Apa kabar, Agan2 & Aganwati2 sekalian? Semoga baek2 aja ya..
Ane mau sedikit sharing aja nih, soal pengalaman ane di beberapa bandara di Indonesia yg kurang enak gr2 berbagai permasalahan, di luar masalah
delay (ditunda). Mgkn ini bs jadi sedikit masukan buat pengelola bandara, entah itu BUMN nya ato maskapai nya..
Quote:
Di Bandara Sjamsoedin Noor (Banjarmasin)
Ane mau ke Semarang, dr Banjarmasin. Naek satu2nya maskapai yg punya rute Banjarmasin-Semarang tanpa transit, tapi dgn harga tiket yg cukup mahal..
Waktu mau
check-in& masukkin barang ke bagasi, antrean nya panjang bgt & sama sekali gak tertib. Satu loket berusaha nglayani 2 baris antrean yg idealnya cuma 1 baris aja, petugas loket nya lemot pula kerjanya.
Akhirnya kesemrawutan pun tak terhindarkan. Setelah antre berdiri slama 1 jam tibalah ane di depan petugas, trs ane kasih tiket ane ke petugas itu. Ane timbang barang2 ane dibantu 1 petugas laen yg khusus timbangan. Sekitar 10 menit lamanya baru ane diksh tiket yg buat dibawa ke loket
boarding-pass & bayar 25rb..
Singkat cerita, ane udah sampe nih di Bandara A.Yani Semarang. Ane masuk di ruang kedatangan sambil nunggu bagasi barang2 ane. Sekitar 1 jam ane tungguin gak dtg2 tuh barang2, sampe gak ada lg penumpang laen. Trs ane tanya ke petugas di situ, dia bilang kalo semua bagasi di pesawat udah diturunin pdhl barang2 ane gak ada.
Setelah dikonfirmasi lebih detail, ternyata barang2 ane gak ikutan terbang alias ketinggalan di Banjarmasin.
Di tiket ane pun gak ada bukti bagasi nya. Jadi gak ada koordinasi antara petugas timbangan & yg memproses tiket ane waktu di Banjarmasin..
Kesalahan ane jg waktu itu gak periksa ulang tiket nya. Tapi kalo petugas nya kerja dgn bener, ane gak perlu periksa tiket lg jg gak masalah kan?
Trs petugas nya minta maap & janji ngirim barang2 ane esok hari di jdwl penerbangan yg sama kyk yg ane pake waktu itu. Alhamdulillah besok nya barang2 ane bs dtg di Semarang dgn selamat tanpa kurang suatu apapun..
Quote:
Di Bandara Sjamsoedin Noor (Banjarmasin)
Masih di Banjarmasin. Tp kali ini ortu ane yg ngalamin.
Ortu ane dr Banjarmasin jg mau ke Semarang, ada beberapa barang yg dimasukkin bagasi. Dan semua barang nya udah bener masuk bagasi & udah dpt bukti di tiket nya. Setelah sampe Semarang, ortu ane ambil semua barang2 trs mau jalan keluar dr ruang kedatangan. Pas dicheck petugas, ternyata ada 1 barang yg nomer bagasi nya beda sama yg tertera di bukti bagasi nya. Dikira ortu ane ambil barang orang laen..
Akhirnya setelah dikonfirmasi lg, baru dah petugas nya percaya kalo itu beneran barang ortu ane..
Quote:
Di Bandara A.Yani (Semarang)
Kali ini ane mau ke Banjarmasin dr Semarang. Kebetulan ane bawa barang agak banyak & melebihi kuota
free yg diksh maskapai. Kan
free nya cuma dpt 20kg, ane bawa sekitar 33kg.
Trs ane kena
charge sekitar 135rb, sbnernya ane udah siap kena
charge makanya siap duit juga di kantong..
Ane bayar tuh biaya
charge nya pake duit 150rb soalnya gak ada uang pas. Petugas
check-in nya jg gak punya kembalian. Trs ane disuruh keluar antrean & diajak ke kantor maskapai nya, tp nunggu di luar kantor soalnya selaen petugas gak boleh masuk. Hampir 45 menit ane nungguin sambil berdiri baru dpt kembalian..
Apa segitu susah nya ya kasih kembalian 15rb..? Sampe butuh waktu hampir 45 menit..
Quote:
Di Bandara Juanda (Surabaya)
Ada lg cerita ane nih. Kali ini di Surabaya, ane mau ke Banjarmasin lg bareng2 sama ortu. Antre
check-innya parah bgt, pdhl udah ada 2 loket buat setiap penerbangan tp tetep aja semrawut. Satu loket berusaha nglayani 2 baris antrean dgn petugas yg super lemot. Sampe banyak penumpang yg hampir telat masuk pesawat gr2 kelamaan antre..
Ane antre berdiri hampir 1 jam baru dilayanin petugas..
Quote:
Semua Bandara
Terus ada lg cerita ane soal nungguin barang2 di bagasi pas udah sampe bandara tujuan. Kali ini di semua bandara sama aja, lama nya minta ampun.
Ane nempuh perjalanan cuma 70 menit, nungguin bagasi nya bs hampir 2 jam..
Quote:
Gak Tau di Bandara Mana
Ada lg cerita dr temen ane yg pulang dr Manado ke Semarang. Dia transit dulu ke Jakarta, soalnya emang gak ada penerbangan yg langsung ke Semarang..
Pas udah nyampe Semarang, dia kaget ngliat koper2nya brantakan & kunci gembok nya dirusak. Untung gak ada barang berharga di dlm nya jadi gak ada yg ilang..
Dia lapor ke petugas bandara. Tapi petugas gak ngasih pencerahan apa2 & gak tau di bandara mana koper2nya dirusak. Soalnya sempat transit di Jakarta juga..
Demikian beberapa pengalaman kurang enak di beberapa bandara selama ane nempuh perjalanan naek pesawat, Gan...
Ane gak bermaksud menjelek-jelekkan pihak bandara maupun maskapai. Tapi cuma mau kasih saran aja biar pelayanan dr bandara/maskapai bs lebih baek agar penumpang pun jadi lebih nyaman dlm nempuh perjalanan naek pesawat. Berikut saran dr ane :
Quote:
1. Tingkatkan profesionalitas kinerja dr petugas check-inbiar gak lemot. Kalo pun sekarang ini para petugas check-in udah kerja maksimal, ya mgkn hrs ditambah lg jumlah nya.
2. Adakan petugas khusus buat ngatur antrean check-in biar gak semrawut sehingga bs ngurangi kesalahan2 yg mgkn dilakukan petugas check-in gr2 kebingungan.
3. Tingkatkan/perbanyak juga petugas khusus bagasi biar penumpang gak kelamaan nunggu barang2 di bagasi pas udah sampe bandara tujuan. Selaen itu perkuat juga keamanan nya biar gak ada barang2 penumpang yg dirusak.
Semoga saran2 bs dibaca sama petugas2 bandara. Soalnya ane pernah tau ada petugas bandara yg ngaskus juga, bahkan pernah bikin trit ttg penumpang di bandara..
Kalo berkenan ane terima
dan jangan lupa
biar trit ane gak tenggelam, tapi jangan dilempar
ya....