
sungguh gw kagak menyangka trit sesederhana ini yang jauh dari kata sempurna bisa menjadi
HT, trit pertama gw dan juga HT pertamax gw selama join di tahun 2005 silam. terima kasih buat masbro masbro dan mbaksist mbaksist sekalian yang telah meramaikan trit ini

, comment terbaik baik itu pro dan kontra akan TS update di pejuwan. TS akui, baik yang pro dan kontra, mereka semua adalah kaskuser yang hebat

. Sesuai rules BP, trit ini akan TS request closed jika dirasa trit sudah "basi". Atas perhatiannya, terima kasih semuanya
Quote:
Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjanji akan menggratiskan tiket transjakarta begitu subsidi BBM dihapuskan di Jakarta. Biaya operasional akan ditutup dari anggaran subsidi BBM yang selama ini dikeluarkan.
"Kebijakan kita kan mau mengubah angkutan umum untuk pakai gas. Jadi, semuanya tunggu tahun depan, kemudian bus transjakarta bisa gratis dan yang penting Menteri ESDM mendukung," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (18/12/2013).
Untuk diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan pemberhentian subsidi BBM untuk kendaraan bermotor di Ibu Kota kepada Kementerian ESDM. Kebijakan tersebut dapat merangsang pengguna kendaraan pribadi beralih ke transportasi massal.
Basuki mengatakan, Jakarta mengusulkan menghapus subsidi BBM, bukan meningkatkan harga BBM bersubsidi lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya. Salah satu alasannya adalah lingkungan.
"Kita tidak mau lagi ada premium, itu buat lingkungan hidup jadi tidak baik," kata Basuki. Menurut Basuki, apabila di Jakarta sudah tidak ada pasokan BBM bersubsidi, maka kualitas lingkungan juga semakin membaik.
Rencananya penghentian pemakaian BBM bersubsidi akan dilakukan untuk kendaraan pribadi, lalu bertahap untuk kendaraan bermotor roda dua dan angkutan umum.
Setelah ratusan bus datang, kebijakan itu akan segera diterapkan. DKI kemudian akan mengalihkan subsidi BBM tersebut pada tiket transjakarta sehingga penumpang tak perlu membayar tiket.
Penghapusan BBM subsidi juga dinilai akan bisa mengalokasikan dana lebih besar ke perbaikan infrastruktur. Penghentian BBM subsidi bagi kendaraan di Jakarta juga bisa meminimalkan dampak negatif kebijakan mobil murah.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengaku tertarik dengan ide Basuki. Kini, pihaknya tengah melakukan kajian terhadap usulan tersebut. Namun, ia memastikan bahwa usulan tersebut tidak dilakukan dalam waktu dekat. Demi menghemat BBM bersubsidi, pihaknya hanya mendorong kendaraan pelat merah untuk tidak memakai BBM bersubsidi.
Gw rasa, cukup masuk akal juga apa yang dikemukakan oleh bapak basuki ini

, secara subsidi BBM memang membebani negara, belum lagi kasus alphard dan lamborgini yang minum premium

. Pengalihan subsidi BBM ke TJ memang "cantik", tapi bagaimana dengan daerah lain?
SUMBER
[
Update]
Basuki: Transjakarta Gratis jika APBD Rp 100 Triliun
Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum berencana untuk membebaskan biaya atau menggratiskan tiket transjakarta.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, DKI baru dapat menggratiskan transjakarta jika sudah memiliki anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) mencapai Rp 100 triliun.
"Kalau APBD kita bisa mencapai Rp 100 triliun, maka bisa gratis semua transportasi massalnya," kata Basuki di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (19/12/2013). Ia mengharapkan, nilai APBD tersebut dapat tercapai pada tahun anggaran 2016-2017.
Kendati demikian, Basuki mengatakan bahwa DKI sebenarnya mampu memberi subsidi tiket transjakarta, jika melihat besarnya APBD dan ditambah dengan tingginya nilai sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) APBD DKI yang setiap tahunnya Rp 7 triliun-Rp 9 triliun. Seharusnya, kata dia, silpa tersebut dapat dialihkan untuk subsidi operasional transjakarta. Sebab, DKI hanya membutuhkan Rp 1,324 triliun setiap tahunnya untuk menyubsidi transjakarta.
Jumlah itu didapatkan dari subsidi yang dianggarkan dalam APBD 2013 sebesar Rp 886 miliar ditambah dengan pendapatan tiket transjakarta setiap tahunnya. Berdasarkan data Unit Pengelola (UP) Transjakarta, pendapatan dari tiket setiap tahun mencapai Rp 438 miliar. Perhitungannya, 350.000 penumpang per hari dikalikan Rp 3.500 (harga tiket per orang) menghasilkan Rp 1,2 miliar. Jika dalam setahun (dikalikan 365 hari), maka pendapatan dari penjualan tiket bus transjakarta mencapai Rp 438 miliar.
Saat ini, Pemprov DKI merencanakan pengadaan lima bus wisata bertingkat untuk transportasi gratis. Rencananya, bus bertingkat itu akan beroperasi pada Januari 2014 dengan rute awal Tanah Abang-Bundaran Hotel Indonesia. Bus yang disiapkan akan memiliki lantai dan pijakan pintu masuk yang pendek. Bus wisata itu nantinya akan ramah pada penyandang disabilitas. Jika jumlah bus bertingkat rute Tanah Abang-Bundaran HI dianggap cukup, maka rute selanjutnya adalah Monas ke Blok M ataupun Kota Tua.
Sumber:
http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Khlwp
Bagaimana sih tanggapan menurut masbro dan mbaksist dimari?
, ceck it out!
- kendala Trans Jakarta yang belum menjangkau seluruh wilayah Jakarta
, muncullah inovasi dari masbro ini berupa Trans Jakarta Mini 
Quote:
Original Posted By alter►transjakarta gratis = kabar gembira, tapi..
1. Trans Jakarta belum menjangkau seluruh wilayah jakarta. Kalau di Singapore, lu mau kemanapun bisa naek MRT, keluar dari stasiun paling jalan sedikit. Kalau di Jakarta? kemungkinan masih harus disambung angkot lagi. Kok dibilang kalau subsidi untuk angkutan umum juga direncanakan untuk dihapus??
2. transportasi di jakarta bukan cuma buat orang tapi juga buat barang. Kalau orang gak masalah disuruh naek TJ, lha kalau yang bawa2 barang di truk pickup gimana naeknya pakai TJ?
coba satu contoh ya: truk2 yang bawa sayur ke pasar induk di jakarta. Apa mungkin mereka disuruh bawa sayur dalam bis trans J? Dan terlepas dari bacodnya kementerian ESDM yang ngomong kalau bbm cuma dipake orang kaya (maklum, beli beras en pulsa aja dibayarin negara, mana tau dia kalau ada kenaekan harga). Kalau bbm naik, maka biaya transportasi untuk angkutan barang ini akan naek, yang biasanya berujung-ujung harga = naek.
*dengan kebijakan UMP baru, pabrik2 kayaknya akan relokasi ke luar jakarta sih, tapi tetep aja akan ada mobil angkutan, apalagi di Jakarta ada
pelabuhan internasional (Tanjung Priok), ini juga ga mungkin diangkut pake Trans J kan??
3. Prioritas stop subsidi BBM menurut ane salah lho, seharusnya motor dulu, baru mobil. Logikanya: kalau yang punya mobil adalah orang kaya, maka bensin naek tidak akan berpengaruh banyak ke mereka = tetep macet. Sementara kalau yang naek motor kebanyakan rakyat miskin (mungkin beli motornya pakai daun?), maka jumlah motor akan berkurang
secara signifikan. Pengguna motor protes dan bilang mereka gak sanggup beli bensin? ya naek trans J yang gratis deh
Quote:
Original Posted By Fenz►Sepakat.. utk point no 1 bisa dibuat trans jakarta mini sebagai pengganti angkot yg bisa menjangkau daerah2 kecil dan masuk ke gang dan kompleks yg fungsinya utk angkut org ke halte busway. Masukin 5rb unit aja udah ok, supirnya sistem gaji. Kebersihan keamanan dijaga, berhenti hanya dihalte, dan halte diperbanyak kalo perlu tiap 200m ada halte. Asal angkot kopaja metromini itu dilarang sama sekali utk beroperasi. Masalahnya angkot kopaja metromini kwk dkk itu susah diberantas. Pasti banyak yg demo. Itu aja sih. Update page one TS kalo brani

- isu tentang nasib RFID ke depannya, subsidi BBM hilang sama dengan RFID hilang, banyak uang terbuang gegara RFID. Pengalihan isu kah?

Quote:
Original Posted By Delta.CR1►asyik nih kalo gratis....bisa keliling jakarta sepuasnya

. Terus gimana kelanjutan project RFID?
Quote:
Original Posted By JaReD69►Makanya sampe skrg gwe males antri capek2 utk pasang RFID..wong juntrungannya blm jelas

. Nanti udah capek2 masang, eh bbm subsidi tetep dihapus juga

Quote:
Original Posted By gituajamarah►Rfid buat di luar jakarta. Sapa tau lu ngisi di luar jakarta.Tapi harganya ga mungkin 6500 lagi, dan hati2 oplosan

. Di sekitaran jakarta pasang rfid saja, + spbu dilarang ngisi premium ke jurigen.
- muncul inovasi SPBU khusus angkot dan metromini, mantab jaya bro!

Quote:
Original Posted By ruuuruuu►Secara logika bisa sih jalan.tp kok hanya TJ aj yg diperhatikan..

Bisa saja TJ gratis.. namun itu percuma juga kalo angkot, n metromini naikin tarif kira2 rata2 Rp. 1000.. apabila premium lenyap di DKI.. apa ga bih bijak apabila angkot n metromini di bwt kan SPBU khusus... n sistemnya biar ga terjadi penyelewengan BBM nya dijatah per hari..
Kebijakan yg sangat dibenci.. perusahaan otomotif, perusahaan taxi swasta, pertamina.
Kebijakan yg sangat disukai oleh shell, petronas dkk, orang menengah mpe cilik,
- rawan penyelundupan BBM bersubsidi ke Jakarta karena di daerah sekitar atau di luar jakarta masih memakai BBM bersubsidi. Belum lagi ini dianggap sebagai peluang usaha oleh penjual BBM eceran dengan membeli bensin di luar Jakarta dan menjual dengan harga "sedikit miring", dan inilah cara penanggulangan menurut masbro ini

Quote:
Original Posted By Akang Yamato►Tapi khusus kawasan Bodetabek, siap-siap banyak orang Jakarta eksodus buat sekedar beli BBM subsidi.
Quote:
Original Posted By gituajamarah►Bodetabek pasangin RFID. Dijatah. Udah jauh jauh ngisinya dijatah. Ngisi premium ke jurigen dilarang