- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Buruknya Pelayanan Publik di Indonesia
TS
ndrelly
Buruknya Pelayanan Publik di Indonesia
Hallo Gan!
Kali ini ane mau cerita tentang salah satu keburukan pelayanan publik di Indonesia, disimak ya gan, ini untuk pengetahuan dan pembelajaran aja buat kita semua supaya ke depannya bisa lebih baik lagi.
Kali ini ane mau cerita tentang salah satu keburukan pelayanan publik di Indonesia, disimak ya gan, ini untuk pengetahuan dan pembelajaran aja buat kita semua supaya ke depannya bisa lebih baik lagi.
Quote:
Salah satu contoh keburukan pelayanan publik di Indonesia dari ane yaitu ada di SAMSAT JAKARTA TIMUR
Kenapa harus Samsat Jakarta Timur? Simak nih kisah pengalaman dari ane
Suatu hari, ane pengen memperpanjang STNK Vespa ane, dan kebetulan STNK mobil bapak ane juga udah mau jatuh tempo, jadi ane memperpanjang 2 STNK, roda 2 dan roda 4
Nah ane dateng nih ke Samsat Jaktim (kucluk kucluk kucluk kucluk). Pas udah sampe, ane isi formulir tuh buat kedua STNK yg mau ane perpanjang, dan salahnya ane setelah ane ngisi formulir, ane ngasih dua-duanya ke loket tempat perpanjang STNK roda 2.
Udah ane kasih kan tuh, trus biasa kan dikasih nomor urut sama mereka, trus ane duduk nunggu buat dipanggil lagi. Dan tiba saatnya ane dipanggil, ane pergi ke loket dan dikasih tanda pembayaran STNK Vespa beserta berkas-berkas STNK mobil bapak ane lagi, ane mikir loh kenapa ini berkas STNK mobil dibalikin lagi, dan ane bingung si karyawan samsat ini cuma ngomong "kendaraan roda 4" saat balikin berkas-berkas tersebut. Setelah ane mikir, ane baru nyadar kalo ane salah kamar buat perpanjang STNK mobilnya (maklum ane baru pertama kali perpanjang STNK mobil, biasanya motor terus).
Inilah salah satu contoh buruknya, seharusnya itu karyawan kasih penjelasan ke ane bahwa ane salah tempat buat perpanjang STNK roda 4, dan dia harusnya ngejelasin dimana tempat yg sebenarnya buat perpanjang STNK roda 4, ini dia malah cuma ngomong "kendaraan roda 4', kan orang jadi bingung
Dan ada satu lagi nih, waktu ane mau ngasih berkas ke loket perpanjang STNK roda 4, ada bapak-bapak bilang ke ane bahwa di berkas itu harus ada cap dulu, dan minta capnya itu ke lantai 2. Otomatis ane mundur dan ane nanya ke pusat pelayanan dan pengaduan samsat. Pas ane nanya, itu karyawan ga ada senyum sama sekali dan ngejawab pertanyaan ane dengan nada ngebentak gitu, ane kan emang suka nanya berulang kali gitu buat memastikan, mungkin dia kesel gara-gara ane nanya terus, tapi sebagai pelayan publik harusnya memberikan pelayanan yg memuaskan dong ke konsumen
Setelah semua urusan ane beres di Samsat itu, ane nyari dimana tempat ane bisa ngasih saran buat mereka, lalu ane ketemu ada nomor telefon dan email samsat jaktim. Pas nyampe rumah ane nyoba ngirim email ke mereka, eh emailnya gagal dikirim, dan pas ane liat di situ ada tulisan bahwa email ini udah ga aktif lagi. Email ga aktif malah dipajang di situ, pantes pelayanannya buruk, rakyat bingung dan ga bisa sama sekali ngasih saran ke merekagimana bangsa ini bisa maju yah
Nih sekedar saran aja buat SAMSAT JAKARTA TIMUR dan mungkin Samsat-samsat yg lainnya, mungkin juga Kaskuser yg baca thread ini ada yg bekerja di Samsat atau gimana. Saran saya berilah pelayanan yg terbaik untuk rakyat Indonesia ini, berikan senyuman sapaan dan penjelasan yg jelas, supaya kitanya juga enak dan ga kapok ke sana lagi, gaji mereka kan mereka dapet dari uang kita, masa mereka udah kita bayar tapi malah ngasih pelayanan yg buruk, rugi di kita dong
Semoga thread ane ini berguna, semoga ada salah satu karyawan SAMSAT JAKARTA TIMUR yg baca thread ini, semoga pelayanan di sana bisa lebih baik lagi dan tentunya pelayanan publik di Indonesia semoga bisa lebih baik juga
Kenapa harus Samsat Jakarta Timur? Simak nih kisah pengalaman dari ane
Suatu hari, ane pengen memperpanjang STNK Vespa ane, dan kebetulan STNK mobil bapak ane juga udah mau jatuh tempo, jadi ane memperpanjang 2 STNK, roda 2 dan roda 4
Nah ane dateng nih ke Samsat Jaktim (kucluk kucluk kucluk kucluk). Pas udah sampe, ane isi formulir tuh buat kedua STNK yg mau ane perpanjang, dan salahnya ane setelah ane ngisi formulir, ane ngasih dua-duanya ke loket tempat perpanjang STNK roda 2.
Udah ane kasih kan tuh, trus biasa kan dikasih nomor urut sama mereka, trus ane duduk nunggu buat dipanggil lagi. Dan tiba saatnya ane dipanggil, ane pergi ke loket dan dikasih tanda pembayaran STNK Vespa beserta berkas-berkas STNK mobil bapak ane lagi, ane mikir loh kenapa ini berkas STNK mobil dibalikin lagi, dan ane bingung si karyawan samsat ini cuma ngomong "kendaraan roda 4" saat balikin berkas-berkas tersebut. Setelah ane mikir, ane baru nyadar kalo ane salah kamar buat perpanjang STNK mobilnya (maklum ane baru pertama kali perpanjang STNK mobil, biasanya motor terus).
Inilah salah satu contoh buruknya, seharusnya itu karyawan kasih penjelasan ke ane bahwa ane salah tempat buat perpanjang STNK roda 4, dan dia harusnya ngejelasin dimana tempat yg sebenarnya buat perpanjang STNK roda 4, ini dia malah cuma ngomong "kendaraan roda 4', kan orang jadi bingung
Dan ada satu lagi nih, waktu ane mau ngasih berkas ke loket perpanjang STNK roda 4, ada bapak-bapak bilang ke ane bahwa di berkas itu harus ada cap dulu, dan minta capnya itu ke lantai 2. Otomatis ane mundur dan ane nanya ke pusat pelayanan dan pengaduan samsat. Pas ane nanya, itu karyawan ga ada senyum sama sekali dan ngejawab pertanyaan ane dengan nada ngebentak gitu, ane kan emang suka nanya berulang kali gitu buat memastikan, mungkin dia kesel gara-gara ane nanya terus, tapi sebagai pelayan publik harusnya memberikan pelayanan yg memuaskan dong ke konsumen
Setelah semua urusan ane beres di Samsat itu, ane nyari dimana tempat ane bisa ngasih saran buat mereka, lalu ane ketemu ada nomor telefon dan email samsat jaktim. Pas nyampe rumah ane nyoba ngirim email ke mereka, eh emailnya gagal dikirim, dan pas ane liat di situ ada tulisan bahwa email ini udah ga aktif lagi. Email ga aktif malah dipajang di situ, pantes pelayanannya buruk, rakyat bingung dan ga bisa sama sekali ngasih saran ke merekagimana bangsa ini bisa maju yah
Spoiler for Bukti email mereka udah ga aktif:
Nih sekedar saran aja buat SAMSAT JAKARTA TIMUR dan mungkin Samsat-samsat yg lainnya, mungkin juga Kaskuser yg baca thread ini ada yg bekerja di Samsat atau gimana. Saran saya berilah pelayanan yg terbaik untuk rakyat Indonesia ini, berikan senyuman sapaan dan penjelasan yg jelas, supaya kitanya juga enak dan ga kapok ke sana lagi, gaji mereka kan mereka dapet dari uang kita, masa mereka udah kita bayar tapi malah ngasih pelayanan yg buruk, rugi di kita dong
Semoga thread ane ini berguna, semoga ada salah satu karyawan SAMSAT JAKARTA TIMUR yg baca thread ini, semoga pelayanan di sana bisa lebih baik lagi dan tentunya pelayanan publik di Indonesia semoga bisa lebih baik juga
0
6K
Kutip
28
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan