Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

coolxf4Avatar border
TS
coolxf4
Firstmedia dan pelayanannya yang buruk (ingkar janji)
Saya ingin menjabarkan tentang apa yang saya alami tertanggal 15 September 2014 mengenai pemasangan Fastnet dirumah saya.

Kronologisnya sebagai berikut:

Minggu 14 September 2014
Pukul 10.40 - Telepon Dari Sales First Media 021 72784038

Saya mendapatkan telepon dari sales firstmedia yang menyatakan bahwa ada promo berupa diskon 50% selama 6 bulan dan free TV kabel all channel dari firstmedia untuk pemasangan baru di area sekitar rumah saya. Karena sedang ada promo yang hanya berlaku ketika ada teknisi yang memasang didaerah rumah saya, dan pemasangan tersebut hanya berlaku hari Senin 15 September 2014. Jadi saya harus memutuskan saat itu apakah akan mendaftar untuk pemasangan firstmedia. Kemudian saya katakan kepada sales (Bpk.Edo) bahwa saya minta waktu sebentar untuk berunding, dan minta di telepon kembali pukul 12.00-13.00.

Pukul 14.35 - Telepon kembali dari sales firstmedia

Dari sini saja, sudah terlihat bahwa menelpon tidak sesuai dengan permintaan pelanggan. Saya meminta ditelpon pukul 12.00-13.00, namun saya baru dihubungi kembali pada pukul 14.35. Saya maklum, mungkin sales ybs sedang makan siang. Dan dari percakapan, saya menyatakan bersedia mendaftar untuk paket 1Mbps. Tetapi saya kembali bertanya, apakah masih bisa di ubah menjadi 6Mbps pada saat pemasangan? Sales menjawab bisa apabila saya minta di ubah paket sebelum teknisi datang kerumah melakukan pemasangan. Pemasangan dijadwalkan keesokan hari pukul 15.00 s.d 17.30. Paket yang saya minta adalah paket tanpa modem wifi 1Mbps Rp120.000,-. Saya juga menanyakan harga paket untuk yang 6Mbps, dan dijawab oleh sales sebesar Rp220.000,- tanpa modem wifi. Kemudian percakapan selesai dengan kesimpulan saya mendaftar paket 1Mbps dan jadwal pemasangan Senin 15 September 2014 Pukul 15.00 s.d 17.30, serta dapat melakukan perubahan paket sampai dengan teknisi datang.

Pukul 19.32 - SMS dari First Media
Spoiler for SS:

Berikut adalah sms yang saya terima dari nomor First Media langsung.

Pukul 20.42 - Sms dari Sales 083811441177 Edo
Spoiler for SS:

Senin 15 September 2014
Pukul 09.08 - Sms dari saya

Pukul 09.34 - Sms balasan dari Sales Edo 087778482166 (nomor beda)
Spoiler for SS:

Perlu dicatat, 1Mbps = 1024Kbps dan yang saya maksud itu 512 KiloByte persecond, sedangkan 1024KiloBit persecond = 1024/8 = 128KiloByte persecond. Jadi 128KBps jelas kurang dari 512KBps.
Spoiler for SS:

Diatas adalah percakapan antara saya dengan sales yang menyatakan bahwa pemasangan akan dilakukan sore ini. Dan sudah jelas ada SMS juga dari nomor First Media langsung yang menjadwalkan saya pukul 15.00-17.30 akan dilakukan pemasangan.

Spoiler for SS:

Sampai dengan pukul 16.44 teknisi belum hadir, saya kembali bertanya kepada sales ybs dan sales hanya menjawab bahwa sales jg sedang memantau, saya diminta standby karena takutnya ada sedikit kendala dipemasangan sebelum saya, dan saya diminta bersabar. Saya pun hanya menjawab "Oke dehh".

Pukul 17.35
Teknisi belum juga datang dan saya mulai bertanya-tanya sehingga saya sms kembali ke sales ybs untuk memastikan kapan teknisi akan datang ke rumah saya. Karena saya dalam posisi ingin keluar rumah karena ada keperluan. Sales pun menjawab. Diperkirakan teknisi tiba setelah abis magrib dan pemasangannya pasti kok sore hari ini.

Spoiler for SS:

Pukul 18.47
Teknisi belum juga tiba, saya mulai kehilangan kesabaran. Karena saya menjadi buang-buang waktu menunggu teknisi datang kerumah saya. Padahal saya mempunyai janji keluar rumah yang sudah saya undur demi menunggu teknisi datang kerumah saya.

Pukul 19.03
Karena tidak ada balasan dari sales, saya bertanya kembali. Jadi atau tidak dipasang sekarang?

Spoiler for SS:

Pukul 19.13
Karena kesabaran saya mulai habis, saya menelpon CS di nomor 021 25596000, saya menanyakan perihal pemasangan yang sampai saat ini teknisinya tidak ada kabarnya. Padahal berdasarkan jadwal yang di SMS kan ke nomor saya melalui nomor Firstmedia resmi, saya dijadwalkan pukul 15.00 sd 17.30, ini sudah pukul 19.13 dan belum ada kabar sama sekali dari teknisinya. Saya sudah membuang waktu saya begitu saja hanya untuk menunggu teknisi yang tidak jelas. Dan Customer Service pun menyatakan bahwa akan mencoba menghubungi teknisi untuk mencari tahu, dan setelah itu teknisi akan diminta menghubungi saya untuk memberikan kejelasan pemasangan. Percakapan saya dengan CS seharusnya terecord jelas, karena saya dengar sendiri percakapan saya di record pada awal percakapan.

Spoiler for SS:

Pukul 19.36
Sales baru menjawab melalui sms, bahwa jadi dan teknisi sedang otw katanya. Dan saya hanya menjawab Saya sudah call ke CS, karena ini sudah jauh dari jadwal.. Teknisinya pun tidak ada info apa-apa.. Daritadi masa otw terus.. dan saya juga menjelaskan bahwa rumah saya tidak mudah dilakukan pemasangan, karena harus melewati bangunan depan (garasi) sebelum ke bangunan utama.


Spoiler for SS:

Pukul 20.02
Saya kembali menelpon ke CS karena dari pukul 19.13 sd 20.02 tidak ada satupun telepon masuk ke nomor saya. Baik dari CS ataupun dari Teknisi yang dijanjikan sebelumnya. Kemudian saya menanyakan kembali apakah jadi dilakukan pemasangan atau tidak kepada CS yang saya telepon, sekali lagi, percakapan saya dengan CS seharusnya terecord jelas karena saya dengar betul pemberitahuan diawal percakapan bahwa percakapan direcord. CS yang bersangkutan menyatakan bahwa Teknisi sampai saat ini belum dapat dihubungi oleh CS. Dan CS menyatakan apakah saya ingin di reschedule, kemudian saya iyakan untuk di reschedule esok hari dengan jam yang sama yaitu pukul 15.00 sd 17.30. Namun saya tekankan untuk pasti datang pada jam yang dijanjikan. CS pun hanya mengiyakan.

Spoiler for SS:

Pukul 20.27
Saya sms ke sales menyatakan cancel saja hari ini. Saya sms seperti itu karena ini sudah terlalu malam, pukul 20.27 bukan waktu yg tepat untuk memasang jaringan menurut saya.

Spoiler for SS:

Pukul 21.14
Ada telepon masuk dari nomor 087789087976 yang menanyakan kepada saya apakah sudah ada telepon dari Teknisi (saya tidak ingat betul nama teknisi yang disebutkan, Rizki atau semacam itu). Lantas saya jawab bahwa belum ada satupun telepon atau sms dari teknisi. Kemudian telepon diputus saat saya ingin melanjutkan pembicaraan.

Spoiler for SS:

Pukul 22.13
Telepon dari Teknisi 08979944609 yang saya tunggu dari pukul 15.00 tadi. Bayangkan, disaat jam istirahat, teknisi baru menelpon dan menyatakan bahwa akan melakukan pemasangan, akan tiba dirumah saya dalam waktu 30 menit lagi. Saya tolak permintaan tersebut dan menjelaskan bahwa ini sudah terlalu larut untuk memasang jaringan. Dan saya pun sudah menelpon CS untuk reschedule besok pukul 15.00 sd 17.30 (jam yang sama). Namun dengan entengnya teknisi menjawab, wah kalau besok tidak janji ya pak. Karena jadwal kunjungan sudah dibuat untuk besok. Tapi coba saya hubungi ke CS dulu ya, kan bapak sudah telpon CS nih. Kemudian percakapan berakhir untuk teknisi menelpon CS terlebih dahulu baru mengabari saya.

Pukul 22.23
Teknisi menelpon kembali dan menyatakan bahwa untuk besok tidak bisa janji datang. Tapi diusahakan, disempilin di WO teknisi terdekat untuk mampir ketempat bapak. Bahasa apa itu disempilin, dalam hati saya. Apa-apaan ini, CS yang tadi saya telp pukul 20.02 menyatakan reschedule esok hari dg jam yang sama. Kemudian teknisi menelpon dan menyatakan tidak janji. Ada apa dengan manajemen FM? Mengatur jadwal pemasangan saja tidak becus, membuang waktu pelanggannya, dan menelpon untuk melakukan pemasangan dijam istirahat? Jam 22.23 apakah jam yang tepat untuk pemasangan jaringan? Apa tidak mikir akan mengganggu waktu istirahat pelanggannya? Otak anda tak terpakai? Atau sudah Aus? Saya gerah dipermainkan oleh teknisi firstmedia hingga membuang waktu saya menunggu dan membatalkan janji saya keluar rumah hanya untuk menunggu teknisi yang tidak jelas. CS dan teknisi pun tidak ada kontrolnya. CS bilang A, Teknisi bilang B.

Spoiler for SS:

Pukul 22.56
Saya kembali menelpon CS dan menanyakan tentang reschedule yang sudah dijanjikan. Karena saya merasa teknisi tidak bisa menyanggupi datang esok hari. CS kali ini berkata lain lagi. CS berkata, bahwa akan membantu membuatkan laporan untuk pemasangan pada jadwal yang di minta, namun tidak bisa menjanjikan akan datang pukul 15.00 sd 17.30, karena semua yang mengatur adalah bagian teknisi, CS hanya menyampaikan saja. Ini apa-apaan lagi dalam hati saya. Sekali lagi, percakapan saya dengan CS terekam dengan baik seharusnya. Silahkan anda dengarkan percakapan saya dengan 3 CS yang berbeda sebagai bukti. Nomor pelanggan saya ada di SMS yang saya tulis diatas.

Saya sudah tidak tau lagi harus bilang apa kepada Firstmedia. Promo anda memang hebat, tapi pelayanan anda tidak terintegrasi dengan baik. Saya sebagai calon pelanggan merasa dirugikan dari segi waktu, tenaga, dan juga PULSA untuk menelpon CS dan SMS Sales. Semoga hal ini hanya terjadi kepada saya dan tidak kepada customer lainnya. Karena menurut saya JANJI TERHADAP PELANGGAN ADALAH HAL YANG SAKRAL! Karena pelanggan menginginkan yang terbaik. Apalagi ini baru diawal ingin melakukan pemasangan. Bukan ditengah kontrak berjalan. Sungguh pelayanan yang buruk.


---UPDATE---
16 September 2014
Pukul 15.00 - Teknisi Datang Tepat Waktu
Hari ini teknisi datang tepat waktu dan pastinya bukan teknisi yang kemarin mau datang, tapi diganti dengan teknisi lain. Sepertinya memang yang bermasalah teknisinya. Semoga aja kejadian seperti ini enggak terjadi lagi sama pelanggan yang lain. Kalau memang punya teknisi tidak kompeten lebih baik di cut off aja.

---Tambahan---
Saya mendapatkan info bahwa sebenarnya DLITE 6Mbps TIDAK WAJIB menggunakan modem wifi. Jadi seharusnya bagi yang sudah mempunyai router wifi dirumahnya, bisa menghemat sebesar 20rb perbulan.
Diubah oleh coolxf4 17-09-2014 07:11
zharkiAvatar border
zharki memberi reputasi
1
6K
28
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan