KASKUS

TNI Kaji Kodam Baru di Papua Barat

TNI belum memastikan pembentukan komando daerah militer di Papua Barat. Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman yang kemarin (22/11) berkunjung ke Manokwari menyatakan masih mengkaji kemungkinan peningkatan satuan militer di wilayah tersebut.

"Itu (pembentukan kodam) bergantung pada tingkat kepentingannya. Kalau Papua Barat sudah semakin memerlukan pertahanan dan keamanan yang lebih baik, satuan-satuan dapat ditingkatkan," ujarnya seperti dilansir Radar Sorong (JPNN Group).

Meski belum memiliki kodam, lanjut Budiman, TNI tetap berkomitmen memberikan rasa aman kepada masyarakat. Aparat TNI tidak menghendaki adanya peristiwa-peristiwa keributan yang merugikan masyarakat. "TNI berkomitmen mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegas Budiman yang berada di Manokwari sejak Rabu (20/11).

Menurut dia, dirinya pernah ke Manokwari pada 2008. Ketika kembali kemarin, ungkap dia, perkembangan di ibu kota Papua Barat begitu pesat. "Bila perlu dibentuk kodam, akan disesuaikan dengan perkembangan ekonomi dan perkembangan lainnya," jelasnya.

Selain itu, Budiman mengingatkan warga Papua Barat untuk menjaga keamanan pada Pemilu 2014. TNI, lanjut dia, membantu kepolisian untuk menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 2014. "Kami berkomitmen netral dan berbuat yang terbaik demi lancarnya pemilu," tegasnya.

sumber: http://www.jpnn.com/read/2013/11/23/...i-Papua-Barat-

==========================

baiknya sih ada kodam lagi
papua itu memang sekarang masuk kodam apa ya ?
dan kalo membentuk kodam baru kyk gini itu ngambil pasukannya darimana ? bentuk unit2 lagi ato memang cuman mengambil unit2 yg sudah ditempatkan di wilayah tersebut ?
semoga ada batalyon kavaleri mekanis di papua minimal ada IFVnya..
Quote:Original Posted By SkyHighzzz
papua itu memang sekarang masuk kodam apa ya ?
dan kalo membentuk kodam baru kyk gini itu ngambil pasukannya darimana ? bentuk unit2 lagi ato memang cuman mengambil unit2 yg sudah ditempatkan di wilayah tersebut ?


the bird of paradise
Quote:Original Posted By SkyHighzzz
papua itu memang sekarang masuk kodam apa ya ?
dan kalo membentuk kodam baru kyk gini itu ngambil pasukannya darimana ? bentuk unit2 lagi ato memang cuman mengambil unit2 yg sudah ditempatkan di wilayah tersebut ?


kodam cendrawasih
Semakin jelas arah pesan-nya ke mana...

Divisi 3 marinir 15000 personel + kodam baru klw jadi"

Perkiraan sekitar 40000 ribu personil d tempatkan d papua..

Jangan lupa alutsista-nya d pikirkan"
Bakalan panas nih indonesia timur
Quote:Original Posted By wahwibson
semoga ada batalyon kavaleri mekanis di papua minimal ada IFVnya..

Kalau melihat peta pangkalan militer US d asia sih" ya MBT suatu keharusan d tempatkan d sana"

Yg jelas gk mungkin leopard" nnt ada yg cuap-cuap HAM

Plus tempatkan skuadron baru yg di isi sukhoi" klw ada anggaran-nya"
Pasti makit hot dah
Quote:Original Posted By santaigirl2.0
yep panas, apalg kalo opm dpt S-60


sekelas gak sama S 60 yg diretrofit bole???
Quote:Original Posted By edge55

Kalau melihat peta pangkalan militer US d asia sih" ya MBT suatu keharusan d tempatkan d sana"

Yg jelas gk mungkin leopard" nnt ada yg cuap-cuap HAM

Plus tempatkan skuadron baru yg di isi sukhoi" klw ada anggaran-nya"
Pasti makit hot dah

pake MBT/IFV blok timur buat di papua lalu buat wilayah yang lain mending leopret....
tuch dagangan momod pinky MBT noceng/IFV blok timur tempatin di papua...
Akhirnya muncul juga pernyataan ini setelah beberapa tahun lalu telah disimulasikan

Bagaimana dengan daerah Pulau-Pulau Terselatan (Aru-MTB-MBD)?
pembentukan Kodam baru, berarti penambahan kekuatan baru. Apakah sesuai dengan Zero growth policy nya TNI AD?

Tapi gak apa apa, asalkan memang sudah masuk renstra dan bukan hanya sebagai ajang pembagian wilayah karir
Quote:Original Posted By edge55
Semakin jelas arah pesan-nya ke mana...

Divisi 3 marinir 15000 personel + kodam baru klw jadi"

Perkiraan sekitar 40000 ribu personil d tempatkan d papua..

Jangan lupa alutsista-nya d pikirkan"
Bakalan panas nih indonesia timur


40000? mayan banget tuh jumlahnya.......................
kalau di papua sih yg harus dimaksimalkan adalah pembinaan teritorialnya, apalagi dlm rangka menghadapi OPM, cmiiw
hrsnya kopassus juga ditumpuk disana buat ngejar OPM, cmiiw
Quote:Original Posted By suyab


40000? mayan banget tuh jumlahnya.......................
kalau di papua sih yg harus dimaksimalkan adalah pembinaan teritorialnya, apalagi dlm rangka menghadapi OPM, cmiiw
hrsnya kopassus juga ditumpuk disana buat ngejar OPM, cmiiw


selain bina teritori....


logistik juga harus diseimbangkan..

ledakan populasi kalo nambah personel sebanyak itu...


jangan sampe rawon yang sepiring 20 rebu..jadi 60 rebu disono
Quote:Original Posted By anak.yondang1


selain bina teritori....


logistik juga harus diseimbangkan..

ledakan populasi kalo nambah personel sebanyak itu...


jangan sampe rawon yang sepiring 20 rebu..jadi 60 rebu disono


60 rb, bisa buat KFC itu
aku yakin ini bkn reaksi atas penempatan USMC tp memberi pelajaran kepala daerah dsana. jadi kalo terindikasi korup, tentara yg lgsg turun.
Quote:Original Posted By SkyHighzzz
papua itu memang sekarang masuk kodam apa ya ?
dan kalo membentuk kodam baru kyk gini itu ngambil pasukannya darimana ? bentuk unit2 lagi ato memang cuman mengambil unit2 yg sudah ditempatkan di wilayah tersebut ?


ngambil yg dr jawa, dijawa dikurangi sampe batas minimal yg dilaen tempat di sesuaikan sampe batas minimun
Quote:Original Posted By arietampubolon
aku yakin ini bkn reaksi atas penempatan USMC tp memberi pelajaran kepala daerah dsana. jadi kalo terindikasi korup, tentara yg lgsg turun.


Gak ada hubungannya.
Penindakan kasus korupsi bukan ranah TNI.
Ane malah bertanya tanya, kenapa komando teritorial yg ditambah. Kenapa tidak batalyon tempur yg ditambah.
Penambahan komando teritorial berarti penambahan kursi jabatan.
Apa bukan sekadar bagi bagi kursi buat jenderal yg gak kebagian job?
Kalo bisa di merauke juga di buat pangkalan militer.
Panas dingin deh tuh negara autisria


sekalian buat mbedil orang-orang luar yg mau obok obok papua,
yg terpenting habisi OPM sampe ke akar-akrnya biar g makin merongrong NKRI
sekalian lagi buat ngawal pembangunan papua cmiiw
Quote:Original Posted By edge55
Semakin jelas arah pesan-nya ke mana...

Divisi 3 marinir 15000 personel + kodam baru klw jadi"

Perkiraan sekitar 40000 ribu personil d tempatkan d papua..

Jangan lupa alutsista-nya d pikirkan"
Bakalan panas nih indonesia timur


Belum lg rencana penempatan skuadron baru di biak gan...
Kodam udayana jg perlu dimekarin mnurut ane, trlalu luas dari Bali smpe NTT klo cmn 1 kodam...
×