KASKUS

(Ask) Penetapan Ahli Waris di PN untuk pencairan rekening bank

Guys mau nanya barusan bokap ane wafat dan sekarang nyokap mesti mencairkan rekening bokap di bank berupa deposito. Pihak bank ngotot
keluarga ane mesti minta cap/pengesahan ahli waris dari PN.
Keluarga ane WNI (bukan keturunan) dan beragama Kristen.

Dari info yg ane dapet ane liat ada edaran dari MA bahwa pengadilan negeri
sekarang sudah tidak lagi membuat penetepan ahli waris karena menurut edaran
tersebut keterangan ahli waris cukup dari akta kematian (sudah ada) dan dokumen-dokumen pendukungnya (akta nikah, KK, surat keterangan lurah dan camat dan surat pernyataan alih kuasa dari para ahli waris yaitu anak2nya ke nyokap). Nah menurut ente yang paham hukum ane sekeluarga harus gimana nih?

Mau ngurus kuatir diperes di PN padahal deposito juga gak seberapa isinya dan dibutuhkan nyokap ane buat kehidupannya. Selain itu ane sekeluarga juga gak ada yg ngeributin soal warisan ini, dan apakah semua bank minta syarat macam ini?

Thanks buat agan2 yg menanggapi dan mohon maaf kalau repost.
Quote:Original Posted By st3v4nt
Guys mau nanya barusan bokap ane wafat dan sekarang nyokap mesti mencairkan rekening bokap di bank berupa deposito. Pihak bank ngotot
keluarga ane mesti minta cap/pengesahan ahli waris dari PN.
Keluarga ane WNI (bukan keturunan) dan beragama Kristen.

Dari info yg ane dapet ane liat ada edaran dari MA bahwa pengadilan negeri
sekarang sudah tidak lagi membuat penetepan ahli waris karena menurut edaran
tersebut keterangan ahli waris cukup dari akta kematian (sudah ada) dan dokumen-dokumen pendukungnya (akta nikah, KK, surat keterangan lurah dan camat dan surat pernyataan alih kuasa dari para ahli waris yaitu anak2nya ke nyokap). Nah menurut ente yang paham hukum ane sekeluarga harus gimana nih?

Mau ngurus kuatir diperes di PN padahal deposito juga gak seberapa isinya dan dibutuhkan nyokap ane buat kehidupannya. Selain itu ane sekeluarga juga gak ada yg ngeributin soal warisan ini, dan apakah semua bank minta syarat macam ini?

Thanks buat agan2 yg menanggapi dan mohon maaf kalau repost.


kaga diperes ama PN, emangnya sapi diperes peres
Quote:Original Posted By bloon.dech


kaga diperes ama PN, emangnya sapi diperes peres


PN meres? belum pernah denger


PS: nambahin, mending dilakukan pencatatan boedel aja, max < 3 bulan stlh meninggalnya pewaris
Quote:Original Posted By sabakuaditya


PN meres? belum pernah denger


PS: nambahin, mending dilakukan pencatatan boedel aja, max < 3 bulan stlh meninggalnya pewaris


Apaan tuh pencatatan boedel? bisa diterangin lebih jauh gan? Bokap sih meninggal desember...dan ngurus aktenya aja baru jadi akhir Januari....
Quote:Original Posted By bloon.dech


kaga diperes ama PN, emangnya sapi diperes peres


Lha gan di Kelurahan aja nyokap ane baru minta surat keterangan udah diminta duit 300 rebu....gimana gak kuatir. Kan udah sering kedengaran kalau berurusan sama Pengadilan ntar dimintain duit, apalagi ini urusannya bikin penetapan ahli waris buat pencairan deposito bisa dikira kaya kan....
Quote:Original Posted By st3v4nt


Lha gan di Kelurahan aja nyokap ane baru minta surat keterangan udah diminta duit 300 rebu....gimana gak kuatir. Kan udah sering kedengaran kalau berurusan sama Pengadilan ntar dimintain duit, apalagi ini urusannya bikin penetapan ahli waris buat pencairan deposito bisa dikira kaya kan....


itu masalah kelurahan lu, yg dikhawatirin PN meres kan? klo di kelurahan ane gtw emg kenyataannya banyak minta2 duit (lha wong jadi lurah aja biasanya modal gede kek jadi caleg). klo PN tu ngasi biaya ada rinciannya n bisa dimintai pertanggungjawaban, coba yang kelurahan itu dimintai rinciannya kek gimana jawabannya
Quote:Original Posted By st3v4nt
Guys mau nanya barusan bokap ane wafat dan sekarang nyokap mesti mencairkan rekening bokap di bank berupa deposito. Pihak bank ngotot
keluarga ane mesti minta cap/pengesahan ahli waris dari PN.
Keluarga ane WNI (bukan keturunan) dan beragama Kristen.

Dari info yg ane dapet ane liat ada edaran dari MA bahwa pengadilan negeri
sekarang sudah tidak lagi membuat penetepan ahli waris karena menurut edaran
tersebut keterangan ahli waris cukup dari akta kematian (sudah ada) dan dokumen-dokumen pendukungnya (akta nikah, KK, surat keterangan lurah dan camat dan surat pernyataan alih kuasa dari para ahli waris yaitu anak2nya ke nyokap). Nah menurut ente yang paham hukum ane sekeluarga harus gimana nih?

Mau ngurus kuatir diperes di PN padahal deposito juga gak seberapa isinya dan dibutuhkan nyokap ane buat kehidupannya. Selain itu ane sekeluarga juga gak ada yg ngeributin soal warisan ini, dan apakah semua bank minta syarat macam ini?

Thanks buat agan2 yg menanggapi dan mohon maaf kalau repost.


Memang kudu bgitu gan aturannya, u bukan wni keturunan tp u bukan beragama islam, ya penetapan PN gan. kl urusan rekening bokap u ud kelar, suatu saat u jg ttp butuh yg namanya penetapan PN buat urus harta peninggalan bokap yg lainnya.
Klo ga d coba ga akan tau hasilnya gan
urus aja gan ke pengadilan skrg biayanya resmi kok kl ad yg minta dluar itu laporin aja ke badan pengawasan MA.... skrg udh ketat kok pengawasannya.... tp saratnya agan jgn terpengaruj sama calo2... cukup agan aj yg urus di PN....