Spoiler for Ship Breaking/Ship Scraping/Ship Demolition:
Kali ini ane mau share info ttg Pembongkaran kapal-kapal niaga maupun kapal lainnya.
International Maritime Organization (IMO) mewajibkan kapal diatas 25tahun tidak boleh beroperasi lagi, karena masalah safety dan environmental issues misalnya pencemaran.
Nhah karena alasan itulah shipowner ato pemilik kapal mengirim kapal-kapal mereka untuk discraping karena merka masih akan mendapat uang dari harga besi, mesin, alat2 etc dari kapal tsb.
Alasan lainnya adalah karena kapal g dapet charteran gan atau market lg sepi gan jd daripada kapal itu nganggur lebih baik diuangkan dg cara discraping karena biaya operasional kapal sangat mahal biarpun doi nganggur karena harus bayar crew dsb
Ada beberapa negara yg sudah kondang menjadi tempat scraping kapal gan, tetapi beberapa dari tempat tersebut mengabaikan masalah keselamatan dan environmental issues. lebih jelasnya cekidot gan
Spoiler for Bangladesh:
Lokasi ship breaking di bangladesh adalah di sepanjang pantai Sitakunda sebelah utara Chittagong. Cara yang merka gunakan sangat konvensional gan yaitu dg cara Beaching atau mendaratkan kapal di pantai kemudian memotong motong kapal tsb (ane g nemu kata yg pas gan) dan menarik potongan2 tsb ke daratan dg cara konvensional jg. Mereka tidak memperdulikan masalah keselamatan mereka gan tidak jarang byk korban karena kebakaran saat memotong menggunakan mesin las, tertimpa bonkahan besi besi dan keracunan gas dari dlm kapal kadang anak2 pun sudah ikut bergelut dg pekerjaan ini gan
Selain itu masalah pencemaran pasti terjadi gan karena di kapal kan byk minyak2 dan oli2 tuh gan jd pas mereka motong2 itu kapal olinya pada tumpah dan mengalir ke laut
Berikut foto2 nya gan
Spoiler for India:
Bertempat di pesisir kota Alang di Gujarat India, tempat ini merupakan tempat ship breaking tersohor di dunia dan tempat paling favorit ship owner untuk merecycling kapal mereka . Menggunakan metode yang kurang lebih sama dengan di Bangladeh, tetapi sudah agak majuan dikit gan. tetapi byk jg yg masih bandel gan. Bahkan di sepanjang jalan menuju pantai tsb byk yg menjual barang2 properti dari kapal gan seperti TV, Kulkas, Komputer dll kayak pasar loak gan
Spoiler for Pakistan:
Dalam hal scraping kapal 3 negara ini boleh dikatakan sama semua gan, mulai dari metode dan aware mereka thd safety dan environtment
Spoiler for Turkey & China:
Dua negara ini sudah mempunyai fasilitas modern untuk ship breaking walaupun di atuki masih ada beberapa lokasi yg belum sepenuhnya meratify regulasi ttg ship breaking tetepi overall mereka udah mengikuti langkah yg benar. mereka tidak mengabaikan masalah keselamatan dan environment.
Spoiler for Kesimpulan:
Keuntungan memilih Bangladesh India Pakistan : biaya murah dan pemilik kapal bisa mendapat keuntungan lebih dari penjualan besi dan properti hasil recycling kapal
Kerugian: Image company jadi buruk karena tidak memilih green ship breaking dan kemungkinan bisa ditinggal konsumernya
Keuntungan memilih Turkey dan China: Image company tetep bagus karena memilih green ship breaking
Kerugian: Biaya mahal dan akan mengurangi keuntungan dari penjualan besi dan properties dari kapal