- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
[Si bapak lupa?]Menhub: Pemerintah Sudah Sarankan Jokowi Buat Underpass Kereta


TS
kejepitkagaenak
[Si bapak lupa?]Menhub: Pemerintah Sudah Sarankan Jokowi Buat Underpass Kereta
Quote:
Ahok bilang pemerintah pusat tak respons rencana pembangunan underpass
VIVAnews – Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan pernah menyarankan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk membuat perlintasan kereta bawah tanah (underpass). Usul itu awalnya dilontarkan untuk mengurangi kemacetan di titik-titik lintasan kereta.
“Saya pernah sarankan ke Pak Jokowi, kalau mau atasi kemacetan, perlintasan di 15 titik dibuat underpass karena ada peningkatan frekuensi kereta. Dalam setengah jam kereta sudah muncul,” kata Mangindaan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 9 Desember 2013.
Selain underpass, bisa juga dibuat rel layang (elevated) di mana perlintasan kereta berada di atas. “Kami usulkan bagaimana yang terbaik. DKI sudah setuju untuk melakukan underpass,” ujar Menhub. Menurutnya, sampai saat ini proyek underpass kereta masih dibicarakan di tingkat DPRD DKI.
Pembangunna underpass kereta ini juga didukung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. “Saya sangat prihatin dengan kecelakaan ini. Dari dulu KAI sudah mengusulkan underpass,” kata dia.
Dengan underpass, ada tiga keuntungan yang bisa diraih, yakni kemacetan berkurang, kecelakaan bisa ditekan, dan kualitas pelayanan KRL meningkat. Underpass membuat KRL bisa melintas bebas setiap lima menit sekali sehingga penumpang tak terlalu bertumpuk.
Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Pemprov DKI sudah sejak lama ingin membangun underpass. Namun, kata dia, rencana itu bertepuk sebelah tangan. “Perlintasan ditutup dan diganti underpass dan flyover. Tapi semua itu tak mendapat respons dari pemerintah pusat. Kalau masih begini terus, kami tutup sendiri saja perlintasan itu,” ujar Ahok.
Siang ini, KRL Commuter Line jurusan Serpong-Tanah Abang menabrak truk tangki Pertamina bermuatan 42 kiloliter premium di pintu lintasan kereta Bintaro, Jakarta Selatan. Truk yang berada di tengah rel langsung terbalik, meledak, dan terbakar. Sementara gerbong khusus wanita yang terletak paling depan di rangkaian KRL anjlok dan terguling.
Korban jiwa sampai saat ini berjumlah 5 orang, yakni 3 kru KRL dan 2 penumpang wanita. Mereka masinis kereta Darman Prasetyo asal Tegal, petugas pelayanan KRL Sofyan Hadi asal Bekasi, asisten masinis Agus Suroto asal Blora, serta penumpang Rosa Kesauliya asal Bintaro dan Yuni. Jenazah kelimanya kini berada di RS Polri untuk diautopsi. (umi)
Sumber
Kalau coba lihat catatan ke belakang yang secuil saya temukan
Jalur Layang Gantikan Underpass
Mulai Dibangun 2014, Pusat Ambil Alih Proyek Lintasan KA
SENIN, 19 AGUSTUS 2013 , 01:31:00
Quote:
JAKPUS - Rencana pembangunan underpass (jalur bawah tanah) di sejumlah titik jalan yang bersinggungan dengan jalur kereta api batal dilakukan. Langkah itu diputuskan menyusul rencana PT Kereta Api Indonesia (KAI) membangun elevated loopline (jalur layang melingkar) untuk perlintasan KA.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Provinsi DKI Manggas Rudy Siahaan, Minggu (18/8). Dia mengatakan, bersamaan dengan rencana pemprov membangun underpass di wilayah yang bersinggungan dengan jalur kereta, PT KAI berinisiatif untuk membangun jalur khusus di lokasi-lokasi tersebut. "Karena itu, pemprov tidak jadi membangun (underpass) dan hanya menyesuaikan dengan rencana pusat," jelas dia.
Menurut Rudy, rencana PT KAI itu menjadi keputusan resmi pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Jadi, pemprov menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah pusat untuk melanjutkan program yang dibiayai APBN tersebut. Lalu, anggaran yang disiapkan pemprov untuk pengerjaan proyek itu dialihkan pada program lain.
Proyek pembangunan jalur elevated KA itu, kata dia, ditujukan untuk mengurangi persilangan kereta dengan jalur kendaraan umum dalam kota atau persilangan sebidang. Hal ini sekaligus upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. "Ini dalam rangka mempercepat waktu tempuh serta peningkatan pelayanan masyarakat untuk jalur loopline (jalur melingkar)," ujar mantan deputi gubernur bidang transportasi tersebut.
Rudy menjelaskan bahwa rencana pembangunan jalur elevated di sejumlah titik mengikuti jalur elevated lain yang telah ada. Misalnya, jalur elevated Cikini dan Gambir. Termasuk jalur lintasan di kawasan industri maupun bisnis, seperti di Gunung Sahari dan Mangga Dua. "Semua dianggarkan oleh Bappenas," bebernya.
Dia menyebut proyek tersebut langsung ditangani PT KAI yang berkoordinasi dengan kementerian perhubungan. Lokasi-lokasi yang bersinggungan dan diajukan oleh pemprov ke PT KAI untuk dibuat elevated loopline adalah Jatinegara, Kramat, Senen, Kemayoran, Kampung Bandan, Kampung Duri, dan Tanah Abang. "Nanti (pembangunannya) dimulai 2014," terang dia.
Tapi, lanjut Rudy, pihaknya masih belum mengetahui besar anggaran yang disiapkan oleh pemerintah pusat untuk proyek tersebut.
Menanggapi soal rencana pembangunan jalur rel KA elevated loopline, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Azas Tigor Nainggolan menyambut baik. Dia mengatakan bahwa pembangunan jalur elevated di titik persinggungan merupakan salah satu ciri modernitas pengelolaan transportasi. "Itu efektif kalau pakai elevated. Sebaiknya begitu," kata dia.
Menurut dia, Jakarta perlu mencontoh Manila. Semua jalur KA di ibu kota Filipina tersebut telah menggunakan elevated dan meninggalkan jalur rel permukaan tanah. Dibandingkan dengan underpass, jalur elevated lebih menguntungkan dari semua sisi.
Sebagai contoh, ujar dia, konstruksi fisik underpass jauh lebih rumit. Sebab, harus dilakukan pengeboran tanah untuk membuat jalur. Untuk proyek elevated, tinggal meninggikan pondasi tiang pemancang jalur. Biaya pembangunan underpass lebih mahal dibandingkan elevated. Sebab, butuh teknologi tambahan untuk mengebor tanah.
Tidak hanya itu, saat pembangunan, potensi kemacetan jauh lebih berat untuk proyek underpass. "(Jalur) elevated itu lebih maju dibandingkan underpass. Jalur elevated itu solusi untuk mengurai kemacetan," pungkasnya. (bad/hen/dwi)
Sumber
Mulai deh, maen lempar tangan dan lupa. Apakah jabatannya di Partai, sehingga kemudian dia menemukan cara 'menyerang'....capek deh..., pejabat publik kok masih bawa2 kepentingan partai
Nambahin data lama:
Spoiler for terserah kalau ga mau baca:
Bentrok dengan Proyek PT KAI, 10 Proyek Pemda Dibatalkan
Ilustrasi Penumpang Kereta Api
Ilustrasi Penumpang Kereta Api (sumber: ANTARA FOTO)
Jakarta - Sebanyak 10 proyek underpass dan fly over di jalan yang sebidang perlintasan kereta api di Jakarta dibatalkan. Pembatalan proyek dilakukan setelah PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana membangun elevated loopline (jalur layang melingkar) untuk perlintasan.
"Pembangunan jalan dibatalkan karena nanti yang garap Kementerian Perhubungan dan Bappenas yang akan membangun jalur rel kereta untuk jalur timur (Manggarai-Kampung Bandan)," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Sarwo Handayani, Senin (19/8).
Sebanyak tujuh proyek underpass dan tiga flyover di sejumlah lokasi persinggungan jalur rel kereta api dibatalkan.Pemprov DKI, kata Sarwo, akan mengalihkan anggaran pembangunan 10 ruas jalan tersebut yang telah tersedia dalam APBD DKI 2013 sebesar Rp 62,5 miliar untuk proyek transportasi umum yang lebih mendesak.
Adapun lokasi yang semula akan dibangun tujuh underpass meliputi, Guntur-Cik Ditiro (menelan anggaran Rp 7,5 miliar), underpass Kartini Rp 10 miliar, underpass Halimun-Madiun Rp 5 miliar, underpass Industri Rp 5 miliar, underpass Garuda Rp 5 miliar, underpass Cendrawasih Rp 10 miliar, dan underpass Permata Hijau Rp 5 miliar.
Sedangkan tiga flyover yang akan dibangun berada di Gunung Sahari sebesar Rp 5 miliar, flyover Mangga Dua Rp 5 miliar, dan flyover Kuningan Selatan Rp 5 miliar.[H-14]
Penulis: H-14/FMB
http://www.beritasatu.com/megapolita...ibatalkan.html
Spoiler for pasti ada yg kegirangan bkn ide jokowi:
Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, menyatakan pembangunan jalan bawah tanah (underpass) harus segera direalisasikan untuk menghindari kecelakaan kereta. Pemerintah daerah diminta membantu dalam implementasi pembangunan underpass melalui pembebasan lahan.
"Sehingga jika dibangun underpass tidak ada kecelakaan, kemacetan berkurang, dan pelayanan KRL lebih baik, karena itu kita tetap ngotot (pemerintah daerah Jakarta) daerah yang dilewati itu betul-betul serius membangun underpass," ujar Dahlan di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (9/12).
Pembangunan underpass ini, menurutnya, agar pelayanan kereta bertambah dari segi frekuensi kedatangan kereta. Dahlan berharap tiap 5 menit ada rangkaian kereta datang.
"Saya sangat prihatin terjadi itu artinya persilangan di Jakarta, yang dulu KAI usulkan underpass," katanya.
Seperti diketahui, perlintasan kereta saat ini kerap menjadi titik kemacetan di jalan raya terutama di Ibu Kota Jakarta. Tidak sedikit kecelakaan juga terjadi di perlintasan kereta ini seperti yang tadi pagi terjadi antara KRL dan truk tangki BBM di daerah Bintaro.
Sejumlah cara telah dilontarkan sebagai solusi salah satunya pembangunan flyover (jalan layang) dan underpass (jalan bawah tanah) di perlintasan kereta.
Digandenglah Pemda DKI sebagai mitra kerja oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pemda DKI Jakarta dan PT KAI sepakat untuk bekerja sama meningkatkan volume dan frekuensi perjalanan kereta api khususnya Commuter Line.
Ide awalnya akan dibangun 3 flyover dan 7 underpass di beberapa titik kemacetan. Ide ini sudah dikeluarkan pada Oktober tahun lalu. Anggaran sebesar Rp 62,5 miliar pun disiapkan dan kajian dilakukan.
"Semua dibiayai oleh Pemda," ungkap Direktur Pemasaran KAI Sulistyo Wimbo di kantor Hutama Karya, Jumat (19/10/2012).
Rencananya proyek itu dimulai tahun ini, namun tidak dapat diselesaikan dalam satu tahun anggaran. Adapun lokasi pembangunan simpang tak sebidang tersebut antara lain, Underpass (UP) Guntur-Cikditiro dengan anggaran Rp 7,5 miliar, UP Kartini Rp 10 miliar, UP Halimun-Madiun Rp 5 miliar, UP Industri Rp 5 miliar, UP Garuda Rp 5 miliar, UP Cendrawasih Rp 10 miliar, dan UP Permata Hijau Rp 5 miliar. Selain itu juga pembangunan Flyover (FO) Gunung Sahari Rp 5 miliar, FO Mangga Dua Rp 5 miliar, dan FO Kuningan Selatan Rp 5 miliar.
Pembangunan itu untuk memfasilitasi ambisi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang ingin terus menambah jumlah armada kereta yang rencananya akan didatangkan dari Jepang. Ambisi ini tak lain untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat dalam menggunakan moda transportasi kereta.
Namun, pada Agustus lalu, Pemda DKI membatalkan pembangunan proyek ini. Alasannya, PT KAI diputuskan untuk membangun elevated loopline (jalur layang melingkar) saja untuk perlintasan KA.
"Ada beberapa titik yang tidak jadi kita bangun karena kemarin diputuskan di Wapres, kereta api akan naik ke atas. Jadi kereta api layang," ujar Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo , di Balai Kota, Selasa (20/8).
Ambisi PT KCJ pun tertunda. Pembatalan ini seperti disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sarwo Handayani. PT KAI nantinya ditugaskan pemerintah untuk membangun jalur layang melingkar ini bersama Kementerian Perhubungan.
"Itu (flyover dan underpass) dibatalkan karena nanti yang garap Kementerian Perhubungan dan Bappenas soalnya nanti railnya mau diangkat, itu untuk jalur timur (Manggarai-Kp Bandan)," kata Sarwo.
Perintah dilaksanakan dan PT KAI pun kembali bekerja, rencana pembangunan jalur layang melingkar tetap dilaksanakan. Anggaran pembangunan akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Direktur Utama KCJ Tri Handoyo mengungkapkan rencana pembangunan flyover di setiap perlintasan KRL yang bersinggungan dengan jalan raya sudah dikoordinasikan dengan Gubernur DKI Joko Widodo . Tri masih berharap segera ada kesepakatan dengan Pemda.
"Soal itu, kita sudah sampaikan ke Pemda (Pak Jokowi), dan mereka sudah mengerti soal itu, karena kan kita akan menambah perjalanan kereta seiring dengan penambahan armada kereta. Kalau tiap kereta lewat jalan ditutup, itu mobil kan akan tambah macet," jelasnya di Jakarta, Senin (30/9).
http://www.merdeka.com/uang/krl-vs-t...an-kereta.html
Diubah oleh kejepitkagaenak 09-12-2013 23:35


tien212700 memberi reputasi
1
11.5K
Kutip
147
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan