KASKUS

cara NYOBLOS pas PEMILU [17++]

no repsol
Quote:

HIDUP ADALAH PILIHAN
Setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai pilihan. Maulai bangun tidur sampe mau tidur lagi. Di pagi hari kita milih untuk bangun atau tidur lagi. Trus kita milih mau mandi ato bengang-bengong dulu. Kalo udah mandi kita milih mau pake baju apa abis itu. Begitu seterusnya sampe agan-agan tidur lagi. Nah berhubung udah mau pemilu, kita yang udah cukup umur juga punya hak buat nyoblos dong.

Buat temen-temen yang udah pernah nyoblos pasti udah ngga bingung caranya nyoblos, tapi buat yang pertama kali nyoblos mungkin masih bingung caranya gimana. Mungkin ane bisa kasih info mengenai cara nyoblos pas pemilu supaya ngga salah-salah nyoblos.


#1: 17 tahun ++
Quote:
Kalo agan-agan mau ikut nyoblos dalam pemilu yang pertama kali harus dipastikan adalah umur, yaitu harus 17 tahun. Coba cek akta kelahiran, ijazah ato surat-surat lain yang ada informasi mengenai tanggal kelahiran. Untuk tahun 2014 ini berarti minimal agan harus kelahiran tahun 1997.


#2: Punya KTP
Quote:
Agan-agan yang umurnya udah 17 tahun sih seharusnya udah punya KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang menandakan kamu sudah bisa bertanggung jawab gitu deh. Gimana cara bikin KTP? Caranya gampang, tinggal datengin aja RT dan RW setempat, jangan lupa bawa KK (Kartu Keluarga). Abis dapet surat keterangan dari RT dan RW agan langsung pergi ke Keluharan. Konon sekarang bikin KTP sih cepet dan gak pake biaya gitu deh.


#3: Mendapatkan kartu pemilih
Quote:
Kalo udah punya KTP, berarti agan bisa ngedaftarin diri untuk ikutan nyoblos pemilu. Biasanya petugas dari Kelurahan akan mengunjungi rumah agan untuk ngedata siapa aja di rumah agan yang udah bisa untuk berpartisipasi dalam pemilu. Setelah itu menjelang hari H pemilu akan diantar kartu tersebut ke rumah, ditunggu aja pokoknya.


#4: Cari info tentang siapa yang mau agan coblos
Quote:
Setelah punya kartu pemilih, cari info tentang calon-calon yang mau dicoblos dan dari partai mana calon tersebut. Pemilu sekarang kan ada 15 partai seperti gambar diatas, nah agan pikirin yang mana yang cocok sama hati nurani agan (weitss beraaaat). Jangan asal coblos karena mereka bagi-bagi sembako, uang, atau karena dia itu teman, ganteng, cantik, sexy, hot, dan sekedar bawa embel-embel rakyat aja, karena itu bisa aja itu cuma trik untuk mengambil simpati. Boleh terima sembako dan uangnya tapi kalo nyoblos tetep ikut pilihan hatinya agan-agan sekalian.


#5: Cari TPS
Quote:
TPS disini bukan tempat pembuangan sampah ya gan, tapi tempat pemungutan suara. Dimana tempatnya? Biasanya ada di lingkungan sekitar rumah gan-agan. Kalo sekarang belum ada, bisa tanya sama pak RT ato petugas keamanan disekitar rumah agan-agan. Siapa tau ada IGO berkeliaran disana.


#6: Daftar Ulang
Quote:
Daftar ulang disini adalah buat nyari tau apakah nama agan beneran terdaftar di TPS tersebut atau nggak.


#7: Terima Kertas Suara
Quote:
Kalau agan memang terdaftar di TPS tersebut, nanti akan langsung dikasih kertas suara. Jangan panik kalau agan dikasih kertas suaranya lebih dari 1, karena emang yang agan pilih itu DPR, DPRD, dan DPD. Bentuk kertas suaranya sih kecil, karena itu masih dilipet, nanti pas agan buka jadi gede.


#8: Masuk Bilik
Quote:
Setelah mendapatkan kertas suara agan akan diarahkan ke bilik pencoblosan suara. Biliknya ngga gede-gede banget seperti bilik tempat nyoba baju di mal ya gan, jadi jangan ngebayangin yang aneh-aneh didalem bilik ya.


#9: Coblos
Quote:
Kertas suara ditangan, sudah ada di dalam bilik, selanjutnya agan tinggal coblos sesuai dengan pilihan agan-agan. Jangan lupa berdoa sebelum nyoblos, semoga pilihan agan-agan dapat meneruskan aspirasi agan-agan dan membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia.


#10: Masukkan ke kotak suara
Quote:
Setelah nyoblos surat suara dilipat kembali lalu dimasukkan ke kotak suara seseuai dengan peruntukannya. Jangan sampe salah gan. Surat suara DPR masuk ke kotak DPR, DPD ke kotak DPD begitu seterusnya.


#11: Celup Kelingking
Quote:
Sebelum agan keluar dari areal TPS, agan bakal disuruh untuk nyelupin kelingking agan ke tinta. Sebagai bukti kalau agan udah nyoblos. Jadi agan gak bisa nyoblos lebih dari satu kali. Kadang ada juga vendor makanan atau minuman yang bagiin produk mereka dengan menunjukkan kelingking dengan bekas tinta dihari itu. Lumayan kan gan.



KITA DUKUNG PEMILU YANG DAMAI DAN SUKSES
Semoga Bermanfaat

Spoiler for Kalo berkenan:
Jd yg mesti ane coblos siapa gan
nais inpo
belum cukup umur
ane udah bisa nyoblos gan
dari rumah berak dulu gan, ngga lucu kan kalo lagi nunggu giliran ente kentut2

buat ditabung ya

Nah ini bener gan..
Quote:Original Posted By dapegan
dari rumah berak dulu gan, ngga lucu kan kalo lagi nunggu giliran ente kentut2

buat ditabung ya



Masih ada waktu buat cari info & mikir-mikir gan, jual mahal dikit Quote:Original Posted By miztik
Jd yg mesti ane coblos siapa gan


Sabar ya gan, pasti dateng kok suatu saat waktunya.. Quote:Original Posted By sumberbencono
nais inpo
belum cukup umur


Masih bingung milih mana gan
yong bray gan, jgn pade golput ye
Masih banyak yang pada bingung gan, milih sapa nii.
Quote:Original Posted By poyoloko
yong bray gan, jgn pade golput ye


gan, nyelup ke tintanya boleh tangan kanan gak gan?
selama ini ane kiri mulu
yuk bray kita nyoblos

nyoblos apa dulu ni gan
Nyoblos yang mau dicoblos aja gan Quote:Original Posted By cybermix
yuk bray kita nyoblos

nyoblos apa dulu ni gan


kalo ane sih coblos semuanya biar adil sama rata
boleh kali gan ya, mungkin kalo kanan kiri dapet minumannya 2 gan. Quote:Original Posted By calegstres
gan, nyelup ke tintanya boleh tangan kanan gak gan?
selama ini ane kiri mulu


ngga sah dong gan. tapi ngga apa-apa deh demi keadilanQuote:Original Posted By LymllCasper.
kalo ane sih coblos semuanya biar adil sama rata


Thread nya keren,, mantep dah ts nya .
Spoiler for jgn dibuka:
tsnya anggota panwaslu ya
kalo males nyoblos bisa dialihkan gak gan ?
×