KASKUS

Filipina Darurat Bencana Karena Topan Haiyan Yang Dahsyat (UPDATE PIC)

Selamat Datang di Thread milik :




Insyaalloh, akan ane selalu apdate terus beritanya dari CNN, BBC, dan kompas gan, jika ada waktu. Ane beneran aware sama bencana ini. Jadi keingetan tsunami Aceh 2004.
Baca trit ane yang lain : Analisis : Mengapa Badai Haiyan Yang Menghantam Filipina Begitu Dahsyat
  1. Update hari Senin di Post 1 Sumber : BBC, Fox News, Aljazeera
  2. Update hari selasa di Post 14 (Link) Live Update dari : CNN, BBC, Kompas
  3. Update hari rabu di Post 14 (Link) Live Update dari Manila Times, Philipina Star, dan CNN

Update Hari Senin, 11 Nopember 2013
Quote:Dikutip dari BBC News link SUMBER

Filipina Darurat Bencana Nasional, 10.000 orang diperkirakan tewas

Presiden Beniqno Aquino mengumumkan negara dalam keadaan darurat bencana untuk mempercepat pemulihan keadaan dan melakukan pertolongan pada para rakyatnya yang menjadi korban bencana ini . Provinsi yang paling terkena dampak topan adalah propinsi Leyte dan Samar. Gedung-gedung hancur dan banyak korban yang meninggal diakibatkan oleh topan yang dahsyat ini. Ribuan korban sedang menunggu bantuan dan uluran tangan para relawan. Diperkirakan 10.000 orang kehilangan nyawa akibat badai ini. Kota yang paling hancur akibat terjangan badai topan haiyan adalah kota Tacloban. Sampai berita ini dilaporkan oleh reporter BBC, pada senin 11 November 2013, belum terlihat operasi pertolongan bagi para korban. Dia berharap bantuan akan segera datang dalam beberapa hari kedepan.
Foto dari BBC.CO.UK


Survivor di Tacloban


Mengantri Bantuan di Tacloban Airport
Spoiler for Foto-foto lain (Sumber : bbc.co.uk):


Lebih dari 9 juta penduduk Filipina terkena dampak dari badai Topan Haiyan. Mereka yang saat ini membutuhkan air minum, shelter, dan makanan. Saat ini bantuan internasional sudah mengalir ke Filipina. Para tim SAR sedang berusaha menjangkau titik bencana yang terisolasi sejak terjadinya bencana. Tentara-tentara Filipina bersama marinir AS telah diterjunkan untuk mendistribusikan makanan dan air minum ke Tacloban. Juru bicara militer Filipina mengatakan bahwa korban meninggal yang telah terdata sebanyak 942 orang dan akan terus bertambah. 660.000 orang rakyat Filipina telah mengungsi, dan sekitar 9,8 juta penduduk Filipina menjadi korban dari bencana ini. Sekjen PBB urusan kemanusiaan, John Ging, saat ini sedang menuju Fhilipina untuk meninjau langsung proses pemulihan pasca bencana. Salah satu prioritas PBB saat ini adalah segera menguburkan mayat-mayat untuk mencegah penyebaran penyakit di wilayah yang diterjang oleh bencana topan ini.

Badai telah diprediksi tapi pihak otoritas setempat gagal untuk mengantisipasi dampak dari kekuatannya

Badai ini telah diprediksi akan menghantam Filipina sehingga beberapa orang mempertanyakan apakah pihak pemerintah tidak mempersiapkan langkah-langkah darurat untuk menghadapi badai topan ini?
Pihak pemerintah menyatakan telah mengevakuasi rakyatnya sebelum topan datang, tetapi banyak tempat evakuasi yang disiapkan pemerintah Filipina seperti sekolah, gereja, dan gedung-gedung pemerintahan tidak dapat menahan terjangan topan haiyan. Badai topan haiyan ini menerjang daratan dengan kecepatan angin 235 Km/jam dan kecepatan angin pada pusat badai hingga mencapai 275 Km/jam.

Bantuan Internasional (International aid) (data sementara)
  • Australia: Aus$10m ($9.4m; £5.8m), including medical personnel
  • China: $200,000 (£125,000)
  • European Commission: 3m euros (£2.5m; $4m)
  • Indonesia: Aircraft, personnel, drinking water, food, generators, medicine
  • Japan: 25 emergency medical personnel
  • New Zealand: NZ$2.15m (£1.1m)
  • Taiwan: $200,000
  • UK: £6m ($9.6m) non-food aid package
  • UN central emergency relief fund: $25m
  • US: 90 marines and sailors; emergency food, water, shelter and hygiene materials
  • Vietnam: $100,000

----------------------------***-----------------------------------------------------------
Quote:Diambil dari Kompas.com link SUMBER

Sekuat Tsunami Aceh, Topan Haiyan Diduga Tewaskan 10.000 Orang



TACLOBAN, KOMPAS.com — Petugas penyelamat, Senin (11/11/2013), berjuang mencapai kota-kota dan desa yang hancur karena hantaman topan Haiyan di Filipina. Diperkirakan 10.000 orang tewas dan lebih dari 600.000 yang lain kehilangan tempat tinggal. Kekuatan topan disebut sedahsyat tsunami Samudera Hindia pada 2004.

PBB mengatakan, beberapa korban tidak punya makanan, air, dan obat-obatan. Operasi pemberian bantuan terhambat karena jalanan, bandara, dan jembatan hancur atau tertutup reruntuhan.

Presiden Filipina, Benigno Aquino, mengerahkan tentara ke kota yang hancur dari Tacloban, ibu kota provinsi Leyte, untuk menghentikan penjarahan. Dia pun menegaskan bakal memberlakukan hukum militer atau keadaan darurat untuk menjamin keamanan.

Topan Haiyan menghancurkan 70 hingga 80 persen dari struktur jalan di provinsi Leyte. "Seperti menyobek provinsi Leyte," ujar Kepala Kepolisian Inspektur Elmer Soria. Kekuatan empasan angin topan yang membawa serta gelombang laut setinggi lebih dari 10 meter diperkirakan sama kuatnya dengan tsunami 2004 yang meluluhlantakkan Aceh di Indonesia, dan beberapa negara lain.

"Dari helikopter, Anda dapat melihat sejauh mana kerusakan. Dari pantai dan bergerak beberapa kilometer ke pedalaman, tidak ada struktur berdiri. Rasanya seperti tsunami," kata Menteri Dalam Negeri Filipina Manuel Roxas. "Saya tidak tahu bagaimana untuk menggambarkan apa yang saya lihat. Ini mengerikan."

Pemerintah Filipina dan badan bencana belum mengonfirmasi perkiraan terbaru dari jumlah kematian akibat badai dengan kecepatan 313 kilometer per jam dan embusan angin berkecepatan 378 kilometer per jam.

Soria, mengutip pejabat lokal, mengatakan, korban tewas diperkirakan mencapai 10.000 orang. Jumlah itu masih bisa bertambah lagi bila tim penyelamat bisa menjangkau desa-desa terpencil di sepanjang tepi pantai yang dihajar Haiyan.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan, 620.000 orang diketahui mengungsi dan 9,5 juta warga lain terpengaruh topan ini di Filipina. Di Tacloban saja, sebuah kuburan massal sudah menguburkan 300 sampai 500 mayat. Sekitar 300 orang tewas di provinsi tetangga Samar. Demikian kata seorang pejabat dari badan bencana provinsi.

Di Tacloban, warga yang selamat harus berjalan hati-hati di sela puing untuk mencari para korban lain, atau keluarga dan harta yang yang bisa diselamatkan. Tidak satu bangunan pun terlihat lolos dari kerusakan di kota pesisir berpenduduk 220.000 orang di 580 kilometer tenggara Manila ini.

----------------------------***-----------------------------------------------------------
Quote:Diambil dari Kompas.com http://internasional.kompas.com/read...m.Lewat.Bitung

Bantuan PMI untuk Filipina Segera Dikirim Lewat Bitung

SYDNEY, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia akan turun membantu para korban bencana topan Haiyan di Filipina. Bantuan akan dikirim melalui pelabuhan di Bitung, Sulawesi Utara.

"Hal yang dibutuhkan segera adalah pemukiman sementara, makanan dan minuman, obat-obatan, serta sarana air bersih dan sanitasi," ujar Ketua PMI Jusuf Kalla seusai bertemu Ketua Relawan Palang Merah Filipina Corazaon Alma G De Leon, di Sydney, Australia, Senin (11/11/2013). Mereka bertemu di sela pertemuan terbatas Ketua Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se-Dunia.

Bitung dipilih sebagai titik pemberangkatan bantuan karena lokasinya paling dekat dengan kawasan yang terlanda topan di Filipina. Bantuan yang dikirimkan menggunakan kapal dari pelabuhan di Bitung, didatangkan dari Gudang Regional PMI Sulawesi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kalla mengatakan para relawan PMI sudah berpengalaman membantu para korban bencana, khususnya untuk menangani penyediaan air bersih dan sanitasi. Mereka sudah berpengalaman membantu penanganan bencana seperti di Myanmar, Kamboja, Haiti, dan FIlipina.

Kalla juga berencana mendatangi langsung lokasi bencana bersama delegasi PMI. Berdasarkan pengalaman saat badai Bopha melanda Filipina pada 2012, bantuan yang dikirimkan dari pelabuhan Bitung akan butuh satu hari untuk sampai ke lokasi bencana di Filipina. Badai Haiyan meluluhlantakkan beberapa kawasan di Filipina pada akhir pekan lalu.

Dikhawatirkan korban dari topan ini bisa mencapai 10.000 korban tewas. Sebagai gambaran, provinsi Leyte luluh lantak dengan hampir semua bangunan tak bersisa tersapu angin.
--------------------------***------------------------------------------------
Tambahan Gambar dari aljazeera (Link Sumber) dan Fox News (Link Sumber)

Meratakan daerah pesisir Tacloban
Spoiler for Gambar dari Fox News:

Spoiler for gambar-gambar dari Aljazeera:

--------------------------***------------------------------------------------
Video nya gan

--------------------------***------------------------------------------------
PENTING !
Mari kita doakan agar saudara-saudara kita di Filipina yang menjadi korban selamat dapat segera pulih dan bersabar atas kehilangan kerabat mereka. Dan juga kita doakan agar korban meninggal di ampuni semua dosa dan diterima semua amalnya

Sori kalo repost.... ane cuma mau update berita bencana dahsyat ini yang dialami saudara kita di Filipina

Update di Post 14 (Link)
ente keduluan gan, ada yang udah bikin trit http://www.kaskus.co.id/thread/52812...-topan-haiyan/

but makasih info nya gan, semoga masyarakat fhilipine yang terkena bencana diberi ketabahan.. aminn

btw ane PERTAMAX
Waduh
kasian banget punah ranah
hancur minah
Quote:Original Posted By clusternobitaa
ente keduluan gan, ada yang udah bikin trit http://www.kaskus.co.id/thread/52812...-topan-haiyan/

but makasih info nya gan, semoga masyarakat fhilipine yang terkena bencana diberi ketabahan.. aminn

btw ane PERTAMAX


iya gan, trims diingetin. Cuma beda sumber dan waktu berita gan..... Ini update berita setelah operasi evakuasi dilakukan. Lagian nggak apa-apa gan... ane cuman mau ngajak para kaskuser biar mau mendoakan para korban. Makin banyak thread yang ngangkat berita ini di kaskus, makin banyak kaskuser yang tahu dan makin banyak yang mendoakan.
Berduka ane gan semoga buat keluarga yg di tinggalkan di eri ketabahan yaa
wiiih 10000 orang diperkirakan meninggal....

dahsyat kayak tsunami aceh berarti gan... cuma beritanya di Indonesia masih belum santer.... kalah sama berita atut

Semoga para korban selamat diberi kesabaran dan kekuatan...

turut berduka cita

Semoga Filipina cepet pulih gan...
Oh ya, semoga jadi HT... biar kaskuser banyak yang tau
pray for philipine
semoga filipina cepet pulih dan ga sampe indo deh bencananya..
turut berduka
GOD Bless Filipina

[UPDATE] PBB: Perkiraan 10.000 Tewas di Filipina Baru dari Satu Kota Saja

Update hari selasa, 12 Nopember 2013


TACLOBAN, KOMPAS.com — PBB memperingatkan kemungkinan terburuk dari bencana topan Haiyan yang mengempas Filipina pada akhir pekan lalu. Korban tewas minimal 10.000 orang, dikhawatirkan baru angka dari satu kota saja.

PBB mengingatkan pula, operasi mulai Selasa (12/11/2013) harus lebih difokuskan pada upaya penyelamatan. Pemerintah Filipina sudah mengumumkan darurat nasional akibat musibah ini. Keputusasaan pun mulai terasa di Filipina, empat hari setelah topan Haiyan meluluhlantakkan sebagian wilayah negara tersebut, dengan mayat bertebaran di daerah kritis.

Pasukan marinir Amerika Serikat sudah bergabung dalam upaya mati-matian untuk menemukan dan membantu korban selamat yang terancam kelaparan. Seluruh upaya pencarian dikerahkan ke semua area yang rata oleh supertopan Haiyan, untuk mendapatkan korban yang tak lagi punya makanan, air, ataupun obat-obatan.

PBB pun menyatakan, Senin (11/11/2013), jumlah korban dengan cepat meningkat. "Kami memperkirakan yang terburuk. Sepertinya kita akan mendapatkan lebih banyak lagi korban dan melihat ini sebagai tragedi seiring semakin banyaknya korban tewas yang ditemukan," ujar salah satu petugas kemanusiaan PBB, John Ging.

Ging belum dapat memberikan angka perkiraan jumlah korban. Namun dalam konferensi pers di markas PBB di New York, Amerika Serikat, dia mengatakan saat ini sudah lebih dari 10.000 orang.

Kepala Kemanusiaan PBB Valerie Amos mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pejabat Filipina memperkirakan 10.000 orang sudah tewas dalam bencana topan ini. "Di satu kota saja," tekan dia, merujuk Tacloban, ibu kota provinsi Leyte, Filipina. Dengan terus meningkatnya angka korban, PBB menyerukan bantuan internasional untuk Filipina dikerahkan pada Selasa (12/11/2013).

Sumber


----------------------***----------------------------------------------------------
UPDATE jumlah korban
Senin, 11 Nopember 2013 - Jumlah korban terdata 942 meninggal
Selasa, 12 Nopember 2013 - Jumlah korban terdata 1.744 meninggal
Rabu, 13 Nopember 2013 - Jumlah korbab terdata 2.275 meninggal
kamis, 14 Nopember 2013 - jumlah korban terdata 4.466 meninggal
---------------------***------------------------------------------------------------
[UPDATE] Kesedihan Para Pekerja Filipina di Luar Negeri yang Kehilangan Keluarganya Sumber : CNN
Filipina adalah salah satu negara yang mengirim tenaga kerjanya ke luar negeri, murut kementerian tengaga kerja, ada 217 negara tujuan pekerja migran tersebut. Jumlah pekerja terbanyak ada di Amerika Serikat (3,6 juta pekerja), Arab Saudi (1,6 juta pekerja), dan Kanada (850.000 pekerja).

Di UAE, Naincy Bu Yono kaget dan cemas saat dirinya mendengar badai menerjang wilayah kampung halamannya di Tacloban. Dia telah kehilangan ibu dan 2 anak perempuannya, yang berumur 8 dan 22 tahun. "Komunikasi terkahir ku dengan anak tertuaku pada hari jumat jam 1 siang, melalui whats up" tutu Naincy. "Ibu , aku takut karena badainya sangat kuat" Begitu pesan yang dikirimkan anaknya. Naincy saat ini sedang berada di Kedutaan Besar Filipina. Dia adalah salah satu pekerja Filipina diantara 680.000 pekerja migran di negara itu. Dia akan meninggalkan negara itu untuk pulang ke Filipina mencari anak perempuanya nya.

Beberapa pekerja lain masih beruntung, dari London, iReporter David Amstrong berusaha menghubungi dan mengirim pesan kepada istrinya di Ormoc, Filipina. Akhirnya ia berhasil menghubungi istrinya, hanya saja anggota keluarga yang lain masih hilang belum ditemukan. "Mereka menderita sakit perut karena meminum air yang tidak layak untuk diminum" begitu kisah yang diceritakan istrinya. Kota Ormoc mengalami kerusakan parah hingga 90%, bank, rumah sakit, supermarket, dan bangunan-bangunan yang ada di kota sudah hancur karena badai. Tidak ada ATM yang bisa digunakan walaupun ada beberapa penjual makanan yang berjualan di pinggir jalan. Tetapu bagaimanapun juga, mereka tidak dapat membeli makanan itu karena tidak mempunyai uang cash. Istri david juga menceritakan bahwa listrik masih mati dan diperkirakan baru aktif bulan Januari karena badai sudah menghancurkan jaringan listrik di seluruh pulau.
------------------------------------***-------------------------------------------------------
Belum Selesai Haiyan, Topan Zoroida Menerjang sumber : CNN

Setelah ditejang badai yang yang setidaknya menghantam daratan sebanyak 8 kali dan menyebabkan 800.000 orang mengungsi. Para relawan masih berusaha menolong para korban bencana alam, tetapi mereka harus lagi menerima terjangan badai topan Zoroida. Badai ini tidak terlalu kuat tetapi menyebabkan hujan di beberapa tempat. Setidaknya ada satu lokasi yang terdampak karena dihantam oleh badai ini yaitu provinsi Ilolio. Beberapa penerbangan perintis di batalkan karena alasan keselamatan. Selain itu Zoroida juga membuat operasi bantuan udara di daerah-daerah yang terkena bencana menjadi terhambat, meskipun pesawat-pesawat militer tetap berusaha untuk melanjutkan operasi penyelamatan di daerah-daerah bencana.

Surveyor Geologi dari amerika serikat juga melaporkan adanya gempa 4,8 skala richter yang mengguncang daerah San Isdiro pada hari Selasa. Ketika malam tiba, penerbangan akan terganggu karena kegelapan yang masih terjadi akibat suplai listrik yang belum pulih. Pilot tidak akan dijinkan untuk mendarat kecuali lampu runaway bandara menyala. Menurut otoritas setempat, pemulihan jaringan listrik akan memakan waktu berbulan-bulan. Kapal dan truk masih terus beroperasi untuk melakukan distribusi makanan dan menyelamatkan korban. Tetapi jalur transportasi, terutama di darat masih sangat sulit dilalui akibat rumah, pohon-pohon, dan tumpukan puing yang menutupi jalanan. Untuk membersihkan jalur-jalur distribusi dibutuhkan mesin-mesin besar. Hal ini harus dilakukan segera karena bantuan kemanusiaan saat ini masih menumpuk di bandara-bandara.

Para Korban Sudah Mulai Putus Asa

Lebih dari 2 juta orang membutuhkan makanan. Pihak pemerintah menyatakan, lebih dari 300.000 diantaranya adalah ibu hamil dan ibu-ibu muda. Tomo Hazoumi, perwakilan UNICEF mengatakan bahwa saat ini para korban di area bencana sangat membutuhkan makanan, air minum, shelter, dan peralatan sanitasi dan ini belum dapat di pasok karena jalur transportasi yang terputus. Menurutnya saat ini situasi di lapangan sangatlah mengerikan. Kekurangan pasokan makanan dan air minum menyebabkan para korban selamat kelaparan dan putus asa.

Mayat di mana-mana

Mayat-mayat bergelimpangan dimana-mana. "Kita menemukan mayat dimana, di air, di jembatan, di jalanan" Kata Richard Gordon, Kepala Palang Merah Filipina. Para relawan banyak menemukan mayat yang mengambang di sungai-sungai. Beberapa mayat ditutupi dengan penutup sedanya, sebagian lagi dibiarkan dibawah sinar matahari. Banyak juga mayat yang tak terlihat jelas karena berada berada diantara tumpukan puing-puing yang terlihat sejauh mata memandang. Dan beberapa terkubur dalam runtuhan puing puing....

Quote: sedih gan, ane baca berita ini di CNN
----------------------------------------------------******-----------------------------------------
Update hari rabu, 13 Nopember 2013



Where Is The Food Sumber : Manila Times
Para korban badai Yolanda merasa shock dan kaget akan dahsyatnya bencana yang mereka alami. Mereka mulai putus asa karena pasokan air dan makanan tidak kunjung tiba. Empat hari setelah bencana, mereka mengatakan bahwa belum menerima bantuan dari pemerintah. Mayat-mayat masih berserakan di jalanan dan belum dievakuasi menambah trauma para korban yang selamat. Ratusan orang berdesakan di bandara Tacloban, berharap dapat diangkut untuk mengungsi ke daerah lain yang tak terkena bencana.

Keterbatasan alat dan relawan untuk melakukan penyelamatan dan menyalurkan bantuan makanan, minuman, obat-obatan, dan sehlter telah membuat para korban selamat menjadi putus asa.

"Tidak ada yang tersisa bagi kami disini, semua sudah hilang terbawa badai, kita tidak punya uang, kita tidak punya dokumen, paspor, rapor sekolah" Kata Carol Mampas, 48 tahun, yang saat itu sedang mengungsi di bandara Tacloban bersama anaknya yang sedang gelisah.

"TOlong.. tolong katakan pada pihak berwenang, mana makanan, mana minuman, mana pihak militer yang mengevakuasi mayat-mayat" ucapnya lagi

Ditengah terjangan hujan deras pada malam hari yang menerjang Tacloban, dan badai susulan di selatan yang mengamuk membuat putus asa para korban selamat.

Jurnalis dari AFP menggambarkan kota Tacloban seperti kota hantu, tanpa listrik dan mayat-mayat bergelimpangan di jalanan. Polisi mengatakan terjadi penjarahan di toko-toko untuk mengambil makanan yang dipimpin oleh tokoh lokal setempat. Sementara konvoi bantuan makanan dikawal oleh tentara untuk menghindari serangan dan penjarahan dari pihak-pihak pemberontak yang ada di wilayah Filipina.

-----------------------****------------------------------------------------------------------------

Kebijakan Pembekuan Harga di Daerah Bencana Sumber : Philipina Star
Pemerintah Filipina mengeluarkan kebijakan untuk membekukan harga didaerah bencana untuk mencegah kenaikan harga pangan di Daerah bencana. Kebijakan ini berlaku selama 60 hari, dan bisa diperpanjang jika Presiden Beniqno Aquino menghendaki perpanjangan waktu. Kebijakan ini berlaku untuk area-area yang terkena bencana yaitu Kotamadya Coron, Palawan, Baco, Calapan dan Naujan di Oriental Mindoro, Kota Ormoc and Tacloban di Leyte, Provinsi Iloilo, Antique, Capiz dan Negros Orienta. Daftar harga akan di rilis hari selasa atau hari rabu.

Harga-harga yang dibekukan adalah harga beras, jagung, roti, dan ikan baik dalam bentuk segar, kering, atau kalengan, daging babi, daging sapi, daging unggas, telur, buah-buahan, umbi-umbian, gula, kopi, minyak makan, garam, sabun mandi, sabun cuci, kayu bakar, arang, permen, dan obat-obatan yang diklasifikasikan sebagai obat yang esensial oleh departemen kesehatan. Pelaksanaan pembekuan harga akan di awasi oleh departemen perdagangan dan industri Filipina.

Sekretaris urusan perdagangan, Gregory Domingo mengatakan tidak ada masalah dengan stok makanan kecuali jalur transportasi dan distribusi yang rusak. Tantangan terbesar adalah bagaimana menyalurkan dan melakukan manajemen transportasi yang baik di tengah bencana.

Sedangkan kepala asosiasi pabrik makanan Filipina, Edit de Leon, mengatakan anggota nya siap untuk kembali memproduksi makanan yang dibutuhkan rakyat. "Bertahun-tahun kita selalu mengalami bencana karena badai Yolanda, tetapi anggota kami siap untuk itu. Kami mempunyai stok persediaan di gudang kami" Lanjut Edir de Leon.

STeven Cua, Ketua asosiasi supermarket Filipina mengatakan, anggota nya akan segera membuka toko-toko mereka hari ini setelah beberapa hari tutup karena badai. Walaupun belum ada aliran listrik, mereka akan menyalakan generator listrik milik mereka untuk kebutuhan operasional.
----------------------------****--------------------------------------------------------------
Kesimpulan hingga hari ini masalah utama adalah jalur distribusi logistik yang rusak. Sedangkan stok makanan dikatakan cukup. Seharusnya mulai digunakan helikopter sebagai alternatif distribusi logistik untuk daerah-daerah yang terisolasi. Seperti di Aceh dulu.
---------------------------------***-----------------------------------------------------------
Gambar Tambahan dari CNN Sumber : CNN

Jalanan Putus
Spoiler for gambar lainnya di spoiler ya:

turut berduka cita gan... banyak juga korban ny...
Turut berbela sungkawa semoga para koran diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan O
Kasian korban" nya gan , semoga para korban tewas di trima amalnya ibadahnya,,, Amien...
mudah2an cepet selesai dan yang ditinggalkan d beri ketabahan ya....
ini udah bolak balik di siarin di tv kok gan
Quote:Original Posted By methampetamine
ini udah bolak balik di siarin di tv kok gan


berarti ane jarang liat TV

#Pray for Philipines