- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Bahaya-Bahaya Yang Mengancam Saat Kita Berada Dalam Pesawat


TS
joyboyx
Bahaya-Bahaya Yang Mengancam Saat Kita Berada Dalam Pesawat



No Repost:
Spoiler for NoRepsol:






Sebelum mulai, ane ada satu pesan gan:
Spoiler for Pesan, mohon dibaca:

Oke, langsung mulai ya. Jangan lupa siapin


Quote:
Sudah Tahu Bahaya-Bahaya Apa Saja Yang Mengancam Kita Saat Berada Dalam Pesawat?
Tanggal 13 April 2014 kemarin TS membaca sebuah berita yang cukup memprihatinkan, yakni seorang balita yang meninggal di dalam pesawat Lion Air. Diduga balita ini meninggal akibat hipoksia atau kekurangan oksigen.
Spoiler for Berita Lengkapnya:
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Seorang balita laki-laki berusia sekitar satu tahun meninggal dalam perjalanan di penerbangan pesawat Lion Air JT-350 rute Jakarta - Padang. Balita tersebut diduga meninggal akibat kesulitan bernapas dan kekurangan oksigen.
Seorang penumpang Lion Air JT-350, Renault Rinaldi mengatakan balita dan ibunya itu duduk persis di sampingnya. Seorang dokter yang kebetulan berada dalam satu pesawat sempat berusaha memberikan pertolongan.
"Orang tua si bayi sepertinya tidak tahu bahwa anaknya kekurangan oksigen. Dokter itu akhirnya menyatakan anak itu tidak bisa ditolong lagi," ujar Renault kepada ROL, Ahad (13/4).
Menurut Renault, balita tersebut meninggal sekitar pukul 09.00 WIB. Pesawat Lion Air tersebut take off dari Bandara Soekarno - Hatta, Cengkareng pada pukul 08.10 WIB dan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam menuju Padang.
SUMBER

Tentu diantara kita sudah banyak yang tahu beberapa bahaya yang bisa membahayakan jiwa kita saat berada dalam pesawat. diantaranya seperti bahaya memainkan handphone yang bisa mengacaukan transmisi sinyal saat dalam pesawat. Dan juga seperti thread agan satu ini tentang Bahaya Menggunakan Handphone dan Alat Elektronik dlm Pesawat Terbang.
Nah,kali ini TS mau share mengenai salah satu efek naik pesawat yang tidak kalah bahayanya, yaitu hipoksia yang erat kaitannya dengan aerofisiologi.
Quote:
Apa itu aerofisiologi?

Aerofisiologi adalah ilmu tentang kesehatan tubuh ketika berada dalam penerbangan atau dalam misi penjelajahan ruang angkasa.
Faktor-faktor ketinggian yang mempengaruhi faal tubuh manusia adalah menurun- nya tekanan udara, tekanan parsiil oksigen, suhu udara dan gaya berat dan lain-lain. Di samping itu manouvre penerbangan dapat mengganggu faal tubuh seperti faal sistem kardio-vaskuler, sistem pernapasan, penglihatan, keseimbangan, pendengaran dan lain- lain.
Karena itu mempelajari aspek aerofisiologi dalam penerbangan adalah penting agar kita dapat mencegah dan mengatasi pengaruh buruk penerbangan. Dengan demikian kita dapat memanfaatkan udara bagi penerbangan dengan selamat, nyaman, aman dan cepat.

Aerofisiologi adalah ilmu tentang kesehatan tubuh ketika berada dalam penerbangan atau dalam misi penjelajahan ruang angkasa.
Faktor-faktor ketinggian yang mempengaruhi faal tubuh manusia adalah menurun- nya tekanan udara, tekanan parsiil oksigen, suhu udara dan gaya berat dan lain-lain. Di samping itu manouvre penerbangan dapat mengganggu faal tubuh seperti faal sistem kardio-vaskuler, sistem pernapasan, penglihatan, keseimbangan, pendengaran dan lain- lain.
Karena itu mempelajari aspek aerofisiologi dalam penerbangan adalah penting agar kita dapat mencegah dan mengatasi pengaruh buruk penerbangan. Dengan demikian kita dapat memanfaatkan udara bagi penerbangan dengan selamat, nyaman, aman dan cepat.
Quote:
Apa saja sih pengaruh pesawat dan ketinggiannya terhadap tubuh manusia?

Ada empat perubahan sifat atmosfer pada ketinggian yang dapat merugikan faal tubuh khususnya dan kesehatan pada umumnya, yaitu :
1. Perubahan atau mengecilnya tekanan parsiil oksigen diudara.
Hal ini dapat mengganggu faal tubuh dan menyebabkan hipoksia.
2. Perubahan atau mengecilnya tekanan atmosfer.
Hal ini dapat menyebabkan sindrom dysbarism akibat perubahan tekanan udara dalam pesawat.
3. Berubahnya suhu atmosfer.
Meningkatnya radiasi, baik dari matahari (solar radiation)maupun dari kosmos lain (cosmic radiation).
Dari keempat perubahan ini yang akan dibahas adalah masalah hipoksia (masalah dysbarism akan dibahas di Thread lain, nani kepanjangan gan). .

Ada empat perubahan sifat atmosfer pada ketinggian yang dapat merugikan faal tubuh khususnya dan kesehatan pada umumnya, yaitu :
1. Perubahan atau mengecilnya tekanan parsiil oksigen diudara.
Hal ini dapat mengganggu faal tubuh dan menyebabkan hipoksia.
2. Perubahan atau mengecilnya tekanan atmosfer.
Hal ini dapat menyebabkan sindrom dysbarism akibat perubahan tekanan udara dalam pesawat.
3. Berubahnya suhu atmosfer.
Meningkatnya radiasi, baik dari matahari (solar radiation)maupun dari kosmos lain (cosmic radiation).
Dari keempat perubahan ini yang akan dibahas adalah masalah hipoksia (masalah dysbarism akan dibahas di Thread lain, nani kepanjangan gan). .
Quote:
Apa itu hipoksia?

Hipoksia adalah keadaan tubuh kekurangan oksigen untuk menjamin keperluan hidupnya. Dengan menipisnya udara pada ketinggian, maka tekanan parsiil oksigen dalam udara menurun atau mengecil. Mengecilnya tekanan parsiil oksigen dalam udara pernapasan akan berakibat terjadinya hipoksia. Sifat-sifat hipoksia :
Tidak terasa datangnya, sehingga orang awam tidak tahu bahwa bahaya hipoksia ini telah menyerangnya.
Tidak memberikan rasa sakit pada seseorang, bahkan sering memberikan rasa gembira (euphoria) pada permulaan serangan- nya, kemudian timbul gejala-gejala lain yang lebih berat sampai pingsan dan bila dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

Hipoksia adalah keadaan tubuh kekurangan oksigen untuk menjamin keperluan hidupnya. Dengan menipisnya udara pada ketinggian, maka tekanan parsiil oksigen dalam udara menurun atau mengecil. Mengecilnya tekanan parsiil oksigen dalam udara pernapasan akan berakibat terjadinya hipoksia. Sifat-sifat hipoksia :
Tidak terasa datangnya, sehingga orang awam tidak tahu bahwa bahaya hipoksia ini telah menyerangnya.
Tidak memberikan rasa sakit pada seseorang, bahkan sering memberikan rasa gembira (euphoria) pada permulaan serangan- nya, kemudian timbul gejala-gejala lain yang lebih berat sampai pingsan dan bila dibiarkan dapat menyebabkan kematian.
Quote:
Apa saja jenis hipoksia yang dapat dialami saat di pesawat?

Macam hipoksia Menurut sebabnya hipoksia ini dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
1. Hypoxic-Hypoxia
yaitu hipoksia yang terjadi karena me- nurunnya tekanan parsiil oksigen dalam paru-paru atau karena terlalu tebalnya dinding paru-paru. Hypoxic-Hypoxia inilah yang sering dijumpai pada penerbangan, karena seperti makin tinggi terbang makin rendah tekanan barometernya sehingga tekanan parsiil oksigennyapun akan makin kecil.
2. Anaemic-Hypoxia
yaitu hipoksia yang disebabkan karena berkurangnya hemoglobin dalam darah baik kanena jumlah da- rahnya sendiri yang kurang (perdarahan) maupun karena kadar Hb dalam darah menurun (anemia).
3. Stagnant-Hypoxia
yaitu hipoksia yang terjadi karena adanya bendungan sistem peredaran darah sehingga aliran darah tidak lancar, maka jumlah oksigen yang diangkut dari paru-paru me- nuju sel persatuan waktu menjadi kurang. Stagnant hipoksia ini sering terjadi pada penderita penyakit jantung.
4. Histotoxic-Hypoxia
yaitu hipoksia yang terjadi karena ada- nya bahan racun dalam tubuh sehingga mengganggu kelancaran pemapasan dalam.

Macam hipoksia Menurut sebabnya hipoksia ini dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
1. Hypoxic-Hypoxia
yaitu hipoksia yang terjadi karena me- nurunnya tekanan parsiil oksigen dalam paru-paru atau karena terlalu tebalnya dinding paru-paru. Hypoxic-Hypoxia inilah yang sering dijumpai pada penerbangan, karena seperti makin tinggi terbang makin rendah tekanan barometernya sehingga tekanan parsiil oksigennyapun akan makin kecil.
2. Anaemic-Hypoxia
yaitu hipoksia yang disebabkan karena berkurangnya hemoglobin dalam darah baik kanena jumlah da- rahnya sendiri yang kurang (perdarahan) maupun karena kadar Hb dalam darah menurun (anemia).
3. Stagnant-Hypoxia
yaitu hipoksia yang terjadi karena adanya bendungan sistem peredaran darah sehingga aliran darah tidak lancar, maka jumlah oksigen yang diangkut dari paru-paru me- nuju sel persatuan waktu menjadi kurang. Stagnant hipoksia ini sering terjadi pada penderita penyakit jantung.
4. Histotoxic-Hypoxia
yaitu hipoksia yang terjadi karena ada- nya bahan racun dalam tubuh sehingga mengganggu kelancaran pemapasan dalam.
Quote:
Seperti apa gejala-gejala yang muncul saat hipoksia muncul?

Gejala yang timbul pada hipoksia sangat individual, sedang berat ringannya gejala tergantung pada lamanya berada di daerah itu, cepatnya mencapai ketinggian tersebut, kondisi badan orang yang menderitanya dan lain sebagainya. Gejala-gejala ini dapat dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu :
1. Gejala-gejala Obyektif, meliputi :
- Air hunger, yaitu rasa ingin menarik napas panjang terus- menerus
- Frekuensi nadi dan pernapasan naik
- Gangguan pada cara berpikir dan berkonsentrasi
- Gangguan dalam melakukan gerakan koordinatif misalnya memasukkan paku ke dalam lubang yang sempit
- Cyanosis, yaitu warna kulit, kuku dan bibir menjadi biru
- Lemas,kejang, sampai pingsan
2. Gejala-gejala Subyektif, meliputi :
- Rasa malas dan ngantuk yang datang mendadak
- Euphoria yaitu rasa gembira tanpa sebab dan kadang-ka- dang timbul rasa sok jagoan. Rasa ini yang harus mendapat per- hatian yang besar pada awak pesawat, karena euphoria ini banyak membawa korban akibat tidak adanya keseimbangan lagi antara kemampuan yang mulai mundur dan kemauan yang meningkat.

Gejala yang timbul pada hipoksia sangat individual, sedang berat ringannya gejala tergantung pada lamanya berada di daerah itu, cepatnya mencapai ketinggian tersebut, kondisi badan orang yang menderitanya dan lain sebagainya. Gejala-gejala ini dapat dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu :
1. Gejala-gejala Obyektif, meliputi :
- Air hunger, yaitu rasa ingin menarik napas panjang terus- menerus
- Frekuensi nadi dan pernapasan naik
- Gangguan pada cara berpikir dan berkonsentrasi
- Gangguan dalam melakukan gerakan koordinatif misalnya memasukkan paku ke dalam lubang yang sempit
- Cyanosis, yaitu warna kulit, kuku dan bibir menjadi biru
- Lemas,kejang, sampai pingsan
2. Gejala-gejala Subyektif, meliputi :
- Rasa malas dan ngantuk yang datang mendadak
- Euphoria yaitu rasa gembira tanpa sebab dan kadang-ka- dang timbul rasa sok jagoan. Rasa ini yang harus mendapat per- hatian yang besar pada awak pesawat, karena euphoria ini banyak membawa korban akibat tidak adanya keseimbangan lagi antara kemampuan yang mulai mundur dan kemauan yang meningkat.
Quote:
Oke,kita sudah tahu nih tentang hipoksia. Trus cara mencegah dan mengatasinya bagaimana?

Pengobatan hipoksia yang paling baik adalah pemberian oksigen secepat mungkin sebelum terlambat (ada kok dalam setiap pesawat), karena bila terlambat dapat mengakibatkan kelainan (cacat) sampai ke kematian.
Pada penerbangan bila terjadi hipoksia harus segera menggunakan masker oksigen atau segera turun pada ketinggian yang aman yaitu di bawah 10,000 kaki.
Pencegahan hipoksia Pencegahan hipoksia dapat dilakukan dengan beberapa cara mulai dari penggunaan oksigen yang sesuai dengan ketinggian tempat kita berada, pernapasan dengan tekanan dan penggunaan pressure suit, pengawasan yang baik terhadap persediaan oksigen pada penerbangan, pengukuran pressurized cabin, mengikuti ketentuan-ketentuan dalam penerbangan dan sebagainya.
Cara lain untuk pencegahan yaitu latihan mengenal datangnya bahaya hipoksia agar dapat selalu siap menghadapi bahaya tersebut.

Pengobatan hipoksia yang paling baik adalah pemberian oksigen secepat mungkin sebelum terlambat (ada kok dalam setiap pesawat), karena bila terlambat dapat mengakibatkan kelainan (cacat) sampai ke kematian.
Pada penerbangan bila terjadi hipoksia harus segera menggunakan masker oksigen atau segera turun pada ketinggian yang aman yaitu di bawah 10,000 kaki.
Pencegahan hipoksia Pencegahan hipoksia dapat dilakukan dengan beberapa cara mulai dari penggunaan oksigen yang sesuai dengan ketinggian tempat kita berada, pernapasan dengan tekanan dan penggunaan pressure suit, pengawasan yang baik terhadap persediaan oksigen pada penerbangan, pengukuran pressurized cabin, mengikuti ketentuan-ketentuan dalam penerbangan dan sebagainya.
Cara lain untuk pencegahan yaitu latihan mengenal datangnya bahaya hipoksia agar dapat selalu siap menghadapi bahaya tersebut.
Sekian thread dari ane gan, semoga bermanfaat dan dapat mencegah terjadinya kematian dalam pesawat dan mengurangi resiko cedera dalam penerbangan. Semoga agan, TS, dan kita semua sehat selalu

*Pertanyaan yang paling sering ditanyain:
1. Kalau perasaan budeg apakah akibat hipoksia?
bukan gan, lebih ke dysbarism yaitu efek yg terjadi akibat perubahan tekanan, dan bisa mengarah ke barotrauma kayak pecah gendang telinga
2. Jadi itu yang nyebabin jetlag gan?
Beda gan. jetlag itu adalah gangguan sirkulasi tubuh gara2 perbedaan waktu. misal agan dari jakarta jam 7 siang terbang ke US, 12 jam perjalanan. klo diitung waktu nya agan nyampe jam 12 malem, eh di newyork masih siang aja. jadi tubuh agan perlu adaptasi ulang gara2 perbedaan zona waktu td.
Update Komeng!!

Spoiler for Komeng Pilihan:
Quote:
Original Posted By b42l4t4k►Yang di pekiwan kolom komeng pilihan ada koreksi gan tentang "ghost plane"
Itu karena si pilotnya lupa mengecek knop tekanan udara dan menyetel ulang / kalibrasi tekanan di dalam ruang kabin, jadi itu pesawat terbang dengan tekanan di darat, ketika lewat 12rb kaki mulai dah kehabisan oksigen, dan kantung udara memang turun, tapi untuk mengingat jumlah persediaan kantung masker udara itu sangat terbatas, walhasil para penumpang tertidur untuk selamanya, kecuali 1 pramugara ga pingsan, tapi ttp tewas juga karena ga bisa menerbangkan pesawat terbang, kasian
Itu karena si pilotnya lupa mengecek knop tekanan udara dan menyetel ulang / kalibrasi tekanan di dalam ruang kabin, jadi itu pesawat terbang dengan tekanan di darat, ketika lewat 12rb kaki mulai dah kehabisan oksigen, dan kantung udara memang turun, tapi untuk mengingat jumlah persediaan kantung masker udara itu sangat terbatas, walhasil para penumpang tertidur untuk selamanya, kecuali 1 pramugara ga pingsan, tapi ttp tewas juga karena ga bisa menerbangkan pesawat terbang, kasian
Quote:
Original Posted By brian.griffin►Masih ada lagi lo gan bahaya yang mengancam saat kita bepergian dengan pesawat selain hipoxia.
Kebetulan ane punya banyak ilmu tentang dunia penerbangan, mau bagi" aja
Bahaya penyakit/fisik
Bahaya Moral dan Teknis(biasanya jarang terjadi)
Pejwan kalo berkenan, kalau tidak ya tidak apa apa

Kebetulan ane punya banyak ilmu tentang dunia penerbangan, mau bagi" aja

Bahaya penyakit/fisik
Spoiler for fisik:
1. Tekanan darah tinggi
2. Dehidrasi
3. Penularan infeksi
2. Dehidrasi
3. Penularan infeksi
Bahaya Moral dan Teknis(biasanya jarang terjadi)
Spoiler for moral dan fisik:
1. Turbulensi (goncangan pesawat)
Tabrakan pesawat (amit amit deh, ini juga jarang terjadi gan
)
Tambahan cara evakuasi tabrakan pesawat
Tabrakan pesawat (amit amit deh, ini juga jarang terjadi gan

Tambahan cara evakuasi tabrakan pesawat
Pejwan kalo berkenan, kalau tidak ya tidak apa apa

Quote:
Original Posted By NiiChan.►sebenernya Hypoxia itu masih ada temennya gan. namanya Hyperventilation.
perbedaannya adalah kalo Hypoxia itu kekurangan O2, Hyperventilation itu kekurangan CO2.
ciri2 umum dari Hyperventilation itu: nafasnya pendek2 dan cepet, lemas, pandangan kabur (blur)
kalo ciri2 diatas udah kena coba: nafas normal, atur tempo nafasnya, nafas di kantong plastik / kantong muntah, ngobrol atau bisa nyanyi2 kecil gan
sumber: intsruktur ane

page one kalo berkenan gan
perbedaannya adalah kalo Hypoxia itu kekurangan O2, Hyperventilation itu kekurangan CO2.
ciri2 umum dari Hyperventilation itu: nafasnya pendek2 dan cepet, lemas, pandangan kabur (blur)
kalo ciri2 diatas udah kena coba: nafas normal, atur tempo nafasnya, nafas di kantong plastik / kantong muntah, ngobrol atau bisa nyanyi2 kecil gan
sumber: intsruktur ane


page one kalo berkenan gan
Quote:
Quote:
Original Posted By kanibaliz►wow HT
matabelo
btw itu juga pernah kejadian di penerbangan
di aircrash investigation "ghost plane"
dimana pilot lupa ubah ac didalam pesawat sehingga didalam pesawat kekurangan oksigen mengakibatkan semua penumpang + pilot pingsan dan pesawat berjalan sendiri hingga bahan bakar habis dan terjatuh
taro didepan gan kalo berkenan hehe[/youtube]

btw itu juga pernah kejadian di penerbangan
di aircrash investigation "ghost plane"
dimana pilot lupa ubah ac didalam pesawat sehingga didalam pesawat kekurangan oksigen mengakibatkan semua penumpang + pilot pingsan dan pesawat berjalan sendiri hingga bahan bakar habis dan terjatuh

taro didepan gan kalo berkenan hehe[/youtube]
Quote:
Original Posted By vlazch►yg paling gampang di rasain itu klo pesawat udah makin tinggi dari permukaan tanah (contoh: 24000 kaki) kuping berasa budekk.. mungkin krn pressure udara nya kali ya gan. kaya orang nyelam aja.. makin dalam makin berasa tekanan udara nya. cmiiw 
semenjak itu ane kapok klo naik pesawat kudu bawa earphone.. biar ga terlalu sakit kuping pas di atas

semenjak itu ane kapok klo naik pesawat kudu bawa earphone.. biar ga terlalu sakit kuping pas di atas

Quote:
Original Posted By apriliandeni►iya gan. dulu ponakan ane & kakak ane jg ga dikasi naik pesawat sama dokter, karena anaknya belum cukup umur buat di pesawat. Masih 1 bulan waktu itu. Akhirnya nunggu sampe anaknya umur 3 bulan baru bisa pake pesawat. Itupun harus pake earcuff biar si anak ga terlalu ngerasain tekanan di telinga & selama perjalanan harus sambil disusui untuk mengalihkan perhatian si anak. 

Kalau balita sebaiknya dikonsultasi ke dokter ya sebelum naik pesawat. balita lebih rentan soalnya

Quote:
Original Posted By abualfaruq2013► Ane pikir kita harus menyelidiki lebih dalam, termasuk bisa saja si balita tidak dalam kondisi fit untuk terbang. Asal tau aja gan, balita itu termasuk individu yang rentan, kalau ada ketidakseimbangan sedikit aja, seperti dehidrasi atau kekurangan oksigen-yang pada orang dewasa tidak terlalu berpengaruh-pada balita bisa saja mengancam nyawa mereka. So, selalu konsultasikan keadaan balita agan-agan sebelum terbang.
Quote:
Original Posted By 3816666►
kayanya mungkin karena tubuh anak-anak lebih sensitif terhadap perubahan gan.. kl orang dewasa kan lebih bisa beradaptasi tubuhnya..
apalagi kalo masih bayi kalopun mereka ngerasa mereka kan gak bisa ngomong buat ngasih tau..
kayanya mungkin karena tubuh anak-anak lebih sensitif terhadap perubahan gan.. kl orang dewasa kan lebih bisa beradaptasi tubuhnya..
apalagi kalo masih bayi kalopun mereka ngerasa mereka kan gak bisa ngomong buat ngasih tau..

Quote:
Original Posted By iraputrir►ooh, ngantuk itu salah satu gejala ternyata. ane kalo naik pesawat, sedekat apapun jaraknya, pasti bawaannya pingin tidur. itu hipoksia juga kagak?
sekalian tanya dong, kalo kita ambil masker oksigen tanpa kebuka sendiri, ntar gak malah bikin penumpang lain gopo? gopo bahasa indonesianya apaan yak?
gak mending manggil pramugari aja? sapa tau mereka ada tabung oksigen yg portable gitu
sekalian tanya dong, kalo kita ambil masker oksigen tanpa kebuka sendiri, ntar gak malah bikin penumpang lain gopo? gopo bahasa indonesianya apaan yak?

jawabannya dibawah ya sist

Quote:
Original Posted By lynx.enraged►gan cuma mau kasih tau...aye mugara soalnya...jadi ga salah juga di masyarakat...
itu kedok zat asam ga bisa asal pake ato dikeluarin dr compartment...
kedok itu bakal deploy otomatis dengan syarat
tekanan didalem kabin lebih dr 14000 kaki..
contoh kasus kalo pesawat terbang di 20k feet,dan didalem kabin kita punya aircraft pressurerization system yg ngebuat manusia ttp bs benafas karena tekanan dibuat seakan akan kita ttp di 8k feet..
tiba2 badan pesawat bolong,hasilnya tekanan kabin sama tekanan luar jadi sama,kedok itu deploy untuk ngebantu manusia benafas...
ato si aricraft pressurization system td fail,itu kedok deploy juga..kalo ga deploy dlm emergency gini baru kita pake...ga bisa ngasal kita keluarin terus kita kasih ama sih bayi dlm kasus lion ini...
jadi supaya kita kaga salah tanggep soal kegunaan kedok zat asam,
di pesawat itu kita punya POB
portable oxygen bottle,kalo ngerasa ada yg sesak nafas butuh oxygen,lapor ke Flight attendant,nanti akan ditinjau bisa dikasih POB ato ga...
kesimpulannya...kedok zat asam itu cuma in case emergency = dekompresi (badan pesawat bolong pas terbang) ato si APS fail...
POB=buat permasalahan penumpang yg susah nafas...
mohon page one gan..
itu kedok zat asam ga bisa asal pake ato dikeluarin dr compartment...
kedok itu bakal deploy otomatis dengan syarat
tekanan didalem kabin lebih dr 14000 kaki..
contoh kasus kalo pesawat terbang di 20k feet,dan didalem kabin kita punya aircraft pressurerization system yg ngebuat manusia ttp bs benafas karena tekanan dibuat seakan akan kita ttp di 8k feet..
tiba2 badan pesawat bolong,hasilnya tekanan kabin sama tekanan luar jadi sama,kedok itu deploy untuk ngebantu manusia benafas...
ato si aricraft pressurization system td fail,itu kedok deploy juga..kalo ga deploy dlm emergency gini baru kita pake...ga bisa ngasal kita keluarin terus kita kasih ama sih bayi dlm kasus lion ini...
jadi supaya kita kaga salah tanggep soal kegunaan kedok zat asam,
di pesawat itu kita punya POB
portable oxygen bottle,kalo ngerasa ada yg sesak nafas butuh oxygen,lapor ke Flight attendant,nanti akan ditinjau bisa dikasih POB ato ga...
kesimpulannya...kedok zat asam itu cuma in case emergency = dekompresi (badan pesawat bolong pas terbang) ato si APS fail...
POB=buat permasalahan penumpang yg susah nafas...
mohon page one gan..
Sekian Thread kece dari ane 
Pesan ane

Pesan ane


Yuk Mampir ke Thread Kece yang Lain 

Spoiler for Thread Kece:
[HT-1] Artis-Artis Yang Menolak Tampil Di Dahsyat
[HT-2] Haji Agus Salim, Pakar 9 Bahasa Termasuk Bahasa "KAMBING"
[HT-3] Kata-Kata Dari Berbagai Bahasa Yang Sulit Dicari Padanannya
[HT-4] Nasihat-Nasihat Medis Terbaru Yang Perlu Diketahui Pasien Cerdas
[HT-5] Berbagai Mitos Tentang Hewan Dan Fakta Dibaliknya
5 Suplemen Yang Belum Tentu Agan Butuhkan
Mengenal Endorphin Massage Untuk Ibu Hamil
Ulat Berwajah Hello Kitty
Kuil Dewa Payudara di Jepang
Serba-Serbi Injil Setan
6 Band Rock Favorite Jokowi
Organisasi Rahasia Dari Indonesia
Manfaat Lain Kopi Selain Diminum
Didalam Hujan Ada Lagu Yang Hanya Bisa Didengar Oleh Mereka Yang Rindu
Perbedaan Illuminati Dengan Freemason
Kata-Kata Mutiara Nan Jenaka
Ngakak Bareng Gambar-Gambar Kocak Khas Indonesia
[HT-2] Haji Agus Salim, Pakar 9 Bahasa Termasuk Bahasa "KAMBING"
[HT-3] Kata-Kata Dari Berbagai Bahasa Yang Sulit Dicari Padanannya
[HT-4] Nasihat-Nasihat Medis Terbaru Yang Perlu Diketahui Pasien Cerdas
[HT-5] Berbagai Mitos Tentang Hewan Dan Fakta Dibaliknya
5 Suplemen Yang Belum Tentu Agan Butuhkan
Mengenal Endorphin Massage Untuk Ibu Hamil
Ulat Berwajah Hello Kitty
Kuil Dewa Payudara di Jepang
Serba-Serbi Injil Setan
6 Band Rock Favorite Jokowi
Organisasi Rahasia Dari Indonesia
Manfaat Lain Kopi Selain Diminum
Didalam Hujan Ada Lagu Yang Hanya Bisa Didengar Oleh Mereka Yang Rindu
Perbedaan Illuminati Dengan Freemason
Kata-Kata Mutiara Nan Jenaka
Ngakak Bareng Gambar-Gambar Kocak Khas Indonesia
Diubah oleh joyboyx 17-04-2014 11:46
0
96.2K
Kutip
801
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan