Jenuh dan capek dengan pekerjaan? Kita semua pernah mengalaminya. Belum lagi, ‘gangguan’ yang datang dari rekan kerja bisa bikin kamu tambah gak betah di kantor. Mengeluh atau berisik seenaknya bikin mood kamu jadi buruk, dan otomatis kamu gak bahagia lagi di tempat kerja.
Tapi kamu udah jatuh cinta banget sama pekerjaan ini, jadi gak mungkin kamu tinggalin begitu aja. Tenang, Hipwee udah siapin 6 cara instan supaya kamu lebih bahagia di kantor sekaligus mengatasi rekan kerjamu yang bikin kesal. Ini dia:
Quote:
Quote:
1. Mengheningkan Cipta Tiap Pagi
Spoiler for Penjelasan:
Sebelum memulai pekerjaanmu, sisihkan satu menit untuk duduk, diam dan tenang. Beri otakmu waktu istirahat. Cukup lakukan sendirian aja. Kamu boleh merenung, berdoa, merangkai puisi atau apapun — asal jangan pikirin soal kerjaan. Rasakan besarnya energi positif yang kamu dapat seharian nantinya.
Quote:
Quote:
2. Perbanyak Senyum
Spoiler for Penjelasan:
Ada dua manfaatnya. Pertama, dengan melebarkan senyum kamu udah mempengaruhi pikiranmu untuk bahagia. Senyum menghasilkan hormon yang bikin otak kamu lebih segar. Kedua, senyum itu menular. Jadi saat kamu tersenyum ke orang lain, mereka kemungkinan juga akan ikut tersenyum. Coba deh.
Quote:
Quote:
3. Puji Diri Sendiri
Spoiler for Penjelasan:
Luangkan waktu sebentar untuk menghargai hasil kerja keras kamu setelah menyelesaikan sebuah kerjaan. Walaupun kerjaanya gak seberapa besar, pujilah dirimu. Pujian ini akan memberimu rasa keberhasilan dan akan membuat kamu lebih terpacu lagi dalam pekerjaan.
Quote:
Quote:
4. Pelajari Hal Baru
Spoiler for Penjelasan:
Jika kamu mempelajari hal baru itu tandanya kamu emang manusia yang hidup dan terus belajar. Beri sedikit perayaan tiap kali kamu mempelajari hal yang penting dan berpotensi penting di masa depan. Perayaan semacam “Yes!” “Hore!” atau “Oke!” sudah cukup.
Quote:
Quote:
5. Telan Aja Bulat-Bulat
Spoiler for Penjelasan:
Manusia itu emang aneh, kelakuannya bermacam-macam. Tapi kamu sebenarnya punya dua pilihan dalam menghadapi orang seperti ini: 1) Merasa terganggu dan kesal, ini akan bikin kamu terlihat menyedihkan atau 2) Merasa terhibur, telan aja bulat-bulat bawa ketawa dengan begitu kamu akan menemukan cara yang kreatif dalam menghadapi ‘keterbatasan’ orang-orang ini.
Quote:
Quote:
6. Semua Orang Berhak Mendapat Ucapan Terima Kasih
Spoiler for Penjelasan:
Mungkin kamu udah sering bilang “makasih” kepada teman sekantor atau ke pelanggan. Tapi bagaimana dengan para OB, petugas kebersihan, satpam, penerima telepon dan sebagainya? Apa kamu udah cukup berterimakasih kepada mereka? Mereka punya pekerjaan yang benar-benar berat namun cukup jarang menerima apresiasi yang sesuai.
Itu tadi 6 cara untuk bikin kamu menjadi lebih bahagia di tempat kerja. Cukup simpel, ‘kan?