permenmentolAvatar border
TS
permenmentol
sedikit tentang CVT gans
http://s.kaskus.id/images/2013/12/29...1229023846.jpg

CVT itu singkatan dari Continously Variable Transmission gan

komponen utama yaitu Drive Pulley dan Driven Pulley gan

di Drive pulley sendiri terdiri dari movable drive dan shaft pulley drive gan
dan di Driven pulley terdiri dari movable driven dan shaft pulley drivenemoticon-Bingung (S)


kek gini nih gan kira2 movable drive bentuknya


ini yang shft pulley drive gan

Dan cara kerjanya kira2 kek gini gan, saat pedal gas diijek putaran mesin naik tuh, jadi shaft pulley drive juga ikut muter juga kan.

Nah dibalik movable drive itu terpasang semacem roller yang bekerja berdasarkan gaya sentri petal tuh gan, jadi semakin kenceng putaran movable akan semakin mendesak kedalem ato kearah face taper nya shaft pulley drive gan.emoticon-Big Grin

Sebelumnya posisi awal pulley itu gini gan, radius shaft pulley drive kecil dan radius shaft pully driven besar gan. Itu saat belum terjadi akselerasi ya gan.

kenapa seperti itu ?
Jadi biar torsi nya besar ganemoticon-Big Grin

nah saat pedal gas semakin diinjek maka putaran semakin kenceng tuh gan, jadi movable nya semakin mendesak kearah taper juga gan.
karena gaya sentri petal tadi gan
yang mengakibatkan radius shaft pulley drive nya membesar gitu gan.emoticon-Angkat Beer




ini yang shaft pulley driven gan, umumnya lebih panjang dari shaft pulley drive gan.



ini yang moveble driven gan, umumnya lebih lebar dikit dari movable drive gan


Nah untuk yang movable driven ini dibalik face nya yang lebar itu ada pegas ato per yang selalu mendorong movable driven ke arah face shaft pulley driven nya gan.emoticon-Bingung (S)
jadi radius yang driven ini selalu lebih besar saat belum terjadi akselerasi gan.

Kan tadi radius yang drive udah membesar akibat akselerasi kan gan..
jadi antara drive pulley dan driven pulley itu dihubungkan belt gan
kalo radius drive membesar, otomatis radius driven mengecil kan gan karena panjang belt itu tetap gan gak isa memanjang dan memendek.
jadi yang terjadi di driven ini cuman melawan pegas yang di balik movable tadi gan.emoticon-afro


Kelebihan CVT menuru ane ;
    • -akselerasi lebih lembut karena gak ada hentakan gan,
    • -trus irit bahan bakar gan (tergantung yang make juga sih gan) karena gak ada oper gigi yang mengakibatkan rpm drop sepeti di transmissi manual gan,
    • -trus mudah penggunaanya juga gan(gak ribet) cuman maen injek gas dan rem doang

  • -trus ada engine brike otomatis jg gan, kalo di transmissi manual kan harus ngurangin gigi dulu biar ada engine brake kan gan
  • -trus menurut biaya produksinya sendiri sebenernya lebih murah gan dari yang manual, jadi lebih untung tuh yang jualan hehee




Tapi CVT sendiri rantan terhadap air, debu dan oli ruh gan,
jadi hati2 aja yang punya mobil dgn transmissi CVT gan hehee
selain itu menurut ane kurang responsif sih gan CVT ini, karena saat pedal gas diinjek mendadak gak langsung melesat gitu. perlu sedikit selip kopling dulu gitu gan.emoticon-Big Grin


itu sedikit dari ane gan
semoga bermanfaat emoticon-I Love Indonesia (S)

thread pertamax ane gan maklum kalo masih berantakan emoticon-Bingung (S)emoticon-Big Grin
0
2.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan