KASKUS

Serba - Serbi Ban

Trit ini dibuat untuk membahas segala hal mengenai ban. Boleh review2 yang obyektif atau berbagi tips-tips yang berguna.
Tapi please jangan jualan yak disini, udah ada lapaknya disebelah, okay?

========

Cara membaca tulisan-tulisan pada ban

Secara mendasar ada 3 ukuran utama dalam ukuran ban radial:
  • Lebar Ban (section width). Lebar ban diukur dalam millimeter (mm) yaitu bagian terlebar yang dihitung dari potongan ban seperti gambar dibawah.
  • Tinggi Ban (aspect ratio). Merupakan persentasi dari tinggi ban dengan lebar ban. Jadi misalkan ditulis 212/60 R16 maka tinggi ban adalah 60% dari 225 yaitu 135 mm.
  • Diameter Velg. Diameter velg menggunakan satuan inch.




Selain itu, seperti pada gambar, ada juga:
  • Huruf awal yaitu untuk peruntukan ban (P,LT atau T).
  • Huruf sebelum diameter ban yaitu: R = Radial atau D = Diagonal Bias Ply & B = Belted Bias.
  • Angka Load Index / Capacity yaitu kemampuan maksimal ban menahan beban.
  • Speed rating yang menunjukkan kecepatan maksimal ban.

Spoiler for "Speed Rating & Load Index":


Selain itu, pada ban juga terdapat informasi2 yang penting untuk disimak:
  • Merek dan Type Ban. Dari merek & type ini dapat diketahui banyak informasi tentang performa ban, harga serta informasi2 teknis lain yang bisa didapat dari brosur produk baik hard-copy maupun soft-copy.
  • Treadwear Rating yaitu rasio tingkat keausan ban dengan ban referensi. Makin besar nilainya makin bagus. Ban dengan rating 200 akan lebih tahan aus 2 kali lipat dengan rating 100 pada pemakaian yang sama.
  • Traction Grade. Ratingnya: AA, A, B, C. AA makin bagus artinya makin pendek jarak pengereman.
  • Temperatur. A, B, C. Yang A itu yang paling tahan panas.

  • Tahun Produksi. Ini penting juga supaya umur ban diketahui. Dituliskan dalam format [week-no]+[year] seperti pada gambar. Kalau ban baru udah 3 tahun lebih produksinya, perlu pikir2 deh. Bisa2 ban udah getas selama disimpan, meski bukan berarti ban yang produksi lama pasti jelek. Tapi lebih hati-hati lah.
  • Tread Wear Index Indicator (TWI). Pada bagian tengah profil ban (di bagian groove) terdapat semacam stepping yang menjadi indicator keausan ban maksimal. Jika bagian tersebut (liat gambar) sudah aus maka ban tidak layak dipakai. Pada dinding ban, ada gambar segitiga yang menunjukkan lokasi dari TWI indicator ini.




Maintenance Ban

Rotasi Ban. Hal yang paling sering luput dari pemeliharaan ban adalah merotasi ban. Ini penting agar tingkat keausan pada 4 atau 5 ban bisa terjadi dengan merata. Selain itu juga dalam prosesnya bisa mengecek kondisi ban terutama bagian dalam yang sering luput pengecekan. Intervalnya secara umum setiap pemakaian 5,000-10,000 KM. Gak repot sebenarnya, tinggal luangkan waku ke toko atau tukang ban. Gak usah ganti sendiri.
Perhatikan apakah type ban uni-direction atau bi-direction. Untuk ban dengan uni-direction, bisa dilihat dari adanya panah arah rotasi pada dinding ban. Untuk ban tipe ini, rotasi hanya bisa dilakukan depan/belakang pada satu sisi saja (kiri-depan dgn kiri-belakang). Guidance untuk rotasinya seperti gambar dibawah ini:



Check Kondisi angin secara berkala. Ini juga aspek yang suka luput. Sering kita lihat dijalan ada mobil yang berjalan dengan kondisi ban yang kurang angin. Padahal ini gak cuma bisa menghemat BBM dan memperpanjang umur ban, tapi juga bisa membahayakan karena ban kempes bisa membuat ban menjadi overheat yang bisa membuat ban pecah/meledak. Tekanan angin optimal pada tiap kendaraan berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dengan membuka pintu depan kanan (driver seat) dan liat pada bagian dinding dibawah A-pillar atau pada sebagian mobil lain ada pada sekitar kap mesin.

Spooring and Balancing. Balancing adalah proses penambahan beban tambahan (timah) pada velg sehingga distribusi massa pada ban menjadi merata. Ban yang tidak balance selain membuat tingkat keausan ban menjadi tinggi tapi juga membuat kendaraan tidak nyaman. Setir bergetar (ban depan unbalance) atau jok bergetar (ban belakang unbalance). Selain itu, ban yang unbalance juga bisa membuat part2 seperti bearing2 atau shockbreaker menjadi lebih cepat rusak. Balancing sebaiknya dilakukan berkala setiap 5,000-10,000Km atau ketika kendaraan terasa bergetar.

Spooring / alignment adalah proses mengatur posisi roda agar tegak lurus dengan as-roda (horisontal) serta kemiringan vertikal. Ban yang tidak lurus akan ‘menyeret’ ban sehingga lebih cepat aus.

Gaya Mengemudi / Driving Style. Yang ini rada klise memang. Gaya mengemudi dengan akselerasi atau pengereman yang ekstrim tentu membuat ban lebih cepat aus termasuk berbelok tajam pada kecepatan tinggi. Kembali ke kita masing2 kalau soal ini.
Mengganti Ukuran Velg

Mengganti ukuran velg menjadi lebih besar memang membuat tampilan kendaraan menjadi lebih baik. Menaikkan ukuran velg juga berarti ban menjadi semakin lebar sehingga daya cengkeram menjadi lebih baik yg berguna untuk pengereman dan tikungan. Namun itu harus dibayar dengan tingkat kenyamanan yg berkurang, karena ban yang makin tipis. Sebaiknya dipikirkan untung-ruginya sesuai dengan selera masing-masing. Sebaiknya menaikkan ukuran velg tidak lebih dari 2 inch.

Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar diameter overall dari ban tetap sama dengan spesifikasi pabrik. misalkan, untuk standar pabrik 195/65R15, maka diameter overall adalah 24.98 inch. Jika ingin menaikkan/menurunkan ukuran velg maka sebaiknya dicari dengan ukuran ban yang paling mendekati dengan spesifikasi pabrik.

Tabel dibawah adalah sebagai guidance ukuran diameter dari berbagai ukuran ban. dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa jika ingin naik ke R16 maka ukuran yg paling mendekati adalah 205/55R16 atau kalau ukuran R17 adalah 225/45R17.

Hint: disearch ukuran ban yg mau dicari (tekan [CTRL]+F) trus liat yang paling deket ukurannya dgn ban standarnya.
Spoiler for "diameter overall ban dalam inch":

ada juga yang mengganti ukuran ban ke lebih kecil. tapi biasanya untuk ban musim dingin. diameter mengecil berarti juga ban lebih ramping yang lebih cocok untuk jalanan bersalju.
Istilah-Istilah Penting Seputar Ban

Spoiler for "Aquaplaning":

Spoiler for "Rolling Resistance":
sippp,,,,,
sangat berguna tritnya,,,

Tentang Nitrogen

terdapat pro-kontra soal hal ini. Apakah benar menguntungkan mengisi angin ban dengan nitrogen?

Mengisi ban dengan nitrogen memiliki keuntungan:
- molekul lebih besar sehingga pressure loss lebih lambat dibanding udara biasa.
- bersifat inert-gas jadi gak menyebabkan/promote api kalau meletus.
- lebih kering sehingga lebih sedikit ada air didalam ban yg bersifat korosif.
- Oksigen menyebabkan oksidasi sehingga kualitas karet ban menurun.

Yang kontra akan menjawab:
- tetap aja lama2 kempes. artinya pake nitrogen tetap secara berkala nambah angin.
- Tekanan ban mobil gak terlalu tinggi utk khawatir soal bahaya api.
- lebih cepat ban botak daripada ban rusak karena oksidasi. lagipula bagian luar ban sama2 terpapar oksigen meski diisi nitrogen.

+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_+_

kalau ane sih lebih penting secara berkala mengecek & menjaga tekanan ban. ini lebih murah dan optimal daripada isi nitrogen tapi gak perhatiin tekanan ban. kalau gratis, memang lebih baik nitrogen. tapi kalau bayar & terbatas tempat pengisiannya jadi gak efektif.

ini pendapat pribadi sih yah. mungkin ada pendapat lain bisa dishare juga.
==reserved==
nanya gan,

sebaiknya ganti ban tiap berapa tahun, atau berapa km?
Quote:Original Posted By amarana
nanya gan,

sebaiknya ganti ban tiap berapa tahun, atau berapa km?


kalau botak aja gan. itu diatas ada cara liat tread wear index.
atau kalau udah lewat 6 tahun umurnya sesuai rekomendasi NHTSA (semacam DLLAJR nya amrik).
wah trid baru nih..
ninggalin jejak dulu di page one...


btw ga sekalian juga review ban yg lagi/sudah pernah dipake agan2 sekalian
merk, ukuran disertakan juga, jadinya agan2 yg mau ganti ban bisa tau minimal dari review agan2 semua..
Quote:Original Posted By forwardFaster
wah trid baru nih..
ninggalin jejak dulu di page one...


btw ga sekalian juga review ban yg lagi/sudah pernah dipake agan2 sekalian
merk, ukuran disertakan juga, jadinya agan2 yg mau ganti ban bisa tau minimal dari review agan2 semua..


setuju gan. dimulai dari ane deh.

pake continental MC5 ban depan 225/45R17 91W.
treadwear 340 / traction A / temperature A.
http://www.continental-tyres.com.my/...contact_5.html

bisa dibilang senyap, gak berisik. buat ngerem juga mantep. harga sekitar 1.3jt-an. speed index-nya udah "W" bisa dibawa ngebut.

====

ban belakang accelera 225/45R17 94W.
treadwear 320 / traction A / temperature A.

dari speknya sih setara sama conti. tapi berisik. gak diganti karena masih tebel, sayang juga kalau dipensiunin.


mejeng di pejwan ahh

depan Pirelli P7 215/40 R17
belakang Kumho Ectsa 215/40 R17

spek lengkap ntar akhir bulan dilengkapin deh...

pekiwan bro..
mau ganti ban..
tapi duitnya belon ada
Quote:Original Posted By Ruinlust
pekiwan bro..
mau ganti ban..
tapi duitnya belon ada


bisa TT sama punya ane gan
klo berminat ntar pm aje



*numpang jalur ya TS
pirelli P7 215/50/17 95V
treadwear 260
traction AA
temperature A

senyap, nempel ama aspal, maknyus buat hispeed cornering, trek kering asoy, basah OK

ijin nyimak ya gan
biar udah pinter dulu jadi kalo mobil udah dapet tgl aplikasi



wah.. trit baru niy..
ijin ngepost ya om..

share ban yg saya pake om..

depan swallow stream sp 60/80 - 17
belakang mizzle power trad 2.25 - 17


enak buat nikung.. awet.. jalan kering oke.. jalan basah ajib..

semoga mencerahkan..

Thread mantap nih, bantu rate

selama ini masih pakek ban bawaan mobil, Dunlop SP 300 185/60/15
speknya ?, ya estede aja
Quote:Original Posted By 405sti


mejeng di pejwan ahh

depan Pirelli P7 215/40 R17
belakang Kumho Ectsa 215/40 R17

spek lengkap ntar akhir bulan dilengkapin deh...


review soal ban kumho dong om. rada buta sama merek ini.
kayaknya bagus yah...
Quote:Original Posted By b406red
pirelli P7 215/50/17 95V
treadwear 260
traction AA
temperature A

senyap, nempel ama aspal, maknyus buat hispeed cornering, trek kering asoy, basah OK


mantap, traction AA.
treadwear juga gak jelek2 amat. maklumlah, traction sebagus itum pasti ada kompromi dengan ketahanan akan keausan.
Quote:Original Posted By mynameistatag
wah.. trit baru niy..
ijin ngepost ya om..

share ban yg saya pake om..

depan swallow stream sp 60/80 - 17
belakang mizzle power trad 2.25 - 17


enak buat nikung.. awet.. jalan kering oke.. jalan basah ajib..

semoga mencerahkan..



salah kamar om.
tatag gemblung
malah posting ban bebek
Quote:Original Posted By ata666
Thread mantap nih, bantu rate

selama ini masih pakek ban bawaan mobil, Dunlop SP 300 185/60/15
speknya ?, ya estede aja


review donk gan ban dunlop SP300 nya.
katanya cepet botak yah?
go go