KASKUS

Exclamation MH370 Terbang ke Diego Garcia, Pulau Misterius di Tengah Samudera Hindia?

Pesawat MH370 Mendarat di Pulau `Rahasia`? Ini Kata Malaysia

Sumber sinyal (diduga) ada di sekitar garis merah

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Nasib pesawat maskapai Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370 masih simpang siur. Dari mulai tenggelam ke laut, meledak ke udara, hingga dibajak dan mendarat di suatu tempat.

Sebuah pulau di sebelah barat Pulau Sumatera juga disebut-sebut menjadi tempat pesawat MH370 mendarat. Pulau Diego Garcia itu terletak di Samudera Hindia dan Amerika Serikat memiliki pangkalan militer di sana.

Hal tersebut berdasarkan pernyataan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada Sabtu 15 Maret 2014 yang menyebut dua koridor yang mungkin menjadi lokasi pendaratan MH370 yang hilang.

Koridor utara antara Turkmenistan dan Kazakhstan dan koridor selatan di Samudera Hindia yang berbatasan dengan Indonesia. Koridor selatan kemudian mengerucut pada Pulau Diego Garcia, berdasarkan pembicaraan di media sosial.

Spoiler for Satelit dapat sinyal pesawatnya dalam keadaan (diperkirakan) telah mendarat:


Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Tun Hussein membantah kabar MH370 dibajak dan mendarat di Pulau Diego Garcia. Dia mengatakan hingga kini tidak ada pihak pembajak yang menghubungi pihaknya dan meminta tebusan.

"Tidak. Tidak ada itu. Memang kami akui sulit untuk memastikan apa benar ada pembajakan atau aksi terorisme di balik hilangnya pesawat. Kami tetap melihat semua kemungkinan. Tapi kami tak berjanji memberikan jaminan," ujar Hishammuddin seperti dimuat Bernama, Senin (17/3/2014).

Dalam peta, Pulau Diego Garcia terletak di tengah-tengah Samudera Hindia, sebelah barat Pulau Sumatera dan selatan India. Berdasarkan data geografis, lokasi tepat pulau tersebut yakni koordinat 7°18'48" Lintang Selatan dan 72°24'40" Bujur Timur.

Pulau itu ditemukan pelaut Spanyol Diego García de Moguer pada tahun 1500-an. Pulau ini mulai ditempati penduduk sejak tahun 1974. Sebagian besar penghuni berasal dari Afrika dan China.

Diego Garcia kemudian menjadi hak milik Inggris pada 1814 dan dikendalikan sepenuhnya oleh negara kerajaan itu pada 1965. Pulau Diego Garcia kemudian diberi nama British Indian Ocean Territory (BIOT).

Kini pulau tersebut menjadi pangkalan militer khusus Inggris dan Amerika Serikat. Hanya warga dua negara itu yang boleh datang ke pulau tersebut. Lantaran kekhususan dan tertutupnya, Diego Garcia juga disebut pulau rahasia

Pesawat yang mendarat di pulau tersebut adalah pesawat komersial bermesin ganda dan jenis pesawat berbadan lebar seperti Airbus A330, Boeing 767, ataupun Boeing 777. Pesawat MH370 yang hilang merupakan Boeing 777-200ER.

Sejak dimunculkan dugaan pembajakan pesawat, polisi Malaysia menggeledah rumah kapten pilot MH370 Zaharie Ahmad Shah. Dari ruangan di rumah Zaharie, ditemukan seperangkat alat simulator penerbangan. Polisi kini masih menyelidiki buat apa alat tersebut digunakan pilot 58 tahun itu.

Selain itu, polisi juga menggeledah rumah kopilot MH370 Fariq Abdul Hamid. Juga sejumlah petugas bandara yang terlibat dalam penerbangan MH370 dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Pencarian saat ini terus dilakukan, dan meluas ke Samudera Hindia dan Teluk Benggala, India. Malaysia meminta bantuan 25 negara untuk menemukan pesawat yang mengangkut 239 penumpang tersebut. (Yus Ariyanto)

Sumber:
http://news.liputan6.com/read/202411...-kata-malaysia

Quote:
Pesawat MH370 terbang serendah 1.500 meter untuk hindari deteksi


Kemungkinan radius jangkauan pesawat Malaysia Airlines MH370. ©Wall Street Journal

Merdeka.com - Disaat pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang memasuki hari ke-10 dengan hanya beberapa petunjuk menjelaskan keberadaannya, surat kabar Malaysia the New Straits Times hari ini mengatakan Boeing 777-200ER ternyata terbang dengan ketinggian 1.500 meter (5.000 kaki) untuk menghindari deteksi radar komersial.

Dalam sebuah cerita eksklusif, koran pro-pemerintah Malaysia itu mengatakan tim penyelidik yang menganalisa data penerbangan MH370 mengungkapkan pesawat seberat 200 ton penuh penumpang itu turun dengan ketinggian 1.500 meter atau bahkan lebih rendah untuk menghindari cakupan radar komersial, setelah membalik arah dari jalur penerbangannya menuju Beijing, seperti dilansir situs the Malaysian Insider, Senin (17/3).

Pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER (9M-MRO) menghilang pada 8 Maret lalu dengan 239 penumpang berada di dalamnya. Pihak berwenang Malaysia dua hari lalu menyatakan rute pesawat itu sengaja dialihkan dan perangkat transmisi pesawat dimatikan untuk menghindari pendeteksian.

Kontak terakhir terjadi pada pukul 8.11 pagi (waktu setempat) di sebelah utara Selat Malaka.

Tim penyelidik yang meneliti data penerbangan MH370 telah mengatakan pesawat itu terbang rendah dan menggunakan 'penutup rentangan tanah', yang mengacu pada lengkungan bumi, saat terbang di atas Teluk Bengal ke arah utara menuju daratan, seperti dikutip the New Strait Times.

Pihak berwenang, yang membentuk tim teknis, sedang melihat kemungkinan orang yang mengemudikan pesawat jet pada waktu itu telah mengambil keuntungan dari saluran sibuk di Teluk Benggala dan menempel ke sebuah rute komersial untuk menghindari peningkatan kecurigaan dari radar utama militer.

"Orang yang telah mengontrol pesawat itu memiliki pengetahuan tentang peralatan elektronik penerbangan dan navigasi, dan meninggalkan jalur dengan bersih. Pesawat itu terbang rendah melewati Kelantan, itu benar," tulis the New Strait Times mengutip seorang pejabat tidak disebutkan identitasnya.

'Penutup rentangan tanah' mengacu pada kemampuan untuk memposisikan pesawat sehingga tersembunyi dari gelombang radio dikirim dari sistem radar. Ini adalah teknik yang sebagian besar digunakan dalam teknik perang di udara, di mana pilot militer akan terbang di ketinggian sangat rendah di atas bukit-bukit atau medan bergunung-gunung untuk menutupi keberadaan mereka.

Para pakar mengatakan menerbangkan sebuah Boeing 777 dengan cara demikian akan berbahaya, dapat menekan badan pesawat dan mungkin menyebabkan orang-orang di pesawat mengalami mabuk udara dan menderita disorientasi ruang.

Pesawat MH370 terbang dengan perkiraan selama delapan jam dan pihak berwenang percaya pesawat itu akan terbang di atas dua negara tambahan selain Malaysia, meskipun tidak jelas negara mana.

Dua hari lalu Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan pencarian MH370 sekarang akan diperluas ke daerah-daerah di luar Thailand sampai ke Kazakhstan dan Turkmenistan di utara serta luar Indonesia di Selatan.

Ini terjadi setelah data satelit menempatkan pesawat di salah satu dari dua koridor, di mana di bagian utara membentang dari Thailand utara ke Kazakhstan, atau di selatan, dari Indonesia ke Samudra India Selatan.

Koran the New Strait Times menyatakan dengan mengutip sumber bahwa penyelidikan sekarang akan difokuskan pada wilayah yang memiliki bekas bandara dilengkapi dengan landasan pacu panjang yang mampu menangani pesawat seperti Boeing 777.

Pusat administrasi Malaysia Putrajaya telah memberi penjelasan kepada utusan dari hampir dua lusin negara dan meminta bantuan kepada dunia internasional dalam mencari pesawat MH370.

"Area pencarian secara signifikan diperluas," ujar Menteri Transportasi Hishammuddin Hussein, kemarin.

"Dari yang sebelumnya berfokus terutama pada lautan-lautan dangkal, kita sekarang melihat jalur yang luas dari daratan, melintasi sebelas negara, serta laut dalam dan terpencil," lanjut dia.

Penyelidikan juga telah berfokus pada latar belakang pilot, kru dan para staf yang bekerja di Malaysia Airlines.

Sumber:
http://www.merdeka.com/dunia/pesawat...i-deteksi.html



Potongan video Kapten Pilot MH370, Zaharie Ahmad Shah yang Dipublikasikan Media Inggris


Link TKP


MH370 Memungkinkan Mendarat Rahasia di 634 Landasan di 26 Negara

TRIBUNNEWS, NEW YORK -
Keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 dengan 239 penumpang dan awak masih misterius. Banyak dugaan dan analisa yang mengemuka. Di antaranya, kemungkinan pesawat dibajak dan kemudian diterbangkan menuju suatu lokasi tersembunyi di daratan.

Apakah memungkinkan MH370 didaratkan di suatu lokasi yang hingga kini belum diketahui? Situs radio WNYC membeberkan, pesawat Boeing 777 membutuhkan landasan sepanjang 5.000 feet untuk bisa mendarat. Sedangkan berdasarkan data dari Wall Street Jorunal, pesawat itu memungkinkan terbang sejauh 2.200 mil laut dari posisi terakhir kali teridentifikasi.

Dengan kondisi tersebut, setidaknya didapatkan 634 titik landasan di 26 negara yang memungkinkan untuk didarati pesawat MH370. Di antaranya, Bandara Gan di Maladewa, Dalanzadgad di Mongolia, Yap di Micronesia, Miyazaki di Jepang, bahkan di Pakistan.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Tun Husein, mengungkapkan, pemerintah Malaysia telah melakukan komunikasi setidaknya dengan 25 negara untuk memberikan dukungan dalam mencari pesawat MH370.

Adapun negara-negara itu, antara lain, Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Turkmenistan, Pakistan, Banglades, India, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Australia. Termasuk kepada Amerika Serikat, Perancis dan China, Pemerintah Malaysia pun meminta bantuan terkait data dari satelit yang mereka miliki.

MH370 hilang setelah dua jam lepas landas, Sabtu (8/3/2014) dini hari. Di antara 239 orang di kabin pesawat, terdapat 7 orang berkewarganegaraan Indonesia.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...n-di-26-negara



Malaysia Galang 25 Negara untuk Cari Pesawat MH370

TRIBUNNEWS, KUALA LUMPUR —
Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Tun Husein menegaskan, pencarian terhadap pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Beijing memasuki babak baru dengan memohon bantuan dari lebih banyak negara.

Hishammuddin Tun Husein mengungkapkan hal itu dalam konferensi pers yang digelar di Kuala Lumpur, Minggu (16/3/2014) sore.

Adapun, kata Hishammuddin, bantuan dari negara-negara tersebut diperlukan menyusul ditemukannya fakta bahwa pesawat MH370 tersebut berbelok dari jalurnya, ke arah Semenanjung Malaysia, menuju Samudra Hindia.

Hishammuddin mengaku, Pemerintah Malaysia telah melakukan komunikasi setidaknya dengan 25 negara untuk memberikan dukungan dalam mencari pesawat yang mengangkut 239 orang, yang hilang sejak Sabtu pekan lalu itu.

"Jumlah negara yang terlibat dalam misi pencarian dan penyelamatan ini sudah kian bertambah, dari semula 14 negara, kini mencapai 25 negara. Hal ini pun membawa tantangan baru terkait koordinasi dan diplomasi dalam upaya pencarian," kata Hishammuddin.

Adapun negara-negara itu, antara lain, Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Turkmenistan, Pakistan, Banglades, India, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Australia. Termasuk kepada Amerika Serikat, Perancis dan China, Pemerintah Malaysia pun meminta bantuan terkait data dari satelit yang mereka miliki.

Diberitakan sebelumnya, MH370 hilang setelah dua jam lepas landas, Sabtu (8/3/2014) dini hari. Di antara 239 orang di kabin pesawat, terdapat 7 orang berkewarganegaraan Indonesia.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...-pesawat-mh370


Malaysia Minta Data Latar Belakang Penumpang MH370 ke Negara Terkait


Foto Kuala Lumpur FIR.

TRIBUNNEWS, KUALALUMPUR - Otoritas Malaysia yang menyelidiki hilangnya pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines menunggu kiriman data dari sejumlah negara yang warganya menjadi penumpang di dalam pesawat MH370 itu.

Data tersebut terkait latar belakang dari para penumpang yang ada di dalam pesawat. Diberitakan sebelumnya, pesawat Malaysia Airlines hilang Sabtu (8/3/2014) dini hari diketahui mengangkut penumpang yang berasal dari 13 negara.

Pemeriksaan atas latar belakang penumpang ini diharapkan dapat mengungkap teka-teki seputar berbeloknya arah penerbangan MH370 yang semula dari Kualalumpur ke Beijing, menjadi menuju Semenanjung Malaysia dan Samudera Hindia, tanpa terpantu radar.

"Baru sebagian kecil negara yang merespon permintaan kami ini," kata Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar, dalam konferensi pers di Kualalumpur, Minggu (16/3/2014).

Sejalan dengan itu, kata Khalid, polisi pun terus melakukan investigasi terhadap petugas darat di bandara Kualalumpur, dan pemeriksaan terhadap dua pilot yang menerbangkan pesawat itu.

Babak baru
Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Tun Husein menegaskan, pencarian terhadap ini memasuki babak baru, dengan semakin banyaknya negara yang dimintai bantuan.

Menurut Hishammuddin, bantuan dari negara-negara tersebut diperlukan menyusul ditemukannya fakta bahwa pesawat MH370 tersebut berbelok dari jalurnya. Sejauh ini, Pemerintah Malaysia telah melakukan komunikasi setidaknya dengan 25 negara.

"Jumlah negara yang terlibat dalam misi pencarian dan penyelamatan ini sudah kian bertambah dari semula 14 negara, kini mencapai 25 negara. Hal ini pun membawa tantangan baru terkait koordinasi dan diplomasi dalam upaya pencarian," kata Hishammuddin.

Adapun negara-negara itu, antara lain, Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Turkmenistan, Pakistan, Bangladesh, India, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Australia. Termasuk kepada Amerika Serikat, Perancis dan China, Pemerintah Malaysia pun meminta bantuan terkait data dari satelit yang mereka miliki.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...negara-terkait



Pilot Malaysia Airlines Pasang Simulator Penerbangan di Rumahnya


Pilot Malaysia Airlines MH 370, Zaharie Ahmad Shah, dikenal sebagai sosok yang periang dan ramah di mata teman-temannya

TRIBUNNEWS, KUALA LUMPUR - Penyelidikan atas kasus hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 kembali difokuskan awak dan penumpang pesawat. Hal itu dilakukan setelah hasil penyelidikan menunjukkan bahwa pesawat tersebut "dibelokkan secara sengaja".

Pihak berwenang Malaysia pun mulai menggeledah kediaman pilot MH 370 Zaharie Ahmad Shah dan kopilot Fariq Abdul Hamid pada Sabtu (15/3/2014).

Menurut teman-temannya, dugaan bahwa Zaharie terlibat dalam pembelokan itu merupakan sesuatu yang sulit diterima.
"Saya sulit menerima dugaan bahwa dia cenderung ke terorisme," kata Peter Chong, teman Zaharie, kepada Sydney Morning Herald, Sabtu (15/3/2014).

Teman lain Zaharie, Mohd Nasir Othman, tidak percaya teman sekolahnya itu punya niat jahat. Menurut Mohd Nasir, Zaharie orang yang bertanggung jawab dan beretika baik. "Dia tidak akan membahayakan nyawa orang," kata Mohd Nasir.

Ketika disinggung soal simulator penerbangan yang di rumah Zaharie, Mohd Nasir mengatakan, pilot itu memang penggila gadget.

"Dia memang memasang simulator penerbangan di rumahnya karena sejak masa kami sekolah dulu dia memang gila gadget," ujar Mohd Nasir, yang menambahkan bahwa Zaharie orang yang sangat kreatif.

Menurut Mohd Nasir, Zaharie adalah sosok yang periang dan menyenangkan serta suka memasak. "Ketika dia mengundang kami pada acara syukuran rumah barunya, istrinya bilang pada kami bahwa Zaharie yang menyiapkan semua hidangan, dari makanan pembuka sampai penutup, semua dilakukannya sendiri," tuturnya.

Senada dengan Mohd Nasir, Ho Nean Chan juga menampik spekulasi keterlibatan Zaharie gara-gara simulator penerbangan itu. "Penerbangan itu hobinya. Mengapa dia tidak boleh punya simulator? Setahu saya, permainan-permainan seperti itu bisa dibeli di mana saja," ujarnya.

Teman sekolah Zaharie, Dr Ghouse Moh Noor, mengatakan dugaan soal keterlibatan Zaharie dengan pesawat yang dikendalikannya benar-benar mengejutkan bagi orang-orang yang mengenal pilot yang memiliki 18.365 jam terbang itu.

"Saya menelepon orang-orang yang mengenal dekat Zaharie dan semua sepakat dia tidak akan mungkin membahayakan jiwa penumpangnya," kata Ghouse.

"Setiap kali kami berbicara, dia selalu bilang betapa dia merasa bertanggung jawab atas nyawa penumpang di pesawatnya," pungkas Ghouse.

Zaharie, kelahiran 31 Juli 1961, bekerja di Malaysia Airlines sejak 1981. Zaharie tidak pernah bekerja di perusahaan lain, selain Malaysia Airlines.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...an-di-rumahnya


Smoga segera ketemu pesawatnya dan kirim pasukan utk selamatkan penumpang yg ditahan dan tidak ada yg di-KambingHitam-kan...

Quote:Original Posted By bhiineekaa


btw kalau liat jalurnya sih bisa aja secara sengaja menghindar radar militer AU ..

Spoiler for BK:


nah dari IGREX bisa puter balik lagi ke arah Diego Garcia ..


Quote:Original Posted By NewbiEnthusiast


Dari berita, MH370 masih bisa terbang sekitar 5 jam non-stop setelah hilang dari radar militer di malaka

Spoiler for Area terbang selama 5 jam:


Nah TNI AU sudah buat pernyataan kalau mereka tidak mendeteksi MH370 di radar militer, jadi kemungkinan pesawat kearah Northern dari pada Southern yang harus lewati indonesia

Dan Australia sendiri sekarang sudah ikut membantu memeriksa area mereka yang ditandai oleh satelit militer



Baca di berita juga, pesawat MH370 bisa menghindari radar militer dengan terbang rendah dibawah ketinggian 5000 kaki
Teknik yang biasanya dipakai pesawat tempur namun berbahaya untuk diterapkan pada pesawat penumpang yang badan dan massanya lebih besar

Exclamation Update

Berita sebelumnya di SPOILER:
Spoiler for MH370 Terbang ke Diego Garcia, Pulau Misterius di Tengah Samudera Hindia?:



Bagaimana Cara Pakar Penerbang Duga Lokasi Keberadaan MH370?


Dua koridor pencarian Malaysia Airlines MH370

TRIBUNNEWS - Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 memasuki babak baru. Area pencarian diperluas, dan 25 negara dimintai bantuan.

Perkembangan terakhir sejak konferensi pers pada Sabtu (15/3/2014) oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menunjukkan bahwa pencarian difokuskan ke wilayah sekitar Samudra Hindia.

Ada dua koridor pencarian. Koridor utara adalah wilayah yang membentang dari Turkmenistan dan Kazakhstan. Koridor selatan mencakup wilayah Indonesia dan bagian selatan Samudra Hindia.

Bagaimana sebenarnya para pakar membuat dugaan sehingga mampu menetapkan lokasi pencarian MH370 yang hilang?

Celah komunikasi satelit

Tim Farrar, konsultan komunikasi satelit di Telecom, Media and Finance Associates, menulis penjelasan sederhana di The Malaysian Insider pada Minggu (16/3/2014).

Farrar menjelaskan, ada dua cara agar keberadaan pesawat bisa diketahui, yakni dengan sinyal radar dan "ping" dari satelit. Kedua sistem itu memiliki perbedaan.

Di pesawat terdapat radar sekunder atau transponder yang berguna untuk mengirimkan lokasi, ketinggian, kecepatan, dan arah gerak pesawat ke pengendali lalu lintas udara di darat.

Dengan adanya transponder itulah, pengendali lalu lintas udara di darat bisa memastikan pesawat terbang ke arah yang benar sesuai rutenya.

Radar yang akan mendeteksi pesawat tidak hanya radar sipil, tetapi juga radar militer yang punya kemampuan lebih tinggi.

Di pesawat juga terdapat Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS). Alat ini merupakan sistem yang mengirim banyak data ke pihak maskapai, pembuat pesawat, dan lainnya.

Dalam kasus hilangnya Malaysia Airlines, baik transponder, maupun ACARS, dimatikan. Oleh karenanya, pesawat hilang dari radar sipil.

ACARS diduga dimatikan sesaat setelah pesawat lepas landas. Sementara itu, radar sekunder dimatikan sekitar 45 menit setelah lepas landas.

Upaya menonaktifkan dua alat itu tak mudah. Oleh sebab itu, ada dugaan bahwa orang yang melakukannya memang sudah sangat mengetahui seluk beluk pesawat.

Saat dua alat tersebut dimatikan, saat itu pulalah muncul laporan hilang kontak dengan MH370, yakni pada Sabtu (8/3/2014) dini hari sekitar pukul 01.30 waktu Malaysia.

Namun, matinya ACARS dan transponder tak lantas membuat MH370 tidak bisa dilacak. Pukul 02.40 waktu Malaysia pada hari yang sama, radar militer Malaysia mendeteksi keberadaannya.

Menurut radar militer, MH370 bergerak ke arah barat, menuju selat Malaka atau sebelah timur wilayah Aceh, Indonesia.

Dari wilayah tersebut, MH370 terus bergerak ke wilayah laut Andaman, mulai dari selatan Phuket, Thailand, hingga ke tengah perairan tersebut.

Karena terbaca radar militer itulah, muncul dugaan bahwa MH370 terbang ke wilayah Samudra Hindia.

Perkembangan selanjutnya, karena pesawat terus bergerak menjauhi wilayah Malaysia, akhirnya pergerakan pesawat tak bisa terbaca radar militer negara itu. Namun, bukan berarti tak ada celah.

Ada yang perlu diketahui tentang ACARS. Farrar mengungkapkan, ACARS bisa diumpamakan seperti Twitter.

Pertama, seperti Twitter, ACARS juga memiliki pilihan jalur sehingga pengguna bisa memanfaatkannya.

Twitter bisa digunakan lewat koneksi broadband atau WiFi di rumah, atau bisa juga menggunakan koneksi data seluler dalam perjalanan.

ACARS juga punya pilihan penggunaan. Selama pesawat berada di atas daratan, sinyal ACARS dikirim lewat VHF. Bila di atas lautan, maka sinyal memanfaatkan satelit komunikasi (Satcom).

ACARS juga seperti Twitter karena penggunanya bisa "sign out" atau dinonaktifkan. Dengan demikian, pengguna tak akan mampu mengirim atau menerima pesan.

Namun, seperti ketika menggunakan Twitter, "sign out" tak berarti pengguna terputus dengan penyedia layanan seluler.

Bila ACARS dinonaktifkan, tak berarti bahwa hubungan antara terminal satelit di pesawat dan satelit komunikasi kemudian terputus.

Satelit komunikasi masih bisa mengirim "permintaan" untuk memastikan bahwa pesawat masih bisa dijangkau. Respons "permintaan" itulah yang dimaksud dengan "ping".

MH370 terhubung dengan jaringan satelit Inmarsat, sebuah perusahaan satelit komunikasi di Inggris.

Data "ping" dari Inmarsat itulah yang membantu para investigator menentukan kemungkinan lokasi MH370.

Penentuan dua koridor

Arsitektur jaringan terbaru yang dikembangkan Inmarsat dinamakan Inmarsat 4. Ini bisa diibaratkan dengan jaringan LTE pada komunikasi seluler, yang sebenarnya sangat ampuh.

Dalam pengembangan sistem itu, Inmarsat mengenalkan layanan yang lebih mumpuni pada tahun 2010. Layanan itu diberi nama SwiftBroadband.

Bila menggunakan jaringan generasi itu, maka detail posisi pesawat, ketinggian, dan kecepatan bisa diketahui dari "ping" yang dikirim.

Sayangnya, MH370 belum menggunakan jaringan itu. Pesawat tersebut masih menggunakan jaringan yang lebih tua, setara dengan jaringan 3G untuk komunikasi seluler.

Pada pesawat, perangkat yang terpasang masih Swift64 sehingga data seperti kecepatan dan lokasi pesawat tak bisa diketahui. Jadi, lokasi harus diperkirakan.

Sejumlah "ping" diterima oleh satelit hingga 7,5 jam setelah MH370 lepas landas, atau terakhir pada Minggu (9/3/2014).

Dari sana, investigator bisa memperkirakan lokasi relatif pesawat terhadap satelit Inmarsat3F1 yang di Samudra Hindia terletak di 64 derajat Bujur Timur.

Swift64 mengandalkan apa yang disebut dengan global beam untuk menerima "ping".

Jarak terhadap satelit bisa diperkirakan dengan melihat kekuatan sinyal yang dikirimkan serta waktu tempuh sinyal.

Sebuah kalkulasi dengan memperhitungkan posisi terakhir pesawat, kecepatan, ketersediaan bahan bakar, kemudian dilakukan.

Dengan demikian, dua koridor pencarian kemudian diperoleh, di utara dan selatan, yakni Turkmenistan ke Kazakhstan serta Indonesia hingga sebelah selatan Samudra Hindia.

Koridor pencarian tecermin dalam garis putus-putus berwarna hijau yang tersaji pada gambar di atas.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...beradaan-mh370


Bandara yang Bisa Didarat Pesawat MH370


Peta bandara yang bisa dituju MH370 versi WNYC

TRIBUNNEWS - Pencarian pesawat maskapai Malaysian Airlines nomor penerbangan MH370 memulai babak baru. Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa MH370 yang dengan sengaja telah dibelokkan oleh seorang atau lebih yang memiliki kecakapan.

Posisi terakhir MH370 yang berhasil dilacak oleh radar militer Malaysia di waypoint IGREX di laut Andaman. Saat itu Boeing 777-200ER tersebut diperkirakan masih memiliki bahan bakar yang cukup untuk terbang selama lima jam, atau bisa menempuh jarak sekitar 2.200 mil laut (sekitar 4.000 km).

Dan jika ingin mendarat secara aman, sebuah pesawat B777-200ER yang tergolong dalam kelas widebody (berbadan lebar) tersebut membutuhkan landasan dengan panjang minimal 5.000 feet (atau sekitar 1,5 km).

Dengan berbekal pada informasi posisi terakhir dan dua informasi di atas, Data News milik stasiun radio WNYC pada Jumat (14/3/2014) mencoba membuat daftar bandara mana saja yang bisa dijangkau oleh MH370.

Dari riset tersebut, Data News mengungkap bahwa setidaknya ada 634 landasan di 26 negara berbeda yang bisa dituju oleh MH370.

Data spesifikasi bandara yang bisa didarati B777-200ER tersebut didapat Data News dari situs X-Plane, game simulator pesawat yang memiliki basis bandara di dunia dengan koordinat yang cukup akurat.

Peta tersebut bisa dilihat melalui tautan berikut ini, bandara-bandara yang termasuk dalam daftar ditandai dengan titik merah. Peta dapat diperbesar (zoom in) untuk melihat nama bandara dan lokasinya.

Bandara-bandara terjauh yang bisa dicapai MH370 menurut WNYC antara lain adalah Gan Airport, Maladewa di sisi barat, Dalanzadgad Airport, Mongolia di sisi utara, Kalbari Airport, Australia di sisi selatan, serta Miyazaki Airport di Jepang, atau Yap Airport, Micronesia di sisi timur.

Walau demikian, masih ada pula landasan di bandara-bandara yang tidak tercantum dalam basis data tersebut. Seperti bandara di lokasi terpencil atau bandara-bandara yang telah ditinggalkan dan tidak beroperasi lagi.

Bandara yang terletak di Pulau Diego Garcia pun masuk dalam daftar tersebut. Dalam peta di atas, pulau tersebut tercatat dengan nama British Indian Ocean Territory.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pulau Diego Garcia diduga menjadi tempat pendaratan pesawat yang hilang sejak Sabtu (8/3/2014) itu. Dugaan ini muncul mengacu dari pernyataan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak yang menyebut ada dua koridor yang mungkin menjadi lokasi pendaratan MH370 yang hilang.

Dua koridor tersebut adalah koridor utara antara Turkmenistan dan Kazakhstan, dan koridor selatan di Samudera Hindia yang berbatasan dengan Indonesia.

Dari diskusi di dunia maya, pesawat tersebut diyakini terbang ke koridor selatan, yaitu ke Pulau Diego Garcia. Pulau ini berada di tengah Samudera Hindia, sebelah barat Indonesia dan selatan India. (Baca: Malaysia Airlines Terbang ke Pulau "Terlarang" Diego Garcia?).

Yang menarik, dari berbagai literatur menyebutkan Diego Garcia adalah salah satu lokasi kegiatan intelijen AS, yaitu CIA. Sebagai daerah militer, Pulau Diego Garcia tentu memiliki landasan pacu. Mengutip Wikipedia, landasan pacu di pulau ini berjenis ETOPS (Extended Range Twin Engine Operations), yaitu landasan darurat untuk penerbangan komersial yang melintasi rute Samudera Hindia.

Hanya pesawat komersial yang bermesin ganda yang bisa mendarat di lokasi ini. Sementara, jenis pesawat berbadan lebar yang bisa mendarat di Pulau Diego Garcia adalah Airbus A330, Boeing 767, ataupun Boeing 777.

Jika memang benar bahwa MH370 dibajak dan dibawa mendarat di pulau Diego Garcia atau salah satu bandara dari daftar di atas, yang menjadi pertanyaan bagaimana cara MH370 menghindari pantauan radar juga masih menjadi misteri.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...-pesawat-mh370



Boing 777 Bahan Bakarnya Cukup Untuk Terbang Kemana-mana

TRIBUNNEWS -
Mengutif DailyMirror yang melaporkan, pesawat Boeing 777 itu memiliki bahan bakar yang cukup untuk terbang ke mana saja, dari Pakistan hingga sebelah barat Australia.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru itu hilang dari kontak radar sipil, tapi masih dimonitor radar militer Malaysia.

Sayangnya, radar Malaysia kemudian kehilangan kontak - bukan karena pesawat itu yang mungkin bermasalah, melainkan radar Malaysia yang tidak mampu menjangkaunya.

Analisis mengenai radar, lihat di Dugaan Para Pakar Terkait Keberadaan MH370

Pertanyaannya, kalau mendarat di suatu bandara, kira-kira mendarat di mana, ya?

WYNC Data Team menyajikan laporan bahwa ada sekitar 634 bandara yang mungkin didarati pesawat Boeing tersebut (lihat foto).

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyatakan pesawat tersebut kemungkinan dibajak.

Dalam suatu jumpa pers yang dramatis, Najib mengatakan, bukti satelit memperlihatkan, transponder pesawat tersebut dimatikan sehingga hilang dari pantauan radar sipil.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...ng-kemana-mana
ending dah jelas nanti yang jadi kambing hitam si pilot sebagai bentuk cuci tangan UMNO...
si pilot dikaitkan dengan anwar ibrahim dan BIN (Intelejen kita) oleh warga malon..
alasan yang dibuat warganya sebagai bentuk menghancurkan ekonomi malon yang super jaguh...
biar program jadi negara maju 2020 gagal total...
tipikal manusia malon selalu mencari kambing hitam atas kegagalannya....
sekarang malah al-qaedah dituduh sebagai pelakunya...
besok mana lagi maois, rohingya, karen, opm...
pekiwan, HOT info
Quote:Original Posted By wahrifson
ending dah jelas nanti yang jadi kambing hitam si pilot sebagai bentuk cuci tangan UMNO...
si pilot dikaitkan dengan anwar ibrahim dan BIN (Intelejen kita) oleh warga malon..
alasan yang dibuat warganya sebagai bentuk menghancurkan ekonomi malon yang super jaguh...
biar program jadi negara maju 2020 gagal total...
tipikal manusia malon selalu mencari kambing hitam atas kegagalannya....
sekarang malah al-qaedah dituduh sebagai pelakunya...
besok mana lagi maois, rohingya, karen, opm...


Kok bisa disangkupautin ama bin?
Ya mudah2an setelah saham mas anjlok, merembet ke saham2 lainnya, trus pertumbuhan nasional ikut2an negatif. Biar mampus tuh malon
Quote:Original Posted By Hashimi

Kok bisa disangkupautin ama bin?
Ya mudah2an setelah saham mas anjlok, merembet ke saham2 lainnya, trus pertumbuhan nasional ikut2an negatif. Biar mampus tuh malon

mau cuci tangan tuch pemerintah malon jadi lewat agen ultrasnya nyebarin isu itu..
soal ekonomi memang malon sedang mengalami tekanan berat bahkan ada kekhawatiran bakal kayak kita th 98..
diego garcia pulau misterus?
itu pan pangkalan AL AS
Dugaannya gonta ganti seenaknya nih

Dan kabarnya cina ngeluh knp si malon gk mau bekerja sama dan terbuka dlm hal ini.
Ada apa yaaa?
Politik tingkat dewa nih pastinya....


Titip ya gan


Spoiler for mohon bantu gan/wati :shakehand:





]Australia Ragu Dua Objek di Samudera Hindi Itu Pesawat MH370

Australia Ragu Dua Objek di Samudera Hindi Itu Pesawat MH370


Diperlukan waktu hingga 48 jam untuk mengkonfirmasi bahwa puing-puing terlihat oleh satelit 2.500 km selatan-barat dari Perth milik hilang Malaysia Airlines penerbangan MH370, kata seorang ahli

TRIBUNNEWS, CANBERRA - Meski satelit menangkap citra dua benda yang kemungkinan adalah puing Malaysia Airlines MH370 yang hilang, semua pihak jangan terburu-buru melambungkan harapan.

Manajer Otoritas Keselamatan Maritim Australia John Young mengatakan, objek itu belum tentu pesawat MH370.

"Citra satelit tak selalu berbuah hasil bagus jika dikaitkan dengan sebuah upaya pencarian meski terlihat sangat bagus," kata Young.

"Kita harus menunggu hingga kita bisa melihat benda itu dalam jarak yang sangat dekat," ujar dia.

Lokasi kedua benda itu berjarak 2.500 kilometer dari kota Perth di ujung barat daya Australia sehingga dibutuhkan waktu empat jam untuk mencapai lokasi kedua benda itu.

Young menambahkan, jarak pandang yang buruk bisa menghalangi upaya pencarian obyek itu. Hal yang sama juga disampaikan perwira AU Australia, Komodor John McGarry.

"Menganalisis citra satelit itu sangat sulit. Saat ini, citra satelit itu memberi kemungkinan lokasi adanya puing-puing," ujar McGarry.

Sementara itu, pihak lain menilai peluang kedua benda itu adalah puing-puing MH370 sangat kecil. Kemungkinan besar itu adalah pecahan sebuah kapal.

"Peluang benda itu adalah pecahan sebuah pesawat terbang sangat kecil. Kemungkinan besar itu adalah puing kapal laut," kata Jason Middleton, pakar penerbangan dari Universitas New South Wales, Sydney.

Terlebih lagi, lanjut Middleton, perairan tempat kedua benda itu terlihat adalah sebuah wilayah yang kerap dilanda badai.

Sejak hilang dalam penerbangan Kuala Lumpur-Beijing 13 hari lalu, tim pencari Boeing 777-200 Malaysia Airlines belum menemukan titik terang keberadaan dan nasib pesawat yang mengangkut 239 orang penumpang dan awak itu.

Justru berbagai teori muncul terkait hilangnya pesawat berkode penerbangan MH370 itu, mulai dari aksi terorisme, pilot bunuh diri, hingga kemungkinan pembajakan.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...-pesawat-mh370


Malaysia Yakin 2 Obyek di Samudera Hindia Petunjuk Kuat Lokasi MH370


Menteri Transportasi Malaysia Hishamuddin Hussein memberikan penjelasan perkembangan upaya pencarian pesawat kepada media di Kuala Lumpur (17/3).

TRIBUNNEWS, KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia menyatakan citra dua obyek yang tertangkap satelit di Samudera Hindia merupakan sebuah "petunjuk kredibel" dalam upaya pencarian Malaysia Airlines MH370 yang hilang, Kamis (20/3/2014).

"Kini kami memiliki petunjuk yang kredibel," kata Menteri Transportasi Malaysia, Hishamuddin Hussein kepada wartawan dalam jumpa pers di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Meski dianggap petunjuk yang kuat, Hishamuddin menambahkan, membutuhkan waktu beberapa hari untuk melakukan verifikasi dan memastikan bahwa kedua benda itu memang bagian dari Boeing 777-200 yang hilang sejak 12 hari lalu itu.

"Sementara menunggu hasil, semua operasi pencarian MH370 terus dilangsungkan," tambah dia.

Saat ini, sebanyak 18 kapal, 29 pesawat terbang, dan enam helikopter dikerahkan dalam misi pencarian di dua koridor yang membentang dari wilayah selatan Samudera Hindia hingga ke Asia selatan dan tengah.

"Hingga kami bisa memastikan keberadaan MH370, misi pencarian di kedua koridor terus dilangsungkan," tambah Hishamuddin.

"Bagi keluarga penumpang di seluruh dunia, satu-satunya informasi yang mereka inginkan justru yang hingga kini belum kami miliki, yaitu lokasi MH370," ujar Hishamuddin.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...t-lokasi-mh370
uda gausa cingcangcingcong
smoga ketemu dah cepetan
baru tau ada pulau nama Diego Garcia???
klo di tlusuri dari awal kayakx ada yg mau mengadu domba ne, menjurus ke negara yg paling di musuhin Asu ... tuh singapur kok diem aja yg pux radar canggih...
Dr malaynya ga mau disalahin airlinenya dr pihak US ga mau disalahin boeingnya. Ufah gue duga pasti nyasar2 ke yg lain yg pd akhirnya di peti es kan
Quote:Original Posted By areev189
baru tau ada pulau nama Diego Garcia???


di isukan itu pangkalan rahasia inteligen amrik tuh
Quote:Original Posted By areev189
baru tau ada pulau nama Diego Garcia???

Quote:Original Posted By a70n98

di isukan itu pangkalan rahasia inteligen amrik tuh

Diego Garcia itu pangkalan militer resmi mama rika yang disewa dari brutus om..
pangkalan militer diego garcia adalah bagian dari armada 5 yang kantor pusatnya di bahrain..
tugas utama pangkalan ini adalah mengawasi samudera hindia..
Jadi muterin Indonesia gitu? Bahan bakarnya cukup yah, ampe ke DG?
Quote:Original Posted By 032700
Jadi muterin Indonesia gitu? Bahan bakarnya cukup yah, ampe ke DG?

TNI-AU dah bilang tuch pesawat nggak lewat sini om..
Makin seru ja ni pesawat
kayaknya masih banyak yang ditutup-tutupin nih, sampai China aja kesel tuh.

salah satu pangkalan rahasia pasukan bule yang menjajah dunia hingga saat ini.

semoga segera di temukan