KASKUS

Lightbulb [Tips] Keliling Hanoi Vietnam - Naik Bus - Jalan Kaki 2013

Masuk ke Vietnam.
------------------------------
- Gak pake visa.
- Gak ada airport tax.
Langsung turun, ke desk imigrasi, lalu masuk ke teritori Vietnam.

Naik bus dari airport ke tengah kota.
--------------------------------------------------------------
Gue baca review transportasi di Hanoi kesannya ngeri bener. Kalau menurut gua sih begini: buat orang dari negara yang punya transportasi yang rapih, Hanoi itu kaya neraka. tapi kalau buat orang dari negara yang transportasinya gak bagus, Hanoi itu masih bisa dimengerti lah. Motornya emang kaya preman, hati2 klo nyebrang jalan.

Dari Noi Bai airport di Hanoi bisa pake taksi atau pake bus. Gue mutusin untuk naik bus aja, karena naik taksi ceritanya gak jelas. Di Hanoi ada beberapa brand taksi yang banyak direkomendasiin seperti Mai Linh (ini kaya blue birdnya Hanoi), XP taxi, dan Hanoi taksi.

Bus yang dari Noi Bai airport ke tengah kota Hanoi ada 2:
  1. Bus No. 17 - rute Noi Bai - Terminal Long Bien
  2. Bus No. 7 - rute Noi Bai - Terminal Cau Giay

Bus umum Hanoi warnanya: merah kuning putih
Bus jurusan airport harga tiketnya VND 7.000.
Bus biasa dalam kota harga tiketnya VND 5.000

Ingetin nih, karena lebih bagus kalau bayar pake uang pas, atau pecahan yang lebih gede dikit, seperti VND 10.000. Siapin duitnya.

Bagaimana cara naik dan bayar tiket busnya?
------------------------------------------------------------------------------
Gua sempat rekam videonya dan upload ke youtube. Lihat aja di sini ya.


Di video ini gua naik bus no. 17 dari Noi Bai airport, turunnya di terminal Long Bien, abis itu pindah bus lagi ke bus No. 01.

Note:
  1. Video ini cuma sharing pengalaman aja tentang naik bus di Hanoi. Kejadian asli mungkin bisa berbeda-beda tergantung situasi.
  2. Ada review yang bilang kalau kondektur bus bisa minta tambahan ongkos, kalau elu bawa tas atau koper banyak / gede banget. Jadi mungkin video ini lebih relevan buat backpacker yang tasnya gak terlalu serem, mungkin juga gak berlaku untuk temen2 yang bawa tasnya gede ratus liter atau koper.
  3. Pelajari rute dan nomer bus. Pelajari juga cara pindah bus, dan nomer bus yang selanjutnya akan dinaiki.
  4. Di terminal biasanya ada papan rute dan nomer bus. Tapi sayangnya pake bahasa Vietnam. Jadi hapalin nomer busnya. Bikin catatan.
  5. Di dalam bus kalau mau turun ada tombol, pencet dulu nanti busnya stop di halte.
  6. Halte di Hanoi ada yg bentuknya halte, tapi kebanyakan sih tiang doang bentuknya.
  7. Bus di Hanoi -semuanya yang pernah gue naikin- pake AC, adem dan nyaman.
  8. Buka tutup pintu busnya tergantung sama penumpang yang mau naik, jadi kalau mau turun harus buru2. Naik bus sebaiknya lewat pintu depan, turunnya lewat pintu belakang.


Naik bus di dalam kota
--------------------------------------
Caranya sama aja kaya di yang di video youtube di atas.
Pelajari rute dan nomer busnya. Bayar kalau bisa pake uang pas. Bis dalam kota harganya VND 5.000.

Note: gua pake ada dua cara untuk nentuin dimana gua harus berhenti:
  1. menghitung berapa kali bus tersebut berhenti / hitung stop. Kalau pake google maps ini bisa ketahuan berapa kali stop. Tapi karena dunia nyata mungkin bus stopnya berubah, jadi harus ditambah dengan perhitungan cara yang kedua di bawah ini;
  2. memperhatikan bangunan / lokasi penting (landmark) yang dilewati. Contoh: Kalau mau ke Ho Chi Minh musoleum, kalau bus kamu lewatin flag tower atau patung Lenin, nah itu tandanya udah mau sampe. Setopan berikutnya turun. Contoh lain: dari airport ke Long Bien, kalau udah lihat jembatan baja gede (jembatan Long Bien) atau tembok2 yang penuh grafiti itu tandanya udah mau sampe.


Halte bus di Hanoi, Vietnam
----------------------------------------------
Halte bus di Vietnam ada dua jenis. Ada yang ada tempat nunggunya, ada yang tiang doang. Di setiap halte ada papan yang ngasih tau bus nomer berapa yang bakalan lewat di situ.





Tiket bus di Hanoi, Vietnam
----------------------------------------------
Bayar tiket busnya ke kondektur.
Kondektur akan ngasih karcis ke kamu setelah bayar, beserta kembalian kalau diperlukan. Gak perlu ngomong2, sodorin aja jumlah yang perlu dibayar, langsung otomatis dikasih karcis, kalau di pengalaman gue.




Cara turun dari bus di Hanoi
---------------------------------------------
Di dalem bus ada tombol / pencetan yang nandain kamu mau turun. Kalau rame2 turunnya sih ikut orang aja, tapi kalau sendirian turun, pencet dulu tombol nyetopin busnya.

Ini beberapa bentuk tombol stop di dalem bus. Liat yang tombol merah di tiang atau di langit2 bus. Kalau kamu teriak "kiri... kiri..." atau getok2 koin, mungkin mereka kaga ngerti.

Turun dan naik bus di Hanoi harus rapih dan cepet. Semua bus ada pintunya, kalo woles-woles nanti kegencet pintu.

Contohnya kaya begini:



Terminal penting di Hanoi
-------------------------------------------
Terminal yang gue maksud adalah tempat bus stop. Gak ada terminal gede banget kaya Kampung Rambutan di Hanoi. Dari terminal2 ini kalian bisa nyambung bus laen dengan lebih mudah, karena bus yang lewat di terminal2 di bawah ini lebih banyak jumlah dan jurusannya.

  1. Terminal di Noi Bai airport, lokasinya lihat di video youtube.
  2. Terminal Long Bien (ini lokasinya deket sama Old Quarter.
  3. Terminal Cau Giay (ini lokasinya di tengah2 kota Hanoi)
  4. Terminal Bo Ho (ini lokasinya di ujung utara danau Hoan Kiem, mirip lokasi Grand Indonesia-nya Jakarta lah. Pusat nongkrong anak gaul.)

Di area Selatan Hanoi ada terminal bus gede lain, namanya Giat Bat, tapi karena di selatan gak ada obyek yang direkomendasikan untuk bisa dilihatin, terminal ini bisa diskip.

Cara pindah bus di terminal2 utama
----------------------------------------------------------------
  1. Perhatiin papan informasi di terminal, cari nomer bus yang ingin dinaikin. Tunggu busnya di deket / di bawah papan informasi tadi.
  2. Kalau ada yang nanya, nawarin taksi, ojek, kecuali kamu emang pengen naik taksi/ojek/becak ya diemin aja, atau bilang Kheun (artinya "nggak") atau Kham Eun (artinya tengkiu). Eu bacanya kaya eu di kata "geulis" atau "citeureup".

Lihat contoh papan informasi di terminal bus pada video youtube di atas.

Seberapa cepet sih bus di Hanoi?
-----------------------------------------------------
Kalau dicek pake google maps bus di Hanoi jalannya lambat banget, malah lebih lambat daripada jalan kaki. Sebenernya gak begitu, bus lebih di Hanoi tetep lebih cepet dari jalan kaki kok.

Di Hanoi ada peraturan kalau mobil jalannya gak boleh cepet. Kata supir gue rata2 kecepatan maksimal 40km/jam, sengebut-ngebutnya mobil cuma boleh 50-60km/jam kalau di jalan tol. Kalo ngebut ditangkep polisi.

Gue nanya supirnya dalam perjalanan balik ke airport, karena gue bingung kenapa di jalan tol kosong mobilnya cuma jalan 40km/jam.

Keamanan di bus
--------------------------------------------
Jagalah barang bawaan dan selalu tempatkan dalam pengawasan. Bus umum di Hanoi dipakai oleh seluruh warga kota. Bahkan yang naik banyakan perempuan, ibu-ibu, dan pelajar. Meskipun cukup aman, namun naik-turunnya memang perlu hati-hati. Kalau bawa tas, ya paling baik tasnya dilengkapi kunci / gembok.


TIPS JALAN KAKI DI HANOI
---------------------------------------------------------------------------------
Udara Hanoi di paruh kedua dalam setahun biasanya dingin2 semwriwing, jadi enak kalau dibawa jalan kaki. Kalau kamu kuat jalan kaki, tinggalin tas dan bawaan lain di kamar, jalan-jalan bawa kamera dan alat GPS / hape aja. Bawa jaket tipis atau pake baju lengan panjang itu udah cukup.

Waktu saya jalan di Hanoi, google maps saya bisa terus nyala dan ngasih tau posisi walau tanpa sinyal telepon atau wifi. Saya juga gak ngerti kenapa bisa begitu.

Ini rute yang bisa di-jalan kaki-in (campur naik bus dikit) di Hanoi:



Click aja petanya kalau mau liat lebih lengkap dan update di google maps atau di sini (lagi gw perbaiki biar lebih jelas):
https://mapsengine.google.com/map/ed...A.kFTUoXbXgOJU

Peta yang gue buat ini ada 2 rute. Rute kanan ke Danau Hoan Kiem, dan rute kiri ke Ho Chi Minh complex. Selalu mulainya dari buletan (A), dari jalan Hai Ba Trung deket Hoa Lo prison museum. Elu bisa modifikasi sendiri peta jalan-jalannya sesuai lokasi awalnya.

Saran gue, hajar dulu lokasi yang paling jauh naik bus. Lalu dari lokasi yang paling jauh itu, elu jalan kaki pulang ke penginapan. Jadi rutenya gak bolak-balik.

Di rute ini gw juga mempertimbangkan lokasi KFC (Kentucky Fried Chicken), sebagai tempat perhentian, rehat, dan reorientasi rute. Ada 2 KFC yang gw tandain di peta, 1 deket danau di daerah Bo Ho, dan 1 lagi di deket Lenin Park. KFC ini dilengkapi dengan hi-speed internet wi-fi. Jadi bisa atur strategi, lemesin kaki, sambil minum pepsi dingin.

Kemanan di jalan
-------------------------------------------
Jalan-jalan di Hanoi cukup aman. Disarankan untuk mengambil rute jalan besar, karena banyak toko. Jalanlah selalu di trotoir. Segila-gilanya motor di Hanoi, mereka kaga naik ke trotoir kecuali kalau mau parkir.

Bacalah beberapa review di internet tentang scam / penipuan di jalanan, agar bisa tahu dan menghindari. Ngejambret sih nggak, tapi kadang kalau kalian terlalu pengen tahu / excited, ujungnya disuruh bayar atau beli barang. Pelajari scam tukang cukur, tukang sayur, dan cara mengkonfirmasi harga.

Orang Hanoi biasanya sebutin harga dengan dua angka di depannya doang. Jadi kalau ada barang harganya VND 35.000 atau 35.000 dong, mereka cuma bilang, "tiga lima" atau "thirty five". Tanya balik, "dom"? Artinya: mastiin 35 dalam dong atau US dollar? Pastiin dulu mata uangnya.

Menyebrang jalan
------------------------------------
Hati-hati nyebrang jalan di Hanoi, karena kendaraan2 di Hanoi kayanya males ngijek rem. Kalau nyebrang jalan diklaksonin motor/mobil ya sabar aja, anggap aja itu musik lokal. Orang Hanoi doyan bunyiin klakson.

Nyebranglah di zebra cross dan pada saat lampu merah. Inget kendaraan di Hanoi itu jalannya di kanan, beda sama di Indonesia. Jalanlah dengan tenang dan perhatikan lalu lintas.


Oke gitu dulu ya, kurang lebihnya mohon maklum.

Gw nulis juga tips ini di tripadvisor, dan nanti mau dirapihin dan dimasukin ke blog. Semoga jalan-jalan teman-teman bisa lebih seru dan aman. Seru + irit ongkos tentunya.

Klo mau ngobrol2 soal trip ini ya posting aja, atau cari gue di twitter or tripadvisor.
mantap gan inpohnya..
awal tahun ane ama keluarga ane rencananya mo ke Hanoi ama HCM. Tips agan sangat membantu
mantap gan..

ane tanggal 5,6,7 jan'14 di hanoi gan kalo gak ada halangan, ane sekalian mau nanya nih kalo disana mending bawa VND apa USD yah ? rencana disana mau ke halong bay + jalan2 malem + street food + belanja oleh2 kecil..

mohon informasinya gan
TS nya rajin banget, keren nih. Ane rate aja deh.

Cocok nih buat para backpaker yg ke hanoi, secara kalo dari airport noi ban ke kota nya itu lumayan mahal.
Gw dari Hoan Kiem lake ke airport kena hampir 300rb dong vietnam.
Quote:Original Posted By 3001234
mantap gan..

ane tanggal 5,6,7 jan'14 di hanoi gan kalo gak ada halangan, ane sekalian mau nanya nih kalo disana mending bawa VND apa USD yah ? rencana disana mau ke halong bay + jalan2 malem + street food + belanja oleh2 kecil..

mohon informasinya gan



Mending bawa VND. Tukernya di Indonesia atau di airport Noi Bai.
Disarankan tidak nuker di USD di negara lain / airport transit untuk menghindari konversi ganda. Kalau kemarin sih saya udah beli VND duluan di Indonesia, jadi konversinya satu kali doang, langsung dari IDR ke VND. Kalau beli VND telpon dulu ke money changernya lagi ada stok atau tidak atau kalau pesan bisa diambil kapan, soalnya VND bukan mata uang yang distok banyak.

Toko / warung di Hanoi ada yang mau terima USD, tapi kursnya asal njeplak.

Ke Halong-nya boleh intip2 paket trip, yang paling lengkap yang ada fasilitas kayak (naik perahu kecil). Ada paket lengkap, all-in transport darat, perahu, kayak, makan ditanggung, dan aman. Jalan jam 8 pagi, pulangnya jam 21:00. Tapi harga paketnya beragam sih, jadi gak bisa rekomendasiin yang mana.

Selamat jalan2.
Nice thread gan TS, berguna sekali infonya..
Saya bantu rate ya..
Quote:Original Posted By lsaml



Mending bawa VND. Tukernya di Indonesia atau di airport Noi Bai.
Disarankan tidak nuker di USD di negara lain / airport transit untuk menghindari konversi ganda. Kalau kemarin sih saya udah beli VND duluan di Indonesia, jadi konversinya satu kali doang, langsung dari IDR ke VND. Kalau beli VND telpon dulu ke money changernya lagi ada stok atau tidak atau kalau pesan bisa diambil kapan, soalnya VND bukan mata uang yang distok banyak.

Toko / warung di Hanoi ada yang mau terima USD, tapi kursnya asal njeplak.

Ke Halong-nya boleh intip2 paket trip, yang paling lengkap yang ada fasilitas kayak (naik perahu kecil). Ada paket lengkap, all-in transport darat, perahu, kayak, makan ditanggung, dan aman. Jalan jam 8 pagi, pulangnya jam 21:00. Tapi harga paketnya beragam sih, jadi gak bisa rekomendasiin yang mana.

Selamat jalan2.


barusan udah nanya ke beberapa money changer, yg atu gak jual dan terima vnd, yang atu jual tapi ratenya gak nahan....bisa beda selisih IDR 500rb-an dari google, 500rb di hanoi bisa jalan2 beberapa hari kan gan hehe
tapi kalo saya bawa usd terus tuker disana gmn ? soalnya hotel dan paket wisatanya terima usd jg. kalo money changer disana gmn gan ratenya ? bersahabat gak ?
maaf yah banyak nanya..
gan ada website ato ada tempat yang ngasih tahu informasi jalur/rute bus ngga gan? soalnya di ho chi minh dulu ane sempet nyesel ikut travel agent ke cuchi tunnel padahal bisa naik bus dari ben tanh market.
terus agan tahu tempat bus antar kota ngga? buat ke sapa sama halong? selain yang dari travel sinh tourist dan sejenisnya. yang terminal bis buat local gitu.
kalo tuker uang pake usd ke toko emas bisa ngga gan disana? pengalaman di dallat sih ke toko emas rate nya lebih bagus.
Quote:Original Posted By 3001234


barusan udah nanya ke beberapa money changer, yg atu gak jual dan terima vnd, yang atu jual tapi ratenya gak nahan....bisa beda selisih IDR 500rb-an dari google, 500rb di hanoi bisa jalan2 beberapa hari kan gan hehe
tapi kalo saya bawa usd terus tuker disana gmn ? soalnya hotel dan paket wisatanya terima usd jg. kalo money changer disana gmn gan ratenya ? bersahabat gak ?
maaf yah banyak nanya..


Kalau bedanya sampe 500rb mah berarti ratenya gak bagus.

Intinya, bayar pakai apapun yang penting yg lebih murah dan gak repot.
Kalau lebih murah bayar USD ya kenapa tidak. Saya juga belanja beberapa kali pake USD sih, kalau saya rasa ratenya masuk akal. Toko2 suvenir di tempat2 wisata dan museum biasanya terima USD.

Yang saya bilang ratenya suka asal2an itu kalau belanja di warung, kaya klo mau beli bakmi atau kain di toko2 di pinggir jalan. Contoh: harga minuman VND5,000, harusnya 0.24 USD, tapi dibuletin jadi USD1. Bahahaha... klo yg ngitungnya kaya begitu gw gak mau, mending bayar pake VND.

Tapi pas di kuil ada orang jual minuman harganya VND20,000, harusnya USD 0.95, tapi dia minta USD1. Beda USD 0.05 (enam ratus rupiah), gw gak ambil pusing langsung beli.

Tukar uang di Noi Bai Airport yg paling mudah (bukan artinya ratenya paling bagus ya, tp gampang aje nyarinya), ada beberapa money changer di situ, bisa dibandingkan langsung. Saya gak ngecek money changer lain di Hanoi, karena saya udah siap VND dari Indonesia.

Quote:Original Posted By missnn
gan ada website ato ada tempat yang ngasih tahu informasi jalur/rute bus ngga gan? soalnya di ho chi minh dulu ane sempet nyesel ikut travel agent ke cuchi tunnel padahal bisa naik bus dari ben tanh market.
terus agan tahu tempat bus antar kota ngga? buat ke sapa sama halong? selain yang dari travel sinh tourist dan sejenisnya. yang terminal bis buat local gitu.
kalo tuker uang pake usd ke toko emas bisa ngga gan disana? pengalaman di dallat sih ke toko emas rate nya lebih bagus.


Link ini bener banget isinya. Selain Bus no. 07 sama 17, bus paling penting di Hanoi itu bus no. 9, soalnya dia jalan ngebelah tengah2 kota Hanoi dari Barat ke Timur, dari terminal Kim Ma/Cau Giay berhenti di Hoan Kiem Lake (bolak-balik).
http://www.vietnamonline.com/transpo...hanoi-bus.html

Ini peta busnya, save as aja gambarnya:
http://www.mappery.com/map-of/Hanoi-...y-Bus-Line-Map

Di peta itu ada titik2 merah yg ada nomernya, itu nomer bus yang lewat di titik itu. Terminal utama namanya Kim Ma / Cau Giay, Long Bien, dan Bo Ho (titiknya di dekat danau di bawah terminal Long Bien dikit).

Tinggal cocok2in dan sambung2in aja nomer bus dengan lokasi yang mau kamu lewatin.

Saya gak tau terminal bus antar kota. Gak naik bus antar kota.

Ke Halong-nya ikut rombongan, untuk menghindari keribetan tawar menawar dan ngobrol yg sama orang lokal. Orang Hanoi juga bahasa Inggrisnya gak bagus2 amat, makanya nimbrung rombongan aja lah. Asal ada paket yg turun pake perahu kecil, itu udah mantap lah.

Saya gak tau rate nuker duit di toko emas di Hanoi.
Quote:Original Posted By lsaml


Kalau bedanya sampe 500rb mah berarti ratenya gak bagus.

Intinya, bayar pakai apapun yang penting yg lebih murah dan gak repot.
Kalau lebih murah bayar USD ya kenapa tidak. Saya juga belanja beberapa kali pake USD sih, kalau saya rasa ratenya masuk akal. Toko2 suvenir di tempat2 wisata dan museum biasanya terima USD.

Yang saya bilang ratenya suka asal2an itu kalau belanja di warung, kaya klo mau beli bakmi atau kain di toko2 di pinggir jalan. Contoh: harga minuman VND5,000, harusnya 0.24 USD, tapi dibuletin jadi USD1. Bahahaha... klo yg ngitungnya kaya begitu gw gak mau, mending bayar pake VND.

Tapi pas di kuil ada orang jual minuman harganya VND20,000, harusnya USD 0.95, tapi dia minta USD1. Beda USD 0.05 (enam ratus rupiah), gw gak ambil pusing langsung beli.

Tukar uang di Noi Bai Airport yg paling mudah (bukan artinya ratenya paling bagus ya, tp gampang aje nyarinya), ada beberapa money changer di situ, bisa dibandingkan langsung. Saya gak ngecek money changer lain di Hanoi, karena saya udah siap VND dari Indonesia.



tapi gak salah sih gan dong kan jarang jadi mahal, teori supply and demand jadi wajar aja kalo dong disini mahal

wah gan kebetulan saya backpackeran jadi gak lewat airport sampe hanoinya, ke hanoinya dari laos gan pake sleeper bus gt. katanya sih 24hours bus of hell. gak ada metode lain selain pesawat dan bus. liat review2nya sih banyak yg keselek, busnya ngebut terus jalannya belok2 kaya jalur puncak gitu. mual2 dah hahaha jadi kayaknya kalo mau nuker2 ya nyari money changer daerah2 hanoi sono aja muter2 hehe

kalo mkanan gitu disana murah2 ya gan ? banyak mkanan babi gak ? atu rombongan yg makan babi cuma 2 orang dari ber-6. pengen street foodnya gan hehe

oya gan di hanoinya sendiri tempat main+jalan2 yg recommended apa ya ? buat belanja pasar malam atau nongkrong2 minum+makan gitu..cuma tau daerah old quarter katanya recommended buat wisatawan
update poto2 nya juga dunk gan
sekalian FRnya dong gan :
FR spesialis bus nih.
Quote:Original Posted By 3001234


tapi gak salah sih gan dong kan jarang jadi mahal, teori supply and demand jadi wajar aja kalo dong disini mahal

wah gan kebetulan saya backpackeran jadi gak lewat airport sampe hanoinya, ke hanoinya dari laos gan pake sleeper bus gt. katanya sih 24hours bus of hell. gak ada metode lain selain pesawat dan bus. liat review2nya sih banyak yg keselek, busnya ngebut terus jalannya belok2 kaya jalur puncak gitu. mual2 dah hahaha jadi kayaknya kalo mau nuker2 ya nyari money changer daerah2 hanoi sono aja muter2 hehe

kalo mkanan gitu disana murah2 ya gan ? banyak mkanan babi gak ? atu rombongan yg makan babi cuma 2 orang dari ber-6. pengen street foodnya gan hehe

oya gan di hanoinya sendiri tempat main+jalan2 yg recommended apa ya ? buat belanja pasar malam atau nongkrong2 minum+makan gitu..cuma tau daerah old quarter katanya recommended buat wisatawan


iya juga sih, VND itu gak semua money changer pegang.
ada satu money changer di Hanoi deket katedral St. Joseph (deket Hoan Kiem Lake), katanya ratenya bagus.

harga makanan? standar aja kalau berani ngetes warungnya. gak jauh beda sama warung di jakarta. kalau bingung2, ya silakan merapat ke KFC. rasanya sama. Minimal VND150,000 sehari. Itu budget makan minum 2x sehari, ngepas banget tapi bisa kenyang.

street foodnya pake babi gak? wah maap gak liat dapurnya. Kalau hanya liat luarnya doang sih kaga bisa dipastiin, apa pake babi atau kaga masaknya. saya hajar aja apa yang disuguhin, enak2 sih soalnya.

Old quarter? Old quarter itu kaya pasar glodok / mangga dua, tapi panjang jalannya. Yang diliat kiri-kanan warung dan rumah2 penduduk. Kalau suka liat warung ya jalan2 di situ. Tapi itu aja sih yang diliatin di Old Quarter.

Yang wajib menurut aye sih:
1. Temple of Literature (dateng sore, abis makan siang ok)
2. Hoan Kiem Lake (klo dateng malem, rame orang nongkrong, lampu malamnya bagus. Dateng lagi pagi2 buat njepret di jembatan merah kuil Ngoc Son.)
3. Ho Chi Minh Complex (ini kaya monasnya Hanoi, klo gak ke sini gak sah jalan2nya )

Itu aja sih yang well recommended. Yang lain boleh diintip dari map yang saya bikin di atas. Bisa di zoom kok itu kalo langsung diliat di google maps. Click aja linknya.

Kalau ada waktu ya ke Halong.

Quote:Original Posted By oodhiee
update poto2 nya juga dunk gan




Itu yang belakang di tengah danau, namanya Temple of Tortoise (Kuil Kura2 Sakti). Romantis jek tempatnya klo malem. Kura2 kan umurnya panjang, klo nembak pacar di danau ini mudah2an langgeng kaya umurnya kura2.


Ini Temple of Literature - kampus di jaman kerajaan dulu.


Ini patung Lenin - bapak komunisme russia, dihormatin di Vietnam.

karena komputernya lagi soak eror melulu segitu aja dulu dah gambarnya.

Quote:Original Posted By ozilku
sekalian FRnya dong gan :


Wadoh FR model mana lagi neh.
Itu rutenya udah sampe dicatet di google maps euy.
Quote:Original Posted By lsaml

Link ini bener banget isinya. Selain Bus no. 07 sama 17, bus paling penting di Hanoi itu bus no. 9, soalnya dia jalan ngebelah tengah2 kota Hanoi dari Barat ke Timur, dari terminal Kim Ma/Cau Giay berhenti di Hoan Kiem Lake (bolak-balik).
http://www.vietnamonline.com/transpo...hanoi-bus.html

Ini peta busnya, save as aja gambarnya:
http://www.mappery.com/map-of/Hanoi-...y-Bus-Line-Map

Di peta itu ada titik2 merah yg ada nomernya, itu nomer bus yang lewat di titik itu. Terminal utama namanya Kim Ma / Cau Giay, Long Bien, dan Bo Ho (titiknya di dekat danau di bawah terminal Long Bien dikit).

Tinggal cocok2in dan sambung2in aja nomer bus dengan lokasi yang mau kamu lewatin.

Saya gak tau terminal bus antar kota. Gak naik bus antar kota.

Ke Halong-nya ikut rombongan, untuk menghindari keribetan tawar menawar dan ngobrol yg sama orang lokal. Orang Hanoi juga bahasa Inggrisnya gak bagus2 amat, makanya nimbrung rombongan aja lah. Asal ada paket yg turun pake perahu kecil, itu udah mantap lah.

Saya gak tau rate nuker duit di toko emas di Hanoi.


thanks gan buat link nya
maksudnya ikut rombongan itu ikut travel gan?
kena berapa gan ke halong?
Quote:Original Posted By missnn


thanks gan buat link nya
maksudnya ikut rombongan itu ikut travel gan?
kena berapa gan ke halong?


Saya gak ke Halong di trip yang ini. Waktu saya gak cukup.

Dulu iya. Kalau berdasarkan pengalaman waktu itu, kayanya saya blum sanggup kalau jalan sendiri ke Halong, musti ikut travel / rombongan. Soalnya cara naik perahu dan nawarnya saya gak ngerti. hahaha...

Ongkosnya gak tau. Karena dulu ikut paket hotel, kemungkinan paket saya lebih mahal dari yang biasa. Daripada gak akurat, sebaiknya saya sarankan mencari info dari sumber lain.
Wuaahhhh...berguna bgt niy trip nya, kebetulan ane lagi ada di hanoi
Quote:Original Posted By missnn

terus agan tahu tempat bus antar kota ngga? buat ke sapa sama halong? selain yang dari travel sinh tourist dan sejenisnya. yang terminal bis buat local gitu.
kalo tuker uang pake usd ke toko emas bisa ngga gan disana? pengalaman di dallat sih ke toko emas rate nya lebih bagus.


kalo mau ke Sapa naik train aja gan, TOBATTTT kalo naik bus. naik bus tuh bus nya jalannya lelet bgt plus gak ada WC. beda banget sama bus malem di indonesia.
kalo naik train hhmm tergantung kantong, menurut ane sih yg pake tempat tidur ato kursi biasa sama aja lah. Ane yg ada tempat tidur yaaa sempit gak ngaruh juga.
BTW jgn kesana musim dingin... ane kesana december suhu nya -2C plus ujan. Itu beli aqua isi nya aer kulkas semua.

btw gimana sih caranya beli air hangat di Sapa? ato kalo mau beli makanan kuah kuah tuh dimana yah?

ane ke Sapa, sampe pagi... sore nya langsung balik lagi pulang ke Hanoi trus besok paginya lgs pulang Singapore. Suhu nya dingin banget dan gak siap baju dingin akhirnya kena sakit.


Pengalaman 3 hari 2 malam di Hanoi...

sumpah di Hanoi susah nyebrang, ngebut2 kalo lampu merah asal trabas aja . pagi2 keluar hostel udah liat ada yg tabrakan aja motor sama mobil, padahal depan hostel jalurnya one way (Ly Thai To street).

Yang lucu sih kalo malem2 banyak jualan jagung bakar + teh panas gitu, kursinya kecil banget kalo bahasa sunda kaya "Jojodog"

Kotanya enak, rmayan rapih juga tata kotanya enak buat jalan2. sekilas kaya paris, banyak bangunan tua..

ASK

gan, kalo dari mui ne ke Nha trang,naek apa gan? sleeper bus ada ga ya?

×