- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH read it now


TS
aguspd
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH read it now
PERMISI AGAN-AGAN SEMUA EN MOMOD YANG BAIK HATI
ane cuma mau sering, tentangMANA'AJE'MEN berBASIs SEKOLAH gan sekalian buat contekan presentasi besok
SAMBIL MENYELAM MINUM COCACOLA
Spoiler for MATERI MBS:
Quote:
a. Menurut Sutisna, kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha ke arah pencapaian tujuan dalam situasi tertentu. (Mulyasa,2009:107)
b. Menurut Soepardi, kepemimpinan adalah kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbing, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum (kalau perlu) serta membina dengan maksud agar manusia sebagai media manajemen mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan administrasi secara efektif dan efisien.
b. Menurut Soepardi, kepemimpinan adalah kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbing, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum (kalau perlu) serta membina dengan maksud agar manusia sebagai media manajemen mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan administrasi secara efektif dan efisien.
Quote:
GAYA KEPEMIMPINANAdalah cara yang digunakan pemimpin dalam mempengaruhi para pengikutnya.
PENDEKATAN SIFAT
Menurut Sutisna, pada pendekatan terdapat sifat – sifat tertentu, seperti kekuatan fisik atau keramahan yang esensil pada kepemimpinan yang efektif.
PENDEKATAN PERILAKU
(inisiatif) batasan peranan - (konsiderasi) hubungan pemimpin dengan bawahan
PENDEKATAN SITUASIONAL
PENDEKATAN SIFAT
Menurut Sutisna, pada pendekatan terdapat sifat – sifat tertentu, seperti kekuatan fisik atau keramahan yang esensil pada kepemimpinan yang efektif.
PENDEKATAN PERILAKU
(inisiatif) batasan peranan - (konsiderasi) hubungan pemimpin dengan bawahan
PENDEKATAN SITUASIONAL
Quote:
KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN KINERJA
PEMBINAAN DISIPLIN
Soelaeman mengemukakan bahwa pemimpin berfungsi sebagai pengemban ketertiban yang patut diteladani, tetapi tidak di harapkan sikap yang otooriter.
PEMBANGKITAN MOTIFASI
Menurut Maslow, motivasi adalah tenaga pendorong dari dalam yang menyebabkan manusia berbuat sesuatu atau berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.
PENGHARGAANPenghargaan penting untuk meningkatkan kegiatan produktif dan mengurangi kegiatan yang kurang produktif. Penggunaannya sebaiknya secara efektif dan efisien agar tidak menimbulkan dampak negatif.
PEMBINAAN DISIPLIN
Soelaeman mengemukakan bahwa pemimpin berfungsi sebagai pengemban ketertiban yang patut diteladani, tetapi tidak di harapkan sikap yang otooriter.
PEMBANGKITAN MOTIFASI
Menurut Maslow, motivasi adalah tenaga pendorong dari dalam yang menyebabkan manusia berbuat sesuatu atau berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.
PENGHARGAANPenghargaan penting untuk meningkatkan kegiatan produktif dan mengurangi kegiatan yang kurang produktif. Penggunaannya sebaiknya secara efektif dan efisien agar tidak menimbulkan dampak negatif.
Quote:
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Kriteria:
Kriteria:
- Mampu Memberdayakan Guru
- Dapat Menyelesaikan Tugas da PekerjaanTepat Waktu
- Mampu Menjalin Hubungan Yang Harmonis
- Berhasil Menerapkan Prinsip Kepemimpinan
- Berhasil Mewujudkan Tujuan Sekolah
Quote:
KORDINASI DALAM MBS
a. Tanggung jawab koordinasi terletak pada pimpinan
b. Koordinasi adalah kerja sama
c. Koordinasi merupakan proses yang terus menerus (continue process)
d. Pengaturan usaha kelompok secara teratur
e. Kesatuan tindakan merupakan inti koordinasi
f. Tujuan koordinasi adalah tujuan bersama
a. Tanggung jawab koordinasi terletak pada pimpinan
b. Koordinasi adalah kerja sama
c. Koordinasi merupakan proses yang terus menerus (continue process)
d. Pengaturan usaha kelompok secara teratur
e. Kesatuan tindakan merupakan inti koordinasi
f. Tujuan koordinasi adalah tujuan bersama
Quote:
KOMUNIKASI DALAM MBS
KOMUNIKASI INTERN
KOMUNIKASI EKSTERN
KOMUNIKASI INTERN
- dasar: komunikasi yang baik antara berbagai personil
- Tujuan : menciptakan kondisi menarik dan hangat, personil dapat bekerja terdorong untuk berprestasi lebih baik dan mengerjakan tugas mendidik dengan penuh kesadaran.
- Manfaat : mudah dalam memecahkan / menyelesaikan masalah dengan bantuan orang
KOMUNIKASI EKSTERN
- Hubungan Sekolah dengan Orang Tua
- Hubungan Sekolah dengan masyarakat
Quote:
SUPER VISI
ARTI:melihat dan meninjau dari atas atau menilik dan menilai dari atas yang dilakukan oleh pihak atasan terhadap aktivitas, kreativitas dan kinerja bawahan.
TUJUAN: membantu dan memberikan kemudahan kepada para guru untuk belajar bagaimana meningkatkan kemampuan mereka guna mewujudkan tujuan belajar peserta didik.
TEKNIK:
ARTI:melihat dan meninjau dari atas atau menilik dan menilai dari atas yang dilakukan oleh pihak atasan terhadap aktivitas, kreativitas dan kinerja bawahan.
TUJUAN: membantu dan memberikan kemudahan kepada para guru untuk belajar bagaimana meningkatkan kemampuan mereka guna mewujudkan tujuan belajar peserta didik.
TEKNIK:
- Kunjungan dan observasi kelas
- Pembicaraan individual
- Diskusi kelompok / pertemuan kelompok
- Demonstrasi mengajar
- Perpustakaan professional
Quote:
MONITORUNG DAN EVALUASI
Hasil monitoring dan evaluasi dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan pendidikan di sekolah.
KOMPONEN YANG PERLU DIMONITORING:
a. Konteks (eksternal sekolah) : berupa tuntutan (demand) dan dukungan (support) yang berpengaruh terhadap input sekolah. Evaluasinya dengan needs assessment.
b. Input
c. Proses
d. Output (dampak pendidikan jangka pendek)
e. Outcome (hasil MBS jangka panjang)
Hasil monitoring dan evaluasi dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan pendidikan di sekolah.
KOMPONEN YANG PERLU DIMONITORING:
a. Konteks (eksternal sekolah) : berupa tuntutan (demand) dan dukungan (support) yang berpengaruh terhadap input sekolah. Evaluasinya dengan needs assessment.
b. Input
c. Proses
d. Output (dampak pendidikan jangka pendek)
e. Outcome (hasil MBS jangka panjang)
0
699
Kutip
6
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan