KASKUS

2015, Ujian Nasional SMP & SMA Digelar Online



Setelah ada berita bahwa pada tahun ini Ujian Nasional untuk setingkat SD/MI resmi akan dihapus, maka sekarang ada berita baru lagi, yaitu Ujian Nasional untuk setingkat SMP & SMA akan dilaksanakan dengan cara Online mulai tahun 2015 nanti.

Quote:2015, Ujian Nasional Digelar Online

Sindonews - Ujian nasional (UN) akan dilaksanakan secara online mulai tahun depan. Nanti tidak ada lagi naskah kertas di atas meja karena siswa akan mengerjakan soal secara langsung di depan komputer.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, mulai2015akanditerapkan UN dengan computer based test. Pemerintah akan menunjuk salah satu sekolah di tingkat kecamatan sebagai pusat tempat ujian. ”UN akan online dan offline. Soalnya akan dibuat lebih canggih, tanpa perlu ada kertas-kertas yang dicetak,” katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, kemarin.

Mantan Rektor Universitas Andalas ini menjelaskan, saat ini Kemendikbud sedang membuat sistem trial and error. Kemendikbud akan mencoba beberapa tes untuk mengetahui kemungkinan kegagalan. Mengenai infrastrukturkomputer, diamengklaim tidak akan ada masalah karena setiap sekolah negeri sudah mempunyai komputer sendiri. Kemungkinan di satu provinsi akan ditunjuk 10–30 sekolah sebagai pusat tempat ujian. Belum dapat dipastikan apakah hasil UN dapat diketahui setelah selesai ujian.

Namun, tanggal tes akan dibuat berbeda per masing-masing sekolah. Masyarakat juga diminta jangan khawatir ada kebocoran karena variasi soal akan dibuat lebih banyak lagi oleh perguruan tinggi sehingga setiap siswa akan menerima soal yang berbeda- beda. ”Jika memang diperlukan kerja sama dengan Lemsaneg (Lembaga Sandi Negara) maka akan kami lakukan.”

Musliar menyebutkan, sistem online ini akan menghemat anggaran negara untuk UN. Anggaran UN akan dihemat sebesar 50% dari anggaran UN tahun ini Rp580 miliar. Penghematan terjadi karena tidak ada pencetakan naskah soal dan lembar jawaban, dan juga pengawasan distribusi soal dan lembar jawaban. Pemerintah juga berkeyakinan sistem onlineakan menjadikan UN yang bermutu, bermartabat, dan bermanfaat. Anggota Komisi X DPR Rohmani tidak setuju dengan sistem online ini.

Pasalnya, tes uji kompetensi guru (UKG) yang hanya diikuti 600.000 guru saja semrawut. Akibat koneksi internet buruk, banyak guru yang tidak lulus uji kompetensi tersebut. Selain itu, jaringan data pokok pendidikan (dapodik) saja masih banyak yang meributkan karena tunjangan guru banyak yang telat. Lalu, jika nanti UN akan online, siapa yang dapat menjamin tidak ada masalah yang dapat merugikan siswa.

Ketua Bidang Litbang Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Mohammad Abduhzen meminta pemerintah tidak perlu mengganti sistem UN dengan online. Semestinya yang diperbaiki oleh pemerintah adalah model evaluasi sistem belajar siswa yang lebih rasional daripada UN.

Pemerintah juga diminta mencari sistem ujian yang mudah dipertanggungjawabkan karena UN menjadikan siswa nekat menyontek dan guru nekat memberikan bocoran jawaban.


Menanggapi kebijakan baru ini, mungkin akan menjadi pro dan kontra di masyarakat. Akan tetapi sebelumnya, mari kita flash back berita sebelumnya bahwa memang tahun 2015 memang merupakan target dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, melakukan pemasangan Internet Wifi pada 100.000 sekolah di seluruh Indonesia.

Quote:2015, Seluruh Sekolah Bisa Nikmati Internet Gratis

BERITAEDUKASI – Hingga akhir tahun 2013 ini, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, menargetkan pemasangan Internet Wifi pada 100.000 sekolah di seluruh Indonesia.

Dengan target yang dikemas dalam program “Indischool” tersebut, diharapkan pada 2015 seluruh sekolah yang ada di Indonesia yang berjumlah 300.000 sudah memiliki fasilitas internet Wifi dari perusahaan pemerintah tersebut.

“Semua sekolah baik yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama akan dipasang internet Wifi secara gratis. Termasuk pesantren,” kata Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin ketika menyerahkan penghargaan khusus kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Insan Global, Jln. Tanjung Pura V, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (27/2).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Telkom kepada seklah tersebut bertepatan dengan pendapaian sekolah ke-3000 untuk program Indischool. Penghargaan diterima Kepala SMK Insan Global, Dawam Anwar yang disaksikan antara lain Head of Area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) Jabar Group Telkomsel, Venusiana Papasi dan sejumlah pejabat Telkom lainnya. Seain menyerahkan penghargaan, dua pelajar dari sekolah tersebut menjadi Duta Indischool yang ditandai dengan penyematan selempang.

Kepada “PRLM” seusai acara Awaluddin menjelaskan, akhir tahun 2013 ini seluruh sekolah di Jabar yang berjumlah 10.000 juga akan dipasang Wifi dan internet. “Di Kota Bandung, seluruh sekolah yang berjumlah 1.500 akan selesai dipasang akhir April 2013. Biaya yang dikeluarkan Telkom untuk membangun jaringan Wifi dan Internet pada 1.500 sekolah yang ada di Bandung mencapai Rp 20 miliar,” kata Awaluddin.

Biaya yang disiapkan Telkom untuk mensukseskan program tersebut cukup besar. “Ya, kalai 1.500 sekolah saja menghabiskan biaya rp 20 miliar, maka untuk seluruh Jabar akan menghabiskan sekitar Rp 120 miliar. Ya, kalau seluruh Indonesia sangat besar,” ungkapnya.


Dari sini dapat kita pahami kenapa tahun 2015 Ujian Nasional akan dilaksanakan secara online, terutama untuk SMP & SMA, dengan asumsi bahwa pada tahun 2015 semua sekolah di Indonesia telah terpasang wifi/internet.

Bagaimana menurut Agan dengan kebijakan baru di atas??

Quote:Baca juga trit lain yang ane buat

Spoiler for :

KOMENTAR KASKUSER

Quote:Original Posted By daichi007
Ide yang bagus, tapi bukan hal mudah untuk bisa online berbarengan di seluruh Indonesia
Web SNMPTN aja selalu penuh waktu awal2 pengumuman kelulusan (jumlah peserta SNMPT harusnya lebih dikit daripada UN), SBMPTN tahun ini yang katanya servernya sangat memadai ternyata masih lambat ketika diakses
Jangan sampe ada kasus error terus ada peserta yang harus ngulang jawaban gara2 ada masalah di komputer / server

Btw, gimana yang di pedalam ya? di kota aja jumlah komputer sama siswa gak sebanding, gak semua juga punya laptop


Quote:Original Posted By ahmadbs
Positifnya: ngurangin anggaran dan penggunaan kertas. Proses juga lebih praktis. Mengurangi kemungkinan kesalahan "scan" lembar jawaban komputer.

Negatif: belum semua siswa di Indonesia "melek" komputer, harus ada penyuluhan yg ujung2nya biaya lagi. Rentan terjadi kesalahan yg bersumber dari "system error". Kebutuhan dan ketergantungan listrik meningkat,

dan lain sebagainya...


Quote:Original Posted By tplpantura
kalo memang untuk kemajuan bangsa ini kita harus mendukung gan tetapi harus dipikirakan juga bagamaina dengan smp/sma yang masih dipelosok sana apakah mereka semua sudah bisa mengoperasikan komputer dan apakah fasilitisas nya sudah memadai untuk UN berbasis online sebaik nya di evaluasi terlebih dahulu dalam jangka waktu tiga tahunan apabila sudah memenuhi kriteria baru bisa diterapkan untuk UN berbasis online


Quote:Original Posted By guitarista
Yakin lu ndro mau pake sistem full online?
Yang ada malah buka contekan di google dong. Atau yang kreatif dikit, dia scan catetan terus taruh di dropbox dan di unduh pas ujian.
Kalo mau kaya gini mah mending pake sistem intranet. Semua jawaban masuk ke server di lokasi ujian. Kelar ujian, nanti dari server kirim ke pusat. Kira2 begitu, mirip Ujian Kompetensi Dokter Indonesia. Mungkin Kemendikbud bisa survey ke pelaksana UKDI.

Taruh page one gan.


Quote:Original Posted By deo241297
bahh mendingan jangan sampe deh gan.. Wi-Fi di sekolah ane aja, boro2 dah buka kaskus, buka gugel aja lamanya minta ampun walopun masi pagi dan siswa masi blm pada dateng. gimana lagi kalo UN?? yang hampir 200 siswa sekolah ane make?? bisa2 waktu ngerjain 1.5 jam cuma abis buat buka nya doang


Quote:Original Posted By masdjaloe

Numpang komen aja,syukur kalo di pejwan
Hahaha,serius nih mau ujian nasional online?Terus gimana dengan sekolah yang internetnya amit2,ada garansi lulus ndak buat yang koneknya sering DC kaya tempat ane?


Spoiler for Inet Di Tempat Ane:


Quote:Original Posted By oho911
mungkin cuma nambahin aja sih dari komen2 agan2 di mari
1. di artikel diatas disebtukan kalau akan ditunjuk perwakilan dari setiap kab/kota sebagai tempat pelaksanaan ujian
(biaya transportasi, untuk ke tempat ujian mesti sudah dipertimbangkan)
2. hal diatas juga mungkin telah menjawab pertanyaan ttg jangkauan koneksi internet dari teman2 sekalian
3. nah yang paling parah itu adalah ketika si siswa ndak ngerti sama yang namanya komputer, mungkin harus diadakan juga kursus dadakan.
4. imho dalam pengadaan mungkin bakal banyak penyimpangan,
5. menurut ane pribadi sih mending dibetulin dulu mutu pendidikan di negeri ini, kalau ndak Bubarkan saja

selamat siang
cmiw


Quote:Original Posted By dealovie
sisi positif :
ane setuju karena semua sekolah akan memaksimalkan sarana untuk kebutuhan internet. kan sayang tuh, sekolah-sekolah yang udah dapet bantuan tapi duitnya masuk ke kantong oknum tertentu

sisi negatif :
gak semua sekolah melek internet. pertimbangkan sekolah di pedalaman juga dong. lagipula banyak sekolah yang secara sarana rusak parah tapi gak ada perhatian. malah sekolah yang udah keren dapet bantuan terus.


Quote:Original Posted By Ginanda.Permana
memang sangat menghemat jika begitu, tapi tentu masih bnyak kendala seperti sekolah2 desa bahkan dijawa sekalipun yang masih sangat awam dengan komputer apakah nanti bisa mengoprasikannya, ditambah akses internet saja dari telkom menurut ane sangat kurang gan karna lagi di daerah yang kurang koneksinya akan sangat mengalami masalah, system online tersebut juga nanti akan semakin menyamaratakan pendidikan di Indonesia antar di KOTA - KOTA besar dengan daerah2 kecil diluar jawa yang kita tau bahwa daerah daerah tersebut sangat tertinggal jauh dengan daerah yang ada di KOTA -KOTA besar. kalau memang pemerinntah sudah mengantisipasi hal itu hanya dengan telkom ane rasa solusi yang ditawarkan amat sangat kurang, just IMO gan

maju terus INDONESIA KU


Quote:Original Posted By infinitywinfilm
Alangkah baiknya jika mutu serta fasilitas pendidikan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di pelosok, lebih dahulu diperbaiki dan dikembangkan. Jangan dilakukan terburu-buru dan setengah jadi, nanti justru merugikan banyak pihak. Yang paling rugi, tentu saja para pelajar peserta ujian, jika hasil ujiannya jadi amburadul gara-gara kegagalan koneksi internet ataupun komputer rusak.
Tapi tentu kita berharap semoga rencana ini nantinya dapat benar-benar terlaksana dengan baik. Amin.

Website FacebookTwitter Google+


Quote:Original Posted By iphienz.gokil
ini menurut pendapat ane gan:

1. internet di negara kita belum merata, kalaupun merata itupun gk stabil. aduh jujur2an aja deh emangnya sinyal bagus bisa didapet disemua tempat? mau kerja sama brg telkom? udh tau kan speedy aja kek gmn? bayar mahal, koneksi? ini perusahaan gk punya saingan internet provider sih, ya mau gk mau sbagai pengguna kita seng sabar

2. infrastruktur sekolah emang udh memadai? ini nih gk lama diciduk KPK nih si M. Nuh dkk, udah berapa tahun coba? udah bosen men liat berita di tv/koran ttg sekolah udh gak layak lah, apalagi yg guru honorer udh bertahun2 ngajar blm jadi PNS itu n gk dapet gaji! pengabdian 100% beda sm anggota dewan yg kerjanya cuma tidur

3. semua pelajar blm melek komputer, iya memang. apalagi tahun ini pelajaran komputer udah gk ada bahkan pelajaran b.inggris jg mau dibuang dr kurikulum masih enak jaman ane masih sempat belajar bahasa mandarin + b.ing, padahal beda generasi cm 1 tahun ane lulusan 2013

4. pake kertas aja nyontek, apalagi cbt (computer based test)? yang ini udahlah gk ush ada penjelasan

5. kalo demi kemajuan bangsa, iya bagus sih. tp mendikbud sendiri gk pernah mau belajar dr masa lalu dan keadaan sekitar. coba lah ditengok, dilihat, gimana pendidikan dinegara kita


Quote:Original Posted By wedoc
sekarang emang dunia sudah identik dengan online, jadi bukan hal yang mengejutkan jika nantinya UN digelar secara online.

Toh sudah banyak website-website yang memberikan fasilitas untuk latihan bahkan untuk try out UN secara online.

Ada tuh thread yg dulu mengupas website yang menyedikan hal tersebut, malahan di kaskus sempat jadi HT

nih thread nya http://www.kaskus.co.id/thread/00000...asli-indonesia



Quote:Original Posted By ardkracker
Ga usah terlalu muluk lah untuk menggunakan ujian nasional secara online seperti ini. Harusnya pemerintah lebih fokus pada BELUM MERATANYA PENDIDIKAN DI INDONESIA daripada membuat program baru yang pasti hanya menjadi ladang lain untuk korupsi secara berjamaah. Faktanya sekarang sekolah di Indonesia belum sepenuhnya mendapat guru yang memadai. Lihat saja di daerah perbatasan Indonesia yang sangat kekurangan guru. Bahkan untuk melakukan wajib belajar 9 tahun seperti yang dikatakan pemerintah beberapa tahun silam saja mereka belum bisa. Belum lagi ditambah bahwa kualitas soal ujian yang masih tidak kompeten karena hanya mengacu pada kecerdasan spasial dan logis-matematis saja. Plus, belum ada solusi yang baik untuk menanggulangi budaya mencontek atau berbagi jawaban dari kalangan sekolah. lha kok ini dengan pedenya mau bikin ujian nasional secara online.
Menurut saya mendingan kalau diperbaiki saja model soal ujiannya, jangan berpusat pada pilihan ganda yang hanya dengan alasan bisa dengan cepat dikoreksi tapi tidak melihat dari sisi kualitas. Sudah saatnya ujian nasional dibuat dengan kombinasi jawaban analisa. Contoh saja bagaimana soal-soal pada ujian Cambridge yang mempunyai level. Dan perlu diingat bahwa Indonesia tidak hanya JAWA saja. Indonesia ini luas dan belum semua wilayah dapat mengakses internet dengan stabil.

*page one kalau berkenan*

reserved
Kalo online..toh enak dongk bisa nyontek dari mbah Goegle
klo koneksi internetny bgus sih ngga masalah ..
Quote:Original Posted By boomtrack0099
Kalo online..toh enak dongk bisa nyontek dari mbah Goegle


di sarankan msk di BP pasti gak lulus ketemu ADOEKA DKK
Quote:Original Posted By heane
reserved

Avatar ente H trus Id H
Quote:Original Posted By hasbiy.m
klo koneksi internetny bgus sih ngga masalah ..


Avatar ente juga H Id H juga..:wah kalian jodoh
kayaknya KPK bakalan dapet mangsa baru nih
Quote:Original Posted By CASSANOVA888


di sarankan msk di BP pasti gak lulus ketemu ADOEKA DKK


bisa jadi gan
Akan terjadi pro dan kontra.

Akan menjadi rame nih
Udah dipikirkan belum investasinya berapa? Kesiapan infrastrukturnya? Inget lho koneksi internet di Indo itu nomor 2 plg jelek sedunia.
Kenapa dananya gk dipake untuk betulin sekolah2 yg udah hampir rubuh dulu sih? Untuk mieningkatkan kualitas pendidikannya sih?

Kebanyakan pengen tampil pake baju keren tapi nggak inget kl bajunya banyak yg bolong2


Spoiler for mohon bantu gan/wati :shakehand:

Quote:Original Posted By CASSANOVA888


di sarankan msk di BP pasti gak lulus ketemu ADOEKA DKK


Jangan sampai pas ujian malah ngaskus
Gw pesimis ujian online bisa direalisasi. lu tau ndiri lah koneksi di indo bijimane ahh elahhhh
asik dong gan, bisa buka google
itu komputer sekolah udah pada bebas dari virus blom, kasihan ntar pas ujian, malah datanya ilang
ntar pada pake Cheat Engine gan
Quote:Original Posted By boomtrack0099
Kalo online..toh enak dongk bisa nyontek dari mbah Goegle


bukan masalah nyonteknya yang jadi masalah gan...

Quote:Original Posted By hasbiy.m
klo koneksi internetny bgus sih ngga masalah ..


kalau koneksi internetnya gak bagus baru masalahh

Quote:Original Posted By CASSANOVA888


di sarankan msk di BP pasti gak lulus ketemu ADOEKA DKK


ane gak ikut-ikut kalau itu gan
Quote:Original Posted By boomtrack0099
Kalo online..toh enak dongk bisa nyontek dari mbah Goegle

internetnya dipakein proksi biar nggak bisa buka situs selain buat ujian
yang di pelosok?
Quote:Original Posted By boomtrack0099

Avatar ente H trus Id H


Avatar ente juga H Id H juga..:wah kalian jodoh


sebuah kesimpulan yang dangkal

Quote:Original Posted By GodDamnKaskus
kayaknya KPK bakalan dapet mangsa baru nih


kita lihat saja gan, semoga semua berjalan dengan baik dan lancar

Quote:Original Posted By boomtrack0099


bisa jadi gan


Quote:Original Posted By k630i
Akan terjadi pro dan kontra.

Akan menjadi rame nih


pro dan kontra itu suatu hal yang biasa, tinggal bagaimana solusinya

Quote:Original Posted By kreceklover
Udah dipikirkan belum investasinya berapa? Kesiapan infrastrukturnya? Inget lho koneksi internet di Indo itu nomor 2 plg jelek sedunia.
Kenapa dananya gk dipake untuk betulin sekolah2 yg udah hampir rubuh dulu sih? Untuk mieningkatkan kualitas pendidikannya sih?

Kebanyakan pengen tampil pake baju keren tapi nggak inget kl bajunya banyak yg bolong2


Spoiler for mohon bantu gan/wati :shakehand:




bagus. semoga semua pertanyaan agan sudah pemerintah pertimbangkan dengan baik sebelum adanya keputusan tersebut.
Quote:Original Posted By cordova167
Gw pesimis ujian online bisa direalisasi. lu tau ndiri lah koneksi di indo bijimane ahh elahhhh


menurut survey berita yang sempat jadi HT beberapa waktu yang lalu, koneksi internet di Indonesia nomor dua dari bawah

tapi sepertinya akan tetap dilaksanakan dengan segala keterbatasan yang ada

Quote:Original Posted By sades
asik dong gan, bisa buka google
itu komputer sekolah udah pada bebas dari virus blom, kasihan ntar pas ujian, malah datanya ilang


justru menariknya kalau data ilang itu gan, akan muncul berita baru lagi

mungkin sudah disiapkan tim IT-nya juga kali gan

Quote:Original Posted By Adioboys
ntar pada pake Cheat Engine gan


masa iya sih gan?

Quote:Original Posted By bambangsueb

internetnya dipakein proksi biar nggak bisa buka situs selain buat ujian


nah, sepertinya ini juga sudah dirumuskan, contoh aja tes cpns kemaren bagaimana?

Quote:Original Posted By mamamintakuota
yang di pelosok?


kita lihat saja nanti bagaimana gan? mari kita bantu saja semoga ke depannya lebih baik lagi untuk pendidikan di Indonesia