
Selamat Datang Di Thread Saya
Nah, di gue ini, gue mau sharing kebiasaan - kebiasaan Programmer
Udah langsung cekidot aja...
1. Copy Paste
Quote:
Copy-paste adalah salah satu dari 10 penyebab kesalahan yang paling sering terjadi di dunia pemrograman. Pastinya agan yang programmer pernah nyoba dah. Kalau agan suka main copy-paste mungkin akan terkejut. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ya... ketika melakukan copy-paste kode program, seringnya agan lupa untuk menyesuaiakan kode baris hasil copy-paste tadi. Padahal, mungkin saja ada variable, nama form, dll yang perlu disesuaikan. (Ini yang paling gue gk demen

)
2. Tidak Menginisialisasi Function
Quote:
Jangan serahkan inisialisasi return value sebuah function kepada compiler. Ini yang selalu gue tekankan pada setiap kali gue membuat function. Kenapa demikian? Karena persepsi kita tentang default value sebuah tipe data mungkin berbeda dengan yang dilakukan oleh compiler. Oleh karena itu, dari pada terjadi perbedaan , lebih baik kita beri saja default return value untuk setiap function yang kita buat. Ingat, letakkan inisialisasi return value ini pada baris pertama dari function tersebut. Perhatikan contoh berikut ini :
Quote:
function TPelanggan.RemoveData: Boolean;
var
sSQL: string;
begin
Result := False; // letakkan baris kode ini pada awal function
sSQL := 'Delete from TPelanggan where ID = ' + IntToStr(ID);
if ExecuteSQL(sSQL) then
Result := True;
end;
3. Tidak Mengapit instansiasi suatu kelas dengan try .. finally
Quote:
Agan sering mengalamai memory leak? Hmm ... mungkin agan termasuk tipe programmer yang sering melakukan kebiasaan buruk nomor tiga ini. Buat program yang nggak ada akhirnya.
4. Tidak mendokumentasikan source code
Quote:
Kebiasaan no 4 ini juga bahaya gan. Sering kita jumpai seorang programmer duduk lama di depan komputernya sambil mengernyitkan dahi. Dia bingung dengan program yang dulu pernah ditulis. Hal ini sering muncul ketika terjadi bug dan kita kebagian untuk membetulkan bug tersebut. Hal ini bisa terjadi karena nggak ada dokumentasi yang memadai berkaitan dengan alur sebuah program itu gan. Oleh karena itu penting nih bagi kita untuk merapikan dokumentasi program, baik yang di dalam maupun luar source code. Ada ungkapan yang patut kita renungkan yaitu : don't code today what you can't debug tomorrow
5. Tidak menggunakan Versionining Control (VC).
Quote:
Manfaat yang paling gue rasakan dengan VC adalah untuk back up ource code. Dengan menggunanakan VC secara tidak langsung kita sudah melakukan back up source ke server VC. VC juga sangat bermanfaat untuk bekerja dengan banyak programmer. Dengan adanya VC kita bisa melakukan penggabungan source code dari beberapa programmer dengan mudah gan. Dengan VC juga kita bisa mengembalikan source code kita ke versi sebelumnya. Dengan VC juga kita bisa men-trace baris kode yang diubah oleh siapa yang menimbulkan error (Gunakan fitur "Blame" pada SVN). Dua VC yang sering gue pakai adalah SVN dan FreeVCS
6. Membuat Method yang paaanjaaang
Quote:
Gue sendiri sebisa mungkin membatasi panjang method hanya 10 baris (begin .. end tidak dihitung). Satu method seharusnya hanya mengeksekusi satu task. Method yang panjang biasanya akan banyak task yang diekekusi pada method tersebut. Hal ini sangat membingungkan gan ketika proses debugging.
7. Mau kerja kalau ada mood
Quote:
Seorang programmer seperti agan haruslah menjadi seorang yang profesional. Siap kapanpun untuk menghadapi tantangan. Jangan sampai karena sedang ada masalah, semua pekerjaan di kantor terganggu.
8. Penamaan variable/method yang tidak standar
Quote:
Menurut William C. Wake (2004), penamaan variable juga sangat penting untuk menjelaskan bagaimana sistem bekerja.Jadi , ingat gan jangan pernah memberi nama sembarangan.
Di bawah ini merupakan guideline penamaan yang baik untuk digunakan di dalam object oriented software development :
Quote:
1. Gunakan verb (kata kerja) untuk hal-hal yang berkaitan dengan proses manipulasi atau behaviour objek.
2. Gunakan noun (kata benda) atau adjective(kata sifat) untuk hal-hal yang berkaitan dengan atribute,state,dan entity .
3. Lebih disukai penamaan satu kata.
4. Penamaan memperhatikan unsur komunikatif.
Sekian Thread dari gue, kurang lebihnya mohon maap
Bagi bagi Cendolnya gan

, kalo enggak Rate doang gk pa2
