eCiputraAvatar border
TS
eCiputra
Optimalkan Bisnis Ala Kristen Fischer
Dalam memulai atau melangsungkan bisnis, sebuah rencana bisnis diperlukan agar operasional bisnis Anda terencana dan terlaksana dengan baik sesuai estimasi.

Pentingnya rencana bisnis dalam keberhasilan usaha memang menjadi perdebatan. Beberapa orang memulai bisnis tanpa membuat rencana bisnis, namun usaha mereka baik-baik saja.

Namun, dalam bisnis yang skalanya lebih besar, rencana bisnis diperlukan agar bisa mencapai target tanpa mengalami kerugian dari modal awal bahkan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Apapun bisnis yang Anda jalankan, membuat rencana dan program tetap memberikan manfaat yang positif.

Kristen Fischer, penulis buku 'Creatively Self-Employed', memberikan beberapa cara untuk mengoptimalkan bisnis sesuai dengan rencana bisnis yang telah dibuat.

1. Keuangan

Setelah mengumpulkan data-data mengenai modal yang dimiliki dan budget yang akan dikeluarkan, Anda harus memperkirakan berapa untung dan rugi yang akan terjadi. Informasi modal, pengeluaran hingga proyek yang akan dilaksanakan memiliki estimasi secara kasar. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sistem akuntansi yang baik untuk operasi harian dari usaha yang berjalan.

2. Internet

Hampir semua bisnis saat ini sudah menggunakan internet untuk kelancaran aktivitas. Bahaslah tujuan membuat situs perusahaan dengan para rekan kerja atau ahlinya. Apa yang ingin Anda sampaikan, uang yang harus dikeluarkan untuk membuatnya, hingga sistem pembayaran via online adalah pertanyaan yang harus dijawab oleh diri sendiri. Dengan menetapkan tujuan yang detail, pemasaran pun akan terbantu.

3. Strategi tim
Dalam sebuah bisnis, diperlukan kerja tim yang terkoordinasi dengan baik. Tiap orang memiliki kewajiban dan tanggung jawabnya masing-masing terhadap pekerjaannya. Masukkan pula target dalam kurun waktu tertentu di tiap departemen agar terlihat aspek mana saja yang sudah berjalan lancar, perlu dikembangkan ataupun perlu perbaikan. Dengan memberikan kesadaran tinggi kepada para staf akan peranan mereka, maka semakin jelas pula rencana untuk mengembangkan perusahaan.

4. Promosi produk

Ketahuilah dengan baik kelebihan dari produk Anda. Dengan begitu promosi produk yang dilakukan akan tepat sasaran. Hal yang perlu diperhatikan adalah target pasar, keuntungan yang diberikan produk, hingga kompetisi pasar. Jabarkan dengan detail untuk menentukan cara promosi yang tak hanya benar, namun juga tepat sasaran.

5. Riset pasar
Lakukan perbandingan dengan produk pesaing, mulai dari taraf lokal; area, kota, negara hingga internasional. Pelajari apa saja kelebihan yang diberikan sekaligus kekurangannya. Jika ada kompetitor langsung yang menguasai daerah yang sama, tonjolkan kelebihan produk/jasa dengan mempelajari lebih lanjut kecenderungan pembeli. Dengan melakukan hal ini, strategi yang telah dibuat menjadi efektif sesuai rencana awal.

sumber


Spoiler for Didukung Proyek Properti dan Infrastruktur, Cibubur Makin Berkembang Pesat:
Diubah oleh eCiputra 22-09-2014 08:13
0
715
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan