KASKUS

Inilah Sebenarnya Kegunaan dan Bahaya dari HELIUM


Quote:
KEGUNAAN HELIUM

Helium digunakan karena memiliki sifat-sifat yang istimewa seperti, titik didih yang rendah, kepadatan yang rendah, tingginya konduktifitas termal dan inert.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan helium:


1. Helium digunakan sebagai gas pengisi pada airships dan balon udara, karena gas ini lebih ringan dari pada udara.
Lalu mengapa tidak digunakan gas hydrogen yang 7% lebih ringan dari helium? Alasannya adalah karena gas hydrogen lebih mudah terbakar dibandingkan dengan helium


2. Helium juga digunakan untuk menjaga agar hydrogen-oksigen sebagai bahan baker roket tetap berwujud cair. Hal ini karena helium memiliki titik didih yang sangat rendah.


3. Selain itu juga helium digunakan dalam peralatan menyelam yaitu sebagai campuran dengan oksigen karena kelarutannya sangat kecil dalam




Quote:

PENGGUNAAN

Helium digunakan sebagai gas vektor dalam kromatografi. Helium juga digunakan untuk mendeteksi kebocoran. Karena difusinya yang sangat cepat, helim sangat ideal untuk mendeteksi kebocoran mikro. Campuran Helium-Argon digunakan sebagai gas pelindung untuk pengelasan baja ringan yang tebal. Karena konduktifitas termalnya yang sangat tinggi, helium digunakan sebagai pendingin untuk:

pendinginan batang uranium pada reaktor nuklir
pendinginan cetakan di pabrik kaset
gas atmosfir untuk dapur heat treatment
Helium digunakan sebagai gas pernafasan dalam campurannya dengan:

oksigen untuk penyelaman dangkal (kurang dari 100 meter)
oksigen berkonsentrasi rendah (kira-kira 4%) untuk penyelamanan di bawah 100 meter
20% kandungan oksigen untuk pasien-pasien yang terkena sakit pernapasan.
Helium merupakan gas yang aman untuk mengisi balon mainan, balon iklan, balon meteorologi, dan sebagainya.


BAHAYA-BAHAYA

Bila helium menggantikan kadar oksigen di udara, maka ada resiko terjadi sesak nafas: udara yang mengandung oksigen kurang dari 16% sangat berbahaya.


Quote:


Melepaskan balon gas ke angkasa dan membiarkanya membumbung tinggi, tak akan mengabulkan doamu dan tak akan membuat impian dan harapanmu menjadi nyata. Melepaskan balon gas juga tidak nampak sebagai simbol kebebasan. Jadi melepaskan balon gas ke angkasa sudah bukan jamannya lagi.”



“Nggak mau balon gas…” Kebayang nggak kalo suatu saat anak kecil bakal bilang kaya gitu saat ditawarin mau apa biar berhenti nangis atau mau apa buat hadiah atau hiasan hari ulang tahunnya. Atau peresmian dan acara-acara pembukaan jalan sehat, peresmian gedung atau acara akbar lainnya yang melepas balon gas bisa diganti dengan simbolis lain yang lebih bermakna dan ramah lingkungan.

Kalau anda senang bermain, dan memandang balon gas yang terbang bebas dilangit hingga hilang dibawa angin. Setidaknya anda mempertimbangkan informasi berikut sebelum anda melanjutkan hobi anda memandang dan melepaskan balon gas ke langit sebagai simbol sesuatu atau sekedar pembuat bahagia.

Jangan harap kamu bisa main dengan balon gas dan melihat balon gas terbang bebas di langit kalau kamu berada di negara bagian New South Wales Australia, Playmouth City Inggris, Lancaster di Florida, California dan Texas dan beberapa negara lainnya di Eropa. Karena di negara-negara tersebut balon gas sudah dilarang atau sudah digunakan dengan “semestinya”. Disini balon gas dilarang karena pemerintah dan masyarakatnya telah sadar akan bahaya sampingan yang dapat ditimbulkan oleh indahnya balon gas yang terbang bebas dilangit. Balon gas yang berisi helium dapat terbang sangat tinggi hingga tekanan gas helium yang ada di dalamnya habis, lalu balon yang sudah berada di ketinggian akan turun sesuka hatinya saja mengikuti kemana angin membawanya (ini bukan kiasan lho) kemudian balon kempes dapat jatuh dimana saja hutan, cerobong asap, sungai bahkan pantai atau tengah lautan bebas.

Nah balon yang telah kempes dan jatuh ke mana saja inilah yang dianggap berbahaya. Sebagai contoh balon yang jatuh kelaut saja dapat menyebabkan kematian penyu karena mengira balon yang mengapung di permukaan laut adalah ubur-ubur yang merupakan makanan kesukaan penyu sehingga menyebabkan penyu tersedak atau keracunan saat memakan balon itu. Kalaupun si penyu dapat bertahan dan tidak mati keracunan saat memakan balon tersebut maka dalam waktu yang lama balon yang tertinggal dalam perut penyu akan terurai dan kandungan palstiknya mengendap di organ-organ dalamnya dan menyebabkan berbagai penyakit, telur dan tukik yang baru menetas saat di teliti juga banyak mengandung kadar plastik dalam darahnya hal ini juga yang memicu banyaknya tukik menetas dengan kondisi cacat atau bagian tubuhnya tidak berkembang sempurna. Balon yang jatuh kelaut tidak hanya mengancam kelangsungan hidup penyu saja, hewan-hewan lain seperti lumba-lumba, burung pelikan, burung-burung laut lainnya, serta terumbu karang. Nah, bahaya-bahaya ini hanya terjadi saat balon gas yang sudah lepek jatuh kelaut, belum termasuk jika balon tersebut jatuh ke hutan, daerah pemukiman, sarana dan fasilitas vital yang ada disekitar kita.

Bukan berarti dengan tingginya bahaya diatas balon tidak dapat digunakan. Di beberapa tempat telah diproduksi balon yang mudah terdegradasi meski waktu yang diperlukan masih relatif lama disamping itu penggunaan yang bijaksana dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Beberapa saran penggunaan balon adalah:

Jangan lepaskan balon gas ke langit, jika anda ingin melakukannya ikatlah balon dengan benang yang dapat diulur panjang sehingga jika anda sudah puas anda dapat menarik kembali balon tersebut dan membuangnya di tempat yang semestinya.
Mengisi balon dengan air atau udara biasa adalah penggunaan yang lebih baik dari pada mengisi dengan helium.
Pilihlah balon yang terbuat dari bahan yang mudah terurai, terbuat dari lateks pohon hevea.
Nah, setelah membaca info ini semoga kamu berpikir ulang untuk bermain dengan balon gas. Selamat bermain dengan balon, bersenang-senganlah dengan cara yang aman untuk kalian dan lingkungan.


Semoga Informasi Ini berguna buat kita semua
monggo gan di koment

maAF kalau acak2an gan gi belajar buat trit
pengaruh YKS nih
bilang aja
nais info gan... buat tambah wawasan
serem juga ya bahaya nya
nais share gan ts
Quote:Original Posted By kasetrusak
serem juga ya bahaya nya
nais share gan ts


idem sama atas ane
Quote:Original Posted By kasetrusak
serem juga ya bahaya nya
nais share gan ts


ok gan jangan lupa ret5 yah


Quote:Original Posted By aay44m
nais info gan... buat tambah wawasan


ok gan makasih dah mampir
wah nambah ilmu nih nice share kakak..
buat kakak ts
panjang banget bacaannya gan
wah keren gan info nya
malah lebih ngeri yg penyu makan balon tuh gan,dampak melepas balon ampe segitunya ya...
Quote:Original Posted By tetr4phobi4
wah keren gan info nya


ok gan jangan lupa di kasih ret5 yah

Quote:Original Posted By leroynator
panjang banget bacaannya gan


yah di baca dong


Quote:Original Posted By demgumadem
wah nambah ilmu nih nice share kakak..
buat kakak ts

makasih yah sayang
Pasti gara2 kemaren nnton yks
seumur umur blom pernah naek balon gas, jadi pengen nih bang Tokomapan
keren juga nih helium.....
Quote:Original Posted By hendr4blu3tigy
Pasti gara2 kemaren nnton yks


ga gan tadi ada trit gadis di amrik mati gara2 isap helium gan


Quote:Original Posted By slomangrawa
malah lebih ngeri yg penyu makan balon tuh gan,dampak melepas balon ampe segitunya ya...


iye gan makanya di sana dah di larang

dimari keknya belum
iya nih kemarin di yks ada tuh sampe di hirup gitu
tapi sumpah kocak
Nice inpo gan...
kalau di analyzer gas chromatograph , fungsinya sebagai gas carrier..

non flammable
Quote:Original Posted By 1178
keren juga nih helium.....


iye gan manfaatnya emang keren

Quote:Original Posted By amarkaskuser
seumur umur blom pernah naek balon gas, jadi pengen nih bang Tokomapan


doain abang banyak duit yah , beli dong HJS ane

biar nanti abang traktir naik balon udara
×