- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Permainan Kelas Ketika Jam Pelajaran Kosong dan Istirahat


TS
mochamaal
Permainan Kelas Ketika Jam Pelajaran Kosong dan Istirahat
WELCOME TO MY THREAD
Spoiler for REPOST:
agan pasti pernah mendapat jam pelajan kosong / jam istirahat? Kalau gak pernah berarti agan gak pernah sekolah

Spoiler for Fisik:
Tipe permainan ini biasanya menggunakan daya tahan tubuh yang kuat, jadi permainan tipe ini juga bisa sekalian berolahraga.
Kalau daerah ane disebut Kuda Reot. Ane main ini ketika kelas VIII. Biasanya dan memang semestinya, permainan ini dimankan pada saat guru tidak ada atau saat istirahat berlangsung. Permain dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 atau 6 pemain. Sebelum itu, dilakukan suit dulu untuk menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah.
Buat yang kalah, mereka harus menjadi kudanya. Satu orang yang berdiri menjaga kuda-kudanya, sementara yang lain merunduk saling menyambung seperti kuda. Sedangkan yang menang yang nemplokin kuda-kudanya.
Pertama, orang pertama atau templok 1 yang nemplokin kudanya. Cara nemplokinnya cuma berlari lalu melompati kuda-kudanya, dan nemplok deh. Usahain nemploknya sampai depan orang yang berdiri biar temennya yang lain kebagian dapet tempat buat nemploknya. Abis orang pertama yang nemplok, dilanjutin ama orang kedua, dan seterusnya ampe yang terakhir.
Setelah kelompok templok udah nemplokin kuda-kudanya, orang yang paling depan atau templok yang pertama melakukan suit dengan penjaga kuda (kuda yang berdiri). Siapapun yang menang--baik yang kuda maupun yang templok, akan menjadi temploknya. Sementara yang kalah jadi kudanya.
Tapi, ketika suit belum dilakukan--baik kuda atau temploknya--yang jatuh, maka tidak dilakukan suit. Kalo kudanya yang jatuh (disebut reotdi daerah ane), berarti kudanya yang kalah. Kalo temploknya yang jatuh (disebut napak di daerah ane), ya kudanya yang menang. Makanya usahain jangan sampe jatuh.
Sumber
Video dan Testimoni Kaskuser
Agan ini punya video kuda tomprok
Permainan ini adalah permainan futsal tapi lapanganya adalah ruang kelas. Peraturanya seperti bermain futsal tapi lapangan yang dipakai ukuranya sisa dari luas ruang kelas agan dan bolanya biasanya menggunakan botol akua. Permainan ini bisa dilaksanakan jika kelasmu luas. Maksudnya, di bagian belakang masih menyisakan ruang.
Spoiler for Kuda Tomprok:
Kuda Tomprok

Gambar ngambil dari gugel

Gambar ngambil dari gugel
Kalau daerah ane disebut Kuda Reot. Ane main ini ketika kelas VIII. Biasanya dan memang semestinya, permainan ini dimankan pada saat guru tidak ada atau saat istirahat berlangsung. Permain dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 atau 6 pemain. Sebelum itu, dilakukan suit dulu untuk menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah.
Buat yang kalah, mereka harus menjadi kudanya. Satu orang yang berdiri menjaga kuda-kudanya, sementara yang lain merunduk saling menyambung seperti kuda. Sedangkan yang menang yang nemplokin kuda-kudanya.
Pertama, orang pertama atau templok 1 yang nemplokin kudanya. Cara nemplokinnya cuma berlari lalu melompati kuda-kudanya, dan nemplok deh. Usahain nemploknya sampai depan orang yang berdiri biar temennya yang lain kebagian dapet tempat buat nemploknya. Abis orang pertama yang nemplok, dilanjutin ama orang kedua, dan seterusnya ampe yang terakhir.
Setelah kelompok templok udah nemplokin kuda-kudanya, orang yang paling depan atau templok yang pertama melakukan suit dengan penjaga kuda (kuda yang berdiri). Siapapun yang menang--baik yang kuda maupun yang templok, akan menjadi temploknya. Sementara yang kalah jadi kudanya.
Tapi, ketika suit belum dilakukan--baik kuda atau temploknya--yang jatuh, maka tidak dilakukan suit. Kalo kudanya yang jatuh (disebut reotdi daerah ane), berarti kudanya yang kalah. Kalo temploknya yang jatuh (disebut napak di daerah ane), ya kudanya yang menang. Makanya usahain jangan sampe jatuh.
Sumber
Video dan Testimoni Kaskuser
Agan ini punya video kuda tomprok
Quote:
Original Posted By captain.imskey►Kuda reyot gan
di kelas ane ini 2 taon lalu 
nih pideonye
page one


nih pideonye
Spoiler for youtube:

page one

Quote:
Original Posted By TuanWicaksono►
ane yang pertama gan 
jadi inget sama temen2 ane, wkwk
ditempat ane disebut Kebo Bunting gan, ane tau permainan itu dari kelas 5 SD dan terus maen sampe 3 SMA bahkan sampe ane ma temen2 ane lulus SMA gan

ini pas lagi reunian sama temen2 SMP setahun setelah lulus SMA gan
ane yang jadi penentu kemenangan,berdiri di tembok gak pake kaos tinggal nunggu suit atau ada yang roboh/jatoh aja
pejwan kalo berkenan gan


jadi inget sama temen2 ane, wkwk
ditempat ane disebut Kebo Bunting gan, ane tau permainan itu dari kelas 5 SD dan terus maen sampe 3 SMA bahkan sampe ane ma temen2 ane lulus SMA gan

Spoiler for Bukti gan:

ini pas lagi reunian sama temen2 SMP setahun setelah lulus SMA gan

ane yang jadi penentu kemenangan,berdiri di tembok gak pake kaos tinggal nunggu suit atau ada yang roboh/jatoh aja

pejwan kalo berkenan gan

Spoiler for Sepak Bola kelas:
Permainan ini adalah permainan futsal tapi lapanganya adalah ruang kelas. Peraturanya seperti bermain futsal tapi lapangan yang dipakai ukuranya sisa dari luas ruang kelas agan dan bolanya biasanya menggunakan botol akua. Permainan ini bisa dilaksanakan jika kelasmu luas. Maksudnya, di bagian belakang masih menyisakan ruang.
Spoiler for Permainan Elektronik:
Permainan tipe ini biasanya dilakukan jika salah satu teman sekelas ente bawa gadget (biasanya lepie).
Permainan ini membutuhkan sebuah lepie dan dua buah stik PS/Xbox. Permainan ini dilakukan biasanya jam pelajaran terakhir kosong, karena biasanya permainan ini menggunakan mode Cup. Peraturanya biasanya begini:
Untuk memilih siapa yang duluan menggunakan tim biasanya diundi, dan yang pertama kali milih harus pemilik lepie dan stik. Peraturan untuk General Settings:
Tambahan
sebenarnya ane
ini masuk dalam permainan atau enggak, tapi ane masukin aja gan. Bioskop kelas adalah menonton film di kelas, biasanya film yang ditonton adalah film horor. Kadang ada yang greget yaitu dipasang di proyektor (tapi kalau ketahuan tanggung jawab agan dan di kelasmu punya proyektor
) kadang untuk film populer juga dibikin bioskop. Biasanya ini dilakukan ketika istirahat karena untuk bisa menontonya sampai tuntas dan tidak menggangu karena dipotong - potong
Spoiler for PES:
Pro Evolution Socccer

Gambar ngambil di gugel

Gambar ngambil di gugel
Permainan ini membutuhkan sebuah lepie dan dua buah stik PS/Xbox. Permainan ini dilakukan biasanya jam pelajaran terakhir kosong, karena biasanya permainan ini menggunakan mode Cup. Peraturanya biasanya begini:
Quote:
1. Tim: Siapa yang berminat, dia yang main, tapi biasanya dibatasi. Kalau dikit 8 kalau banyak 16
2. Home and Away: Type 1
3. Competition Format: Knockout
4. Cards Colected: biasanya yang ini bodoh amat
5. Ball: Random
2. Home and Away: Type 1
3. Competition Format: Knockout
4. Cards Colected: biasanya yang ini bodoh amat
5. Ball: Random
Untuk memilih siapa yang duluan menggunakan tim biasanya diundi, dan yang pertama kali milih harus pemilik lepie dan stik. Peraturan untuk General Settings:
Quote:
1. Match Level: Superstar
2. Match time: Disesuaikan jumlah peserta. Kalau dikit 10 menit kalau banyak 5 menit.
3. Injuries: On
4. Fatigue: On
2. Match time: Disesuaikan jumlah peserta. Kalau dikit 10 menit kalau banyak 5 menit.
3. Injuries: On
4. Fatigue: On
Tambahan
Quote:
Original Posted By sempakemas►waaah kalo di kelas ane
yang bawa laptop ada game PES nya
buat judi
jadi
Com vs Com
kayak nobar bola
ampe guru ada yang ngikutan juga dah wkwkwkw
taro di pekiwan gan
yang bawa laptop ada game PES nya
buat judi
jadi
Com vs Com
kayak nobar bola
ampe guru ada yang ngikutan juga dah wkwkwkw
taro di pekiwan gan
Spoiler for Bioskop Kelas:
Bioskop Kelas

Gambar nyomot di gugel lagi

Gambar nyomot di gugel lagi
sebenarnya ane


Spoiler for Lain-Lain:
Permainan tipe ini biasanya menggunakan alat seperti kartu, batu, dll yang sifatnya portable.
Biasanya permainan ini dimainkan ketika jam istirahat soalnya kalau ketahuan guru bisa dimarahi karena dianggap perjudian dan kalau membereskanya sangat ribet. Jenis permainan kartu remi sebenarnya banyak, tapi ane hanya kasih yang populer saja.
Permainan ini biasanya ketika istirahat karena alasanya sama seperti kartu remi. Kartu gapleh terdiri dari 28 kartu. Setiap kartu terdapat dua sisi angka dari 0-6. Dalam permainan gapleh biasanya terdiri dari 4 orang pemain yang satu pemainya di beri 7 kartu. Di kartu gapleh ada yang namanya BALAK, yaitu satu kartu yang mempunyai angka kembar di dua sisi. Contohnya: 0-0,1-1,2-2,3-3 dll. Di awal permainan biasanya dikeluarkan 1-1 lalu dilanjutkan menyusun kartu mengikuti kartu yang ada di meja. Contohnya: 1-1,1-3,3-4,4-5 dan seterusnya sampai ada salah satu pemain yang kartunya habis.Kalo ternyata angka kartu di meja yang harus diisi tidak ada angkanya di kartu tangan kita maka kita lewat dan lanjut pada pemain berikutnya. Bila sudah ada yang habis maka diadakan perhitungan. Perhitunganya siapa yang paling besar dia yang kalah, dan biasanya yang kalah tersebut harus mengocok kartu.
Penjelasan diatas itu simpelnya dalam bermain gapleh. Tapi didalam permainan menyusun angka dalam gapleh terdapat taktik dan teknik tersendiri agar kartu ditangan bisa habis ataupun mengkalah kan teman yang ada di sebelah kita. Bermain gapleh tidak sama seperti bermain bola yang hanya fokus pada gawang. Dalam gapleh tiap putaran maka akan beda konsep permainan. Jadi beda kartu, beda tujuan pula. Bila anda belum mengerti akan saya jelaskan secara lebih mendetail sebentar lagi. Beberapa peraturan umum dalam bermain gapleh:
Peraturan tambahan:
Sumber
Karambol adalah permainan meja yang dapat dianggap sebagai modifikasi dari keluarga permainan biliar. Di dunia, permainan ini dikenal dengan banyak nama, seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards ("biliar jari"). Permainan ini berasal dari India dan menyebar luas ke berbagai negara lainnya pada tahun 1970-an.
Berbeda dari permainan meja lainnya, karambol tidak memakai stik untuk menggerakkan bola. Permainan ini menggunakan cakram kecil alih-alih bola. Penggeraknya adalah jari tangan yang disentilkan pada cakram sehingga mengenai cakram sasaran.
Karambol adalah permainan rakyat, baik di India maupun berbagai negara tetangganya (termasuk Indonesia) yang dapat dijumpai dimainkan orang di tepi jalan atau di tempat-tempat orang berkumpul. Kompetisi karambol biasa diadakan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia di kampung-kampung.
Sumber
Catur adalah permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.
Ketentuan:
Spoiler for Kartu Remi:
Kartu Remi

Gambar nyomot di gugel lagi
Gambar nyomot di gugel lagi
Biasanya permainan ini dimainkan ketika jam istirahat soalnya kalau ketahuan guru bisa dimarahi karena dianggap perjudian dan kalau membereskanya sangat ribet. Jenis permainan kartu remi sebenarnya banyak, tapi ane hanya kasih yang populer saja.
Quote:
1. Tepuk nyamuk. Permainan kartu yang simpel hanya tinggal mengurutkan angka sambil mengeluarkan kartu yang dimiliki, dan jikalau kartu yang dikeluarkan sama dengan yang diucapkan, langsung PLOK. Harus segera menapok kartu tersebut, karena jika yang terakhir namplok, kartu jadi milik ente. Yang kalah adalah orang yang kartunya paling terakhir habis. Jadi harus memiliki konsentrasi yang tinggi.
2. Samgong. Samgong adalah mengumpulkan kartu hingga berjumlah 30 maksimal dan minimal 25. Memerlukan insting dan feeling yang baik
(kalau ada yang selengkapnya mohon bantu gan, soalnya ane jarang main permainan ini)
3. Cangkulan, Permainan ini adalah bermain dengan adu skor. Seseorang menang jika kartunya habis. Pertama - tama setiap pemain dikasih kartu tujuh, sisanya disimpan di dek. Kartu yang pertama kali dikeluarkan adalah kartu yang ada di dek. Seseorang boleh mengeluarkan kartu jika daunya sama. Jika tidak, pemain harus mengambil kartu di dek sampai daunya ada sama. Kartu tertinggi yaitu As. diikuti King, Queen, dan Jack sampai kartu nomor 2. Penentuan daun kartu jika hasil sebelumnya pemain ada yang mengeluarkan nilai kartu tertinggi. Jika kartu di dek habis, orang yang tidak punya kartu dengan daun yang ditentukan harus mengambil kartu yang dikeluarkan pemain lain.
4. Pokeran, Permainan ini maksimal 4 orang, Kartu tertinggi adalah kartu nomor 2 (disebut poker), lalu diikuti As, King, Queen, Jack sampai kartu no 3. Pertama - tama, pemain akan dikasih karu oleh si pengocok. Istilah-Istilah di permainan ini:
a. Bom: Pemain memiliki 4 Kartu yang sejenis dan ini bisa jadi senjata ampuh untuk mengalahkan lawan yang punya poker 1. Jika dua poker, bom ini tidak berlaku kecuali jika punya bom 2.
b. Kartu 2: pemain mempunyai dua kartu yang sejenis
c. Kartu 3: pemain mempunyai tiga kartu yang sejenis.
d. Polo: Pemain menggabungkan kartu 3 sama kartu 2. tapi nilai kartu 3 harus lebih besar dari kartu no 2.
e. Kartu berurutan: Pemain memiliki kartu berurutan seperti 3, 4, 5 tapi dengang syarat daunya harus sama.
Cara permainanya adalah pemain mengeluarkan kartu terkecil dan dilawan dengan kartu yang lebih besar. Untuk melawanya harus dengan kartu yang jumlahnya sama kecuali Bom melawan poker. jika tidak ada yang melawanya, pemain berhak mengeluarkan kartu apa saja. Pemenangnya adalah:
1. Yang mengeluarkan Bom untuk melawan poker
2. Pemain yang kartunya habis duluan.
2. Samgong. Samgong adalah mengumpulkan kartu hingga berjumlah 30 maksimal dan minimal 25. Memerlukan insting dan feeling yang baik

3. Cangkulan, Permainan ini adalah bermain dengan adu skor. Seseorang menang jika kartunya habis. Pertama - tama setiap pemain dikasih kartu tujuh, sisanya disimpan di dek. Kartu yang pertama kali dikeluarkan adalah kartu yang ada di dek. Seseorang boleh mengeluarkan kartu jika daunya sama. Jika tidak, pemain harus mengambil kartu di dek sampai daunya ada sama. Kartu tertinggi yaitu As. diikuti King, Queen, dan Jack sampai kartu nomor 2. Penentuan daun kartu jika hasil sebelumnya pemain ada yang mengeluarkan nilai kartu tertinggi. Jika kartu di dek habis, orang yang tidak punya kartu dengan daun yang ditentukan harus mengambil kartu yang dikeluarkan pemain lain.
4. Pokeran, Permainan ini maksimal 4 orang, Kartu tertinggi adalah kartu nomor 2 (disebut poker), lalu diikuti As, King, Queen, Jack sampai kartu no 3. Pertama - tama, pemain akan dikasih karu oleh si pengocok. Istilah-Istilah di permainan ini:
a. Bom: Pemain memiliki 4 Kartu yang sejenis dan ini bisa jadi senjata ampuh untuk mengalahkan lawan yang punya poker 1. Jika dua poker, bom ini tidak berlaku kecuali jika punya bom 2.
b. Kartu 2: pemain mempunyai dua kartu yang sejenis
c. Kartu 3: pemain mempunyai tiga kartu yang sejenis.
d. Polo: Pemain menggabungkan kartu 3 sama kartu 2. tapi nilai kartu 3 harus lebih besar dari kartu no 2.
e. Kartu berurutan: Pemain memiliki kartu berurutan seperti 3, 4, 5 tapi dengang syarat daunya harus sama.
Cara permainanya adalah pemain mengeluarkan kartu terkecil dan dilawan dengan kartu yang lebih besar. Untuk melawanya harus dengan kartu yang jumlahnya sama kecuali Bom melawan poker. jika tidak ada yang melawanya, pemain berhak mengeluarkan kartu apa saja. Pemenangnya adalah:
1. Yang mengeluarkan Bom untuk melawan poker
2. Pemain yang kartunya habis duluan.
Quote:
Original Posted By farahiskndr►kayaknya ada bbrp permainan kartu remi yg blm disebutin deh. di sma gue pas kartu yg paling booming ya capsa, sevenan, sama 21.
1. capsa : hampir sama kyk poker, 4pemain trus ada bbrp istilahnya
-liong: 12kartu dobel2 dan cuma satu kartu yg beda (gak usah maen casciscus lgsg menang)
-capsa: kartu berurutan dr 2-3-4-5- sampe as ada semua(lgsg menang jg)
-flush: 5kartu yg beda2 tp bentuk kartu sama (semuanya kotak/semuanya hati)
-royal: 5kartu berurutan dr 10, jack, queen, king, as
-lupa namanya -,- 4kartu sama (kartu angka 6semua) dan 1kartu tmbhan (biar genep lima coy)
-straight: kartu berurutan (contohnya 3,4,5,6,7)
-triple
-double
2. sevenan itu ngurutin angka kartu dr yg dikeluarin pertama angka 7. terserah mau ngurutin dr bawah atau dr atas. kalo seumpama paa giliran elu lu gabisa ngeluarin kartu urutannya, ya hrs tutup kartu. ntar diitung poin dr kartu yg ditutup, makin bnyk poin kalah.
3. 21 permainan matematika sdrhana. ntar dikeluarin 4kartu (tp sblmnya kartu yg bergambar kyk jack queen king joker harus out dulu) dan kita harus bikin perhitungan sdrhana (plus, bagi, kali, tambah) di angka dr 4kartu. 1 kartu 1 kali itungan, gak >21 kalo jauh dr angka 21 dy kalah
1. capsa : hampir sama kyk poker, 4pemain trus ada bbrp istilahnya
-liong: 12kartu dobel2 dan cuma satu kartu yg beda (gak usah maen casciscus lgsg menang)
-capsa: kartu berurutan dr 2-3-4-5- sampe as ada semua(lgsg menang jg)
-flush: 5kartu yg beda2 tp bentuk kartu sama (semuanya kotak/semuanya hati)
-royal: 5kartu berurutan dr 10, jack, queen, king, as
-lupa namanya -,- 4kartu sama (kartu angka 6semua) dan 1kartu tmbhan (biar genep lima coy)
-straight: kartu berurutan (contohnya 3,4,5,6,7)
-triple
-double
2. sevenan itu ngurutin angka kartu dr yg dikeluarin pertama angka 7. terserah mau ngurutin dr bawah atau dr atas. kalo seumpama paa giliran elu lu gabisa ngeluarin kartu urutannya, ya hrs tutup kartu. ntar diitung poin dr kartu yg ditutup, makin bnyk poin kalah.
3. 21 permainan matematika sdrhana. ntar dikeluarin 4kartu (tp sblmnya kartu yg bergambar kyk jack queen king joker harus out dulu) dan kita harus bikin perhitungan sdrhana (plus, bagi, kali, tambah) di angka dr 4kartu. 1 kartu 1 kali itungan, gak >21 kalo jauh dr angka 21 dy kalah
Spoiler for Gapleh:
Gapleh

Gambat ngambil dari gugel

Gambat ngambil dari gugel
Permainan ini biasanya ketika istirahat karena alasanya sama seperti kartu remi. Kartu gapleh terdiri dari 28 kartu. Setiap kartu terdapat dua sisi angka dari 0-6. Dalam permainan gapleh biasanya terdiri dari 4 orang pemain yang satu pemainya di beri 7 kartu. Di kartu gapleh ada yang namanya BALAK, yaitu satu kartu yang mempunyai angka kembar di dua sisi. Contohnya: 0-0,1-1,2-2,3-3 dll. Di awal permainan biasanya dikeluarkan 1-1 lalu dilanjutkan menyusun kartu mengikuti kartu yang ada di meja. Contohnya: 1-1,1-3,3-4,4-5 dan seterusnya sampai ada salah satu pemain yang kartunya habis.Kalo ternyata angka kartu di meja yang harus diisi tidak ada angkanya di kartu tangan kita maka kita lewat dan lanjut pada pemain berikutnya. Bila sudah ada yang habis maka diadakan perhitungan. Perhitunganya siapa yang paling besar dia yang kalah, dan biasanya yang kalah tersebut harus mengocok kartu.
Penjelasan diatas itu simpelnya dalam bermain gapleh. Tapi didalam permainan menyusun angka dalam gapleh terdapat taktik dan teknik tersendiri agar kartu ditangan bisa habis ataupun mengkalah kan teman yang ada di sebelah kita. Bermain gapleh tidak sama seperti bermain bola yang hanya fokus pada gawang. Dalam gapleh tiap putaran maka akan beda konsep permainan. Jadi beda kartu, beda tujuan pula. Bila anda belum mengerti akan saya jelaskan secara lebih mendetail sebentar lagi. Beberapa peraturan umum dalam bermain gapleh:
Quote:
1. 4 orang pemain gapleh.
2. Setiap pemain diberi 7 kartu.
3. Bila ada salah satu pemain yang mempunyai minimal 5 balak maka dilakukan pengocokan ulang.
4. Penyusunan kartu dilakukan secara giliran dan berurutan , biasanya mengikuti arah jarum jam.
5. Bila saat giliran angka kartu di tangan tidak ada yang cocok dengan angka kartu di meja maka pemain tersebut di lewat dan giliran pemain berikutnya.
6. Penyusunan kartu dilakukan sampai ada pemain yang kartunya habis dan game harus stop bila sudah ada salah satu pemain yang kartunya habis dan langsung di adakan perhitungan angka kartu masing-masing pemain yang kartunya masih tersisa. (yang dihitung jumlah angkanya bukan jumlah kartunya)
7. Pemain yang memiliki jumlah angka kartu yang paling besar itulah yang kalah dan diharuskan mengocok dan membagikan kartu lagi ke para pemain.
8. Pemain yang kartunya habis dialah yang menang.
9. Pemain yang di game sebelumnya habis kartunya memulai game dengan mengeluarkan kartu pertama-pertama sesuka hatinya.
10. Kartu awal yang dikeluarkan oleh pemain yang menang pada game sebelumnya tidak boleh balak 6 dan balak kosong.
2. Setiap pemain diberi 7 kartu.
3. Bila ada salah satu pemain yang mempunyai minimal 5 balak maka dilakukan pengocokan ulang.
4. Penyusunan kartu dilakukan secara giliran dan berurutan , biasanya mengikuti arah jarum jam.
5. Bila saat giliran angka kartu di tangan tidak ada yang cocok dengan angka kartu di meja maka pemain tersebut di lewat dan giliran pemain berikutnya.
6. Penyusunan kartu dilakukan sampai ada pemain yang kartunya habis dan game harus stop bila sudah ada salah satu pemain yang kartunya habis dan langsung di adakan perhitungan angka kartu masing-masing pemain yang kartunya masih tersisa. (yang dihitung jumlah angkanya bukan jumlah kartunya)
7. Pemain yang memiliki jumlah angka kartu yang paling besar itulah yang kalah dan diharuskan mengocok dan membagikan kartu lagi ke para pemain.
8. Pemain yang kartunya habis dialah yang menang.
9. Pemain yang di game sebelumnya habis kartunya memulai game dengan mengeluarkan kartu pertama-pertama sesuka hatinya.
10. Kartu awal yang dikeluarkan oleh pemain yang menang pada game sebelumnya tidak boleh balak 6 dan balak kosong.
Peraturan tambahan:
Quote:
1. Bila balak 6 atau balak 0 mati maka pemain itu yang mutlak kalah.
*Maksud mati disini adalah balak 6 masih ada ditangan pada saat game sudah selesai dan di setiap pemain tidak mempunyai kartu yang berisi angka 6 lagi, begitu pula dengan balak 0 .
2. Bila kedua ruas kartu menunjukan angka yang sama misalnya angka 5 dan 5, dan setiap pemain tidak mempunya kartu dengan angka 5 lagi ditangan maka disebut "GAPLEH" dan permainan stop. (Biasanya langsung diadakan perhitungan
*Maksud mati disini adalah balak 6 masih ada ditangan pada saat game sudah selesai dan di setiap pemain tidak mempunyai kartu yang berisi angka 6 lagi, begitu pula dengan balak 0 .
2. Bila kedua ruas kartu menunjukan angka yang sama misalnya angka 5 dan 5, dan setiap pemain tidak mempunya kartu dengan angka 5 lagi ditangan maka disebut "GAPLEH" dan permainan stop. (Biasanya langsung diadakan perhitungan
Sumber
Spoiler for Karambol:
Karambol
Quote:
Karambol adalah permainan meja yang dapat dianggap sebagai modifikasi dari keluarga permainan biliar. Di dunia, permainan ini dikenal dengan banyak nama, seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards ("biliar jari"). Permainan ini berasal dari India dan menyebar luas ke berbagai negara lainnya pada tahun 1970-an.
Berbeda dari permainan meja lainnya, karambol tidak memakai stik untuk menggerakkan bola. Permainan ini menggunakan cakram kecil alih-alih bola. Penggeraknya adalah jari tangan yang disentilkan pada cakram sehingga mengenai cakram sasaran.
Karambol adalah permainan rakyat, baik di India maupun berbagai negara tetangganya (termasuk Indonesia) yang dapat dijumpai dimainkan orang di tepi jalan atau di tempat-tempat orang berkumpul. Kompetisi karambol biasa diadakan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia di kampung-kampung.
Sumber
Spoiler for Catur:
Catur

Gambar ngambil di gugel

Gambar ngambil di gugel
Catur adalah permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.
Ketentuan:
Quote:
Pengaturan
Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.
Gerakan
Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Setiap langkah hanya boleh menggerakkan satu bidak saja (kecuali untuk rokade di mana ada dua bidak yang digerakkan). Bidak dipindahkan ke petak kosong, ataupun yang ditempati oleh bidak lawan, yang berarti menangkapnya dan memindahkan bidak lawan dari permainan. Ada pengecualian, yaitu untuk gerakan en passant.
Setiap bidak catur memiliki gerakan yang unik sebagai berikut:
Raja dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan sebuah benteng.
Benteng dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain. Seperti yang telah di atas, benteng terlibat dalam gerakan rokade.
Gajah dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain.
Ratu memiliki gerakan kombinasi dari Benteng dan Gajah.
Kuda memiliki gerakan mirip huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Kudalah satu-satunya bidak yang dapat melompati bidak-bidak lain.
Pion dapat bergerak maju (arah lawan) satu petak ke petak yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, pion dapat bergerak maju dua petak. Pion juga dapat menangkap bidak lawan secara diagonal, apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion memiliki dua gerakah khusus, yaitu gerakan menangkap en passant dan promosi.
Skak
Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan menangkap bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak.
Akhir Permainan
Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak.
Sumber
Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.
Gerakan
Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Setiap langkah hanya boleh menggerakkan satu bidak saja (kecuali untuk rokade di mana ada dua bidak yang digerakkan). Bidak dipindahkan ke petak kosong, ataupun yang ditempati oleh bidak lawan, yang berarti menangkapnya dan memindahkan bidak lawan dari permainan. Ada pengecualian, yaitu untuk gerakan en passant.
Setiap bidak catur memiliki gerakan yang unik sebagai berikut:
Raja dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan sebuah benteng.
Benteng dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain. Seperti yang telah di atas, benteng terlibat dalam gerakan rokade.
Gajah dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain.
Ratu memiliki gerakan kombinasi dari Benteng dan Gajah.
Kuda memiliki gerakan mirip huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Kudalah satu-satunya bidak yang dapat melompati bidak-bidak lain.
Pion dapat bergerak maju (arah lawan) satu petak ke petak yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, pion dapat bergerak maju dua petak. Pion juga dapat menangkap bidak lawan secara diagonal, apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion memiliki dua gerakah khusus, yaitu gerakan menangkap en passant dan promosi.
Skak
Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan menangkap bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak.
Akhir Permainan
Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak.
Sumber
Sekian dari ane, maaf kalau ada salah kata ya gan. Sumber sebagian besar adalah pengalaman ane dan diketik sendiri. Yang nyomot dari blog orang udah ane tandai hyperlink sumber. Kalau kaskuser punya permainannya sendiri, tolong jelaskan cara mainya nanti ane taro pejwan sebagai tambahan
Quote:
Original Posted By maiser07►Kirain tread begini udah pernah HT yahh #cmiiw
Makasih diingatkan, sebenarnya ni trit ada kesamaan dengan trit di bawah ini
Trit terkait Trit ini membahas permainan yang bisa dilakukan dua orang dan medianya tidak terlalu besar seperti ABC 5 Dasar, Catur Jawa, dll
Diubah oleh mochamaal 31-12-2013 04:26
0
112.2K
Kutip
1.5K
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan