jandakampungAvatar border
TS
jandakampung
Kenapa Mobil Bisa Mogok Di Lintasan Rel Kereta?
emoticon-Takutemoticon-Turut Berduka



Kasus kecelakaan di lintasan rel kereta api meningkat dari tahun ke tahun. Bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi? Banyak faktor yang mengakibatkan hal itu. Salah satu penyebabnya, mobil mendadak mogok di lintasan rel kereta api.

Kejadian kecelakaan tertabraknya kendaraan bermotor oleh kereta api di pintu pelintasan kereta api ini terjadi berulang-ulang dan terus terulang sehingga melahirkan legenda keangkeran pintu pelintasan kereta api ini. Banyak orang percaya bahwa "setiap kendaraan yang nekad melintas pintu kereta api dan kereta api sudah dekat dengan kendaraan tersebut, pasti mesinnya mati dan tidak bisa dihidupkan lagi". ada yang berpendapat matinya mesin akibat "para arwah penunggu rel kereta". emoticon-Takut (S)

Memang bener rel kereta api ada penunggunya gan. Tapi bukan demit atau setan kridit...tapi medan magnet gan emoticon-Cape d... (S)

Spoiler for tkp:


Bagaimana jika kejadian tersebut menimpa agan ? berikut beberapa solusi yang mungkin berguna bagi agan2 :

1. Menyelamatkan diri dengan mendorong mobil adalah salah satu cara yang baik, namun sebelum turun JANGAN LUPA memposisisikan tuas transmisi pada posisi gigi NETRAL. Dan jangan berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar! dan mendorongnya! Kalopun anda gak sempat mendorong, setidaknya anda sudah berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar menjauh dari pelintasan kereta api (anda selamat).

2. Cara lain adalah bila kondisi accu (aki) masih bagus, anda tidak perlu turun dari mobil, masukkan tuas transmisi pada posisi gigi 1 (satu), kemudian start mobil (pedal coupling JANGAN diinjak). Maka mobil akan berjalan karena digerakkan oleh dinamo starter. Setidak-tidaknya mobil berjalan sampai menyeberangi rel kereta. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk mobil yang bertransmisi MANUAL, TIDAK untuk mobil bertransmisi MATIC.

3. Untuk mobil matic maka penyelamatan hanya dengan cara mendorong, dan jangan lupa tuas transmisi pada posisi NETRAL (N), bukan parking (P). Putaran idle mesin mobil matic biasanya lebih tinggi daripada mobil manual, sehingga mesin tidak mudah mati.

4. Untuk menjaga supaya kejadian ini tidak menimpa anda sebaiknya hentikan kendaraan anda dan tunggu sampai kereta api tersebut melintas.
Bila kendaraan kita sudah terlanjur mogok di perlintasan kereta. Anda harus menekan klakson berkali-kali, ini bisa mengurangi efek impedansi listrik dari rel kereta api yang mengganggu terhadap dinamo starter pada kendaraan kita.

5. Ketika anda akan melintasi pintu pelintasan kereta api sebaiknya tengok kanan kiri (barangkali ada kereta mau lewat). Bila kereta sudah terlihat sementara mobil anda masih terjebak, segeralah menjauh. Nyawa anda jauh lebih berharga ketimbang mobil tersebut.




Semoga info ane berguna buat agan2, yg penting jgn lupa Biasakan berdoa sebelum berkendara. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas. Tengok kanan kiri sebelum menyeberang perlintasan, terutama bila tanpa palang pintu.




emoticon-Toastemoticon-Shakehand2





soember

0
3.7K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan