murena MVU-119EM, yang jauh lebih
modern dari TAS-L2 yang pernah kita pergunakan di
“Whiskey class” dahulu. Dengan Kemampuan
Murena, kecuali dapat dipergunakan untuk
mengendalikan tembakan dua jenis torpedo tersebut,
yaitu s tandard straight run long heavy weight
torpedo, bagi sasaran kapal atas air, dan untuk
menembakkan short torpedo, torpedo kendali anti
kapal selam, juga telah memungkinkan kita melacak
( searching) beberapa sasaran sekaligus, serta
membidik dan menembak ( tracking, firing ) dua
diantara sekian banyak sasaran yang telah dilacak,
dengan suatu kepresisian yang sempurna.
Selain itu KS Kilo kita ini diperlengkapi juga dengan
SSM ( Surface to surface missile) Novator Alfa SS-
N-27, yang dapat ditembakkan dari peluncur
torpedonya untuk mengatasi gangguan helicopter
anti kapal selam yang mencoba mengintai.


Kalau untuk mengatasi pesawat patroli maritim
sejenis Orion P-3 milik Sonotan yang mencoba
menginderanya dengan MAD, dipasang SAM ( Surface
to Air Missile) dari type SA-N-5/8 “Gremlin” atau
“Strella 3” , yang menggunakan pengendalian dengan
kepala pelacak infra merah. SAM dapat ditembakkan
dari peluncur portable yang tertata dianjungan, yang
letak nya diantara tabung RDP dan antena
komunikasi.


Sonar yang dipergunakan pada KS Kilo kita
merupakan suatu sonar pelacak dan penyerang
( search and attack ) aktif pasif berfrekwensi rendah
dari type Sharkteeth/Sharkfin (MGK-400 ) yang
mampu mengindera kapal musuh dari jarak yang
amat jauh. Untuk ESM nya, Kilo kita sudah
menggunakan ESM dari type “Squidhead” atau
“Brickpulp” . Tetapi pembaring radionya masih
menggunakan “Quad loop” , masih sama dengan
yang dipergunakan dikapal selam “Whiskey class.”
Sementara untuk Radarnya menggunakan surface
search radar “Snoop tray” MRP 25 dengan band I,
yang bekerja pada frekwensi sekitar 8 s/d 10 GHz ,
sedangkan sarana komunikasinya dilengkapi
dengan TX/RX HF dan VHF.


Periskopnya menggunakan dua PZKG, yang
dipergunakan baik sebagai attack maupun search
periscope . Diameter tabung periskop PZKG ini 180
mm, dengan penggunaan Quasi Binocular Viewing
untuk mengurangi stress pada mata penggunanya.

Pergelaran

Sejatinya setiap pergelaran KS itu tergantung dari
displacementnya, membutuhkan suatu kedalaman
tertentu. Makin besar tonnase kapal selam, maka
akan semakin dalam kedalaman laut yang
dibutuhkannya untuk menyelam dengan aman.
Dengan bobotnya yang berkisar sekitar 3000 ton kalu
di bawah air, maka Kilo kita dapat dipastikan akan
membutuhkan laut dengan kedalaman minimal 200
meter untuk menyelam dengan aman, dalam arti,
memiliki ruang gerak yang uenak untuk
melaksanakan manuver penghindaran, apabila (kalau
lagi apes) suatu waktu tertangkap oleh alat deteksi
kapal ASW musuh.


Mengingat bahwa dalam kenyataannya, laut
pedalaman Indonesia yang berada diantara pulau
pulau di Indonesia kedalamannya rata rata hanya
sekitar enam puluh meter, (kecuali Laut Banda)
maka udah jelas dong pergelaran Kilo kita ini
dimana? Ya, kapal selam Kilo kita ini digelar (di-
deployment ) dilaut luar, antara lain di Samudra
Hindia, baik disisi Barat maupun disisi Selatan
Negara kita, dan di daerah tepian Samudra Pasifik,
yaitu di sisi Timur Negara kita, dimana
kedalamannya rata-rata diatas dua ratus meter.
Tentunya, peran yang diberikan pada KS kita ini lalu
akan lebih merupakan suatu patroli pengaman garis
luar terhadap musuh yang datang dari arah yang
jauh. Atau kalau boleh lebih dipertegas lagi tugasnya
akan merupakan tugas pencegatan ( intercept )
terhadap kekuatan musuh yang akan menyerang
kita, jauh di tengah laut, bahkan sebelum mereka
sempat melihat daratan kita.


Makanya kalau ngintip Kilo kita ini berada di
Dermaga SATSEL Ujung Timur Surabaya sana,
dijamin enggak bakalan nemu deh, meskipun situ-
situ udah nongkrongin di dermaga sono 24 jam tiap
hari selama setahun. Selain alasan di atas ada satu
alasan lagi, yaitu : di pangkalan ALRI Surabaya ada
“satu sepitan” antara markas SATSEL dan graving
dock ex KRI IRIAN, kedalamannya tidak
memungkinkan untuk dilewati KS dengan tonnase
gede macam Kilo dengan mudah, kecuali pada saat
air laut pasang itu juga pasang yang paling tinggi.”


jadi dimanakah pangkalannya Kilo kita ini? “Top
Secret”.


“Wira Ananta Rudhiro”
“Jalesveva Jayamahe”
“Just IMHO and HOAX”
(By pocong syerem) Nb : “diolah dari beberapa
sumber”

sumber: jakartagreater.com/sekilas-kilo-klas-submarine-type-877k-tni-al/
0
23.1K
120
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan