- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengapa Mesin Mobil Yang Mati di Rel Kereta Api Sulit Menyala Kembali?
TS
hendrayanka
Mengapa Mesin Mobil Yang Mati di Rel Kereta Api Sulit Menyala Kembali?
Quote:
Sekedar Berbagi, Moga Bermanfaat dan Dijamin Ga Repost
Spoiler for Bukti No Repsol:
HT KE DUA
MAKASIH MOMOD DAN KASKUSKER YANG SUDAH MAMPIR DI THREAD ANE
Mengapa Mesin Mobil Yang Mati di Rel Kereta Api Sulit Menyala Kembali?
MAKASIH MOMOD DAN KASKUSKER YANG SUDAH MAMPIR DI THREAD ANE
Spoiler for HT #2:
Mengapa Mesin Mobil Yang Mati di Rel Kereta Api Sulit Menyala Kembali?
Yang pertama ane mau share beberapa gambar kecelakaan kereta api yang pernah terjadi, gambarnya ane ambil dari mbah Gugel aja
Spoiler for Kecelakaan KA vs Mobil:
Spoiler for KA vs Mobil di Cirebon:
Spoiler for KA vs Bus di padang:
Satu lagi gan....
Spoiler for KA vs Mobil di Jatim:
Quote:
Dari gambar yang ane share, ternyata ada beberapa faktor yang membuat terjadinya kecelakaan antara Mobil dan Kereta Api tersebut. Bisa karena Kelalaian Manusia atau Kesalahan Sarana (hal ini yang akan ane share di mari).
Sering terdengar berita mengenai kendaraan yang tiba-tiba macet di atas rel kereta api. Tentu saja tabrakan tak imbang akan terjadi dan hal tersebut akan membawa petaka besar bagi pengendara mobil/motor. Banyak orang yang mengatakan bahwa faktor kecelakaan di rel ketika kendaraan mati adalah gugupnya pengendara ketika berada di atas rel. Tapi ternyata pernyataan itu disanggah oleh beberapa orang. Terutama dari “ahli”.
Sering terdengar berita mengenai kendaraan yang tiba-tiba macet di atas rel kereta api. Tentu saja tabrakan tak imbang akan terjadi dan hal tersebut akan membawa petaka besar bagi pengendara mobil/motor. Banyak orang yang mengatakan bahwa faktor kecelakaan di rel ketika kendaraan mati adalah gugupnya pengendara ketika berada di atas rel. Tapi ternyata pernyataan itu disanggah oleh beberapa orang. Terutama dari “ahli”.
Lalu, apa sebab banyak kasus mobil mendadak macet di atas jalur rel?
Quote:
Jawabannya adalah IMPEDANSI, Yaitu timbulnya medan magnet akibat gesekan yang terjadi antara rel kereta dengan bagian roda kereta api.
Impedansi ditimbulkan oleh gesekan antara roda kereta dengan relnya, demikian penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Impedansi ditimbulkan oleh gesekan antara roda kereta dengan relnya, demikian penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Quote:
Lebih lanjut Djoko menuturkan bahwa hal tersebut adalah akibat impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya, dan impedansi itu yang mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh.
”Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati.Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi.
Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat, hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km dari lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.
”Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati.Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi.
Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat, hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km dari lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.
TIPS jika agan dan aganwati mengalami kejadian IMPEDANSI(Ane doain mudah-mudahan ngga ada yang ngalamin ya gan)
Quote:
Ada dua tips sederhana dalam menyikapi keadaan sepersekian detik yang “mengancam jiwa” tersebut.
Quote:
Tips yang pertamaadalah bila kendaraan tiba tiba macet, segera keluar dan berusaha mendorong mobil keluar dari perlintasan ( itupun jika sempat, paling tidak kita sebagai manusia sudah berada di luar mobil dan terhitung aman dari petaka) mungkin pada kasus ini kita disuruh memilih, nyawa atau mobil.
Quote:
Tips keduaadalah dengan membunyikan klakson sebisa mungkin pada saat mobil kita stuck di atas rel . Mengapa? karena medan listrik yang ada di atas rel kereta api sangatlah tinggi akibat gesekan dengan Kereta api dan mampu bertahan hingga 3 jam, mengapa klakson? karena klakson bisa memutuskan aliran listrik. Dengan bunyi yang tinggi seperti klakson ini mampu memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.
Walaupun begitu hanya Anda lah yang mampu memtuskan apa yang akan Anda lakukan bila Anda tepat berada pada situasi seperti itu. Karena situasi sekitar dan juga kejiwaan (faktor kegugupan dan ketenangan) sebenarnya yang paling utama pada saat kita berada pada saat itu, jadi segera putuskan untuk menyelamatkan jiwa Anda.
Walaupun begitu hanya Anda lah yang mampu memtuskan apa yang akan Anda lakukan bila Anda tepat berada pada situasi seperti itu. Karena situasi sekitar dan juga kejiwaan (faktor kegugupan dan ketenangan) sebenarnya yang paling utama pada saat kita berada pada saat itu, jadi segera putuskan untuk menyelamatkan jiwa Anda.
Quote:
Update Komeng dan Tambahan TIPS agan dan aganwati.
Spoiler for Update Pengalaman Kaskuser:
Quote:
Quote:
Original Posted By bryansnt20 ►Ane juga pernah gan .. ane lupa tempat nya.
Pas mudik temen mama ane lewat kereta api tapi nerobos gitu gan .. pas di tengah2 rel tuh mesin mati .. SHITTT .. di starter gak bisa .. kereta udah 100M lebih lah udah kasih klason tuh kereta..
tiba2 adda yg ngedorong .. lgsung starter n GASSS
Pejwan gan
Pas mudik temen mama ane lewat kereta api tapi nerobos gitu gan .. pas di tengah2 rel tuh mesin mati .. SHITTT .. di starter gak bisa .. kereta udah 100M lebih lah udah kasih klason tuh kereta..
tiba2 adda yg ngedorong .. lgsung starter n GASSS
Pejwan gan
Quote:
Original Posted By ibnu.fath ►ane pernah tuh gan, pas mudik bareng keluarga ane, kejadiannya di sekitar Solo Balapan, tau tuh mobil pas di tengah rel tiba-tiba mandek, di starter ga mau, udah itu ada kereta yang mau berangkat dari stasiun lagi...
untung sama penjaga rel-nya inisiatif didorongin bareng warga, kalo ga, ga tau mungkin ane udah modar kali ya , secara pas kejadian, keluarga ane pada panik, jadi ga bisa berpikir jernih...
makasih gan infonya... jadinya ane bisa antisipasi kalo kejadian lagi...
sekadar terimakasih
untung sama penjaga rel-nya inisiatif didorongin bareng warga, kalo ga, ga tau mungkin ane udah modar kali ya , secara pas kejadian, keluarga ane pada panik, jadi ga bisa berpikir jernih...
makasih gan infonya... jadinya ane bisa antisipasi kalo kejadian lagi...
sekadar terimakasih
Quote:
Original Posted By krazykendoka ►Ane pernah gan. Di rel kereta api depan komplek puri surya jaya di sidoarjo. Lagi bawa calon bini sama calon mertua waktu itu. Mobil butut ane mati pet pas di tengah rel. Nggak pake bunyiin klakson sih, langsung starter langsung jalan lagi. Tapi malunya gaaannn... Ada calon mertua soalnya. He he...
Quote:
Original Posted By Wanra.Boys ►ane pernah naek angkot dan tiba2 mati dket rel pas kreta api mau lwat..serem gan rasa lemah manusia dimata tuhan
Quote:
Original Posted By elang747 ►informasi yang sangat bermanfaat. sebelumnya pernah diajari oleh kakak, kalo mobil mogok di pintu perlintasan KA, bunyikan klakson dulu setelah itu tetap tenang untuk mencoba starter mobil dan kalo gak bisa kaburrrr
Quote:
Original Posted By bonjovu ►ada kumparan listrik di rel.
solusinya didorong klo mogok.. klo kereta deket, ya didorong, klo gak ada orang tinggalin dah mobil ente
solusinya didorong klo mogok.. klo kereta deket, ya didorong, klo gak ada orang tinggalin dah mobil ente
Quote:
Original Posted By nandanurzaka ►nice info gan, gw pernah naik angkot, eh angkotnya mogok. pas banget ada teng teng teng bunyi kereta pengen lewat, untung ada tukang ojek rame rame pada dorong
Quote:
Original Posted By Lucana ►hiya... kita harus pastikan bahwa kita dapat meluncur melewati rel meskipun tiba2 mesin mati..
1. pastikan jarak di depan kita cukup.
2. gas yg agak spontan sebelum melintas.. biar kita punya daya luncur..
1. pastikan jarak di depan kita cukup.
2. gas yg agak spontan sebelum melintas.. biar kita punya daya luncur..
Quote:
Original Posted By simon444 ►ane pernah tuh gan pas numpang mobil temen, mobil nya mati di tengah rel agak lama sih pas nyalainnya + panik juga , tp untungnya bisa nyala lagi
Spoiler for Komeng yang percaya tahayul dkk :
Quote:
Quote:
Original Posted By inlinebw ►karna di rel kereta banyak hantunya gan...!!
Quote:
Original Posted By wijayadika ►karena ada setannya gan makanya mesinnya sering mati
Quote:
Original Posted By themavericks ►Ane pikir ada makhluk yang mengutuk gan ternyata hanya halusinasi ane saja
Quote:
Original Posted By lalapanlele ►ditahan sama mbah penunggu rel gan
Quote:
Original Posted By ranold ►kirain ada setan budeg gan , tapi yah semuanya bisa dijelaskan secara ilimiah ya
Quote:
Original Posted By NgeriNgerong ►ane kira cum mitos gan
Quote:
Original Posted By sayalahpedagang ►wah kirain gara" ada hantu usil
Quote:
Original Posted By hudang ►kalo kata orang kampung itu ada setannya, jadi ngambil tumbal gan.
Quote:
Original Posted By brght ►waaah dulu mitosnya digandolin pengunggunya gan, hahaha
Quote:
Original Posted By andimyke ►bukan karena jurig budeg ya gan...
Quote:
Original Posted By adadehdong ►faktor kesambet setan budeg gaan..
Spoiler for Tambahan TIPS dari Kaskuser:
Quote:
Original Posted By anesigob ►Tipnya kurang satu mas
Tip ketiga hentikan kendaraan ketika palang pintu kereta api sudah menutup, jangan menerobos agar pengemudi dan penumpangnya terhindar dari kecelakaan
Tip ketiga hentikan kendaraan ketika palang pintu kereta api sudah menutup, jangan menerobos agar pengemudi dan penumpangnya terhindar dari kecelakaan
Quote:
Original Posted By dreamofdaru99 ►Kalo ane disuruh bokap kalo nyupir buka lock pintu kemudi (mobil sekarang otomatis kebuka semua )
Terus AC mobil di matiin biar pas sampe ujung pendakian rel kereta tetep strong si mobil.
Kalo stuck di rel (jangan sampe yaAllah ) di klakson dulu baru di statter.
Kalo udah bunyi neng neng neng neng jangan ngotot lanjut, mending diem bodo amat belakang ngelakson gan
Jangan lupa sebelum berangkat baca doa dulu
Terus AC mobil di matiin biar pas sampe ujung pendakian rel kereta tetep strong si mobil.
Kalo stuck di rel (jangan sampe yaAllah ) di klakson dulu baru di statter.
Kalo udah bunyi neng neng neng neng jangan ngotot lanjut, mending diem bodo amat belakang ngelakson gan
Jangan lupa sebelum berangkat baca doa dulu
Quote:
Original Posted By the_greencorn ►tambahan tips... ane biasanya kalo bawa mobil lewat rel kereta...
kalo posisi jalan lancar... ane cuma cukup besarin lamsang mobil biar aman.. caranya cuma tinggal tahan kopling setengah plus injak pedal gas seperempat....
tapi kalo pas posisi rada macet atau macet... yang tinggal dilamsang aja.. gak perlu main rem pas tanjakannya kecuali posisi turunan... cukup tahan kopling seperempat tambah gas seperempat... kalaupun harus ngerem... ane biasa pake rem tangan... tapi nariknya dikit"... jangan sekaligus....
tapi kalo kebeneran lagi pake si jabrik... (motor trail gw) kalo di rel lagi gak macet... ane pake buat jumping... tuh rel kereta...
kalo posisi jalan lancar... ane cuma cukup besarin lamsang mobil biar aman.. caranya cuma tinggal tahan kopling setengah plus injak pedal gas seperempat....
tapi kalo pas posisi rada macet atau macet... yang tinggal dilamsang aja.. gak perlu main rem pas tanjakannya kecuali posisi turunan... cukup tahan kopling seperempat tambah gas seperempat... kalaupun harus ngerem... ane biasa pake rem tangan... tapi nariknya dikit"... jangan sekaligus....
tapi kalo kebeneran lagi pake si jabrik... (motor trail gw) kalo di rel lagi gak macet... ane pake buat jumping... tuh rel kereta...
Quote:
Original Posted By ibistation ►nice info...trims Gan
Bokap ane biasanya memiliki suatu kebiasaan sebelum melintas rel kereta api, dan kebiasaan itu sampai saat ini masih diikuti oleh seluruh anggota keluarga, hingga istri ane saat ini kalau nyetir melintasi rel kereta selalu mengikuti kebiasaan ini, sebelum melintas rel kereta setidaknya melakukan hal-hal seperti dibawah ini :
1. Mematikan AC
2. Membuka minimal 1 jendela sebelah kiri dan 1 jendela sebelah kanan mobil
3. Memboka door lock
4. Membuka safety belt
kita tidak akan tahu kejadian apa yang akan menimpa kita saat melintasi rel kereta, paling tidak apabila semua dilakukan Insya Allah sudah mempersiapkan diri menghadapi hal terburuk sekalipun.
Tetapi setelah melintas jangan lupa pakai kembali safety belt, nanti ditangkap loohhh
Bokap ane biasanya memiliki suatu kebiasaan sebelum melintas rel kereta api, dan kebiasaan itu sampai saat ini masih diikuti oleh seluruh anggota keluarga, hingga istri ane saat ini kalau nyetir melintasi rel kereta selalu mengikuti kebiasaan ini, sebelum melintas rel kereta setidaknya melakukan hal-hal seperti dibawah ini :
1. Mematikan AC
2. Membuka minimal 1 jendela sebelah kiri dan 1 jendela sebelah kanan mobil
3. Memboka door lock
4. Membuka safety belt
kita tidak akan tahu kejadian apa yang akan menimpa kita saat melintasi rel kereta, paling tidak apabila semua dilakukan Insya Allah sudah mempersiapkan diri menghadapi hal terburuk sekalipun.
Tetapi setelah melintas jangan lupa pakai kembali safety belt, nanti ditangkap loohhh
Quote:
Original Posted By alketam ►yang penting tenang jangan panik dan bunyikan klakson saat di tengah rel
Spoiler for Serba-serbi pendapat yang lain:
Quote:
Original Posted By xlabsmedan ►Nice info gan....
tapi ane gak percaya sepenuhnya bahwa medan magnet itu "bisa" membuat dinamo starter gak bekerja....hehe
coba aja dinamo starter di dekatkan dengan medan magnet yg kuat, pasti tetap bekerja alias mau berputar, sebab magnet yg tercipta di dinamo starter adalah elektromagnet alias magnet yg di bangkitkan oleh aliran listrik....
mesin gak mau nyala sewaktu mati tiba2 memang umum terjadi gan, bukan hanya di atas rel, tapi di jalan biasa juga sering terjadi....apalagi untuk mobil dengan umur di atas 5 tahun.....
hal ini biasanya di sebabkan karena campuran udara, minyak, dan pengapian yg memang tidak stabil sesaat setelah mati tiba2. matinya mobil secara tiba2 diatas rel memang sering terjadi, ini juga bukan "semata2" karena magnet atau lain sebagainya, tapi karena pada umumnya orang mengendarai mobil di atas rel "merendahkan" gas mobil (jalan pelan2), karena kan jalan di rel biasanya tidak rata (banyak polisi kimpoi). dengan merendahkan gas ini biasanya mesin sering mati.
jadi caranya, kalau mobil mati tiba2 diatas rel, jangan langsung di start, tunggu saja beberapa "detik" kalau posisi kereta api sudah dekat langsung keluar aja, tapi kalau masih jauh tunggu saja beberapa saat, kemudian di start sambil terus memperhatikan kiri kanan, tu mobil pasti hidup lagi gan....coba saja kalau tidak percaya....
hehe
tapi ane gak percaya sepenuhnya bahwa medan magnet itu "bisa" membuat dinamo starter gak bekerja....hehe
coba aja dinamo starter di dekatkan dengan medan magnet yg kuat, pasti tetap bekerja alias mau berputar, sebab magnet yg tercipta di dinamo starter adalah elektromagnet alias magnet yg di bangkitkan oleh aliran listrik....
mesin gak mau nyala sewaktu mati tiba2 memang umum terjadi gan, bukan hanya di atas rel, tapi di jalan biasa juga sering terjadi....apalagi untuk mobil dengan umur di atas 5 tahun.....
hal ini biasanya di sebabkan karena campuran udara, minyak, dan pengapian yg memang tidak stabil sesaat setelah mati tiba2. matinya mobil secara tiba2 diatas rel memang sering terjadi, ini juga bukan "semata2" karena magnet atau lain sebagainya, tapi karena pada umumnya orang mengendarai mobil di atas rel "merendahkan" gas mobil (jalan pelan2), karena kan jalan di rel biasanya tidak rata (banyak polisi kimpoi). dengan merendahkan gas ini biasanya mesin sering mati.
jadi caranya, kalau mobil mati tiba2 diatas rel, jangan langsung di start, tunggu saja beberapa "detik" kalau posisi kereta api sudah dekat langsung keluar aja, tapi kalau masih jauh tunggu saja beberapa saat, kemudian di start sambil terus memperhatikan kiri kanan, tu mobil pasti hidup lagi gan....coba saja kalau tidak percaya....
hehe
Quote:
Original Posted By primaindrayana ►wah jd inget pas kuliah dolo..,,dosen ane ada yg crita bgindang....,, tul ni gan penyebabnya medan magnet.,
klo mobil ane blm pernah ngalami. klo motor bru seminggu yg lalu. pas bgt di depan rel...,, mungkin krn gas motor ane setelan nya terlalu rendah pas mau lewat rel kan ane rem skalian lepas gas..,nah motor ane mati. pas mau di starter pake starter tangan & kaki bebrapa kali gak bisa. itu kondisi nya pas KA uda mau lewat & gak ada portal pengaman nya. cm diportal pake tali sama petugas jaga. trus ane mundurin motor agak jauh kra 3-5 meter dr portal. pas ane starrer tangan langsung idup motor ane....
NiCe inpo gan
klo mobil ane blm pernah ngalami. klo motor bru seminggu yg lalu. pas bgt di depan rel...,, mungkin krn gas motor ane setelan nya terlalu rendah pas mau lewat rel kan ane rem skalian lepas gas..,nah motor ane mati. pas mau di starter pake starter tangan & kaki bebrapa kali gak bisa. itu kondisi nya pas KA uda mau lewat & gak ada portal pengaman nya. cm diportal pake tali sama petugas jaga. trus ane mundurin motor agak jauh kra 3-5 meter dr portal. pas ane starrer tangan langsung idup motor ane....
NiCe inpo gan
Quote:
Original Posted By ckiiiiit ►jiah ane dulu pas masih tk kejadiannya(tapi bukan inpendasi), waktu itu ibu ane ngajak temennya buat di anter pulang , itu ada ane sama kaka ane gan, ibu ane malah ngobrol aje gan di tengah rel udah mah palanng mau nutup eh baru jalan lagi mobilnya pas udah di klakson kereta
Quote:
Original Posted By harpy21 ►itu yg kejadian di padang ane liat langsung gan dan kejadian'a wktu hari lebaran idul fitri.
memang mesin'a mati dan susah untuk di hidupkan tapi ane engga tau knapa engga bs di hidupkan dan ane baru tau dari ente gan.
nice info gan moga engga ada lagi kejadian seperti ini di kemudian hari.
memang mesin'a mati dan susah untuk di hidupkan tapi ane engga tau knapa engga bs di hidupkan dan ane baru tau dari ente gan.
nice info gan moga engga ada lagi kejadian seperti ini di kemudian hari.
Quote:
Original Posted By 6112525 ►maaf gan ane ga percaya kalau gara2 impedanasi.
sekuat apa sih impedansinya kereta?
sedangkan kekuatan magnet dari starting motor lebih besar
CMIIW
sekuat apa sih impedansinya kereta?
sedangkan kekuatan magnet dari starting motor lebih besar
CMIIW
Quote:
Original Posted By mboecut ►Ngga bisa dibiarin gan, itu ulah alien!!
Soalnya ane pernah gan malem2 liat ufo mau turun dideket rel kereta api,
Karena alien punya kekuatan elektromagnet yg dpt merusak kerja mesin yg lewat rek kereta api!
Kita harus segera menyelamatkan bumi dari para alien jahat itu..alien telah berkonspirasi menguasai bumi..jangan biarkan itu terjadi!!
Soalnya ane pernah gan malem2 liat ufo mau turun dideket rel kereta api,
Karena alien punya kekuatan elektromagnet yg dpt merusak kerja mesin yg lewat rek kereta api!
Kita harus segera menyelamatkan bumi dari para alien jahat itu..alien telah berkonspirasi menguasai bumi..jangan biarkan itu terjadi!!
Quote:
Original Posted By alus001 ►Yang diserang dari medan magnet itu bukan dinamo starter gan, kalo dinamo starter yg diserang gak mungkin mesin nyala langsung mati. menurut ane yang diserang itu spul, kiprok, cdi, secara kan mereka berbasis kumparan dan magnet untuk bikin listrik yang disalurkan ke busi. jika kelistrikan dikacaukan sama aja memutus arus listrik menuju busi. agan tau sendirikan apa itu fungsi busi? kalo pada gak percaya coba aja motor dinamo luar bodynya agan lilit pake kumparan, terus kumparanya dialiri listrik DC, abis tu coba idupin, pasti tuh ga bisa nyala dinamonya.
sudah dijelaskan juga kan yang diserang itu mesin bensin, karena mesin diesel gak punya spul dan cdi. soalnya gak pake busi, padahal sama2 pake dinamo starter. menurut ane malah lebih bahaya mesin injeksi deh gan, soalnya udah pake kelistrikan yang rumit dan rentan sama yang namanya magnet.
tapi pernah juga bapak ane bawa truk (tentunya mesin diesel) mati ditengah lintasan rel kereta, untungnya beliau sempet minta tolong sama warga dan mendapat anugrah perlindungan yang besar dari yang maha kuasa.
Kalau berkenan taruh di pejwan donk gan.
sudah dijelaskan juga kan yang diserang itu mesin bensin, karena mesin diesel gak punya spul dan cdi. soalnya gak pake busi, padahal sama2 pake dinamo starter. menurut ane malah lebih bahaya mesin injeksi deh gan, soalnya udah pake kelistrikan yang rumit dan rentan sama yang namanya magnet.
tapi pernah juga bapak ane bawa truk (tentunya mesin diesel) mati ditengah lintasan rel kereta, untungnya beliau sempet minta tolong sama warga dan mendapat anugrah perlindungan yang besar dari yang maha kuasa.
Kalau berkenan taruh di pejwan donk gan.
Quote:
Jangan lupa komengnya ya gan.. Boleh kasih TIPS atau PENGALAMAN agan.. Mungkin ada yang pernah ngalamin.
Klo berkenan dengan lapang dada menerima CENDOLdari agan dan aganwati yang baik hati
Makasih buat agan dan aganwati yang sudah ngasih ane Cendol dan abu gosoknya.
Spoiler for Cendol Update:
Mampir juga ke Thread ane yang di bawah ini gan..
Quote:
[TIPS] Posisi Tidur yang Bebas Pegal dan Direkomendasikan[HT] # 1
[ITS] Institut Teknologi Surabaya, salah kaprah sebuah nama
[ITS] Institut Teknologi Surabaya, salah kaprah sebuah nama
Quote:
0
140.5K
Kutip
1.7K
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan