- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Gan tolong jangan jadi orang kayak gini.
TS
blackshelter13
Gan tolong jangan jadi orang kayak gini.
Selamat hari minggu gan! Semoga semua diberi keceriaan di hari libur ini
Sebelumnya maaf kalau ane salah kamar. Ane cuma mau curhat, gan.
Ane baru buka bisnis kaos gan setelah dikenalin kakak ane ke tukang sablon khusus. Ane sebagai owner, designer, marketing dan admin di bisnis ini. Nah awalnya kami bekerja sama baik gan, ane buka lapak di pinggir jalan karena emang modalnya masih sedikit, selain itu ane manfaatin dunia maya juga, tapi tau lah dunia maya kan sulit gan dapet kepercayaan dari para pelanggan, apalagi buat pemula. Setiap hari ane berusaha untuk punya nama di dunia maya dan akhirnya ada juga yang hubungi ane dari luar pulau, Kalimantan tepatnya.
Ane masih ingat betapa senangnya ane saat itu. Beliau pesan lebih dari 1 pula, tapi beliau ada permintaan khusus yaitu kaos buat cew lengen panjang. Awalnya ane bilang kalau ane sementara ini ga bikin kaos ukuran cewek, apa lagi lengen panjang. Tapi ane bilang ke beliau supaya nunggu keputusan sementara ane hubungin rekan ane tukang sablon itu.
Setelah ketemu, ane utarain permintaan tadi. Ane tanya, apa bisa jika bikin seperti itu? Mengingat itu kurang dari minimum order yg biasa ane pesen. Maksud ane supaya meminimalisir biaya produksi. Dan ternyata dia mau gan. Ane uda seneng. Ane hubungi pelanggan ane itu dan ane janjiin jadinya 10hari (3 hari lebih lama dari waktu seminggu yg dijanjikan tukang sablon), ane lakuin itu untuk antisipasi kemoloran.
Setelah menunggu seminggu, rekan ane bilang belum jadi, okelah masih ada 3 hari. Besoknya ane tanya, belum jadi lagi alasannya garapan full, terus janji 2 hari lagi selesai. Pas 2 hari lagi (hari janji saya ke pelanggan) dia bilang dengan enteng belum jadi lagi, dan janji besoknya lagi. Dari sini udah mulai gak enak. Ane langsung hubungi pelanggan ane dan minta maaf karena pesanannya belum bisa dikirim. Diluar dugaan beliau gak marah, malah nambah pesen lagi. Alhasil ane seneng.
Besoknya ane tagih ke rekan ane dia bilang belum jadi lagi terus janji besoknya lagi. Besoknya ane tagih belum jadi lagi tapi dia bilang udah tinggal jahit. Dari sini ane udah kesel. Ane hubungi lagi pelanggan ane dan minta maaf lagi lalu ngasi solusi untuk ane kirim dulu pesanan yg ada, sementara yang belum jadi nanti ane kirim kalau uda kelar tanpa biaya ongkir lagi. Beliau bilang mau konfirmasi ama temennya dulu karena temennya juga yg pesen.
Besoknya ane tagih ke rekan ane, sekali lagi dia bilang belum jadi. Dari sini ane udah cekcok ama dia via telepon dan dia sempet nyalahin ane bahwa dia bisa saja menolah pesanan itu karena di bawah minimal order yg di sesepakati. See? Dari sini ane beneran marah dan bilang padanya bahwa dari awal ane gak maksa dan dari awal ane juga menawarkan, dan dia berkata sanggup dan mau. Lantas dia gugup. Ane tanya sekali lagi ke dia kapan bisa jadi karena ini udah ditungguin pelanggan, dan saya juga bilang kalau memang gak bisa besok katakan yg jujur bisa pastinya kapan supaya saya gak mengharap. Dan dia janji besoknya pasti jadi. Oke saya pegang.
Besoknya ane sms, bbm dia malem jam 7, gak bales, telepon gak diangkat. Ane berpikir mungkin dia sibuk dan lembur. Terus ane kerumahnya dan benar kata bininya dia belum pulang, lembur. Disitu ane sekalian lunasi biaya produksinya, siapa tau dia sebenernya butuh duit tapi malu untuk bilang.
Ane tungguin ampe malem jam 11 gak ada kabar juga. Besoknya, tepatnya tadi pagi ane bangun dapet bbm dia, memastikan kalau semalem yg ngasi duit ke istrinya itu ane. Ane jawab ya. Semalem ane emang uda pasrah karena jadipun ane gak bisa kirim karena malem dan sekarang minggu, pengiriman tutup. Maka ane mau gak mau kirim senin. Dan ane bales bbm dia nanya barangnya. Dia gak bales. Terus ane telepon dan dia bilang... belum jadi lagi dan kalau mau nunggu besok saya bawakan barangnya. See?
Disini saya beneran marah, saking marahnya ampe gak bisa ngomong apa-apa lagi, langsung ane tutup teleponnya. Sekarang ane marah bukan hanya karena barangnya belum jadi, tapi dia udah beneran gak menghargai ane. Dia bilang, 'Kalau mau nunggu, besok tak bawain barangnya."
APA DIA GAK PIKIR SELAMA INI ANE NUNGGU LEBIH DARI DUA MINGGU DEMI TUH BARANG JADI? DAN DIA BERKATA SEOLAH PENANTIAN ANE AKAN HAL ITU BUKAN HAL PENTING BAGI ANE?
Ane uda gak bisa ngomong langsung ama dia, ane lantas sms kalau ane udah nyerah nangani dia dan ane bilang bahwa pelanggan ane udah gak ngasi kabar padahal dia udah dp ke ane, nama ane udah jelek, usaha ane bangun imej baik udah ancur gara-gara dia, dan ane bilang terserah mau diselesein tuh barang monggo, gak diselesein ya balikin duit ane karna ane uda gak mau ke tempat dia.
Untuk catatan: dalam kasus ini, dia gak pernah berinisiatif hubungi ane. Semuanya ane yg hubungi. Dia ga pernah konfirmasi kalau belum selesai, gak pernah minta maap kalau janjinya meleset dll. Semua dia lakukan jika saya hubungi duluan. Saya gak bisa bayangkan jika saya diem aja, itu jadinya gimana??
Dan seperti yg telah saya jelaskan, pelanggan ane gan ngasi kabar lagi dan kalaupun ngasi kabar ane bingung mau ngomong apa sama beliau yg baik itu. T.T
Buat agan-agan tolong jangan seperti rekan ane itu ya. Kalau memang gak sanggup, bilang aja terus terang dari awal dan jelasin masalahnya, pasti orang yang bersangkutan ngerti. Jangan malah menebar janji busuk dan berakhir sebagai PHP hanya demi citra diri agar tampak selalu baik dan sanggup melayani.
Terakhir, semoga hal buruk yang menimpa saya ini tidak terjadi pada agan-aganwati sekalian. Untuk kaskus yang sangat baik, terima kasih banyak sudah menjadi wadah curhatan saya sehingga saya bisa merasa lebih plong
ILOVEKASKUS
Sebelumnya maaf kalau ane salah kamar. Ane cuma mau curhat, gan.
Ane baru buka bisnis kaos gan setelah dikenalin kakak ane ke tukang sablon khusus. Ane sebagai owner, designer, marketing dan admin di bisnis ini. Nah awalnya kami bekerja sama baik gan, ane buka lapak di pinggir jalan karena emang modalnya masih sedikit, selain itu ane manfaatin dunia maya juga, tapi tau lah dunia maya kan sulit gan dapet kepercayaan dari para pelanggan, apalagi buat pemula. Setiap hari ane berusaha untuk punya nama di dunia maya dan akhirnya ada juga yang hubungi ane dari luar pulau, Kalimantan tepatnya.
Ane masih ingat betapa senangnya ane saat itu. Beliau pesan lebih dari 1 pula, tapi beliau ada permintaan khusus yaitu kaos buat cew lengen panjang. Awalnya ane bilang kalau ane sementara ini ga bikin kaos ukuran cewek, apa lagi lengen panjang. Tapi ane bilang ke beliau supaya nunggu keputusan sementara ane hubungin rekan ane tukang sablon itu.
Setelah ketemu, ane utarain permintaan tadi. Ane tanya, apa bisa jika bikin seperti itu? Mengingat itu kurang dari minimum order yg biasa ane pesen. Maksud ane supaya meminimalisir biaya produksi. Dan ternyata dia mau gan. Ane uda seneng. Ane hubungi pelanggan ane itu dan ane janjiin jadinya 10hari (3 hari lebih lama dari waktu seminggu yg dijanjikan tukang sablon), ane lakuin itu untuk antisipasi kemoloran.
Setelah menunggu seminggu, rekan ane bilang belum jadi, okelah masih ada 3 hari. Besoknya ane tanya, belum jadi lagi alasannya garapan full, terus janji 2 hari lagi selesai. Pas 2 hari lagi (hari janji saya ke pelanggan) dia bilang dengan enteng belum jadi lagi, dan janji besoknya lagi. Dari sini udah mulai gak enak. Ane langsung hubungi pelanggan ane dan minta maaf karena pesanannya belum bisa dikirim. Diluar dugaan beliau gak marah, malah nambah pesen lagi. Alhasil ane seneng.
Besoknya ane tagih ke rekan ane dia bilang belum jadi lagi terus janji besoknya lagi. Besoknya ane tagih belum jadi lagi tapi dia bilang udah tinggal jahit. Dari sini ane udah kesel. Ane hubungi lagi pelanggan ane dan minta maaf lagi lalu ngasi solusi untuk ane kirim dulu pesanan yg ada, sementara yang belum jadi nanti ane kirim kalau uda kelar tanpa biaya ongkir lagi. Beliau bilang mau konfirmasi ama temennya dulu karena temennya juga yg pesen.
Besoknya ane tagih ke rekan ane, sekali lagi dia bilang belum jadi. Dari sini ane udah cekcok ama dia via telepon dan dia sempet nyalahin ane bahwa dia bisa saja menolah pesanan itu karena di bawah minimal order yg di sesepakati. See? Dari sini ane beneran marah dan bilang padanya bahwa dari awal ane gak maksa dan dari awal ane juga menawarkan, dan dia berkata sanggup dan mau. Lantas dia gugup. Ane tanya sekali lagi ke dia kapan bisa jadi karena ini udah ditungguin pelanggan, dan saya juga bilang kalau memang gak bisa besok katakan yg jujur bisa pastinya kapan supaya saya gak mengharap. Dan dia janji besoknya pasti jadi. Oke saya pegang.
Besoknya ane sms, bbm dia malem jam 7, gak bales, telepon gak diangkat. Ane berpikir mungkin dia sibuk dan lembur. Terus ane kerumahnya dan benar kata bininya dia belum pulang, lembur. Disitu ane sekalian lunasi biaya produksinya, siapa tau dia sebenernya butuh duit tapi malu untuk bilang.
Ane tungguin ampe malem jam 11 gak ada kabar juga. Besoknya, tepatnya tadi pagi ane bangun dapet bbm dia, memastikan kalau semalem yg ngasi duit ke istrinya itu ane. Ane jawab ya. Semalem ane emang uda pasrah karena jadipun ane gak bisa kirim karena malem dan sekarang minggu, pengiriman tutup. Maka ane mau gak mau kirim senin. Dan ane bales bbm dia nanya barangnya. Dia gak bales. Terus ane telepon dan dia bilang... belum jadi lagi dan kalau mau nunggu besok saya bawakan barangnya. See?
Disini saya beneran marah, saking marahnya ampe gak bisa ngomong apa-apa lagi, langsung ane tutup teleponnya. Sekarang ane marah bukan hanya karena barangnya belum jadi, tapi dia udah beneran gak menghargai ane. Dia bilang, 'Kalau mau nunggu, besok tak bawain barangnya."
APA DIA GAK PIKIR SELAMA INI ANE NUNGGU LEBIH DARI DUA MINGGU DEMI TUH BARANG JADI? DAN DIA BERKATA SEOLAH PENANTIAN ANE AKAN HAL ITU BUKAN HAL PENTING BAGI ANE?
Ane uda gak bisa ngomong langsung ama dia, ane lantas sms kalau ane udah nyerah nangani dia dan ane bilang bahwa pelanggan ane udah gak ngasi kabar padahal dia udah dp ke ane, nama ane udah jelek, usaha ane bangun imej baik udah ancur gara-gara dia, dan ane bilang terserah mau diselesein tuh barang monggo, gak diselesein ya balikin duit ane karna ane uda gak mau ke tempat dia.
Untuk catatan: dalam kasus ini, dia gak pernah berinisiatif hubungi ane. Semuanya ane yg hubungi. Dia ga pernah konfirmasi kalau belum selesai, gak pernah minta maap kalau janjinya meleset dll. Semua dia lakukan jika saya hubungi duluan. Saya gak bisa bayangkan jika saya diem aja, itu jadinya gimana??
Dan seperti yg telah saya jelaskan, pelanggan ane gan ngasi kabar lagi dan kalaupun ngasi kabar ane bingung mau ngomong apa sama beliau yg baik itu. T.T
Buat agan-agan tolong jangan seperti rekan ane itu ya. Kalau memang gak sanggup, bilang aja terus terang dari awal dan jelasin masalahnya, pasti orang yang bersangkutan ngerti. Jangan malah menebar janji busuk dan berakhir sebagai PHP hanya demi citra diri agar tampak selalu baik dan sanggup melayani.
Terakhir, semoga hal buruk yang menimpa saya ini tidak terjadi pada agan-aganwati sekalian. Untuk kaskus yang sangat baik, terima kasih banyak sudah menjadi wadah curhatan saya sehingga saya bisa merasa lebih plong
ILOVEKASKUS
0
2.7K
33
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan