KASKUS

Ini Senapan angin Paling Laris di Cipacing



TEMPO.CO, Sumedang - Dari beragam jenis senapan angin yang diproduksi di Cipacing, Sumedang, jenis senapan pompa ialah yang paling laris. Menurut Ketua Koperasi Bina Karya, Idih Sunaedi, 70 tahun, senapan angin jenis pompa laris karena harganya yang murah.

"Pompa berfungsi untuk memampatkan udara lalu melepaskannya dan melontarkan proyektil," kata Idih, ketika ditemui di koperasinya, Jalan Cikeruh, Sumedang, Jumat, 27 September 2013.

Senapan angin tipe pompa, lanjut Idih, dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara pelepasan anginnya, knock open valve dan dumping system. Cara kerja sistem knock open valve mirip dengan senjata api. Di bagian dalam senapan, terdapat pemukul seperti palu untuk melontarkan proyektil, sementara bagian luarnya menggunakan pelatuk.

Adapun dumping system berkerja dengan menggunakan klep yang dapat terbuka penuh saat pelatuk terpicu. Idih mencontohkan, beberapa senapan angin yang menggunakan sistem knock open valve yaitu senapan angin dengan tipe Benyamin Sheridan, Titan, Falcon, Kalong, dan Kuda. Sementara untuk dumping system, jenis senapan angin yang sering digunakan yaitu jenis Sharp Dragon, Innova, Ace, dan Shapto. "Harga senapan angin tipe pompa berada di kisaran Rp 160-165 ribu," katanya.

Adapun tipe lainnya yang menjadi barang laris bagi pengrajin dan pengusaha senapan angin, adalah tipe per/pegas. "Per atau pegas berguna untuk memompa udara yang nantinya berfungsi sebagai pendorong proyektil," ujarnya.

Untuk yang bertipe pegas, kata Idih, senapan angin dibagi ke dalam tiga jenis yaitu, tipe under lever, side lever, dan senapan patah laras. Pembagian tipe itu, lanjutnya, dibagi berdasarkan cara kerja penekanan pada pegas sehingga senapan dalam keadaan terkokang dan siap tembak.

Senapan angin tipe per/pegas dapat dibeli dengan harga Rp 300 - 325 ribu. Senapan angin tersebut menjadi ciri khas senapan Cipacing sebab sudah diperjualbelikan sejak puluhan tahun yang lalu.

Adapun yang termahal yaitu senapan angin dengan tipe PCP. Meski harganya mahal, senapan angin jenis PCP memiliki tekanan udara yang besar, mencapai 2.000 sampai 3000 psi. Kata Idih, besar tekanan udara tersebut dapat melontarkan proyektil dengan kecepatan 1.000 fps.

"Cara kerjanya, pengguna harus melakukan pompa 100-500 kali untuk menembakan pellet sebanyak 10 kali, tergantung dengan kekuatan per pemukul," ujarnya. Karena harganya yang mahal, jenis PCP sedikit peminat. Harga senapan angin jenis itu mencapai Rp 1- 5 juta.

Namun akibat maraknya penggerebekan kepolisian terhadap beberapa perakit senjata api Cipacing, Sumedang, penjualan senapan angin Cipacing melorot hingga 70 persen. Dalam sebulan biasanya para pengrajin dapat menjual 50-60 pucuk senapan angin. Kini, per bulan, mereka hanya bisa menjual 6-7 pucuk senapan angin.

SUMBER : http://www.tempo.co/read/news/2013/0...is-di-Cipacing
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sapa tau agan minat senapan angin boleh ke saya gan ^^ hehhehe
aduh maaf comen nya jadi buka lapak hahahhah

081221880110, 087778881369, 085724040209Pin BB : 26A5D13f, 29FFC218
Web : www.shelt3r.net
bismillah moga2 pertamax :iloveimdonesia
Quote:Original Posted By hungryfriendz
bismillah moga2 pertamax :iloveimdonesia


gagal
klo punya gituan gak tau mau diapain, mending gak aja
Senapan Angin sih biasanya digunakan untuk berburu tupai.. dan burung untuk dikonsumsi maupun dijual... kalau untuk tindak kriminal kayaknya jarang..
wah promosi terselubung
senapan anginnya keren gitu.
tp bener, kl buat kriminal mah agak susah, repot reloadnya
Quote:Original Posted By Ddoq
senapan anginnya keren gitu.
tp bener, kl buat kriminal mah agak susah, repot reloadnya


wkwkwkwk pake ngerampok mah di ketawain gan sama yg di rampok
pengen punya nie
mahal ga yah
wakakaka
jadi mau tau gambarnya kayak apaan nih gan
Quote:Original Posted By hrmn


wkwkwkwk pake ngerampok mah di ketawain gan sama yg di rampok


wkwkwkwk kalo kena nangis juga gan
bahkan bisa fatal juga
Model nya ane kurang suka

mau dong springernya

untuk senapan springer lokal harganya berapa ya pastinya
Untuk jarak maksimal dari senapan spring lokal itu sampai berapa meter ya, ditunggu dong infonya. terimakasih
Quote:Adapun yang termahal yaitu senapan angin dengan tipe PCP. Meski harganya mahal, senapan angin jenis PCP memiliki tekanan udara yang besar, mencapai 2.000 sampai 3000 psi. Kata Idih, besar tekanan udara tersebut dapat melontarkan proyektil dengan kecepatan 1.000 fps.

"Cara kerjanya, pengguna harus melakukan pompa 100-500 kali untuk menembakan pellet sebanyak 10 kali, tergantung dengan kekuatan per pemukul," ujarnya. Karena harganya yang mahal, jenis PCP sedikit peminat. Harga senapan angin jenis itu mencapai Rp 1- 5 juta.


awalnya niat beli yang kaya gini, tapi setelah tau cara kerjanya jadi ga minat , gempor juga pompa 100 - 500 kali untuk 10 tembakan.
keren senapannya gan
lumayan buat nembak tikus
mending buat numpas tikus senjata beginian
Kayaknya keren nih senapan angin buat nembak burung
wah jd kepengen punya nih gan
Seharusnya pemerintah dukung industri dalam negeri, kita jg pasti bangga nantinya jika di masa depan ada senjata serbu buatan asli industri cipacing
buset murah jg ya gan harganya