KASKUS

Manthous , Bapak Campur Sari Indonesia

Quote:Quote: UPDATE

Spoiler for HT GAN:


MAKASIH YA KASKUSER , MIN , MOD , ANE HT BUAT KEDUAX KALINYA



Quote:hallo

balik sama della , mau bahas tentang sosok yang sangat ahli dibidang musik dan konsisten akan genre yang dia usung . mungkin banyak yang udah denger lagunya tapi jarang liat sosoknya , skrg sih dia emang udah almarhum , siapa lagi kalo bukan :


MANTHOUS




Manthous, nama asli Sumanto Sugiantono (Anto; ), adalah tokoh dan penemu musik campursari, ia dilahirkan di Desa Playen, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 10 April 1950 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 9 Maret 2012 (usia 62 tahun). Pengalaman di Jakarta bersama B. J. Soepardi, Benyamin Sueb, Idris Sardi, Bing Slamet, Grup Kwartet Jaya, dan lain-lain. Ia kemudian mendirikan Grup Campursari Maju Jaya di Gunung Kidul.


Manthous lahir di Desa Playen, Gunung Kidul, pada tahun 1950. Pada tahun 1966, ketika berusia 16 tahun, Manthous memberanikan diri pergi ke Jakarta. Tentu saja dengan latar belakang pendidikan SMP, pilihan utamanya adalah hidup ngamen, yang ia anggap mewakili bakatnya.

Pada tahun 1969 dia bergabung dengan Orkes Keroncong Bintang Jakarta pimpinan B. J. Soepardi sebagai pemain cello petik. Namun kemudian, pada tahun tahun 1976, Manthous yang juga piawai bermain bass mendirikan grup band Bieb Blues berciri funky rock bersama dengan Bieb anak Benyamin Sueb. Bieb Blues bertahan hingga tahun 1980. Ia adalah juru rekam Musica Studio. Kemudian, Manthous bergabung dengan Idris Sardi, dalam grup Gambang Kromong Benyamin Sueb. Selain itu, sebelumnya ia pernah juga menjadi pengiring Bing Slamet ketika tampil melawak dalam Grup Kwartet Jaya. Tahun 1990 ia berkenalan dengan A. Riyanto yang memiliki studio di Cepete, dan sering membuat rekaman di studio ini.

Kelihatannya semua pengalaman inilah yang membuat Manthous menguasai aliran musik apa pun. Dalam khazanah dangdut, bahkan, dia juga menjadi panutan karena mampu mencipta trik-trik permainan bas, yang kemudian ditiru oleh para pemain bas dangdut sekarang.
Pada tahun 1993, Manthous mendirikan Grup Musik Campursari Maju Lancar Gunung Kidul. Garapannya menampilkan kekhasan campursari dengan langgam-langgam Jawa yang sudah ada. Ada warna rock, reggae, gambang kromong, dan lainnya. Ada juga tembang Jawa murni seperti Kutut Manggung, atau Bowo Asmorondono, dengan gamelan yang diwarnai keyboard dan gitar bas. Bersama grup musik yang berdiri tahun 1993 dan beranggotakan saudara atau rekan sedaerah di Playen, Gunungkidul, Yogyakarta itu.

Manthous menyelesaikan sejumlah volume rekaman di Semarang. Omzet penjualan mencapai 50.000 kaset setiap volume, tertinggi dibanding kaset langgam atau keroncong umumnya pada tahun-tahun pertengahan 1990-an.Di samping menyanyi sendiri dalam kegiatan rekaman itu Manthuos juga menampilkan suara penyanyi Sulasmi dari Sragen, Minul dari Gunungkidul, dan Sunyahni dari Karanganyar. Beberapa lagunya yang populer di antaranya Anting-anting, Nyidamsari, Gandrung, dan Kutut Manggung. Namun, karya besarnya yang banyak dikenal oleh orang Indonesia adalah Getuk yang pertama kali dipopulerkan oleh Nurafni Octavia.

Sampai sebelum akhirnya terkena serangan stroke pada tahun 1995, Manthous bersama Grup Campursari Maju Lancar Gunungkidul menjadi kiblat bagi para pencinta lagu-lagu langgam Jawa dan campursari. Tahun 2002 ia mulai memakai kursi roda akibat stoke, namun hingga akhir hayatnya ia masih aktif bernyanyi meski memakai kursi roda. Terakhir ia tinggal di Perumahan Bukit Pamulang, Tangerang. Ia meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Pamulang pada tanggal 9 maret 2012, dan tanggal 10 Maret 2012 dibawa lewat udara melalui Bandara Soekarno Hatta.

Spoiler for lagu ciptaannya:


Spoiler for foto beliau:


Spoiler for yutub:


TS dari kecil disumpelin ama lagu beliau mulu , kerjaan bokap nyokap kalo dirumah nyetel lagu beliau jadi udh apal dikuping , pas denger beliau mangkat , jujur ane sedih , dulu sempet bikin trit tapi udh keapus gegara old ke new .. ampe skrg gue masih ngefans bgt ama dia , usaha dia buat angkat budaya leluhur ke international ga sia sia loh , padahal mungkin targetnya , anak anak mudanya harusnya yang ikut melestarikan .

hmmm sayang aja sih , melihat selera anak anak muda yang lebih cenderung seneng lagu barat , tapi kita sendiri ga punya banyak cadangan buat anak anak mudanya menggemari lagu campursari , yang mana genre campursari itu SATU SATUNYA YANG ADA DIDUNIA meski perkembangannya udh lama banget berjalan tapi sampe skrg masih tertatih tatih .


ntar ane update lagi deh gan , maklum sembari kerja , bikin trit ini juga sebagai apresiasi buat beliau yang udh mau susah payah mengembangkan musik genre ini

menerima cendol cuma cuma kok ya

sumber :
wikipedia , tribbunnews, dan segala sumber yang ada di gugel



Terimakasih atas apresiasinya kepada kaskuser semua untuk trit sederhana ini yang membahas Alm . Manthous , semata mata hanya untuk berbagi informasi dan apresiasi terhadap jasa beliau . Ternyata banyak yang dari gunung kidul pas saya baca komennya , jadi kenal sodara sekampung sendiri lewat kaskus . Terimakasih ya

Dikarenakan karena keterbatasan waktu , saya minta maaf apalagi ada yg blm pejwan , next saya akan update lagi

Spoiler for terimakasih untuk cendol dan abu abunya:


yang kangen
Quote:Original Posted By irfin
wah mas manthous legenda campur sari

lagu sakit rindu joss tenan.. "ngentekke sawah ngentekke kampung"


Quote:Original Posted By esamuhamad
wah mbahas pakde manthous (Alm).
doi adalah pemain Campursari pualing terkenal dr kampung ane gan Gunung Kidul Handayani..
ane dari kecil di cekokin lagu lagunya beliau sama ibu bapak ane.semua keluarga ane demen banget sama karya karya beliau.
sampai sampai sekarang Pakde ane ada yg bikin Group Campursari ya terinspirasi dari Beliau juga gan untuk Melestarikan salah satu budaya bangsa ini yaitu musik Campursari.
Ane umur 21 tahun dibalik kesenangan dengan musik jaman sekarang (barat dan lokal),basic ane tetep campursari gan,di playlist PC atau HP ane pasti ada lagu campursari.


Quote:Original Posted By kansas.area
salam hormat saya sampaikan ke beliau. miris liat generasi muda bangsa kita, jika beliau masih hidup pasti menangis gara2 tdk ada penerus yg mau melestarikan lagu campursari


Quote:Original Posted By kidsangpencuri
ane suka tuh yg judulnya sakit rindu keren banget gan bokap ane noh doyan campursarian kalo sore


Quote:Original Posted By thebizzz
malaria opo malarindu
sedino koyok sewindu
neng awak marakne kuru



Quote:Original Posted By agunk_niyy
wah,ane baru tau klo dia dah wafat...
ane apal bgt lagu yg judulnya "kempling" lagu andalan ane klo lg di kamar mandi...



Quote:Original Posted By TheRakab
Wah salut buat sang virtuoso bapak mantous...
Jga buat TS yg udh share ttg bapak mantous
Jujur ane kgak tau sm sekali msalah cmpursari


Quote:Original Posted By achibu
memayu hayuning bawono
angeluri budoyo jowo

matur sembah nuwun dumateng ingkang damel trit meniko
mugio ing wekdhal sanes saget nambahi profil kabudayan sanes


Quote:Original Posted By madangrung
gila nih ... satu2nya di dunia lho.... subhanallah



Quote:Original Posted By jarnoko
sama sis....alm bapak ane dulu demen bgt sama campursari manthous. tiada hari tanpa nyetel lagu campursari. sampe akhirnya lama2 ane jd suka juga. kalo denger lagu campursari rasanya hati jadi adem. malah sering ane jadiin jadi ringtone. lagu favorit ane tuh yg kempling sama kangen....

pejwan kalo boleh sis....


Quote:Original Posted By banioye
Wah mantab Gan, Ane Suka dengerin Campur Sari Gan
Enak Banget didengerin Siang Hari gan, Bikun Suasana jadi Adem


Quote:Original Posted By terate1922
inget di kampung gan kalo denger langgam jawa ..
nice post nih


Quote:Original Posted By kanyut.zld
Banyak juga penggemar alm. manthous..
Ada yg suka ada yg cuma dari bokap nyokapnya.
saya fans berat beliau lagu2nya semua enak2 bahkan yg terakhir dg judul cintaku jauh di Lampung..
selamat jalan pak Manthous semoga segala amal diterima di sisi Tuhan YME..aamiin

sya cuma berharap ada seorang musisi jawa penurus beliau..



Quote:Original Posted By aanSwadaya
lagu kedemenan alm.bokap ane gan suka sedih kalo lagu nyidamsari(salah satu kesukaan lagu bokap ane) ke puter di HP ane


Quote:Original Posted By moogle_angelo
akhirnya ada yg mbikin trit ini, mantap gan.
memang legend nih manthous.


Quote:Original Posted By drier2b
weleh gak ngeh ini toh ya bapaknya campur sari...
ane suka juga gan campur sari sama keroncong
adem bener kalo abis dengerin lagu2 itu


Quote:Original Posted By kometjozz
ane jg suka campursari gan..tringat dlu pas ane masih smp sampe sma, slalu diputerin di radio lokal...maklum cah semarang..matursuwun sang maestro campursari pak Manthous


Quote:Original Posted By Arhick
wahhh...samaan kita gan, meskipun sekarang banyak aliran musik, tapi ane tetep suka sama lagu2 campursari [karna ane orang jawa juga sih]
ane lebih milih lagu2 ginian daripada lagu2 sekarang..
bukannya pilih2. tapi emang genre sekarang ngga cocok di kuping aja


Quote:Original Posted By bunda2411

jaman nya masih pake kaset ya gan, blm pake disc


Quote:Original Posted By junior47
waaw, Manthous memang canggih

pasti banyak bgt penggemarnya, ane salah satunya


Quote:Original Posted By iixmedia.com
lagunya ngangenin pas jaman sd pagi-pagi sebelum berangkat sekolah pasti babe nyalain vcd buat muter ini, kasetnya ampe skg masih


Quote:Original Posted By masdiman
ane sekampung sama beliau gan.


Quote:Original Posted By pahlawan.76
lagu yg sering di puter ayah ane nie gan...
hikz,..hiks...jd k inget almarhum ayah ane.


Quote:Original Posted By marooov
ane sama gan, sjak kecil dijejeli lagu2 campur sari. tpi emg ga rugi.. skrg ane malah lbih suka dripd lainnya apalagi kalo musin ujan. tambah nyess dngerinnya


Quote:Original Posted By pikazo
salut deh ama kang manthous, tapi CS sekarang udah tergeser ama organ tunggal, kalo di stasiun tv lokal jogja masih ada tuh acara CSan.


Quote:Original Posted By almiraqq
Waktu ane SD sering karaoke pake lagu lagunya dia


Quote:Original Posted By 4nN4hl
Ane setuju gan kalo beliau pencetus musik campur sari

genre musik tradisional jawa yang beradaptasi dengan musik modern,
beliaulah yang mempromotori perkimpoian antara nada pentatonis dengan nada diatonis, hingga melahirkan harmoni yang laras... makanya disebut perpaduan dua inti titi laras, atau lebih gampang disebut campur sari....

lagu lagu campursari yang dia buat atau aransemen ulang memiliki arti yang mendalam, dibalut lirik yang penuh arti (sanepa - istilah bahasa jawa) menggambarkan ciri budaya jawa yang Adi Luhung, berbeda dengan lagu tradisional jawa belakangan ini yang cenderung vulgar dan urakan.

namun pada perkembangannya, genre musik ini sudah tergerus dengan genre generasi selanjutnya, orang cenderung mengganggap yang sebenarnya POP Jawa itu adalah campursari. padahal bener bener laen...

tp sudahlah... salut buat cak sumanto... may u rest in peace


Quote:Original Posted By doyan.rendang
wiiih, bener-bener legend campur sari beliau ini..
pe sekarang pun kadang jg masih denger lagu-lagu beliau di radio di Semarang, pernah juga ga sengaja denger lagu 'Nyidam Sari' beliau dijadiin ringtone sama orang waktu ane lg nongkrong di warung makan.. emang karya-karya beliau masih enak didengerin & sepanjang masa menurut ane


Quote:Original Posted By safedriver
abis nanyak mak ane gan ,katanya sukak banget


Quote:Original Posted By kaptenkid87
Wah jadi nostalgia. Dulu waktu kecil punya albumnya. Karena bokap demen ama musik Campursari.

Dulu waktu masih tinggal di Jogja, sore2 dengerin Campursari sambil liat sawah, enak bener gan rasanya :


Quote:Original Posted By butarbutar38
doi pinter banget bikin lagu campur sari ya? gak cuma orang jawa saja suka campursari loh. saya yang batak saja suka. kebetulan mama saya orang Yogya asli.


Quote:Original Posted By sealand40ft
beliau masih kerabat ane gan, ane manggilnya pakde. keluarga dr nyokap asli dr Playen gunung kidul.
dulu bokap ane pengen kLo ane nikah nanggap campursarinya pak manthous, tp sayang waktu ane nikah thn 2009 kondisi kesehatan beliau sudah menurun jadinya batal deh.
beliau udH jd local hero buat penduduk playen dan gunungkidul, membawa nama daerah lewat kemampuan berkeseniannya


Quote:Original Posted By robotbadung
beliau ni seangkatan ma sholeh akbar bukan ya? yg legend ya "gethuk".. "neng tawang ono lintang" sisanya ga tau judul..
generasi berikut macam didi kempot juga enak2 lagunya.. dlu sering gitaran nyanyi campur sari.. mlh dketawain.. palagi jaman sekarang...?? anakmudanya dikit2 budaya import minded.....


Quote:Original Posted By sayapekok
Ternyata agan dikenalkan Mbah Manthous lewat ortu agan yahh ???
Ane lewat simbah malahan, tahun 2000 (pertengahan) sewaktu pertama kali masih heboh Stasiun Balapan Didi Kempot tetiba muncul Manthous )

Sayangnya banyak yang (mungkin) udah lupa sama beliau, padahal Campur Sari itu sebenarnya adalah musik yang paling susah disusupi alay


Quote:Original Posted By art.rief
ane hampir tiap malem dengerin lagu-lagunya gan,
ini lagu lagunya, yg butuh link download, pm ane aja.

Manthous - Sunyahni - Kempling
Manthous - Langgam Ali-Ali
Manthous - Anting Anting
Manthous - Balen
Manthous - Bengawan Sore
Manthous - Eling Eling Emut !
Manthous - Esemmu
Manthous - Geblek Kulon Progo
Manthous - Getun.mp3
Manthous - Jeruk Garut
Manthous - Kembang Kecubung
Manthous - Kempling
Manthous - LG. Putro Nuswantoro
Manthous - Langgam Lego
Manthous - Lorobronto
Manthous - Mbah Dukun
Manthous - Ngimpi - Manthous
Manthous - Ngimpi
Manthous - Langgam Nyidamsari
Manthous - Ojo Digondeli
Manthous - Ojo Lamis
Manthous - Ojo Sembrono
Manthous - Pak Rebo
Manthous - Pamitan
Manthous - Pripun
Manthous - Putro Nuswantoro
Manthous - Sengit
Manthous - Setio Tuhu - Kinartho Sabdo
Manthous - Sido Opo Ora
Manthous - Simpang Lima
Manthous - Langgam Sinom Parijotho
Manthous - Tahu Opo Tempe
Manthous - Tak Eling-eling
Manthous - Timbangono Katresnanku
Manthous - Yen Ing tawang Ono Lintang


Quote:Original Posted By CreezArt
ane jg penggemar campur sari gunung kidul gan... malah baru tau klo beliau udh wafat... ane ketularan demen campursari karena bokap ngefans bgt sm beliau, tiap hari campursarian, smp ane jg jd demen...

lagu beliau yg sering dinyanyiin bokap ke keponakan ane yg masih umur 1 thn klo buat nina boboin itu "lgm. putro nuswantoro"

anaku sing bagus dewe...
sisuk pinter sekolahe...
yen wis iso nyambut gawe...
dudu mlaku sak mestine...

sama "tak leo ledung":

tak lelo lelo leo ledung...
cep menengo ojo di cep nangis...
anakku sing ayu rupane...
yen nangis ndak ilang ayune...

gitu gan... semoga masih ada anak muda Indonesia yg bangga dan ikut melestarikan budaya bangsa, kalo bukan kita, siapa lagi???...

taro pejwan gan klo berkenan...



Quote:Original Posted By oo1
asyem dadi kelingan jaman semono neng kampung.......


Quote:Original Posted By pus_abuabu
rondo kempling, ojo digawe2, ojo dumwh dkk emang mantaps gan.

liriknya juga seru, coba aja liat lirik rondo kempling

petikannya :

awan awan lungo blonjo nang pasar pahing wing wing
prawan rondo kanggoku ra patek penting

ning semarang mas,tuku gelang opo anting2
jo sumelang yo ben rondo dijamin kempling, kempling lo mas


liriknya nakal menggoda


Quote:Original Posted By yasin90
Lumiting asmoro gan,.
Dalam banget maknanya hehe




Quote:Original Posted By marcel.vivi
maap agan" sebelumnya.. Terima Kasih atas Apresiasi agan" yg udh ikut melestarikan Budaya Campursari yg sudah di bangun oleh Alm Manthous..
sedikit kekeliruan nama asli beliau adalah Anto Soegiyartono...






Regards

His Son


Quote:Original Posted By kewanalas
Biasanya jd silent rider tp untuk thread ini ane komen ah....
sya ska campursari gr" kakek gan,tiap hari muter campursari jd ikutan suka,koleksi kaset sm cdnya aja smpek ada sekitar 5 laci dirumah,smua campursari sm lagu" jawa lainnya g ada lagu slain itu.
jadi ya udah jd makanan sehari" lagu ginian.hahahahha
efeknya skrg klo disuruh milih nonton konser apa pagelaran wayang, ane milih liat wayang kulit.
dibilang jadul jg biar ane masih cinta sm budaya ane.

*klo sempet ane fotoin kaset cm cdnya, lg diluarkota soalnya.



kasih link donlot dink Sist...
ane juga suka campursari
mari kita proklamirkan campur sari gan
khas indonesia yg sedikit mirip dangdut alirannya,
tapi ttp mendingaan cammpur sari pastinya...
tapi 22nya ttp asli dari negeri kita.
Quote:Original Posted By kak***forbidden***edy
kasih link donlot dink Sist...
ane juga suka campursari


link donlot ? hmm ntar deh ya , kalo updat lg
Quote:Original Posted By boseu
mari kita proklamirkan campur sari gan
khas indonesia yg sedikit mirip dangdut alirannya,
tapi ttp mendingaan cammpur sari pastinya...
tapi 22nya ttp asli dari negeri kita.


andai ga ngomong doang , tapi realisasikan , nampaknya sulit
lagunya enak gan
ane punya banyak
®
Quote:Original Posted By sitoy.51704
lagunya enak gan
ane punya banyak
®


oya ?
baru enger namanya gan, ane bufering dlu ah
campur sari tampaknya ga seterkenal waktu jaman dulu gan
Quote:Original Posted By xx.zz
baru enger namanya gan, ane bufering dlu ah


monggo

Quote:Original Posted By bagusanggarda
campur sari tampaknya ga seterkenal waktu jaman dulu gan


sepertinya begitu
legenda campur sari gan ,..

yang ane demen nyidam sari
Yen ing tawang ono lintang gak ada gan? tu lagu yg ane suka. Dulu bokap ane sering muternya siang2 bolong sebagai obat tidur siang.
Ane dulu waktu smp suka dengerin lagu'' yg ini Ojo Lamis
,Pipo Londo
,Rondo Kempling ada jg ini ''yen ing tawang ono lintang'' yg ini ane lupa judulnya hanya inget liriknya aja. Oya lagu2 manthous adalah lagu wajib kalo ada hajatan tuh
Maaf dopos
Quote:Original Posted By 3MU
legenda campur sari gan ,..

yang ane demen nyidam sari


wah bagus tuh

Quote:Original Posted By paimanmugiono
Yen ing tawang ono lintang gak ada gan? tu lagu yg ane suka. Dulu bokap ane sering muternya siang2 bolong sebagai obat tidur siang.


wah iya blm ditulis

Quote:Original Posted By anoezar
Ane dulu waktu smp suka dengerin lagu'' yg ini Ojo Lamis
,Pipo Londo
,Rondo Kempling ada jg ini ''yen ing tawang ono lintang'' yg ini ane lupa judulnya hanya inget liriknya aja. Oya lagu2 manthous adalah lagu wajib kalo ada hajatan tuh


iya kalo hajatannya jawa
salut dan bangga ane sama manthous
salah satu idola ane
Hormat buat beliau
lestarikan musik indonesiaa
×