- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
PERBANDINGAN GURU DI NEGARA INDONESIA DENGAN NEGARA LAINNYA
TS
malalas
PERBANDINGAN GURU DI NEGARA INDONESIA DENGAN NEGARA LAINNYA
Bismillahirrohmanirrohiem
Assalamualaikum Kaskus
JANGAN LUPA DI RATE YA
All About TEACHER a.k.a GURU
1. Singapura
2. Amerika Serikat (AS)
3. Korea Selatan
4. Jepang]
5. Jerman
6. Swiss
7. Belanda
8. Inggris (UK)
9. Israel
10. Spanyol
11. Prancis
MIRIS KAN GAAAN???
MALAYSIA
kemdiknas.go.id
republika.co.id
okezone.com
Assalamualaikum Kaskus
Spoiler for SEBELUMNYA:
JANGAN LUPA DI RATE YA
All About TEACHER a.k.a GURU
Spoiler for Guru:
Quote:
Peranan guru pada dasarnya sama di semua Negara yaitu sebagai pengajar, fasilitator, pemimpin, dan motivator bagi siswa. Guru amat berperan dalam perkembangan siswa. Siswa dapat berkembang dengan baik apabila diajar oleh guru yang memiliki kualitas yang baik.
Quote:
Menurut Daoed Yoesoef. seorang guru itu mempunyai tiga tugas pokok, yaitu tugas profesional, tugas manusiawi, dan tugas kemasyarakatan (sivic mission). Jika dikaitkan pembahasan tentang kebudayaan, maka tugas pertama berkaitan dengar logika dan estetika, tugas kedua dan ketiga berkaitan dengan etika.
Tugas-tugas profesional dari seorang guru yaitu meneruskan atau transmisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai lain yang sejenis yang belum diketahui anak. Tugas manusiawi seorang guru yaitu membantu anak didik agar dapat memenuhi tugas-tugas utama dan manusia kelak dengan sebaik-baiknya. Tugas-tugas manusiawi itu adalah transformasi diri, identifikasi diri sendiri dan pengertian tentang diri sendiri.
Guru seharusnya, melalui pendidikan mampu membantu anak didik untuk mengembangkan daya berpikir atau penalaran sedemikian rupa sehingga mampu untuk turut serta secara kreatif dalam proses transformasi kebudayaan ke arah keadaban demi perbaikan hidupnya sendiri dan kehidupan seluruh masyarakat di mana dia hidup.
Guru juga dapat dikatakan memiliki prestasi apabila siswa yang diajarkannya memiliki kualitas dan suskes menatap masa depan. Hal ini dikarenakan kesuskesan dari seorang siswa dipengaruhi oleh guru.
Tugas-tugas profesional dari seorang guru yaitu meneruskan atau transmisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai lain yang sejenis yang belum diketahui anak. Tugas manusiawi seorang guru yaitu membantu anak didik agar dapat memenuhi tugas-tugas utama dan manusia kelak dengan sebaik-baiknya. Tugas-tugas manusiawi itu adalah transformasi diri, identifikasi diri sendiri dan pengertian tentang diri sendiri.
Guru seharusnya, melalui pendidikan mampu membantu anak didik untuk mengembangkan daya berpikir atau penalaran sedemikian rupa sehingga mampu untuk turut serta secara kreatif dalam proses transformasi kebudayaan ke arah keadaban demi perbaikan hidupnya sendiri dan kehidupan seluruh masyarakat di mana dia hidup.
Guru juga dapat dikatakan memiliki prestasi apabila siswa yang diajarkannya memiliki kualitas dan suskes menatap masa depan. Hal ini dikarenakan kesuskesan dari seorang siswa dipengaruhi oleh guru.
Quote:
WF Connell malah membedakan tujuh peran seorang guru yaitu (1) pendidik (nurturer), (2) model, (3) pengajar dan pembimbing, (4) pelajar (learner), (5) komunikator terhadap masyarakat setempat, (6) pekerja administrasi, serta (7) kesetiaan terhadap lembaga. (BERAT BANGET KAAN!)
Quote:
Peran guru sebagai pendidik (nurturer) merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan (supporter), tugas-tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Tugas-tugas ini berkaitan dengan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak untuk memperoleh pengalaman-pengalaman lebih lanjut seperti penggunaan kesehatan jasmani, bebas dari orang tua, dan orang dewasa yang lain, moralitas tanggungjawab kemasyarakatan, pengetahuan dan keterampilan dasar, persiapan.untuk perkimpoian dan hidup berkeluarga, pemilihan jabatan, dan hal-hal yang bersifat personal dan spiritual. Oleh karena itu tugas guru dapat disebut pendidik dan pemeliharaan anak. Guru sebagai penanggung jawab pendisiplinan anak harus mengontrol setiap aktivitas anak-anak agar tingkat laku anak tidak menyimpang dengan norma-norma yang ada.
Quote:
Peran guru sebagai model atau contoh bagi anak. Setiap anak mengharapkan guru mereka dapat menjadi contoh atau model baginya. Oleh karena itu tingkah laku pendidik baik guru, orang tua atau tokoh-tokoh masyarakat harus sesuai dengan norma-norma yang dianut oleh masyarakat, bangsa dan negara. Karena nilai nilai dasar negara dan bangsa Indonesia adalah Pancasila, maka tingkah laku pendidik harus selalu diresapi oleh nilai-nilai Pancasila.
Peranan guru sebagai pengajar dan pembimbing dalam pengalaman belajar. Setiap guru harus memberikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman lain di luar fungsi sekolah seperti persiapan perkimpoian dan kehidupan keluarga, hasil belajar yang berupa tingkah laku pribadi dan spiritual dan memilih pekerjaan di masyarakat, hasil belajar yang berkaitan dengan tanggurfg jawab sosial tingkah laku sosial anak. Kurikulum harus berisi hal-hal tersebut di atas sehingga anak memiliki pribadi yang sesuai dengan nilai-nilai hidup yang dianut oleh bangsa dan negaranya, mempunyai pengetahuan dan keterampilan dasar untuk hidup dalam masyarakat dan pengetahuan untuk mengembangkan kemampuannya lebih lanjut.
Peran guru sebagai pelajar (leamer). Seorang guru dituntut untuk selalu menambah pengetahuan dan keterampilan agar supaya pengetahuan dan keterampilan yang dirnilikinya tidak ketinggalan jaman. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai tidak hanya terbatas pada pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan tugas profesional, tetapi juga tugas kemasyarakatan maupun tugas kemanusiaan.
Peran guru sebagai setiawan dalam lembaga pendidikan. Seorang guru diharapkan dapat membantu kawannya yang memerlukan bantuan dalam mengembangkan kemampuannya. Bantuan dapat secara langsung melalui pertemuan-pertemuan resmi maupun pertemuan insidental.
Peranan guru sebagai komunikator pembangunan masyarakat. Seorang guru diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan di segala bidang yang sedang dilakukan. Ia dapat mengembangkan kemampuannya pada bidang-bidang dikuasainya.
Guru sebagai administrator. Seorang guru tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar, tetapi juga sebagai administrator pada bidang pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu seorang guru dituntut bekerja secara administrasi teratur. Segala pelaksanaan dalam kaitannya proses belajar mengajar perlu diadministrasikan secara baik. Sebab administrasi yang dikerjakan seperti membuat rencana mengajar, mencatat hasil belajar dan sebagainya merupakan dokumen yang berharga bahwa ia telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
Peranan guru sebagai pengajar dan pembimbing dalam pengalaman belajar. Setiap guru harus memberikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman lain di luar fungsi sekolah seperti persiapan perkimpoian dan kehidupan keluarga, hasil belajar yang berupa tingkah laku pribadi dan spiritual dan memilih pekerjaan di masyarakat, hasil belajar yang berkaitan dengan tanggurfg jawab sosial tingkah laku sosial anak. Kurikulum harus berisi hal-hal tersebut di atas sehingga anak memiliki pribadi yang sesuai dengan nilai-nilai hidup yang dianut oleh bangsa dan negaranya, mempunyai pengetahuan dan keterampilan dasar untuk hidup dalam masyarakat dan pengetahuan untuk mengembangkan kemampuannya lebih lanjut.
Peran guru sebagai pelajar (leamer). Seorang guru dituntut untuk selalu menambah pengetahuan dan keterampilan agar supaya pengetahuan dan keterampilan yang dirnilikinya tidak ketinggalan jaman. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai tidak hanya terbatas pada pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan tugas profesional, tetapi juga tugas kemasyarakatan maupun tugas kemanusiaan.
Peran guru sebagai setiawan dalam lembaga pendidikan. Seorang guru diharapkan dapat membantu kawannya yang memerlukan bantuan dalam mengembangkan kemampuannya. Bantuan dapat secara langsung melalui pertemuan-pertemuan resmi maupun pertemuan insidental.
Peranan guru sebagai komunikator pembangunan masyarakat. Seorang guru diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan di segala bidang yang sedang dilakukan. Ia dapat mengembangkan kemampuannya pada bidang-bidang dikuasainya.
Guru sebagai administrator. Seorang guru tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar, tetapi juga sebagai administrator pada bidang pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu seorang guru dituntut bekerja secara administrasi teratur. Segala pelaksanaan dalam kaitannya proses belajar mengajar perlu diadministrasikan secara baik. Sebab administrasi yang dikerjakan seperti membuat rencana mengajar, mencatat hasil belajar dan sebagainya merupakan dokumen yang berharga bahwa ia telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
Quote:
(GA KEBAYANG KAN JADI GURU SUSAH DAN BERATNYA MINTA AMPUUN!!!)
Quote:
Menurut senior ane di kampus yang sekarang sering banget muncul di Tv, selaku Sekretaris Jendral Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mba Retno Listyarti mengungkapkan banyak sekali permasalahan guru terkait dengan kualitas, kuantitas, dan kesejahteraan.
Pemerintah sebenernya udah mulai mikirin nasib guru dan juga kualitas pendidikan gan,terlihat dari program sertifikasi yang dilakukan pemerintah guna meningkatkan mutu dan diiming-imingi gaji tambahan agar si guru tidak lagi pusing dengan finansialnya, namun tunjangan sertifikasi guru yang hingga tahun ke-8 ini pencairan dan pembayarannya masih menemui sejumlah masalah. Seperti terlambat dibayarkan, dibayarkan namun jumlahnya kurang (rata-rata kurang 1-2 tahun), dan tidak dibayarkan karena tidak mengajar sesuai mata pelajarannya meski mengajar 24 jam.
Kemudian, kesejahteraan guru Indonesia masih memprihatinkan terutama guru honorer. Guru honorer masih dibayar sangat tidak layak. Seperti di Pandeglang masih ada guru honor dibayar Rp 60 ribu/bulan, di Tangerang Rp 125 ribu/bulan dan di DKI Jakarta Rp 300 ribu. (temen-temen ane yang ngehonor di daerah kebanyakan digaji 200rb aja perbulan, yang di Jakarta rata-rata 300-800rb. Itupun karna belas kasihan kepala sekolahnya.) lebih gede buruh pabrik atau penjaga toko kan gan?)
Ane pernah ngajar di Pedalaman Kupang, dan disana, ada guru honorer masih muda lulusan S1 yang rela setiap hari jalan kaki sekitar 2 kilometer dan ngajar 3 mata pelajaran, namun setiap bulan hanya digaji 250 rebu!. Maka, tak jarang ane selalu dicurhatin mengenai nasib guru di Indonesia. Miris gan kalo ngerasain kaya gitu.
Padahal guru merupakan ujung tonggak pembangunan sumber daya manusia agar kualitas sumber daya manusia menjadi lebih baik. Nyatanya, apakah guru menjadi suatu profesi yang benar-benar diurus oleh pemerintah? Kalo kita ngomong guru secara lebih jauh, terlalu panjang gan, mending kita liat guru dari segi kesejahteraannya dulu deh.. (soalnya miris ka nada guru yang bekerja part time guna mencukupi kebutuhan hidupnya, kaya yang terjadi di Jakarta, dimana ada guru honorer yang pulang ngajar langsung jadi pemulung,, miris gan)
Kalau di Jakarta, gaji guru PNS + Tunjangan Kerja Daerah + Sertifikasi = GEDE (8 juta – 10 juta an tergantung golongan) tapi itu sesuai dengan tingkat kebutuhan hidup di Jakarta yang luar biasa besar!!! Yang honor di Jakarta? Ke Laut GAN!!
Pemerintah sebenernya udah mulai mikirin nasib guru dan juga kualitas pendidikan gan,terlihat dari program sertifikasi yang dilakukan pemerintah guna meningkatkan mutu dan diiming-imingi gaji tambahan agar si guru tidak lagi pusing dengan finansialnya, namun tunjangan sertifikasi guru yang hingga tahun ke-8 ini pencairan dan pembayarannya masih menemui sejumlah masalah. Seperti terlambat dibayarkan, dibayarkan namun jumlahnya kurang (rata-rata kurang 1-2 tahun), dan tidak dibayarkan karena tidak mengajar sesuai mata pelajarannya meski mengajar 24 jam.
Kemudian, kesejahteraan guru Indonesia masih memprihatinkan terutama guru honorer. Guru honorer masih dibayar sangat tidak layak. Seperti di Pandeglang masih ada guru honor dibayar Rp 60 ribu/bulan, di Tangerang Rp 125 ribu/bulan dan di DKI Jakarta Rp 300 ribu. (temen-temen ane yang ngehonor di daerah kebanyakan digaji 200rb aja perbulan, yang di Jakarta rata-rata 300-800rb. Itupun karna belas kasihan kepala sekolahnya.) lebih gede buruh pabrik atau penjaga toko kan gan?)
Ane pernah ngajar di Pedalaman Kupang, dan disana, ada guru honorer masih muda lulusan S1 yang rela setiap hari jalan kaki sekitar 2 kilometer dan ngajar 3 mata pelajaran, namun setiap bulan hanya digaji 250 rebu!. Maka, tak jarang ane selalu dicurhatin mengenai nasib guru di Indonesia. Miris gan kalo ngerasain kaya gitu.
Padahal guru merupakan ujung tonggak pembangunan sumber daya manusia agar kualitas sumber daya manusia menjadi lebih baik. Nyatanya, apakah guru menjadi suatu profesi yang benar-benar diurus oleh pemerintah? Kalo kita ngomong guru secara lebih jauh, terlalu panjang gan, mending kita liat guru dari segi kesejahteraannya dulu deh.. (soalnya miris ka nada guru yang bekerja part time guna mencukupi kebutuhan hidupnya, kaya yang terjadi di Jakarta, dimana ada guru honorer yang pulang ngajar langsung jadi pemulung,, miris gan)
Kalau di Jakarta, gaji guru PNS + Tunjangan Kerja Daerah + Sertifikasi = GEDE (8 juta – 10 juta an tergantung golongan) tapi itu sesuai dengan tingkat kebutuhan hidup di Jakarta yang luar biasa besar!!! Yang honor di Jakarta? Ke Laut GAN!!
Quote:
Quote:
Laporan survei yang dibuat oleh Varkey Gems Foundation mengenai rerata gaji guru per tahun di sejumlah negara, seperti dikutip dari Huffington Post, kalau agan bandingin dengan kondisi di Indonesia, ini tentu membuat guru Indonesia bakal mengelus-elus dada..
Spoiler for Berikut Daftar gaji guru yang ada di Dunia!:
1. Singapura
Quote:
Gaji guru di negara berlambang singa itu mencapai USD45.775 atau senilai dengan Rp512 juta per tahun. Negara Singapura adalah negara yang sangat maju di dunia. Kalau diliat dari tingkat indeks pembangunan manusia, Singapura menempati urutan dari yakni nomor 18 dari 187 negara, sementara Malaysia di 64, Thailand 103, dan Filipina 114 sedangkan Indonesia?? Ke 121 gaan!!! Miris
Berbagai Penghargaan telah diperoleh oleh Negara Singapura, diantaranya sebagai negara Teraman untuk tinggal dan Berinvestasi, dan lain-lain.
Negara ini juga sangat memperhatikan mutu pendidikan, diantaranya dengan menggenjot lembaga pendidikan agar mampu bersaing di dunia internasional, seperti adanya 10 universitas yang berstandar dunia dan masuk ke daftar 100 universitas terbaik dunia. Salah satunya National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technology University.
Berbagai Penghargaan telah diperoleh oleh Negara Singapura, diantaranya sebagai negara Teraman untuk tinggal dan Berinvestasi, dan lain-lain.
Negara ini juga sangat memperhatikan mutu pendidikan, diantaranya dengan menggenjot lembaga pendidikan agar mampu bersaing di dunia internasional, seperti adanya 10 universitas yang berstandar dunia dan masuk ke daftar 100 universitas terbaik dunia. Salah satunya National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technology University.
2. Amerika Serikat (AS)
Quote:
Hoaam, udah gak aneh kan gan kalo Negara satu ini. Amerika yang dari dulu menjadi Negara superpower ternyata sangat memahami potensi dan manfaat yang dimiliki oleh seorang guru. Di Negeri Paman Sam, para guru digaji rata-rata mereka sebesar USD44.917 per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp503 juta.
makanya gak heran kalau Negara ini selalu terdepan dalam melahirkan generasi-generasi emas pencipta karya yang nyata!
makanya gak heran kalau Negara ini selalu terdepan dalam melahirkan generasi-generasi emas pencipta karya yang nyata!
3. Korea Selatan
Quote:
Di posisi ketiga, terdapat Korea Selatan yang membayar gaji guru sebesar USD43.874 atau senilai Rp491 juta per tahun.
Kaskuser yang sekarang usianya 60 tahunan mungkin ternganga kalau ngeliat Korea Selatan, padahal ni Negara baru aja lepas dari peperangan sesame saudara yang melanda.
Tapi, Korea Selatan sadar betul bahwa mereka harus meningkatkan sumber daya manusianya guna meninggal ketertinggalan dengan Negara maju. Makanya, Korsel sangat interest dengan bidang pendidikan. (malah kalau agan sering nonton film Korea, pasti suka ada adegan yang memperlihatkan prestise yang tinggi kalo berhasil lulus dari kampus Amerika ternama)
Dan sekarang?? Agan tentunya tak asing lagi dengan segala teknologi yang berasal dari Korea Selatan, dan budaya baru (Transisi budaya) yang dimiliki oleh Korea Selatan dengan K-Pop nya!
Kaskuser yang sekarang usianya 60 tahunan mungkin ternganga kalau ngeliat Korea Selatan, padahal ni Negara baru aja lepas dari peperangan sesame saudara yang melanda.
Tapi, Korea Selatan sadar betul bahwa mereka harus meningkatkan sumber daya manusianya guna meninggal ketertinggalan dengan Negara maju. Makanya, Korsel sangat interest dengan bidang pendidikan. (malah kalau agan sering nonton film Korea, pasti suka ada adegan yang memperlihatkan prestise yang tinggi kalo berhasil lulus dari kampus Amerika ternama)
Dan sekarang?? Agan tentunya tak asing lagi dengan segala teknologi yang berasal dari Korea Selatan, dan budaya baru (Transisi budaya) yang dimiliki oleh Korea Selatan dengan K-Pop nya!
4. Jepang]
Quote:
Terpaut Rp2 juta, para guru di Negeri Sakura rata-rata menerima gaji senilai USD43.775 (Rp489 juta) per tahun.
Jepang kan emang udah dari dulu maju, dan benar-benar peduli dengan pendidikan. Pas ngejajah Indonesia aja, mereka sempet memberikan pendidikan dan pelatihan pada masyarakat Indonesia, meskipun kebijakannya sarat politis, namun itu menandakan bahwa jepang sangat interest dengan pendidikan.
Jepang kan emang udah dari dulu maju, dan benar-benar peduli dengan pendidikan. Pas ngejajah Indonesia aja, mereka sempet memberikan pendidikan dan pelatihan pada masyarakat Indonesia, meskipun kebijakannya sarat politis, namun itu menandakan bahwa jepang sangat interest dengan pendidikan.
5. Jerman
Quote:
Lain halnya dengan Jerman. Rerata guru di Jerman digaji sebesar USD42.254 atau senilai Rp471 juta per tahun.
Di Negara tempat pak Habibie ini menuntut ilmu, pekerja di bidang pendidikan memang sangat diperhatikan. Makanya, pak Habibie sangat dihargai di sana karena kepintarannya. Sedangkan di Indonesia? Pak Habibie malah dianggurin dan dibuang begitu saja!
Di Negara tempat pak Habibie ini menuntut ilmu, pekerja di bidang pendidikan memang sangat diperhatikan. Makanya, pak Habibie sangat dihargai di sana karena kepintarannya. Sedangkan di Indonesia? Pak Habibie malah dianggurin dan dibuang begitu saja!
6. Swiss
Quote:
Dengan selisih sekira Rp33 juta, Swiss berada di peringkat keenam. Negara yang dikenal netral itu menggaji para guru di negaranya sebesar USD39.326 atau yang senilai dengan Rp438 juta per tahun.
No Comment deh dengan Negara ini. Kalau agan berkecimpung dibidang ekonomi, tentu tau lah Negara ini se makmur dan sekaya apa penduduk dan negaranya.. itu adalah bukti bahwa pendidikan menjadi salah satu hal yang diutamakan di Negara ini.
No Comment deh dengan Negara ini. Kalau agan berkecimpung dibidang ekonomi, tentu tau lah Negara ini se makmur dan sekaya apa penduduk dan negaranya.. itu adalah bukti bahwa pendidikan menjadi salah satu hal yang diutamakan di Negara ini.
7. Belanda
Quote:
Rata-rata guru di Negeri Kincir Angin memperoleh gaji senilai USD37.218 (Rp 415 juta) per tahun.
miris emang gan, negeri yang menjajah kita ini ternyata lebih menghargai jasa para pendidik dibandingkan Negara Indonesia. Kita yang sering mengatakan bahwa Belanda itu penjajah kejam, ternyata Indonesia kini lebih kejam dalam memperlakukan manusianya, tertutama tenaga guru sebagai pembentuk generasi unggul.
miris emang gan, negeri yang menjajah kita ini ternyata lebih menghargai jasa para pendidik dibandingkan Negara Indonesia. Kita yang sering mengatakan bahwa Belanda itu penjajah kejam, ternyata Indonesia kini lebih kejam dalam memperlakukan manusianya, tertutama tenaga guru sebagai pembentuk generasi unggul.
8. Inggris (UK)
Quote:
Negera di bawah asuhan Queen Elizabeth II menempati posisi kedelapan dengan rerata gaji guru per tahun di sana yang mencapai USD33.377 atau sebesar Rp372 juta.
9. Israel
Quote:
Terpaut Rp10 juta, Israel menempati urutan kesembilan. Para guru di Israel rata-rata memperoleh gaji sebesar USD32.447 yang senilai dengan Rp362 juta per tahun.
aneh gan? Tentu tidak! Israel yang kata orang-orang terdiri dari Ras Yahudi yang pintar-pintarnya luar biasa, ternyata juga membutuhkan jasa seorang guru guna melejitkan kepintarannya itu!
Meskipun terbilang belum maju, namun saat ini Negara tersebut mampu memberikan tekanan yang luar biasa besar terhadap Negara maju dibidang apapun. Hal ini tentu karena kepintaran dan kecerdasan manusianya.
Jadi inget kata-kata presiden Israel. Dia pernah mengatakan gini: Kami tidak pernah Takut dengan Negara Arab, karena mereka Bodoh. Sekalipun mereka bisa membaca, belum tentu ia mau membaca, dan jika mereka membaca, belum tentu mereka melakukan. Itulah bukti kongkrit mereka dalam menjadikan pendidikan sebagai gold priority.
aneh gan? Tentu tidak! Israel yang kata orang-orang terdiri dari Ras Yahudi yang pintar-pintarnya luar biasa, ternyata juga membutuhkan jasa seorang guru guna melejitkan kepintarannya itu!
Meskipun terbilang belum maju, namun saat ini Negara tersebut mampu memberikan tekanan yang luar biasa besar terhadap Negara maju dibidang apapun. Hal ini tentu karena kepintaran dan kecerdasan manusianya.
Jadi inget kata-kata presiden Israel. Dia pernah mengatakan gini: Kami tidak pernah Takut dengan Negara Arab, karena mereka Bodoh. Sekalipun mereka bisa membaca, belum tentu ia mau membaca, dan jika mereka membaca, belum tentu mereka melakukan. Itulah bukti kongkrit mereka dalam menjadikan pendidikan sebagai gold priority.
10. Spanyol
Quote:
Negeri Matador itu membayar gaji guru rata-rata USD29.475 per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp329 juta.
Spanyol merupakan Negara krisis yang menggaji guru dengan sangat tinggi. Hal ini merupakan langkah spanyol guna mengejar ketertinggalan dengan Negara maju. Meskipun Negara ini sedang dilanda krisis, namun masyarakat disana terbilang cerdas dan mempunyai kualitas yang tinggi. Namun, dengan banyaknya imigran yang datang, menjadikan Negara ini semrawut, ditambah dengan adanya sentiment kedaerahan yang selalu bergejolak.
Spanyol merupakan Negara krisis yang menggaji guru dengan sangat tinggi. Hal ini merupakan langkah spanyol guna mengejar ketertinggalan dengan Negara maju. Meskipun Negara ini sedang dilanda krisis, namun masyarakat disana terbilang cerdas dan mempunyai kualitas yang tinggi. Namun, dengan banyaknya imigran yang datang, menjadikan Negara ini semrawut, ditambah dengan adanya sentiment kedaerahan yang selalu bergejolak.
11. Prancis
Quote:
Di Prancis, rerata gaji guru per tahun mencapai USD28.828 atau sebesar Rp 322 juta. udah gak aneh ya gan, Negara ini memang sangat memfokuskan diri menjadi Negara pendidikan di Eropa selain Jerman. Kebijakan di Prancis yang sangat pro terhadap pendidikan, dilandasi dari kesadaran Prancis untuk menciptakan suatu imperium pendidikan yang mengacu pada eropa (Prancis).
MIRIS KAN GAAAN???
Spoiler for TAMBAHAN:
MALAYSIA
Quote:
GURU MALAYSIA
Masih inget kan gan cerita awal-awal malaysia merdeka, dimana banyak guru di Indonesia di ekspor ke malaysia guna membantu pendidikan disana.. kenapa banyak sekali guru yang mau pindah ke sana? Bahkan kalau agan baca buku yang berjudul “Belajar Heran Ke Negeri Jiran” banyak sekali professor atau orang-orang pinter Indonesia yang berkarir disana. Tak lain dan tak bukan yaa berkaitan dengan kesejahteraan dan pemberdayaan yang dilakukan dengan baik oleh pemerintah Malaysia. Segala fasilitas, seperti rumah, mobil, asuransi, serta kemudahan lainnya telah disiapkan pemerintah Malaysia guna merekrut tenaga-tenaga berkualitas agar mau bekerja dan memajukan Malaysia, nyatanya? Kini Malaysia menjadi negara maju jauuuh meninggalkan Indonesia dari segi pembangunan dan perekonomian.
Masih inget kan gan cerita awal-awal malaysia merdeka, dimana banyak guru di Indonesia di ekspor ke malaysia guna membantu pendidikan disana.. kenapa banyak sekali guru yang mau pindah ke sana? Bahkan kalau agan baca buku yang berjudul “Belajar Heran Ke Negeri Jiran” banyak sekali professor atau orang-orang pinter Indonesia yang berkarir disana. Tak lain dan tak bukan yaa berkaitan dengan kesejahteraan dan pemberdayaan yang dilakukan dengan baik oleh pemerintah Malaysia. Segala fasilitas, seperti rumah, mobil, asuransi, serta kemudahan lainnya telah disiapkan pemerintah Malaysia guna merekrut tenaga-tenaga berkualitas agar mau bekerja dan memajukan Malaysia, nyatanya? Kini Malaysia menjadi negara maju jauuuh meninggalkan Indonesia dari segi pembangunan dan perekonomian.
Quote:
Kita liat perbedaan guru di Malaysia gan:
gaji guru indonesia itu Rp. 2.500.000sedangkan gaji guru malaysia itu kalo dirupiahkan sekitar Rp. 7000.000.
kalau gaji kepala sekolah Indonesia : Rp. 3.500.000 (heran kan kenapa banyak kepala sekolah bermobil padahal gajinya sedikit dan tunjangannya pun kecil?) sedangkan gaji seorang kepala sekolah Malaysia kalo dirupiahkan sekitar Rp. 15.000.000. belom segala fasilitas yang diperolehnya..
gaji guru indonesia itu Rp. 2.500.000sedangkan gaji guru malaysia itu kalo dirupiahkan sekitar Rp. 7000.000.
kalau gaji kepala sekolah Indonesia : Rp. 3.500.000 (heran kan kenapa banyak kepala sekolah bermobil padahal gajinya sedikit dan tunjangannya pun kecil?) sedangkan gaji seorang kepala sekolah Malaysia kalo dirupiahkan sekitar Rp. 15.000.000. belom segala fasilitas yang diperolehnya..
Quote:
Malaysia memang sangat menghargai jasa para pencetak genarasi unggul.. bayangin aja, lucu nya di Indonesia, yang kerjanya mencetak kue, atau barang-barang elektronik gaji nya jauh lebih gede daripada seorang guru yang mencetak generasi mendatang.. Aneh kan gan???
Quote:
INI HANYA SEPENGGAL MASALAH YANG BERADA DI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA... MOHON MAAF KALO ADA YANG TERSINGGUNG YAA
Kalau Thread ini memberikan informasi dan memberikan hal yang positif bagi paradigma agan, mohon di Rate yaaa dan di Lempar Cendoolnya
KASKUSER SEJATI SELALU MENINGGALKAN KOMENG
Spoiler for Sumber:
kemdiknas.go.id
republika.co.id
okezone.com
Quote:
Tambahan Komen Agan Sista ane Taro di No 7 yaa, soalnya tulisan thread ane kepenuhan
0
15K
Kutip
29
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan