- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
[PERLU DIKETAHUI] PT KCJ: Ada Kapak Pemecah Kaca di Ujung Gerbong
TS
publicbaths
[PERLU DIKETAHUI] PT KCJ: Ada Kapak Pemecah Kaca di Ujung Gerbong
Quote:
Original Posted By toruwijaya►Banyak pengguna KRL tak tahu cara selamatkan diri saat darurat
Merdeka.com - Kecelakaan maut KRL menabrak truk tangki bermuatan BBM terjadi di Bintaro, Jakarta Selatan. Tujuh orang tewas dalam kecelakaan ini, sementara puluhan lain terluka.
Saat kecelakaan terungkap, penumpang di gerbong khusus wanita panik dan tak tahu cara menyelamatkan diri. Apalagi tak ada satpam atau petugas yang membantu mereka.
"Keretanya terguling ke kanan dan aku nyari alat pemecah kaca tidak ada, satpam gak ada, gerbong depan, itu khusus perempuan itu. Penumpang yang lain berusaha cari jalan keluar lewat gerbong bagian belakang. Kita sudah teriak-teriak, aku nginjak itu kaca," ujar salah satu korban, Fransiska Ninditya.
Rupanya KRL buatan Jepang itu memang tidak menyediakan palu pemecah kaca sebagai alat keselamatan. Sebagai gantinya, terdapat katup angin yang dipergunakan untuk membuka semua pintu secara darurat.
Katup ini biasanya berada di bawah kursi penumpang, di antara sambungan gerbong. Untuk mempergunakan katup ini, cukup dengan membuka penutup keran, lalu ditarik sehingga terdengar suara letupan angin.
Namun banyak penumpang yang tidak tahu ada katup tersebut. Lia, salah seorang penumpang Commuter Line Jakarta-Bogor mengaku baru tahu setelah membaca berita pagi ini soal keselamatan KRL.
"Iya saya tidak tahu. Saya kira seperti di Transjakarta ada pemecah kaca. Kan kalau di busway jelas terpasang di dinding ada alat pemecah kaca," kata Lia, saat berbincang dengan merdeka.com.
Dini, penumpang lain menilai katup itu sulit digunakan saat kereta penuh. Pada jam sibuk, di pagi dan sore hari, untuk berpegangan pun sulit. Penumpang sangat berjejal.
"Kebayang kalau kondisi darurat. Mau gerakin kaki aja udah susah kalau KRL lagi penuh-penuhnya. Menurut saya sih lebih baik sediakan pemecah kaca saja," kata mahasiswi ini.
http://www.merdeka.com/jakarta/banya...t-darurat.html
Merdeka.com - Kecelakaan maut KRL menabrak truk tangki bermuatan BBM terjadi di Bintaro, Jakarta Selatan. Tujuh orang tewas dalam kecelakaan ini, sementara puluhan lain terluka.
Saat kecelakaan terungkap, penumpang di gerbong khusus wanita panik dan tak tahu cara menyelamatkan diri. Apalagi tak ada satpam atau petugas yang membantu mereka.
"Keretanya terguling ke kanan dan aku nyari alat pemecah kaca tidak ada, satpam gak ada, gerbong depan, itu khusus perempuan itu. Penumpang yang lain berusaha cari jalan keluar lewat gerbong bagian belakang. Kita sudah teriak-teriak, aku nginjak itu kaca," ujar salah satu korban, Fransiska Ninditya.
Rupanya KRL buatan Jepang itu memang tidak menyediakan palu pemecah kaca sebagai alat keselamatan. Sebagai gantinya, terdapat katup angin yang dipergunakan untuk membuka semua pintu secara darurat.
Katup ini biasanya berada di bawah kursi penumpang, di antara sambungan gerbong. Untuk mempergunakan katup ini, cukup dengan membuka penutup keran, lalu ditarik sehingga terdengar suara letupan angin.
Namun banyak penumpang yang tidak tahu ada katup tersebut. Lia, salah seorang penumpang Commuter Line Jakarta-Bogor mengaku baru tahu setelah membaca berita pagi ini soal keselamatan KRL.
"Iya saya tidak tahu. Saya kira seperti di Transjakarta ada pemecah kaca. Kan kalau di busway jelas terpasang di dinding ada alat pemecah kaca," kata Lia, saat berbincang dengan merdeka.com.
Dini, penumpang lain menilai katup itu sulit digunakan saat kereta penuh. Pada jam sibuk, di pagi dan sore hari, untuk berpegangan pun sulit. Penumpang sangat berjejal.
"Kebayang kalau kondisi darurat. Mau gerakin kaki aja udah susah kalau KRL lagi penuh-penuhnya. Menurut saya sih lebih baik sediakan pemecah kaca saja," kata mahasiswi ini.
http://www.merdeka.com/jakarta/banya...t-darurat.html
Spoiler for KATUP DARURAT:
Katup emergency untuk membuka pintu saat terjadi kecemasan di KRL.., tak perlu repot2 mencari palu dan memecahkan kaca.., cukup mencari lokasi katup pintu darurat. cara menggunakannya : buka penutup kerannya, Tarik tuas keran sepenuhnya hingga terdengar suara angin yang terlepas, pintu dapat dibuka dengan mudah oleh tangan...
Be a Smart Passenger and dont panic when accident happen...
Spoiler for Cara Penggunaan Katup Darurat:
Cara Penggunaan Katup Pintu Darurat
Petunjuk Katup pintu darurat kali ini dilengkapi dengan ilustrasi untuk mempermudah pemahaman. mohon agar digunakan dengan bijak -----------------------------------------------Gambar dibawah ini merupakan Katup pintu yang terletak di Dinding kereta untuk rangkaian Eks Tokyo Metro ( TM 5000, TM 6000, TM 7000, TM05, Toyo Rapid 1000 ).., tiap gerbong hanya memiliki 1 katup sentral untuk membuka 8 pintu...
Spoiler for LOKASI KATUP DARURAT:
Spoiler for lokasi:
Spoiler for lokasi katup:
Spoiler for lokasi katup:
Spoiler for lokasi katup:
Spoiler for lokasi katup:
Spoiler for lokasi katup:
Be a Smart Passenger and dont panic when accident happen...
Spoiler for :
JAKARTA, KOMPAS.com — Para penumpang sempat terjebak dalam KRL 1131 jurusan Serpong-Tanah Abang sesaat setelah kecelakaan kereta dan truk tangki di Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2013). Saat itu kaca jendela tertutup dan pintu otomatis belum terbuka.
Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa mengatakan, sebenarnya tersedia kapak untuk memecah kaca jendela. Kapak itu terletak di tiap ujung gerbong. "Kapak ada di bagian ujung gerbong, pemecah kaca," kata Eva di Rumah Sakit dr Suyoto, Senin sore.
Mengenai pintu yang tidak terbuka, dia mengatakan, hal itu terjadi karena pengoperasian pintu dikendalikan dari ruang masinis. Namun, kabin masinis itu hancur akibat tabrakan.
"Ada pintu darurat di bawah, tapi segera dibuka. Kabin depan masinis sudah hancur terbakar. Kalau pintu tidak terbuka jelas karena hancur," ujar dia.
Kendati demikian, Eva mengatakan, PT KCJ masih menyelidiki berbagai hal terkait kecelakaan itu. Dia belum dapat memastikan jumlah penumpang di KRL tersebut sebab tiap penumpang yang membeli tiket bisa saja menggunakan KRL lain. "Satu kereta kapasitas bisa 230 sampai 250 orang, tapi kita tidak tahu datanya," kata Eva.
Hingga berita ini ditayangkan, jumlah korban meninggal dunia yang telah diidentifikasi sebanyak empat orang. Satu korban lain belum dapat diidentifikasi.
Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa mengatakan, sebenarnya tersedia kapak untuk memecah kaca jendela. Kapak itu terletak di tiap ujung gerbong. "Kapak ada di bagian ujung gerbong, pemecah kaca," kata Eva di Rumah Sakit dr Suyoto, Senin sore.
Mengenai pintu yang tidak terbuka, dia mengatakan, hal itu terjadi karena pengoperasian pintu dikendalikan dari ruang masinis. Namun, kabin masinis itu hancur akibat tabrakan.
"Ada pintu darurat di bawah, tapi segera dibuka. Kabin depan masinis sudah hancur terbakar. Kalau pintu tidak terbuka jelas karena hancur," ujar dia.
Kendati demikian, Eva mengatakan, PT KCJ masih menyelidiki berbagai hal terkait kecelakaan itu. Dia belum dapat memastikan jumlah penumpang di KRL tersebut sebab tiap penumpang yang membeli tiket bisa saja menggunakan KRL lain. "Satu kereta kapasitas bisa 230 sampai 250 orang, tapi kita tidak tahu datanya," kata Eva.
Hingga berita ini ditayangkan, jumlah korban meninggal dunia yang telah diidentifikasi sebanyak empat orang. Satu korban lain belum dapat diidentifikasi.
semoga penumpang kereta terutama ibu-ibu dan mbak-mbak yg terjebak digaris depan lebih siap dan waspada terhadap keadaan darurat
SUMBER
SUMBER2
0
5.3K
Kutip
48
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan