MEJA KERJA CERMIN KEPRIBADIAN ANDA?
Selama ini banyak orang yang tidak sadar kalau sebenarnya meja kerja mencerminkan kepribadian dan gaya kerja pemakainya. Tatanan atau susunan barang-barang di meja Anda konon bisa mengungkapkan siapa diri Anda sesungguhnya.
Bukan itu saja, keadaan meja Anda juga bisa mengungkapkan cara kerja Anda sehari-hari.Menurut para psikolog, tampilan tempat Anda bekerja dapat memperlihatkan satu atau dua hal tentang personalitas Anda. Meski ada pepatah “don’t just a book by its over” yang artinya jangan terburu-buru menilai sesuatu dari tampilannya saja, namun mau tidak mau lingkungan kerja juga sedikitnya dipengaruhi oleh karakter orang yang menempatinya. Sam Gosling, personality researcher dari universitas Texas, Austin, dan Meredith Wells, psikolog dari Universwitas East Kentucky, menjelaskan satu atau dua hal tentang si empunya. Apa saja yang menurut kedua pakar itu, dapat digambarkan sebuah lokasi kerja mengenai para penghuninya? Simak berikut ini:
Quote:
1. Meja penuh tempelan post-it
Tebaran tempelan ini menggambarkan seseorang yang memiliki banyak pikiran. Tebaran post-it ini, memperlihatkan memori otaknya sudah terlalu penuh sehingga kadang-kadang ia sulit mengatur waktu dalam bekerja.
2. Dihiasi lebih dari satu jam.
Ia adalah orang yang sangat ketat dengan tenggat kerja, sehingga ia harus diyakinkan lebih dari satu penunjuk waktu. Meski di tangannya ada jam, namun pecinta jam ini biasanya sangat teliti dan telaten.
3. Dihiasi berbagai foto keluarga
Para psikolog belum memiliki kesepakatan mengenai gambaran pekerja tipe ini. Ada yang mengatakan bahwa foto keluarga merupakan symbol status, dan yang lainnya mengatakan foto keluarga merupakan gambaran rasa bersalah karena menghabiskan lebih banyak waktu di kantor. Sedang yang lainnya mengatakan, foto keluarga hanya untuk mengingatkan bahwa keluarganya menunggu di rumah.
4. Dihiasi toples dan cemilan manis
Meja yang dihiasi setoples permen atau lainnya merupakan pemikat bagi orang lain untuk datang ke meja tersebut. Si pemilik pastilah seorang ekstrovet dan berharap “suguhannya” akan memberi alasan bagi orang lain untuk mampir ke mejanya dan sudah pasti sambil ngobrol yang macam-macam.
5. Meja kantor yang rapi dan bersih
Kita mungkin berusaha untuk merapikan dan membuang hal-hal yang perlu ke tempat sampah. Namun para psikolog mengatakan bahwa personalitas ini tak akan bertahan selamanya, “Bagaimana pun Anda berusaha untuk rapi, biasanya mereka tak akan mampu menyembunyikan “karakter” asli mereka, jelas Gosling. Tempat sampah dan jam, biasanya memperlihatkan seseorang yang rapi dan terorganisir.
6. Meja kerja penuh dengan tumpukan kertas/dokumen
Ini menunjukkan orang yang tidak mau melakukan kesalahan sedikitpun dalam pekerjaannya sehingga semua surat/arsip yang diterimanya merupakan hal penting yang harus dikerjakan segera. Namun tanpa disadari ia sering pula menunda-nunda suatu pekerjaan. Jika suatu proses pekerjaan selesai,tumpukan surat/dokumen tersebut bahkan menjadi persoalan baru karena semakin banyak/bertumpuk yang akhirnya akan menutupi meja, akibatnya ruang bebas kerja pun semakin sempit/sumpek.
Oleh karena itu, meja kerja dan lingkungannya sebagai tempat kerja, kecuali terdapat peralatan kerja seharusnya bebas dari tumpukan-tumpukan kertas/dokumen dan barang-barang lain yang sudah tidak berguna lagi agar meja kerja dapat dipergunakan seefisien dan seefektif mungkin sehingga Anda betah melakukan aktivitas di meja kerja tersebut.
Jadi bukan hanya diri sendiri saja yang bisa Anda kenali. Anda juga bisa mengenali rekan kerja dilihat dari meja kerjanya kan? Sehingga memudahkan Anda mengenali sifatya dan siapa yang paling cocok bekerja sama dengan Anda. Nahh…bagaimana menurut Anda?
Oleh : Rianto Ritonga