KASKUS

Cara Membuat Lilin Cantik dari Kulit Jeruk





No Repost
Quote:

Ane gak nyangka HT ke #1 Ane



Makasih Cendol & Abu Gosoknya all


Maap juga yg udah ngasih tapi gak sempet ke capture

Quote:Agan/Sista pasti pernah makan jeruk kan? nah ternyata kulit jeruk juga berguna loh gan, salah satunya bisa dijadikan sebagai lilin. nah lo gimana caranya tuh? Karena pada kulit jeruk terkandung minyak atsiri yg bisa dijadikan sebagai bahan bakar. langsung aja ye, cekibroot!


Quote:
Bahan-bahan
Quote:
Jeruk
Untuk jenis jeruk usahan jeruk seperti yg ada pada gambar, kalo jeruk yg lain TS gak tau bisa apa enggak
____________________________________________________________


Pisau
Pake pisau yang agan/sista punya aja yg penting bisa buat ngebelah jeruk
____________________________________________________________


Minyak
Bisa minyak apa aja, minyak sayur, minyak olive, minyak canola,dll. Ane saranin jangan pake minyak tanah, entar meledak kayak kompor minyak





Quote:
Cara Pembuatan


1. Potong jeruk menjadi dua, atau seterah agan/sista mau di model macam apa, mau dibikin gaya gerigi-gerigi, lope-lope, terserah, tapi yang sederhana dulu ya gan.

2. Ambil bagian/daging jeruk dari kulitnya, terserah mau agan/sista apain, mending dimakan sih kalo kata ane . Tapi jangan semuanya ya gan/sis, sisakan bagian tengah yg kayak sumbu itu gan, kita nyebutnya sumbu jeruk aja ya gan lihat pada gambar.


________________________________________________________________




3. Masukan minyak kedalam kulit jeruk tepat disekitar sumbu jeruk

________________________________________________________________




Nah, setengah bagian lainnya dari jeruk tersebut juga bisa digunakan sebagai tutup, jadi kayak lampion gitu gan

_______________________________________________________

Nih ane kasih contoh dibawah, lilin-lilin yang terbuat dari jeruk











Gimana? gak sulit kan untuk menjadi kreatif?

-irfanmawlana-

Sumber

Pertanyaan Kaskuser ane jawab di Post 2 & Post 7
Mohon maaf jika pertanyaan tidak bisa terjawab semua, karena TS tidak bisa online selama 24 jam




Klik gambar dibawah ini untuk mengunjungi Kumpulan Thread TS
Quote:Original Posted By galih120
mantap nih gan, ane coba di rumah bisa. itung itung latihan kl nggak ada lilin
baunya kayak minya goreng bukan aroma jeruk lagi

Spoiler for coba:


Spoiler for coba 2:

Nih udah ada yg coba
Quote:Original Posted By Just Visiting
wow keren yah, calon HT nih

btw buah2an lain ada yang bisa buat lilin jg ga?

kalo contoh buah lain yg ane tau ada apel tapi caranya dengan mengambil daging dari apel tersebut, dan dimasukan sebuah lilin, nah kalo lilin jeruk ini kan original dari si jeruk

Quote:Original Posted By bryansnt20
Wah kalo ane kreatif,ane bisa bikin pola Bus nih dari kulit jeruk
Ane bantu rate yah biar HT


Bisa kok gan, asal ada niatan dan usaha

Quote:Original Posted By trijugawahyudi
dari labu keren gan kyak di hallowen
tapi jeruk bisa juga y


iya yg biasa kita lihat dari labu gan biasanya ada pas hallowen, tapi jeruk juga bisa loh gan, lebih simple lagi.

Quote:Original Posted By chaosdemon
Wah boleh nih dicoba dirumah
Kira2 bakal ada aroma jeruknya ngga nh ?
Kaya aromatheraphy gitu


mungkin harum gan/sis, cuma gak terlalu wangi seperti aroma terapi

Quote:Original Posted By cahyarizki
kreatif gan. itu sumbunya gmn ? apa dari jeruknya sendiri?



iya itu dari jeruknya sendiri gan/sis, ambil dulu daging jeruknya, baru deh nanti keliatan sumbunya ditengah2 D

Quote:Original Posted By giacartone
sepertinya remeh krn dibikin dr bahan yg keliatannya ga berguna.
tapi ternyata keren jg gan


barang bekas banyak yg berguna kok gan/sis, salah satunya ya kulit jeruk ini, keep recycle

Quote:Original Posted By pitikwalik
Wah kerenn... bisa dicoba nih buat mainan ama anak hehe


boleh boleh gan/sis, tapi jauhin dari jangkauan anak ya, soalnya yg namanya api kan bahaya gan

Quote:Original Posted By lastanonym
Keren-Keren Gan Boleh di Cobain nih dirumah kalo ga ada Lilin.
BTW itu bisa habis ya gan ?


bisa habis gan, agan coba aja selama sehari, tapi tetap diawasin supaya tidak terjadi kebakaran

Quote:Original Posted By rhyman18
kalo ane sih pengen buat motif batik!


boleh juga kok gan, asal agan bisa

Quote:Original Posted By dodikachmadi
Keren gan
Mumpumg lagi musim mati lampu. Bisa dijadiin peluang usaha nih . Dijual kan lumayan


nah bisa jadi peluang bisnis, agan berjiwa wirausaha ya

Quote:Original Posted By bouver17
Mantep gan buat hiasan malam pertama


biar remang remang gitu ya gan

Quote:Original Posted By ZigZion
kalo di kasi minyak aroma terapi enak kayak nya ya


hemmm kalo minyak aroma terapi belom tau nih bisa apa enggak :

Quote:Original Posted By aller
mahalan piso nya


pake pisau apa aja, yg penting bisa buat belah jeruk, didapur ada pasti

Quote:Original Posted By jojing
pake minyak wangi boleh ga
coba ah kapan2


minyak wangi ane gak tau gan kalo minyak wangi, mangap ye

Quote:Original Posted By cendal99
mau ane coba buat candle light dinner sama pujaan hati ane dipinggir kali ne..hah..


jadi so sweet ya gan, dimanapun tempatnya terasa so sweet
wow keren yah, calon HT nih

btw buah2an lain ada yang bisa buat lilin jg ga?
Wah kalo ane kreatif,ane bisa bikin pola Bus nih dari kulit jeruk
Ane bantu rate yah biar HT


KEREN gan!

dari labu keren gan kyak di hallowen
tapi jeruk bisa juga y
Quote:Original Posted By yogaman
wah gan kreatif banget .. btw jangan lupa dimatikan bekas pemakaian bisa bisa kebakaran iloveindonesias


nah bener kata agan ini, perhatikan penggunaan nya, jangan lupa amtikan kalo udah dipake

Quote:Original Posted By kecebong1234
widih kueren gan.. siap2 mungutin kulit jeruk..


yg ada sumbunya ya gan

Quote:Original Posted By GladiatorDoel
patut dicoba nih gan.
memanfaatkan barang bekas
kulit jeruk ada kandungan minyak atsiri kan ya?


iya gan ada minyak atsirinya

Quote:Original Posted By zebba
ane udah nyoba tapi sumbunya putus gan


pelan-pelan gan

Quote:Original Posted By yuri777
Agan kreatif ya
ane coba bersihin kulitnya tp karna tangan ini terlalu barbar apa boleh buat


pelan pelan atuh neng

Quote:Original Posted By acze
wah mantap...
brarti sumbunya pake bagian isi jeruk yg atas itu yah masbro??


iya pake bagian dari jeruk itu sendiri masbro

Quote:Original Posted By cicimol
keren juga hasil na..

berarti dari kulit semangka ama melon juga bisa dooong..


ane gak menjamin gan untuk buah yg agan sebutkan

Quote:Original Posted By ErriDS
harus jeruk sunkist ya? ato smbarang jeruk?


hemmm. ane taunya itu jeruk orange, emang bahasa inggrisnya jeruk itu orange, tapi ada jeruk orange

Quote:Original Posted By mociistarfish
keren gan :
tapi itu bahaya gak gan kalo udah abis minyaknya? takutnya malah jd kebakaran gitu gan


makanya harus diperhatikan penggunaan nya gan

Quote:Original Posted By rakaputra89
keren nih agan
punya ide dari mana gan?


itu dari sumber kok gan

Quote:Original Posted By rio.pamungkas
belahnya agak susah yah gan sampek dapet sumbunya sempurna gitu.

lebih gampang belah duren


itu kayak lagu nya jupe gan

Quote:Original Posted By babayaga47
Wah ide nya mantap banget Gan...! BTW, ane pengen tanya, kalo kulit jeruk mungkin cuma bertahan beberapa hari, tapi kalo udah di tambah minyak itu bisa menambah umur si kulit jeruknya itu ga gan...?!


ane takutnya kulitnya ga bisa bertahan lama, perhatikan aja selama agan coba, kuli jeruknya masih bisa dipake apa enggak

Quote:Original Posted By djun89
keren gan...
itu karya agan sendiri yah??
matabelo


enggak kok gan, itu dari sumber
wow keren ..
jadi pengen nyobak buat
wow kereeen
keren
bisa cobain dirummahni
ikut nyoba gan heheheh
Wah boleh nih dicoba dirumah
Kira2 bakal ada aroma jeruknya ngga nh ?
Kaya aromatheraphy gitu
kreatif gan. itu sumbunya gmn ? apa dari jeruknya sendiri?

sepertinya remeh krn dibikin dr bahan yg keliatannya ga berguna.
tapi ternyata keren jg gan
Woo keren gan, makasih yak inpohnya. ntar ane coba
wow keren, pengen coba di rumah
Wah kerenn... bisa dicoba nih buat mainan ama anak hehe
Keren-Keren Gan Boleh di Cobain nih dirumah kalo ga ada Lilin.
BTW itu bisa habis ya gan ?
wah makasih tipsnya ya gan..boleh dicoba neh
wih, keren gan
kira-kira lilin'nya kuat berapa lama tuh?
×