KASKUS

Exclamation Akhirnya, Malaysia Akui MH 370 Terbang ke Samudera Hindia

Benda yang Diduga Puing MH370 Ditemukan 2.000 KM dari Perth Australia



Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh di samudera Hindia Selatan. Lokasi penemuan benda yang diduga kuat bagian dari MH370 itu ditemukan sekitar 2.000 kilometer dari Perth, Australia.

Berdasarkan dari gambar yang dilansir oleh BBC, Senin (24/3/2014), benda itu salah satunya berwarna abu-abu atau hijau dan berbentuk lingkaran. Satu lagi dipastikan berwarna oranye berbentuk persegi. Hal ini disampaikan PM Australia Tony Abbott di depan parlemen.

Menurut Abbott, dua temuan baru ini berbeda dengan laporan sebelumnya yang disampaikan kru pesawat China Ilyushin IL-76. Beberapa benda lain berwarna putih dan oranye juga ditemukan, namun ukurannya relatif kecil.

"Kami tidak tahu apa ada salah satu dari obyek ini dari MH370. Bisa saja itu serpihan dari kapal," ujar Abbott.

Najib sendiri telah menyampaikan bahwa MH370 berkahir di Samudera Hindia Selatan lewat konferensi pers pada pukul 22.00 waktu malaysia atau 21.00 WIB, Senin (24/3). Najib menyampaikan hali itu setelah melihat data terbaru dan diberi penjelasan oleh perwakilan dari UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB).

Analisis menyebutkan bahwa "MH370 terbang di koridor selatan dan posisi terakhirnya ada di tengah Samudera Hindia, sisi selatan Perth."

Untuk keterangan lebih lengkap, Najib akan kembali menggelar konferensi pers pada Selasa (25/3).


Sumber:
Quote:http://news.detik.com/read/2014/03/24/220437/2535413/1148/benda-yang-diduga-puing-mh370-ditemukan-2000-km-dari-perth-australia?9911012


PM Malaysia Sampaikan Ucapan Belasungkawa pada Keluarga Penumpang MH370


PM Malaysia saat konferensi pers (Foto: AFP)

Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak meminta agar media memberikan ruang bagi keluarga penumpang Malaysia Airlines MH370 untuk berduka atas kehilangan yang mereka rasakan. Pihak Malaysia Airlines sudah mengabarkan langsung pada anggota keluarga terkait kabar jatuhnya MH370 di Samudera Hindia.

"Bagi mereka, beberapa minggu terakhir terasa menyedihkan. Saya paham bahwa berita ini sangat sulit. Saya meminta media untuk menghargai privasi mereka dan memberikan ruang di waktu yang sulit ini," kata Najib dalam konferensi pers seperti dilansir dari The Strait Times, Senin (24/3/2014).

Ia menambahkan bahwa Malaysia Airlines sudah berbicara kepada keluarga dari penumpang dan kru untuk mengabarkan perkembangan terakhir.

"Kami ingin memberikan informasi perkembangan terbaru ini dalam kesempatan sesegera mungkin. Kami membagikan informasi ini dengan komitmen untuk keterbukaan dan rasa hormat kepada anggota keluarga, dua prinsip yang memandu investigasi ini," kata Najib.

Najib mengadakan konferensi pers setelah di-briefing oleh perwakilan dari UK Air Accidents Investigation Branch. Analisis menyebutkan bahwa "MH370 terbang di koridor selatan dan posisi terakhirnya ada di tengah Samudera Hindia, sisi selatan Perth."

Hanya beberapa saat sebelum konferensi pers dari PM Najib dimulai, Malaysia Airlines telah mengirim pesan singkat pada anggota keluarga tentang pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014 tersebut.

"Malaysia Airlines dengan sangat menyesal bahwa kami harus berasumsi melampaui segala keraguan bahwa MH370 telah hilang dan tidak ada yang selamat dari pesawat itu. Seperti yang akan anda dengar dalam beberapa jam selanjutnya dari PM Malaysia, kami harus menerima semua bukti yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut jatuh di selatan Samudera Hindia," tulis pesan singkat tersebut.

Sumber:
http://news.detik.com/read/2014/03/24/214320/2535409/1148/pm-malaysia-sampaikan-ucapan-belasungkawa-pada-keluarga-penumpang-mh370?nd771104bcj

Quote:
SENIN 24 MARET 2014
UPDATE 21.14 WIB:

PM Malaysia Najib Razak mengadakan konferensi pers yang memberi kejelasan pada nasib pesawat Malaysia Airlines MH370. "Dengan kesedihan dan penyesalan mendalam, saya harus menyampaikan bahwa menurut data terbaru, penerbangan MH370 berakhir di selatan Samudera Hindia."

Berikut pernyataan lengkap PM Najib Razak:

"Malam ini saya mendapat keterangan dari UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB-penyelidik kecelakaan udara Inggris). Mereka memberi tahu bahwa Inmarsat, perusahaan Inggris penyedia data satelit koridor utara dan selatan, telah melakukan perhitungan mendalam. Menggunakan jenis analisis yang tak pernah dipakai sebelumnya dalam penyelidikan semacam ini, mereka bisa memberi kejelasan lebih akan jalur penerbangan MH370.

Menurut analisis terbaru, Inmarsat dan AAIB telah menyimpulkan bahwa MH370 terbang di sepanjang koridor selatan, dan posisi terakhirnya ada di tengah Samudera Hindia, barat Perth.

Ini adalah lokasi terpencil, jauh dari berbagai kemungkinan tempat pendaratan. Maka, dengan kesedihan dan penyesalan mendalam, saya harus menyampaikan bahwa menurut data terbaru ini, penerbangan MH370 berakhir di selatan Samudera Hindia. Kami akan mengadakan konferensi pers lanjutan, besok, dengan detail mendalam.

Untuk sementara, kami ingin mengabarkan perkembangan terbaru secepat mungkin. Kami membagi informasi ini dengan semangat komitmen keterbukaan dan rasa hormat pada keluarga, dua prinsip utama yang memandu penyelidikan.

Malaysia Airlines sudah berbicara dengan keluarga penumpang dan kru untuk menyampaikan perkembangan terbaru. Buat mereka, beberapa minggu terakhir adalah hal yang menyedihkan; saya tahu ini akan semakin berat. Kami meminta media untuk menghormati privasi mereka, dan memberikan mereka ruang yang diperlukan dalam waktu sulit ini."


UPDATE 17.05 WIB:
Pesawat Australia menemukan dua objek dalam area pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang menghilang sejak 8 Maret lalu. Lokasi objek ada di selatan Samudera Hindia. Australia kini sedang mengirim kapal untuk menyelidiki, kata PM Tony Abbott pada Senin. Pejabat berwenang Malaysia menyatakan objek tersebut bisa dicapai dalam hitungan jam.

"Kru di dalam Orion melaporkan bahwa mereka melihat dua objek, yang pertama adalah objek bundar berwarna abu-abu atau hijau dan satunya objek persegi berwarna oranye," kata Abbott pada parlemen, Senin petang.

Dua objek ini berbeda dengan yang dilihat oleh pesawat Cina lebih awal. Pesawat Australia RAAF P3 Orion menemukan benda-benda ini sekitar 2500 km barat daya Perth.

HMAS Success, kapal yang dikirim oleh pemerintah Australia, memiliki derek yang mampu menarik serpihan atau reruntuhan. Kapal tersebut sedang berada di kawasan tersebut dan akan mengambil objek yang ditemukan.

"HMAS Success berada dekat dengan area lokasi objek dan mungkin mengambilnya dalam beberapa jam, atau paling lambat besok pagi," kata Menteri Transportasi dan Pertahanan Hishammuddin Hussein pada konferensi pers di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Saya ingatkan lagi…kita tidak tahu apakah objek-objek ini berasal dari MH370, bisa saja benda mengambang," katanya. Laporan lengkapnya ada di AFP.

- Dua objek berwarna oranye, dengan panjang 1 meter dan satu drum warna putih ditemukan oleh pesawat pencari. Keduanya belum teridentifikasi dan belum diketahui hubungannya dengan MH370.

- CEO Malaysia Airlines mengatakan bahwa pesawat membawa 200kg batere lithium-ion yang dibungkus sesuai panduan internasional. Manifes kargo kini berada di tim investigasi. Australia harus meminta daftar tersebut dari tim investigasi.

- Menteri Hishammuddin Hussein memberi konfirmasi bahwa pesawat membawa krat kayu. Belum ada bukti apakah krat-krat kayu tersebut ditemukan di area pencarian Australia.

- Polisi sudah meminta keterangan lebih dari 100 orang, termasuk keluarga dari pilot dan co-pilot. Laporan lengkapnya dari The Malaysian Insider.

- Pesawat Malaysia Airlines lainnya dialihkan ke Incheon, CEO Malaysia Airlines mengatakan bahwa penyebabnya adalah masalah teknis dengan generator. "Bukan soal keselamatan, tapi masalah teknis dalam pesawat."

Sumber:
http://id.berita.yahoo.com/vietnam-t...080302838.html



Malaysia Pastikan MH370 Jatuh di Samudera Hindia

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyatakan bahwa pesawat Malaysia Airlines yang selama dua pekan tidak diketahui keberadaannya, telah jatuh di sebelah selatan Samudera Hindia.


Perdana Menteri Najib Razak menyatakan pesawat Malaysia yang hilang itu jatuh di selatan Samudera Hindia.

“Posisi terakhirnya ada di tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth Australia,“ kata PM Najib dalam pernyataannya.

“Ini adalah lokasi terpencil, jauh dari lokasi yang bisa dipakai untuk pendaratan. Oleh karena itu dengan sedih dan menyesal, saya harus memberitahu anda bahwa menurut data baru ini, penerbangan 370 berakhir di sebelah selatan Samudera Hindia.

Sebelumnya, Cina telah mengatakan bahwa salah satu pesawat mereka yang menjelajahi wilayah itu telah melihat puing-puing ”mencurigakan“, memperkuat apa yang sebelumnya telah dilihat pesawat Australia pada Sabtu pekan lalu tentang adanya palet kayu yang berdampingan dengan puing-puing lainnya.

Prancis dan Cina telah mengeluarkan informasi satelit pada akhir pekan lalu yang juga mengindikasikan adanya benda mengambang di lepas pantai barat Australia – temuan yang telah memperbesar harapan akan adanya terobosan dalam memecahkan teka-teki selama dua pekan terakhir.

Armada kapal militer dan pesawat sipil semakin banyak yang mengitari wilayah itu, dengan dukungan kapal-kapal Australia dan Inggris yang ditugaskan mengumpulkan benda-banda itu dari lautan berbahaya tersebut.

Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 lenyap pada 8 Maret setelah tiba-tiba berbelok melintasi Laut Cina Selatan dari rute Kuala Lumpur menuju Beijing yang membawa 227 penumpang dan 12 kru.

Wakil Perdana Menteri Australia Warren Truss, memperingatkan kemungkinan harapan palsu dalam pencarian yang sebelumnya berkali-kali menemukan tanda-tanda, tapi kemudian menemui jalan buntu.

"Kami hanya, saya kira, memegang informasi sekecil apapun yang datang untuk mencoba dan menemukan tempat di mana kami pikir kami bisa memusatkan upaya (pencarian),” kata dia lewat siaran radio nasional.

AS kirimkan pendeteksi kotak hitam

Angkatan Laut Amerika Serikat yang merasakan bahwa penemuan itu semakin dekat, memerintahkan pengiriman alat pendeteksi khusus kotak hitam ke wilayah sekitar 2.500 kilometer di sebelah barat daya Perth.

Penemuan kotak hitam akan menjadi sangat penting untuk menentukan apa yang terjadi pada Boeing 777 tersebut.

Malaysia telah menyatakan bahwa pesawat itu sengaja dibelokkan oleh seseorang di dalam pesawat, tapi tidak mengajukan bukti meyakinkan yang mendorong berbagai teori menambah penderitaan para anggota keluarga yang menanti kabar terkait nasib orang-orang tercinta mereka.

Sistem pelacak kotak hitam AS mampu mendeteksi lokasi black box di kedalaman air maksimum 20.000 kaki. Ahli kelautan mengatakan hamparan laut yang disisir untuk mencari puing berkisar antara 3.000 hingga 4.000 meter di bawah permukaan laut.

Otorita Keselamatan Maritim Australia (AMSA) mengatakan 10 pesawat kini terlibat dalam upaya pencarian untuk memperkuat dua pesawat militer Cina yang Senin dini hari telah lepas landas untuk memulai pencarian bergabung bersama pesawat Australia, AS, dan Jepang.

Cina juga mengirimkan tujuh kapal, menambah kapal angkatan laut Inggris dan Australia yang sebelumnya telah terlibat pencarian.

Sumber:
http://www.dw.de/malaysia-pastikan-m...dia/a-17516089


Youtube:


Link Video: TKP

Turut berduka utk semua korban...


Berita sebelumnya:
Spoiler for Akhirnya, Malaysia Akui MH 370 Terbang ke Samudera Hindia::


Berita lainnya tentang MH370:

Report: Plane confirmed hijacked | 12:21PM Mar 15, 2014

Report: Plane confirmed hijacked
| 12:21PM Mar 15, 2014
Malaysian Airlines flight MH370 has been hijacked, according to a news report.

According to Associated Press report today, a Malaysian government official said that hijacking was no longer just a theory: “It is conclusive,” read the report.

The official who is involved in the investigation were reported saying they have determined that either one of the pilots or someone else with flying experience has hijacked the missing jet.

However, the motive has not been established while it is unclear where the plane has been taken.

Speculation is rife that the Malaysian government will announce this at a press conference slated for 1pm.

The news comes amidst increasing clues pointing to foul play in the week-long mystery over the commercial Beijing-bound flight that went off the radars at 2.41am last Saturday.

While the plane disappeared from sight while over the South China Sea just off the coast of Vietnam, there is growing belief it may have detoured to the West towards the Indian Ocean.

http://m.malaysiakini.com/news/257152
Quote:Original Posted By madsari2190
Report: Plane confirmed hijacked
| 12:21PM Mar 15, 2014
Malaysian Airlines flight MH370 has been hijacked, according to a news report.

According to Associated Press report today, a Malaysian government official said that hijacking was no longer just a theory: “It is conclusive,” read the report.

The official who is involved in the investigation were reported saying they have determined that either one of the pilots or someone else with flying experience has hijacked the missing jet.

However, the motive has not been established while it is unclear where the plane has been taken.

Speculation is rife that the Malaysian government will announce this at a press conference slated for 1pm.

The news comes amidst increasing clues pointing to foul play in the week-long mystery over the commercial Beijing-bound flight that went off the radars at 2.41am last Saturday.

While the plane disappeared from sight while over the South China Sea just off the coast of Vietnam, there is growing belief it may have detoured to the West towards the Indian Ocean.

http://m.malaysiakini.com/news/257152


wah Malay bakal di kamplengin nih sama Sino
Quote:Original Posted By madsari2190
Report: Plane confirmed hijacked
| 12:21PM Mar 15, 2014
Malaysian Airlines flight MH370 has been hijacked, according to a news report.

According to Associated Press report today, a Malaysian government official said that hijacking was no longer just a theory: “It is conclusive,” read the report.

The official who is involved in the investigation were reported saying they have determined that either one of the pilots or someone else with flying experience has hijacked the missing jet.

However, the motive has not been established while it is unclear where the plane has been taken.

Speculation is rife that the Malaysian government will announce this at a press conference slated for 1pm.

The news comes amidst increasing clues pointing to foul play in the week-long mystery over the commercial Beijing-bound flight that went off the radars at 2.41am last Saturday.

While the plane disappeared from sight while over the South China Sea just off the coast of Vietnam, there is growing belief it may have detoured to the West towards the Indian Ocean.

http://m.malaysiakini.com/news/257152


beneran ya dibajak?
Kalau memang seperti itu, terlalu kuat buktinya untuk dikatakan tidak dibajak...
Tapi aneh juga, pan biasanya negeri yg satu ini penyuport teroris...

Exclamation Ini Bukti Malaysia Airlines MH370 Sengaja Hindari Radar

MH370 Terbang ke Diego Garcia, Pulau Misterius di Tengah Samudera Hindia?


Waypoint pesawat Malaysia Airlines MH370.

TRIBUNNEWS, JAKARTA - Setelah Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan Malaysia Airlines MH 370 dipastikan terbang ke Samudera Hindia, muncul spekulasi baru pesawat tersebut menuju ke salah satu pulau terpencil di tengah Samudera Hindia, Pulau Diego Garcia.

Dalam konferensi pers Sabtu (15/3/2014) kemarin, Najib Razak menyebut ada dua koridor yang mungkin menjadi lokasi pendaratan MH 370 yang hilang. Koridor utara antara Turkmenistan dan Kazakhtan dan Koridor selatan di Samudera Hindia yang berbatasan dengan Indonesia.

Dari berbagai diskusi yang hangat diperbincangkan di dunia maya, sebagian menyebut pesawat itu ada kemungkinan terbang ke koridor selatan, yaitu ke pulau Diego Garcia. Lantas, seperti apa pulau Diego Garcia?

Terletak di koordinat 7°18′48″ LS dan 72°24′40″ BT, pulau ini dinamakan sesuai penemunya, yaitu pelaut asal Spanyol Diego García de Moguer. Dia menemukan kepulauan yang tak berpenghuni ini pada tahun 1500an.

Pulau ini berada di sebelah barat Indonesia dan selatan India. Benar-benar di tengah Samudera Hindia. Penduduk mulai hadir sejak 1793, yaitu para pekerja perkebunan kelapa yang didatangkan dari Afrika hingga China.

Mulai 1814, pulau ini menjadi milik Inggris, tepatnya saat perang Napoleon yang dikendalikan melalui Mauritius. Kemudian pada tahun 1965, Inggris mengendalikan sepenuhnya Diego Garcia dan kepulauan di sekitarnya dari London dan wilayah itu diberi nama British Indian Ocean Territory (BIOT).

Pengendalian secara penuh atas pulau ini bukannya tanpa alasan. Saat itu Inggris sedang mempersiapkan kerjasama keamanan dengan Amerika Serikat. Penduduk yang mendiami pulau ini sekitar 200 tahun mulai diminta keluar pada 1971.

Hanya anggota militer Inggris dan AS yang kemudian berhak mendiami kawasan ini. Praktis, pulau ini menjadi tertutup dan terkesan "misterius". Pada perang Irak (2003-2006) dan perang Afganistan (2001-2006), para tentara sekutu, yaitu dari Australia, Jepang, Korea Selatan dan Filipina tinggal di Diego Garcia, dan menyiapkan keperluan perang dari pulau ini.


Sebagai daerah militer, Pulau Diego Garcia tentu memiliki landasan pacu. Mengutip Wikipedia, landasan pacu di pulau ini berjenis ETOPS (Extended Range Twin Engine Operations), yaitu landasan darurat untuk penerbangan komersial yang melintasi rute Samudera Hindia.

Hanya pesawat komersial yang bermesin ganda, yang bisa mendarat di lokasi ini. Sementara, jenis pesawat berbadan lebar yang bisa mendarat di Pulau Diego Garcia adalah Airbus A330, Boeing 767 ataupun Boeing 777.

Isu intelijen

Dari berbagai literatur menyebutkan Diego Garcia menjadi salah satu lokasi kegiatan intelijen AS, yaitu CIA. Hal ini ditegaskan oleh laporan Dewan Keamanan Eropa 2007, yang menyatakan pulau ini telah digunakan oleh AS untuk program yang kontroversial yaitu mengangkut para narapidana kelas berat.

Hal ini kemudian dipertegas oleh laporan emerintah Inggris pada 2008 yang menyebutkan bahwa AS pernah melakukan pengisian bahan bakar pesawat di Diego Garcia pada 2002, di mana pesawat itu digunakan untuk mengangkut narapidana yang "bernilai tinggi" (terorisme).

Disebut-sebut, salah satu narapidana AS yang pernah singgah di pulau ini adalah Khalid Sheikh Mohammed.

Isu seputar intelijen juga pernah dibocorkan oleh Wikileaks. Dalam kabel diplomatik yang dibocorkan Edward Snowden itu disebutkan bahwa pulau Diego Garcia dan sekitarnya telah ditetapkan sebagai cagar alam laut. Ini dimaksudkan untuk mempersulit para penduduk yang pernah tinggal di pulau tersebut, mengklaim kembali.

Berikut kutipan dari kabel diplomatik AS yang dibocorkan WIkileaks:

"....seorang pejabat senior luar negeri dan persemakmuran Inggris telah menginformasikan bahwa isu menetapkan cagar alam taman laut terbesar di dunia, termasuk di pulau Diego Garcia tidak akan melanggar kepentingan militer. Dia (pejabat senior Inggris) setuju bahwa Inggris dan AS harus bernegosiasi secara berhati-hati untuk memastikan bahwa kepentingan militer AS tetap terlindungi...."

Dalam konferensi pers Sabtu kemarin, PM Najib Razak juga mengonfirmasi bahwa MH 370 masih mengirimkan sinyal ke satelit pada pukul 08.11 waktu Kuala Lumpur, atau lebih dari 6 jam setelah pesawat itu dinyatakan hilang. Artinya, pesawat tersebut masih mengudara ke tujuan tertentu.

Ada unsur kesengajaan dari salah satu pilot yang terbang untuk mematikan transponder komunikasi. Selain itu, otoritas penerbangan Malaysia juga menyebut bahwa aksi "penghilangan" MH 370 itu dilakukan oleh seseorang yang sangat ahli dalam penerbangan.

Lantas, apakah MH 370 memang menuju ke Pulau Diego Garcia dengan motif tertentu? Mari kita tunggu perkembangannya......."

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...amudera-hindia

Peta Lokasi Pulau Diego Garcia:
Spoiler for BWK:

Link Google Maps langsung ke lokasi Pulau Diego Gracia: TKP


Ini Bukti Malaysia Airlines MH370 Sengaja Hindari Radar

KOMPAS.com -
Meski Pemerintah Malaysia belum memastikan hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 karena aksi pembajakan, namun dugaan skenario pembajakan terhadap pesawat yang hilang sejak Sabtu pekan yang lalu (8/3/2014) kini semakin kuat.

Ini terungkap setelah Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak mengadakan konferensi pers di Malaysia, hari ini Sabtu (15/3/2014). Dalam konferensi pers tersebut, Razak menyatakan, pesawat Boeing 777-200ER milik maskapai Malaysian Airlines sengaja dibelokkan dan dimatikan radar transponder-nya.

Apa yang disampaikan oleh Razak dalam konferensi pers hari ini memunculkan dugaan bahwa pembajak MH370 bukan orang sembarangan, setidaknya ia mengetahui teknis pengoperasian instrumen pesawat. Karena, selain membelokkan rute dan mematikan transponder, pihak yang mengambilalih pesawat dengan sengaja memilih jalur untuk menghindari radar agar tidak terdeteksi.

Fakta di atas diperkuat dengan data yang didapat oleh Reuters. Pada Jumat (14/3/2014), Reuters mendapatkan data lokasi MH370 yang ditangkap radar militer Malaysia setelah menghilang dari radar sipil. Data tersebut didapat Reuters dari sumber kepolisian Malaysia yang tidak mau disebutkan namanya.

Dari data tersebut, diketahui MH370 berada di waypoint yang bernama IGARI pada Sabtu (8/3/2014) pekan lalu, pukul 01:21 pagi waktu Malaysia. Waypoint IGARI sendiri berada di radial 059 derajat dari radar VOR Kota Bharu.

Setelah itu, MH370 bergerak ke arah barat menuju waypoint VAMPI yang berada di Selat Malaka, atau timur laut Banda Aceh, Indonesia tanpa terdeteksi radar sipil.

Setelah mencapai titik VAMPI, MH370 berbelok sedikit ke timur laut menuju waypoint GIVAL yang berada di selatan Phuket, Thailand, lalu terbang ke arah barat laut menuju waypoint IGREX yang berada di tengah laut Andaman.

Radar militer Malaysia kemudian tidak bisa menjejak lagi kemana MH370 pergi. Dari waypoint IGREX, terdapat rute airways P628 yang sering digunakan oleh pilot untuk terbang dari wilayah Asia Tenggara menuju Timur Tengah atau Eropa.

Dari pemilihan jalur seperti dijelaskan di atas, bisa disimpulkan bahwa siapa saja yang membelokkan penerbangan MH370 adalah orang yang memiliki pengetahuan yang cukup.

Hal tersebut juga diutarakan oleh Associated Press (AP) yang mengatakan bahwa satu orang atau lebih yang memiliki pengetahuan terbang yang signifikan telah membajak Malaysian Airlines MH370.

Orang tersebut tahu bagaimana cara mematikan transponder pesawat, dan memberikan input navigasi yang baru, menyimpang dari rute yang telah diatur untuk terbang menuju Beijing.

Rute MH370 digambarkan oleh grafis yang terdapat di situs http://irinfodotorg.files.wordpress.com di bawah ini. File resolusi tinggi dari foto di bawah bisa dibuka melalui tautan ini.


Waypoint pesawat Malaysia Airlines MH370. Sumber: http://airinfodotorg.files.wordpress.com/

Dari waypoint IGREX di tengah laut Andaman tersebut, MH370 diperkirakan masih memiliki bahan bakar untuk terbang selama 5 jam. Karena itulah, saat ini fokus pencarian Boeing 777-200 Malaysian Airlines tersebut dikonsentrasikan dari batas utara di Tajikistan hingga batas selatan di Samudera Hindia.

MH370 sengaja menghindari radar?

Layaknya jalan raya, pesawat terbang di udara juga harus melewati jalur yang sudah ditentukan, jalur udara tersebut disebut airways yang menghubungkan dari satu waypoint ke waypoint berikutnya. Dalam pesawat terbang modern, seperti Boeing 777-200ER milik Malaysian Airlines ini, pesawat juga sudah dilengkapi dengan komputer penerbangan (Flight Management Computing-FMC).

Melalui FMC inilah, pilot memberikan input waypoint dan airways mana yang akan digunakan dalam satu rute penerbangan, lengkap dengan informasi lain seperti ketinggian jelajah, berat pesawat, bahan bakar, dan sebagainya.

Karena itu, fakta bahwa MH370 terbang dari satu waypoint ke waypoint berikutnya, bukan terbang ke bebas ke sembarang arah, menguatkan dugaan orang yang berpengalaman yang menerbangkan MH370 keluar dari jalurnya.

Rute yang diambil oleh MH370 setelah mematikan transponder juga terkesan mencurigakan. Pasalnya jika ditarik garis lurus, maka rute baru yang ditempuh MH370 tersebut seolah terbang menghindari radar pengawas.

Untuk diketahui, wilayah udara terbagi atas beberapa FIR (Flight Information Region: http://en.wikipedia.org/wiki/Flight_...rmation_region) yang dikontrol oleh masing-masing negara. Sesaat sebelum hilang dari waypoint IGARI, MH370 mematikan transpondernya. IGARI berada di batas antara FIR Singapura dan FIR Ho-Chi-Minh, Khusus untuk FIR Singapura yang ada di laut China Selatan ini, koridor utara dikontrol oleh pihak Malaysia.


Foto Kuala Lumpur FIR. Sumber: http://www.swld.com.au/images/air_asia_FIR.jpg

Sesaat sebelum meninggalkan FIR yang dikontrol Malaysia dan hendak masuk ke FIR Ho-Chi-Minh (Vietnam), MH370 mematikan transponder dan mengubah arah menuju ke waypoint VAMPI hingga IGREX, yang seolah terbang di tepian batas antar FIR berbagai negara, yaitu Ho-Chi-Minh, Bangkok dan Yangon.

Sayangnya, radar militer Malaysia tak bisa menjejak MH370 selepas waypoint IGREX. Saat ditanya oleh Reuters tentang seberapa luas cakupan radar militer Malaysia, Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein menolak untuk menjawab, sebab hal tersebut menurutnya adalah informasi yang sensitif.

Banyak komentar yang muncul setelah informasi mengenai keberadaan terakhir MH370 ini diungkap. Mengapa pihak Malaysia baru memunculkan data tujuh hari setelah hilangnya MH370 juga dipertanyakan, mengingat semua sumber daya yang ada selama ini justru dikerahkan di laut China Selatan.

Kini Perdana Malaysia telah memerintahkan semua sumber daya untuk dikerahkan melakukan pencarian di wilayah yang baru, berdasar posisi terakhir MH370 menurut radar militer Malaysia. mengingat luasnya wilayah pencarian, yang membentang antara Tajikistan hingga Samudra Hindia, semua berharap agar keberadaan Boeing 777-200ER Malaysian Airlines tersebut segera ditemukan.

Sumber:
http://tekno.kompas.com/read/2014/03....Hindari.Radar


Bukti Malaysia Airlines MH370 Dibajak Semakin Kuat


Waypoint pesawat Malaysia Airlines MH370.

TRIBUNNEWS - Meski Pemerintah Malaysia belum memastikan hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 karena aksi pembajakan, namun dugaan skenario pembajakan terhadap pesawat yang hilang sejak Sabtu pekan yang lalu (8/3/2014) kini semakin kuat.

Ini terungkap setelah Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak mengadakan konferensi pers di Malaysia, hari ini Sabtu (15/3/2014). Dalam konferensi pers tersebut, Razak menyatakan, pesawat Boeing 777-200ER milik maskapai Malaysian Airlines sengaja dibelokkan dan dimatikan radar transponder-nya.

Apa yang disampaikan oleh Razak dalam konferensi pers hari ini memunculkan dugaan bahwa pembajak MH370 bukan orang sembarangan, setidaknya ia mengetahui teknis pengoperasian instrumen pesawat. Karena, selain membelokkan rute dan mematikan transponder, pihak yang mengambilalih pesawat dengan sengaja memilih jalur untuk menghindari radar agar tidak terdeteksi.

Fakta di atas diperkuat dengan data yang didapat oleh Reuters. Pada Jumat (14/3/2014), Reuters mendapatkan data lokasi MH370 yang ditangkap radar militer Malaysia setelah menghilang dari radar sipil. Data tersebut didapat Reuters dari sumber kepolisian Malaysia yang tidak mau disebutkan namanya.

Dari data tersebut, diketahui MH370 berada di waypoint yang bernama IGARI pada Sabtu (8/3/2014) pekan lalu, pukul 01:21 pagi waktu Malaysia. Waypoint IGARI sendiri berada di radial 059 derajat dari radar VOR Kota Bharu.

Setelah itu, MH370 bergerak ke arah barat menuju waypoint VAMPI yang berada di Selat Malaka, atau timur laut Banda Aceh, Indonesia tanpa terdeteksi radar sipil.

Setelah mencapai titik VAMPI, MH370 berbelok sedikit ke timur laut menuju waypoint GIVAL yang berada di selatan Phuket, Thailand, lalu terbang ke arah barat laut menuju waypoint IGREX yang berada di tengah laut Andaman.

Radar militer Malaysia kemudian tidak bisa menjejak lagi kemana MH370 pergi. Dari waypoint IGREX, terdapat rute airways P628 yang sering digunakan oleh pilot untuk terbang dari wilayah Asia Tenggara menuju Timur Tengah atau Eropa.

Dari pemilihan jalur seperti dijelaskan di atas, bisa disimpulkan bahwa siapa saja yang membelokkan penerbangan MH370 adalah orang yang memiliki pengetahuan yang cukup.

Hal tersebut juga diutarakan oleh Associated Press (AP) yang mengatakan bahwa satu orang atau lebih yang memiliki pengetahuan terbang yang signifikan telah membajak Malaysian Airlines MH370.

Orang tersebut tahu bagaimana cara mematikan transponder pesawat, dan memberikan input navigasi yang baru, menyimpang dari rute yang telah diatur untuk terbang menuju Beijing.

Dari waypoint IGREX di tengah laut Andaman tersebut, MH370 diperkirakan masih memiliki bahan bakar untuk terbang selama 5 jam. Karena itulah, saat ini fokus pencarian Boeing 777-200 Malaysian Airlines tersebut dikonsentrasikan dari batas utara di Tajikistan hingga batas selatan di Samudera Hindia.

MH370 sengaja menghindari radar?

Layaknya jalan raya, pesawat terbang di udara juga harus melewati jalur yang sudah ditentukan, jalur udara tersebut disebut airways yang menghubungkan dari satu waypoint ke waypoint berikutnya. Dalam pesawat terbang modern, seperti Boeing 777-200ER milik Malaysian Airlines ini, pesawat juga sudah dilengkapi dengan komputer penerbangan (Flight Management Computing-FMC).

Melalui FMC inilah, pilot memberikan input waypoint dan airways mana yang akan digunakan dalam satu rute penerbangan, lengkap dengan informasi lain seperti ketinggian jelajah, berat pesawat, bahan bakar, dan sebagainya.

Karena itu, fakta bahwa MH370 terbang dari satu waypoint ke waypoint berikutnya, bukan terbang ke bebas ke sembarang arah, menguatkan dugaan orang yang berpengalaman yang menerbangkan MH370 keluar dari jalurnya.

Rute yang diambil oleh MH370 setelah mematikan transponder juga terkesan mencurigakan. Pasalnya jika ditarik garis lurus, maka rute baru yang ditempuh MH370 tersebut seolah terbang menghindari radar pengawas.

Untuk diketahui, wilayah udara terbagi atas beberapa FIR (Flight Information Region: http://en.wikipedia.org/wiki/Flight_...rmation_region) yang dikontrol oleh masing-masing negara. Sesaat sebelum hilang dari waypoint IGARI, MH370 mematikan transpondernya. IGARI berada di batas antara FIR Singapura dan FIR Ho-Chi-Minh, Khusus untuk FIR Singapura yang ada di laut China Selatan ini, koridor utara dikontrol oleh pihak Malaysia.

Sesaat sebelum meninggalkan FIR yang dikontrol Malaysia dan hendak masuk ke FIR Ho-Chi-Minh (Vietnam), MH370 mematikan transponder dan mengubah arah menuju ke waypoint VAMPI hingga IGREX, yang seolah terbang di tepian batas antar FIR berbagai negara, yaitu Ho-Chi-Minh, Bangkok dan Yangon.

Sayangnya, radar militer Malaysia tak bisa menjejak MH370 selepas waypoint IGREX. Saat ditanya oleh Reuters tentang seberapa luas cakupan radar militer Malaysia, Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein menolak untuk menjawab, sebab hal tersebut menurutnya adalah informasi yang sensitif.

Banyak komentar yang muncul setelah informasi mengenai keberadaan terakhir MH370 ini diungkap. Mengapa pihak Malaysia baru memunculkan data tujuh hari setelah hilangnya MH370 juga dipertanyakan, mengingat semua sumber daya yang ada selama ini justru dikerahkan di laut China Selatan.

Kini Perdana Malaysia telah memerintahkan semua sumber daya untuk dikerahkan melakukan pencarian di wilayah yang baru, berdasar posisi terakhir MH370 menurut radar militer Malaysia. mengingat luasnya wilayah pencarian, yang membentang antara Tajikistan hingga Samudra Hindia, semua berharap agar keberadaan Boeing 777-200ER Malaysian Airlines tersebut segera ditemukan.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...k-semakin-kuat
Heboh nih.udah bikin repot banyak negara yg melakukan pencarian sia2 ngga taunya pesawatnya detour
Ngehe jg NIH Malay. Berubah rubah mulu ngomongannya. Pantes Aja diomelin pemerintah china dr kmaren2. Brarti china dah tau busuk Nya Malay nih



Quote:Original Posted By WaNLuV
Kalau memang seperti itu, terlalu kuat buktinya untuk dikatakan tidak dibajak...
Tapi aneh juga, pan biasanya negeri yg satu ini penyuport teroris...







Ngeri banged gan kalo dibayangin tuh setir kokpit diarahkan ke Laut Sambil nyebut password gitu gan
Quote:Original Posted By WaNLuV
Kalau memang seperti itu, terlalu kuat buktinya untuk dikatakan tidak dibajak...
Tapi aneh juga, pan biasanya negeri yg satu ini penyuport teroris...

duitnya udah nggak ada buat support teroris...

Akhirnya, Malaysia Akui MH 370 Terbang ke Samudera Hindia

Berita sebelumnya:
Spoiler for Akhirnya, Malaysia Akui MH 370 Terbang ke Samudera Hindia:


Perdana Menteri Malaysia: Pesawat Malaysia Airlines MH 370 Dibajak

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak meyakini pesawat Malaysia Airlines MH 370 dibajak, dengan mempertimbangkan beberapa indikator.

Dalam penjelasan resminya hari ini, Sabtu (15/3/2014), Najib Razak menyebutkan ada tindakan sengaja yang dilakukan oleh seseorang yang ada dalam pesawat tersebut, yaitu dengan mematikan transponder.

Setelah itu, pesawat sempat kembali ke Semenanjung Malaya, sebelum melanjutkan ke arah Barat Laut, tepatnya menuju ke Kepulauan Andaman. Dari hasil investigasi, ada dua kemungkinan pesawat MH 370 mengakhiri penerbangannya.

"Pertama adalah koridor utara, yaitu di wilayah Kazakhtan dan Turkmenistan. Kemungkinan yang lain adalah di koridor selatan, yaitu di sekitar perairan Samudera Hindia dan Indonesia," ujarnya.

Meskipun ada beberapa kemungkinan, namun otoritas Malaysia belum bisa menentukan secara pasti lokasi pesawat tersebut berada. "Kami akan menjalin kerjasama dengan negara lain untuk ikut membantu pencarian pesawat tersebut," lanjutnya.

Hingga saat ini, sudah ada 14 negara yang terlibat dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines MH 370. Sebanyak 58 pesawat telah dikerahkan untuk menemukan lokasi pesawat yang diduga dibajak itu.

Sumber:
http://www.tribunnews.com/internasio...mh-370-dibajak



Quote:
Perkembangan hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370

SABTU 15 MARET 2014

UPDATE 14.00 WIB:
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan penyelidikan kini memasuki fase baru setelah sejumlah data baru dikonfirmasi. Data ini menunjukkan penerbangan MH370 memang memutar balik di dekat perbatasan dengan Vietnam, lalu mematikan transponder dan melanjutkan terbang ke arah barat laut. “Pergerakan ini konsisten dengan aksi kesengajaan dari seseorang di dalam pesawat itu,” kata Najib kepada pers, Sabtu 15 Maret siang.

Sejumlah data baru ini konsisten dengan petunjuk yang ditangkap angkatan udara Kerajaan Malaysia sebelumnya. Radar Malaysia sempat menangkap sebuah pesawat yang tak diketahui identitasnya berputar balik. “Hari ini…kami bisa mengonfirmasi bahwa pesawat tersebut memang benar adalah MH370,” Najib menegaskan.

Beberapa poin dari Najib (UPDATED 14:36 WIB):
  • Berdasar data baru dari komunikasi satelit, dengan derajat kepastian yang tinggi penyelidik menyatakan sistem komunikasi dan pelaporan pesawat (ACARS--aircraft communications, addressing and reporting system) dimatikan sebelum pesawat mencapai area tanjung timur Semenanjung Malaysia.
  • Tak lama, dekat perbatasan wilayah pengendali lalu lintas udara Malaysia-Vietnam, giliran transponder pesawat yang dimatikan. Pesawat lalu berputar balik di atas Semenanjung Malaysia, lalu berganti arah ke Selat Malaka hingga kemudian lenyap dari pantauan radar militer Malaysia.
  • Komunikasi sistem pesawat terakhir adalah pukul 8.11 pagi waktu Malaysia, Sabtu 8 Maret. Namun dari data baru yang ada tidak bisa memastikan posisi pesawat saat ini.
  • Pergerakan pesawat konsisten dengan “aksi disengaja” seseorang dalam pesawat. Namun soal kabar bahwa ada kesimpulan pesawat dibajak, Najib menegaskan bahwa pihaknya masih menyelidiki segala kemungkinan yang menyebabkan MH370 melenceng dari rute seharusnya.
  • Ada dua kemungkinan ke mana pesawat mengarah: 1) Koridor Utara, yaitu ke perbatasan Kazakhstan, Turkmenistan hingga ke Thailand utara. 2) Koridor Selatan, yaitu dari Indonesia ke Samudera India bagian selatan
  • Malaysia, berdasar data baru ini, mengubah arah penyelidikan ke kedua area tersebut. Pencarian di Laut Cina Selatan pun dihentikan.


UPDATE 12.46:
Kantor berita AP mewartakan pada Sabtu (15/3), mengutip secara anonim pejabat Malaysia, penyelidik menyimpulkan penerbangan Malaysia Airlines MH370 dibajak oleh satu atau beberapa orang yang berpengalaman. Mereka mematikan sistem komunikasi dan menyetir pesawat keluar dari rutenya.

Motif dan tujuannya, menurut sumber itu, belum diketahui. Ia menegaskan, pembajakan bukanlah lagi teori. “Itu kesimpulannya,” ujar dia. Sebelum ini, pejabat AS mengatakan pada AP bahwa penyelidikan mengarah ke “intervensi manusia” dalam hilangnya pesawat, menambahkan bahwa ada kemungkinan pesawat dibajak.

Sumber:
http://id.berita.yahoo.com/vietnam-t...080302838.html



Malaysia confirms Malaysia Airlines Flight MH370 was hijacked

INVESTIGATORS have concluded that one or more people with significant flying experience hijacked the missing Malaysia Airlines jet, switched off communication devices and steered it off-course, a Malaysian government official involved in the investigation said this afternoon.

The claim comes after seven days of fruitless searches for Malaysia Airlines Flight MH370, and after revelations suggesting the plane made several course corrections after the cockpit’s last known contact with air traffic control.

The official, who is involved in the investigation, told the Associated Press no motive has been established and no demands have been made known, and it is not yet clear where the plane was taken. The official spoke on condition of anonymity because he was not authorised to brief the media.

The official said that hijacking was no longer a theory. “It is conclusive,’’ he added.

Malaysia’s Prime Minister Najib Razak is expected to brief the media later today.

Earlier, an American official told The Associated Press that investigators are examining the possibility of ``human intervention’’ in the plane’s disappearance, adding it may have been ``an act of piracy.’’

The Boeing 777’s communication with the ground was severed under one hour into its flight on March 8 from Kuala Lumpur to Beijing. Malaysian officials have said radar data suggest it may have turned back and crossed back over the Malaysian peninsula westward, after setting out toward the Chinese capital.

The Malaysian official said only a skilled aviator could navigate the plane the way it was flown after its last confirmed location over the South China Sea, and that it appeared to have been steered to avoid radar detection. The official said it had been established with a ``more than 50 percent’’ degree of certainty that military radar had picked up the missing plane after it dropped off civilian radar.

The New York Times reported that radar signals recorded by the Malaysian military appear to show the plane ascending to 45,000 feet and making a sharp turn to the right not long after it disappeared from civilian radar.

Forty-five thousand feet is above the approved altitude limit for a Boeing 777-200.

The information comes from “a preliminary assessment by a person familiar with the data”, the paper said.

HOW COULD MALAYSIA AIRLINES’ FLIGHT MH370 BE STOLEN?

The same data suggests the plane descended to 23,000 feet as it approached the Malaysian island of Penang, but then re-ascended and flew northwest over the Straits of Malacca.

CNN is reporting that authorities think the plane may have gone in one of two directions after it passed through the Straits of Malacca: either northwest, towards the Bay of Bengal and the coast of India, or southwest, out into the expanse of the Indian Ocean.

FIVE THINGS ABOUT INDIA’S ANDAMAN ISLANDS

The reports are the strongest suggestion yet that the plane was being piloted after the last known contact was made with air traffic control, at 1.07am, when the plane was flying over the Gulf of Thailand.

The Wall Street Journal earlier today quoted aviation industry experts who said it was looking like the plane was the victim of sabotage, based partly on two of the disabling of the plane’s internal systems.

The paper quoted Richard Healing, a former member of the US National Transportation Safety Board, who said: “Increasingly, it seems to be heading into the criminal arena”.

“The emphasis is on determining if a hijacker or crew member diverted the plane,” he said.

The Star Malaysia reported that security checks are being made by intelligence agencies into the profiles of the crew and the passengers.

Acting Transport Minister Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein said Malaysia was sharing information with foreign agencies and confirmed that agents were examing the activities and backgrounds of the pilots and crew. further checks are also being made on all passengers.

“I cannot confirm that there was no hijacking,” he said overnight.

Investigators are examining the possibility the plane’s disappearance was “an act of piracy”, another US official said yesterday.

The official, who wasn’t authorised to speak publicly, told AP news agency overnight while other theories are still being looked at key evidence for “human intervention” in the plane’s disappearance is that contact with its transponder stopped about a dozen minutes before a messaging system quit.

The official said it was also possible the plane may have landed somewhere.

It has been suggested the plane may have continued to fly on for around four hours after it lost contact with ground control.

Meanwhile a US naval ship and surveillance plane are heading to the Andaman Sea and the Bay of Bengal to search for the airliner.


Search area ... clouds hang over the North Sentinel Island, in India's south-eastern Andaman and Nicobar Islands. Picture: Gautam Singh Source: AP

A P-8 Poseidon aircraft and a guided missile destroyer, the USS Kidd, were due to aid the international hunt for the jet as the search effort extended further west, Pentagon spokesman Colonel Steven Warren said overnight.

The Kidd was preparing to search the Andaman Sea and the Bay of Bengal, he said.

“The P-8 will be searching a much larger search area ... the southern portion of the Bay of Bengal and the northern portion of the Indian Ocean”.

The Boeing 777 vanished off radar early last Saturday over the South China Sea.

Its fate has vexed investigators and Malaysia authorities have dramatically expanded the scope of the search.

The hunt initially focused on the South China Sea east of Malaysia — along the jet’s intended route.

But Malaysia’s government is now looking at a vast area, with 13 countries involved.

A team from the UK was also due to arrive in Kuala Lumpur last night to help the investigation which today enters its eighth day.

The team is also investigating four or five possibilities for how the transponders on the Malaysian Airlines 777-200 came to be turned off, including intentionally or under duress.

Malaysia’s Defence Minister, Hishammuddin Hussein, said last night that the search zone continues to be in two areas — the South China Sea and the Andaman Sea — because authorities are still no clearer on where the plane disappeared.

A Reuters report, which cited Malaysian military radar data, claimed overnight that a plane believed to be MH370 was “deliberately flown” towards India’s Andaman Islands, a chain of isles between the Andaman Sea and the Bay of Bengal.

Mr Hussein said that it was still not certain that an aircraft tracked on military radar near Penang, in the Malacca Strait, and heading upwards to the Andaman Sea, was actually MH370.

He said that the team was currently working with US experts and gleaning data from US satellites as well as sharing sensitive data which would not normally be shared among countries.

Sumber:
http://www.news.com.au/travel/travel...-1226855485378

Quote:Original Posted By moderator.nol
Ngehe jg NIH Malay. Berubah rubah mulu ngomongannya. Pantes Aja diomelin pemerintah china dr kmaren2




iya, Gan. baru skrg mau mengakui pesawatnya di bajak setelah 7 hari... da repotin org dari ditempat ga jelas.......
Brarti ini pesawat dibajak atau gimna kok melencengnya jauh amat ane curiga ini ada bau2 konspirasi jgan2 untuk jatuhin iran
semoga cepet terungkap pesawatnya
Quote:Original Posted By titoprasetya17
Brarti ini pesawat dibajak atau gimna kok melencengnya jauh amat ane curiga ini ada bau2 konspirasi jgan2 untuk jatuhin iran

Us vs Iran ???
Wahhh kok pas2 gt yah???
Semua mata bakal melotot ke mamiriki nih kalo gt
Malaysia truly asia..
Quote:Original Posted By paopei.wijaya
Malaysia truly asia..


Dan yg senang org mari ,padahal infrastruktur masih hancur2an buat menarik wisatawan
kok bsa ya negara2 laen pd bantuin nh malay...
Mencla Mencle dasar
kasihan TNI dibohongin,padahal udah ngubek2 selat malaka. jangan2 malaysia senyum2 lihat TNI ngubek selat malaka
klo benar spt itu marilah kita ganyang pemerintahan malaysial
Quote:Original Posted By mandorbangunan
kok bsa ya negara2 laen pd bantuin nh malay...

korbannya dari negara mana saja om...
tolong koment jangan asal begini..
×