agan-agan yang ane cintai, mohon maaf sebelumnya kalau thread ane ini sangat jauh dari sempurna, maklum, ane masih newbie.
kali ini ane mau bahas tentang tips menulis surat lamaran yang baik. Semoga thread ane ini bermanfaat bagi kita semua. selamat menyimak.
7 Tips menulis surat lamaran kerja yang baik
Spoiler for Pembukaan:
Meski proses pencarian kerja sudah terjadi sejak lama, namun tak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik. Banyak yang menulis surat lamaran kerja dengan berbelit-belit dan membuat staf HRD bosan.
Yang terpenting dari menulis surat lamaran adalah lembar pembukaan yang dikirim bersamaan dengan curriculum vitae (CV) serta lampiran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, sebelumnya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.
Spoiler for 1.:
1. Jangan menulis ulang yang ada di CV
Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kita dan beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kita tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kita dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.
Spoiler for 2.:
2. Paragraf pertama dan terakhir
Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal kita tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di paragraf terakhir kita harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.
Spoiler for 3.:
3. Bicarakan perusahaan
Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika kita mengetahui banyak hal tentang mereka. Namun jangan berbusa-busa ketika membicarakannya. Tetap jelas dan tunjukkan bagaimana perusahaan tersebut membuat kita terkesan dan di bidang apa kita bisa berguna untuk mereka.
Spoiler for 4.:
4. Jangan sebutkan semua kemampuan
Semua kemampuan dan keterampilan yang kita miliki tentunya sudah ada di CV yang kita lampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semuanya di surat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang kita anggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang kita lamar.
Spoiler for 5.:
5. Tunjukkan kepribadian
Pastikan surat lamaran kerja yang kita tulis bisa mencerminkan betapa antusiasnya kita untuk mendapat pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.
Spoiler for 6.:
6. Tanda tangani surat lamaran kerja
Kecuali kita menggunakan lembar lamaran kerja khusus dari perusahaan atau secara online, pastikan kita menandatangani surat lamaran kerja yang kita kirimkan. Ini mungkin terdengar kuno, namun ini menunjukkan keaslian diri kita melalui tanda tangan.
Spoiler for 7.:
7. Presentasi surat
Meski isinya sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja kita jelek, kotor, penuh dengan typo dan salah ketik, maka nilai lamaran kita akan berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang. Minta teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim.
Spoiler for Penutup:
Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan bisa menarik perhatian pihak perusahaan. Jika kita ingin mengirim surat lamaran kerja, akan lebih baik jika mengirimnya di hari Senin.
demikian thread ane gan, semoga bermanfaat untuk kita semua.
kalau berkenan harap tinggalkan dan ya gan...