- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
sedikit tentang CVT gans
TS
permenmentol
sedikit tentang CVT gans
http://s.kaskus.id/images/2013/12/29...1229023846.jpg
CVT itu singkatan dari Continously Variable Transmission gan
komponen utama yaitu Drive Pulley dan Driven Pulley gan
di Drive pulley sendiri terdiri dari movable drive dan shaft pulley drive gan
dan di Driven pulley terdiri dari movable driven dan shaft pulley driven
kek gini nih gan kira2 movable drive bentuknya
ini yang shft pulley drive gan
Dan cara kerjanya kira2 kek gini gan, saat pedal gas diijek putaran mesin naik tuh, jadi shaft pulley drive juga ikut muter juga kan.
Nah dibalik movable drive itu terpasang semacem roller yang bekerja berdasarkan gaya sentri petal tuh gan, jadi semakin kenceng putaran movable akan semakin mendesak kedalem ato kearah face taper nya shaft pulley drive gan.
Sebelumnya posisi awal pulley itu gini gan, radius shaft pulley drive kecil dan radius shaft pully driven besar gan. Itu saat belum terjadi akselerasi ya gan.
kenapa seperti itu ?
Jadi biar torsi nya besar gan
nah saat pedal gas semakin diinjek maka putaran semakin kenceng tuh gan, jadi movable nya semakin mendesak kearah taper juga gan.
karena gaya sentri petal tadi gan
yang mengakibatkan radius shaft pulley drive nya membesar gitu gan.
ini yang shaft pulley driven gan, umumnya lebih panjang dari shaft pulley drive gan.
ini yang moveble driven gan, umumnya lebih lebar dikit dari movable drive gan
Nah untuk yang movable driven ini dibalik face nya yang lebar itu ada pegas ato per yang selalu mendorong movable driven ke arah face shaft pulley driven nya gan.
jadi radius yang driven ini selalu lebih besar saat belum terjadi akselerasi gan.
Kan tadi radius yang drive udah membesar akibat akselerasi kan gan..
jadi antara drive pulley dan driven pulley itu dihubungkan belt gan
kalo radius drive membesar, otomatis radius driven mengecil kan gan karena panjang belt itu tetap gan gak isa memanjang dan memendek.
jadi yang terjadi di driven ini cuman melawan pegas yang di balik movable tadi gan.
Kelebihan CVT menuru ane ;
Tapi CVT sendiri rantan terhadap air, debu dan oli ruh gan,
jadi hati2 aja yang punya mobil dgn transmissi CVT gan hehee
selain itu menurut ane kurang responsif sih gan CVT ini, karena saat pedal gas diinjek mendadak gak langsung melesat gitu. perlu sedikit selip kopling dulu gitu gan.
itu sedikit dari ane gan
semoga bermanfaat
thread pertamax ane gan maklum kalo masih berantakan
CVT itu singkatan dari Continously Variable Transmission gan
komponen utama yaitu Drive Pulley dan Driven Pulley gan
di Drive pulley sendiri terdiri dari movable drive dan shaft pulley drive gan
dan di Driven pulley terdiri dari movable driven dan shaft pulley driven
kek gini nih gan kira2 movable drive bentuknya
ini yang shft pulley drive gan
Dan cara kerjanya kira2 kek gini gan, saat pedal gas diijek putaran mesin naik tuh, jadi shaft pulley drive juga ikut muter juga kan.
Nah dibalik movable drive itu terpasang semacem roller yang bekerja berdasarkan gaya sentri petal tuh gan, jadi semakin kenceng putaran movable akan semakin mendesak kedalem ato kearah face taper nya shaft pulley drive gan.
Sebelumnya posisi awal pulley itu gini gan, radius shaft pulley drive kecil dan radius shaft pully driven besar gan. Itu saat belum terjadi akselerasi ya gan.
kenapa seperti itu ?
Jadi biar torsi nya besar gan
nah saat pedal gas semakin diinjek maka putaran semakin kenceng tuh gan, jadi movable nya semakin mendesak kearah taper juga gan.
karena gaya sentri petal tadi gan
yang mengakibatkan radius shaft pulley drive nya membesar gitu gan.
ini yang shaft pulley driven gan, umumnya lebih panjang dari shaft pulley drive gan.
ini yang moveble driven gan, umumnya lebih lebar dikit dari movable drive gan
Nah untuk yang movable driven ini dibalik face nya yang lebar itu ada pegas ato per yang selalu mendorong movable driven ke arah face shaft pulley driven nya gan.
jadi radius yang driven ini selalu lebih besar saat belum terjadi akselerasi gan.
Kan tadi radius yang drive udah membesar akibat akselerasi kan gan..
jadi antara drive pulley dan driven pulley itu dihubungkan belt gan
kalo radius drive membesar, otomatis radius driven mengecil kan gan karena panjang belt itu tetap gan gak isa memanjang dan memendek.
jadi yang terjadi di driven ini cuman melawan pegas yang di balik movable tadi gan.
Kelebihan CVT menuru ane ;
- -akselerasi lebih lembut karena gak ada hentakan gan,
- -trus irit bahan bakar gan (tergantung yang make juga sih gan) karena gak ada oper gigi yang mengakibatkan rpm drop sepeti di transmissi manual gan,
- -trus mudah penggunaanya juga gan(gak ribet) cuman maen injek gas dan rem doang
- -akselerasi lebih lembut karena gak ada hentakan gan,
- -trus ada engine brike otomatis jg gan, kalo di transmissi manual kan harus ngurangin gigi dulu biar ada engine brake kan gan
- -trus menurut biaya produksinya sendiri sebenernya lebih murah gan dari yang manual, jadi lebih untung tuh yang jualan hehee
Tapi CVT sendiri rantan terhadap air, debu dan oli ruh gan,
jadi hati2 aja yang punya mobil dgn transmissi CVT gan hehee
selain itu menurut ane kurang responsif sih gan CVT ini, karena saat pedal gas diinjek mendadak gak langsung melesat gitu. perlu sedikit selip kopling dulu gitu gan.
itu sedikit dari ane gan
semoga bermanfaat
thread pertamax ane gan maklum kalo masih berantakan
0
2.8K
22
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan