KASKUS

(Riset) Manfaat Positif Membaca Novel Fiksi !


Quote:
Buku adalah jendela dunia. Ya, melalui sebuah buku Anda bisa menjelajah isi Bumi atau bahkan menyelam dalam dunia fantasi. Namun, manfaat dari buku, terutama novel fiksi, tidak hanya sekadar mengenal dunia, tapi juga mampu mengubah hidup seseorang.

Bahkan, penelitian terbaru mengungkap, novel fiksi mampu mengubah cara otak bekerja dan hasilnya bisa jadi permanen. Para ilmuwan mengatakan, meski novel memiliki kemampuan untuk memindahkan pembaca ke dalam dunia fantasi, efek yang didapat dari membaca bisa ikut terjadi secara fisik.


Tidak hanya itu, buku favorit juga diklaim mampu menciptakan memori otot, yaitu memori yang membuat seseorang meniru tindakan karakter yang terdapat dalam novel dan mengaplikasikannya di kehidupan nyata. Salah satu contohnya adalah semangat pantang menyerah menjalani cobaan dan tantangan.

Pernyataan tersebut diperoleh dari penelitian yang dilakukan di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat. Para peneliti meminta 21 siswa untuk membaca novel “Pompeii” hasil karya penulis populer Robert Harris selama 19 hari berturut-turut, sementara otak mereka dimonitor. Hasilnya, daerah otak yang paling banyak terpengaruh adalah otak yang menguasai korteks temporal kiri. Bagian otak ini mempengaruhi
penerimaan terhadap bahasa.

Bagian otak lainnya yang turut terpengaruh adalah otak yang
menghubungkan pikiran dan tindakan. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Brain Connectivity ini menunjukkan bahwa perubahan fungsi otak tersebut tetap tinggal dengan para objek penelitian selama kurang lebih lima hari, setelah mereka selesai membaca.


Bahkan, para peneliti mengatakan bahwa efeknya bisa berlangsung lebih lama. “Perubahan syaraf yang kami temukan berhubungan dengan sensasi fisik dan sistem gerakan yang mengindikasikan bahwa sebuah novel bisa memindahkan kita ke tubuh sang protagonis, " ujar seorang ahli syaraf, Gregory Berns seperti dilansir Daily Mail. Dia Mengatakan "Kita tahu bahwa cerita yang bagus bisa membuat seseorang merasakan apa yang dialami oleh seorang tokoh dalam cerita. Sekarang, kita melihat bahwa hal ini juga terjadi secara biologis," tuturnya.

Kabar baik nih Juragan buat kalian yang hobi baca novel fiksi ( Novel fiksi ya Gan ! bukan novel porno loh !!!) Ternyata Bermanfaat juga Hobi yang satu ini, selain bisa mengisi waktu juga berdampak positif buat perkembangan emosional. Tentu Saja Kalian harus mengendalikan porsi membaca dan jenis bacaannya, karna membaca novel adalah salah satu hobi yang bisa buat kita kecanduan secara instant. Jangan sampe banyak tugas & kewajiban yang terbengkalai karna kita tidak bisa mengendalikan hobi kita ini.
Quote:JANGAN LUPA DI RATE YA JURAGAN

ANE JUGA GA NOLAK DIKASIH INI



This Thread Supported By
Klik Banner Untuk Mampir Ke Markas Kami
tar ane coba dah gan baca novel, tp mending baca komik kek nya
Ga suka baca novel
tergantung novelnya gan, tapi kalo baca novel bisa membangkitkan imaginasi sampai tak terbatas loh gan
novel yg membuat kita penasaran untuk cerita selanjutnya
Sori numpang lewat saya ada rekomendasi novel fiksi. Judulnya: Planet Graxpiex. Bahasa Indonesia. Harganya Rp. 20,000. Jumlah halaman 467. Ada contoh gratisnya.

Dapat dilihat: https://play.google.com/store/books/...d=F-XoAgAAQBAJ
wah, begitu ya gan.
ane sudah cukup lama tidak membaca novel fiksi, nih :


.
Spoiler for pesan simbah:

test

Reseved

For UpDate
Quote:Original Posted By beequeenz
maen ke thread ane dong all ! Bantu Rate + Sundul
Dimari!
Disini Juga
[/quote]
maen ke thread ane dong all ! Bantu Rate + Sundul
Dimari!

Disini Juga
Quote:Original Posted By reendraaaa
Ga suka baca novel


ane juga ng suka baca novel gan mending lihat filmny kalau ada

Cape kak baca nopel
Novel favorit ane, "Dunia Sophie" gan ..

for ts gila joint 2014 udah iso ngapin azz ente gan
wah lumayan lah ternyata ane baca ada manfaatnya
ada pdf nya ga sis?
iya sis, tp ane suka boring kalo bacanya