KASKUS

Gamer Teladan: Etika Bermain Game Online

Quote:


Spoiler for HT #28:

Quote:

Interaksi yang ada dalam game Online sangat berbeda dengan apa yang kalian rasakan ketika memainkan game offline. Well, dalam game Online lawan main kalian itu orang beneran, yang punya perasaan juga. Jadi biarpun hanya game, kalian perlu tetap menjaga sikap baik biar nama kalian nggak tercemar dan juga dapat banyak teman. Salah satu cara menjaga suasana baik itu adalah dengan beretika.
Pernah dengan etika di real life? Etika juga ada di dunia game meski agak sedikit berbeda konteksnya.. Nah, di kesempatan ini, saya memberikan beberapa etika dasar dalam MMO yang siap membuatmu jadi gamer teladan.


Quote:Sportif, tanpa Cheat
Jangan sekali-sekali nge-cheat di game online. Ini penting banged karena tidak semua pemain suka dicurangi, bahkan mungkin sebagian besar pemain akan sebal ketika bertemu cheater. Kalian sendiri tentu tidak senang kan kalau ada orang yang curang?
Misalnya saja bermain game tembak-tembakan dengan menggunakan Aimbot. Skor kalian memang pasti akan meningkat drastis karena semua tembakan pasti jitu kena target, tapi pada saat yang sama kalian juga melakukan panen amarah serta makian dari gamer lain.



Menggunakan cheat sama saja dengan melanggar aturan, jadi ada hukuman yang berat. Hukuman yang paling populer digunakan adalah pemblokiran karakter selama beberapa jam dan ada juga yang di blok sampai selamanya.
Tapi bagaimana kalau sudah kepepet? Sudah main seharian dan selalu kalah? Mari berlaku sportif dan tetap bersikap tenang, tidak langsung Googling cheat. Namanya game pasti ada yang kalah dan ada yang menang, kalau kalah terus berarti ada yang salah dengan cara bermain atau lingkungan bermainnya.
Kalian kalah karena teman satu party yang egois? Setelah selesai sesi permainan langsung saja pindah party, atau bahkan bermain solo saja untuk sementara waktu.


Quote:Chat seperlunya
Hati-hati kalau terlalu asik ngetik panjang lebar, dan sampai diulang berkali-kali karena tindakan ini mengganggu kenyamanan gamer lain dan biasa disebut sebagai “Flood”, alias membanjiri kolom chat dengan kata-kata.
Misalnya saja kalian mau ngejual armor. Lalu biar semua orang tahu, kalian berkali-kali membuat pengumuman “J > darkarmor + 100. whisp me buruan” sampai memenuhi kolom chat. Atau misalnya kalian baru bermain sebuah MMO dan bingung harus lapor quest di mana. Lalu kalian ‘memohon’ bantuan dengan membanjiri kolom chat. “plzplz bantuin kk. Masih newbie, plzzzzzz..”



Well, hal ini sangat mengganggu kenyamanan orang lain karena kolom chat atau layar mereka akan dipenuhi dengan kata-kata kalian. Jika kalian ingin menjual barang atau bertanya, jangan berkali-kali mengajukan pertanyaan secara beruntun. 1-2 kali tidak masalah. Jika masih belum ada respon, tunggu beberapa saat sebelum bertanya kembali. Jika kalian mengajukan pertanyaan dengan sopan dan baik, tidak ngeflood sampai berlusin-lusin, pastinya kalian ditolong kok. Mungkin ada beberapa pemain yang cuek bodo amat, dan ogah membantu. Tapi, masih banyak pemain yang dengan senang hati menolong kalian. Asal.. minta tolongnya jangan keteraluan saja ya.


Quote:Kekuatan CAPSLOCK
Well, di dunia internet, penggunaan Caps Lock yang tidak sesuai konteksnya dianggap tidak sopan karena pesan yang tersampaikan dianggap sama dengan berteriak-teriak di dunia nyata.
Caps Lock membuat semua tulisan yang kita ketik menjadi huruf besar seperti “WOII GIMANA SIH? KATANYA MAU PARTY?”. Nah ini sama saja kalian mengomel-omel dan berteriak. Apalagi karena komunikasi yang terjadi hanyalah berbasis teks, emosi yang tersampaikan juga langsung terlihat melalui teks yang ditulis. Mungkin maksudnya Caps Lock itu biar jelas, bukan karena marah, tetapi nggak akan ada yang tahu maksud kalian dibalik teks itu karena nggak ada yang bisa melihat raut wajah kalian.



Jadi seperti kata Paman Ben kepada Spiderman, “Di dalam kekuatan Caps Lock terdapat tanggung jawab yang besar”. Salah-salah menggunakan Caps Lock, lawan bicara kalian mengganggap kalian nyolot.


Quote:Terus bersatu


Asiknya bermain game online itu kalian bisa bermain bersama banyak orang dari berbagai penjuru tanah air, bahkan dunia. Tapi ada aja orang yang sudah masuk dalam tim eh malah suka pergi sendiri meninggalkan tim. Leaver biasa digunakan untuk menyebut orang seperti itu dan hal ini sangat menyebalkan bagi teman satu tim karena strategi pertempuran bisa langsung hancur dan berujung ke kekalahan total.
Misalnya nih, ada sekelompok orang lagi hunt di dungeon, tapi tiba-tiba ada anggota yang pergi. Jadinya, tim kalian kekurangan orang, hunt jadi ga maksimal, bahkan acara hunt bisa batal total kalau yang mendadak pergi tadi adalah pemegang peran penting (misalnya healer). Jika pergi mendadak karena disconnect mendadak sih.. yah, itu bukan kesalahan si pemain, tapi bencana alam. Ingat, kalau kalian sudah masuk ke dalam ronde permainan, jangan sekali-kali meninggalkan tim kalian. Jadi walaupun tim kalian payah, tetaplah bermain sampai ronde selesai.
Soalnya, leave di tengah-tengah permainan itu tidak sopan. Coba saja bayangkan kalau di dunia nyata kalian sedang asik melakukan road trip bersama 5 teman, eh tiba-tiba ketika berhenti di pom bensin, 3 teman lainnya pada telepon taxi dan pergi sendiri-sendiri. Kalian nggak akan melakukan hal itu kecuali ada keperluan yang sangat genting bukan?
Tentunya sama seperti di dunia nyata, kalian juga bisa berbohong untuk membuat alasan yang tampak baik. Tapi itu semua kembali ke hati nurani kalian sebagai gamer, apakah mau jadi gamer yang teladan?


Quote:Perhatikan Sahabatmu
Pernah dengar “Leeroy Jenkins?” Dia adalah pemain World of Warcraft yang jadi ngetop karena keteledorannya. Singkatnya gini, dia tergabung dalam sebuah party. Di saat anggota party lainnya masih diskusi strategi untuk melawan musuh, si Leeroy malah AFK (Ed: Away From Keyboard, sedang meninggalkan komputernya). Lalu saat dia kembali, Leeroy tiba-tiba masuk dan menghajar semua monster tanpa perhitungan. Dia tidak sadar, kalau anggota partynya belum selesai diskusi. Hal ini menyebabkan kegiatan hunt party Leeroy jadi hancur berantakan.



Ingat, ketika sudah ada dalam satu Party artinya kalian akan ngehunt bersama pemain lainnya. Kalau ada teman satu Party yang butuh pertolongan ya segera dibantu. Jangan sok jadi jagoan sendiri, atau sok tahu dan tak mau kerja sama. Sikap egois itu pada akhirnya akan membuat anggota party kerepotan dan bisa sampai bubar karena keteledoran kalian, seperti yang dilakukan si Leeroy.


Quote:Biarkan orang lain membunuh targetnya


Di game online ada istilah “Nyampah”, alias merebut target orang lain. Kejadian ini bisa terjadi dimana-mana mulai dari game online tembak-tembakan sampai MMORPG.
Misalnya, ada pemain yang sedang berusaha membunuh boss PvE. Eeh, tiba-tiba kalian datang dan ikut mukul, padahal bukan masuk party. Itu namanya nyampah. Kalian juga tidak sopan, karena menyerobot monster orang lain, bagaikan nyerobot antrian di kehidupan nyata.
Orang yang melakukannya juga biasanya kena sumpah serapah. Sama sih kayak orang yang nyerobot antrian. Ga sopan banged kan?
Tapi kalau kalian suka ramai-ramai menyerang target tanpa perlu pusing ijin dan main party, pilihlah game yang mendukung “Assist”. Jadi siapapun boleh menyerang target tanpa perlu jadi party dan mereka semua akan mendapat imbalan yang setimpal (biasanya EXP akan dibagi).
Game seperti Battlefield 3 dan Mechwarrior Online menganut sistem “assist” sehingga kalian bisa ikut menyerang target meski tidak dalam satu party. Kemudian Guild Wars 2 dan Dragon Nest memiliki metodenya sendiri untuk menghindari kill steal dimana semua orang akan mendapat EXP yang setara (Guild Wars 2) dan point yang berbeda antara orang yang dari awal menyerang target dan mereka yang membantu (Dragon Nest).


Quote:Ucapkan terima kasih
“Terimakasih”, suatu ucapan yang simpel tetapi sangat efektif untuk menunjukkan apresiasi dan perhatian. Jadi biasakan ucapkan terima kasih pada tim kalian.



Misalnya saja, anggota tim kalian cepat tanggap dan kompak. Healernya dan tankernya juga serius melaksanakan tugas sehingga kegiatan hunting jadi lancar, tidak ada anggota yang ‘mati’, ataupun dikejar-kejar monster sekampung. Atau misalnya saja mereka juga sangat adil dalam pembagian drop item. Tidak pelit-pelit saat ada item bagus yang jatuh dari monster. Jarang-jarang lho ketemu tim yang nyaman seperti ini. Jadi jangan lupa sampaikan terimakasih, misalnya ‘thanks ya sobat buat timnya’ setelah menyelesaikan dungeon bersama-sama.


Quote:Kesimpulannya
Bermain game di dalam game online artinya kalian bermain bersama gamer lainnya. Hargailah mereka, dan jangan berbuat yang aneh-aneh. Jika kalian bersikap baik, maka pemain lain juga akan respect kepada kalian.


info lebih lanjut
Spoiler for thanks gan:

Spoiler for made in repsol:


Spoiler for ketika gamer berkata:



monggo mampir

Gamer Teladan: Etika Bermain Game Online



Quote:Kumpulan Iklan Yang Kreatif
Trivia Menarik Seputar PlayStation
Kompilasi Gambar Telanjang yang Indah
Foto Urban Terbaik 2013
Animasi GIF Keren Karya Paolo Ceric
Gaya Anak Selebritis Saat Marahi Paparazzi, Masih Cute ?
Benarkah Kita Mempunyai Kembaran di Dunia Ini ?
7 Bangunan Cantik yang Terlewatkan Publik
Inilah 3 Iklan Aneh Windows 8 yang Bikin Ngakak!
Hukuman Yang Cocok Buat Koruptor
Robot-Robot Jadul Keren yang Pernah Jadi Imajinasi
Siapa Bilang Pria Tidak Bisa Multi-Tasking
Ketika Bumi Murka
Lagu Piala Dunia 2014 'Todo Mundo'
Wajah Kegembiraan



Spoiler for ketika gamer berkata:
oke gan nice thread
ane ga main game onlen gan
Ane banget gan

Gamer Teladan: Etika Bermain Game Online


Spoiler for ketika gamer berkata:
setuju ane sm TS.

byk gamer yug ego dan gak tau etika bermain Game
jangan banting keyboard kalo kalah/mati
ijin nyimak dulu
Ane player WoW raiders type gan, paling empet emg klo dpt party yg model nya kek Lerooy, pengen bunuh rasa nya
gambar yang ente masukin ke thread ini, game apaan gan? keren gambarnya
Quote:Original Posted By presidenwisnu
oke gan nice thread


sip gan sudah menyempatkan mampir

Quote:Original Posted By tensanando
ane ga main game onlen gan


yang penting masih main game gan

Grin 

untuk ane udh ngelakuin sua itu di game dr dulu . . ane kasih five star deh
ehe he he ane banget gan
gamer teladan ane
tp lebih mendekati autis coz lebih seneng solo drpd party
Untung aja masih bisa jadi gamer Teladan
nggak kayak anak Kecil maen di warnet teriak2 gak jelas,ngecheat dan sebagainya
newbie selalu plz minta duit kk
Quote:Original Posted By Adrnsyhltf
Ane banget gan


emangnya ada apa gan
ane dulu pernah main game online, sering banget yang nyampah...
padahal tu orang udah Lvl gede, masih aja nyampah...
ane lebih suka game offline gan eace:
mantab sarannya