Ranu Tompe, Danau Eksotis yang Tak Boleh Dijamah

Semoga tidak repos

Spoiler for Bukti Google:


Spoiler for Bukti Kaskus:




Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup akses ke Ranu Tompe pasca-ekspedisi pencarian Ranu Tompe pada 4-13 Oktober 2013.

Bertajuk Ekspedisi Eksplorasi Ekologi Ranu Tompe, program ini merupakan ekspedisi terbesar sejak TNBTS berdiri pada 1982. Ekspedisi melibatkan tujuh staf TNBTS, empat mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, ketua Raptor Indonesia Malang, koordinator lapangan JICA-RECA (Japan International Cooperation Agency-Restoration of Ecosystems in Conservation Areas), Tempo, dan sekitar sepuluh porter.

Kepala Balai Besar TNBTS Ayu Dewi Utari mengatakan, secara geografis, Ranu Tompe terisolasi dan jauh dari akses manusia. Selama ini keberadaan Ranu Tompe hanya diketahui dari peta kawasan dan citra satelit tanpa seorang pun di Balai Besar TNBTS pernah mengunjunginya. Sedangkan lima danau lagi, terutama Ranu Pani dan Ranu Kumbolo, sudah bisa diakses manusia.

Dari peta kawasan diketahui Ranu Tompe berlokasi di wilayah kerja Resor Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Seroja, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III, Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II. Secara administratif, Ranu Tompe masuk Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dari ekspedisi diketahui data sementara, danau seluas 0,7 hektare dengan kedalaman 4-5 meter ini berada di zona inti atau menjadi jantung TNBTS dan memiliki keanekaragaman hayati yang sangat banyak dan penting.

"Ranu Tompe menjadi zona eksklusif yang mutlak harus dilindungi dari kegiatan apa pun oleh pihak-pihak di luar lingkup Kementerian Kehutanan. Yang boleh ke sana harus untuk riset atau penelitian dengan izin khusus dari kami," kata Ayu kepada Tempo pada Jumat, 18 Oktober 2013.

Ayu mengaku menerima beberapa pertanyaan tentang lokasi dan wujud, serta rute ke Ranu Tompe. Dia menegaskan lagi bahwa Ranu Tompe tidak boleh diakses masyarakat. Ranu Tompe diperlakukan berbeda dari Ranu Pani dan Ranu Kumbolo. Dua danau yang berada di rute pendakian ke Gunung Semeru ini sudah menjadi objek wisata populer yang sangat gampang diakses masyarakat.

Koordinator ekspedisi, Toni Artaka menambahkan, seluruh anggota tim ekspedisi dan para porter sudah bersepakat untuk tidak memberitahu rute ke Ranu Tompe kecuali bagi pemegang izin penelitian dari Balai Besar TNBTS. Mayoritas anggota tim dan porter pun mengaku sudah lupa jalur ke Ranu Tompe karena saat pulang jalur disterilkan agar susah dikenali oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

"Kalau kami masih bisa tahu jalur ke sana karena titik koordinat sudah kami catat dengan alat GPS (global positioning system) dan sudah kami petakan," kata Toni.

Spoiler for sumber:


Quote:ane nyari gambar lainnya di google gak ketemu, nanti kalau ada lagi ane update gan

Spoiler for Info Lainnya Tentang Ranu Tompe:
dilihat boleh..
dipegang jangan...

apalagi kalo ampe diemek-emek...

golok kan melayang
Quote:Original Posted By wasitnya.mantap
dilihat boleh..
dipegang jangan...

apalagi kalo ampe diemek-emek...

golok kan melayang


ini bukan komeng tentang danau malah komeng tentang bini orang

Sebenarnya udah jadi rasan rasan para petualang untuk kesan cuma jalurnya mbingungi.....
Ane belum ketemu ama petualang di malang yg pernah nyampe kesana....
Search dolo d google earth..
Quote:Original Posted By kancutzracing
Search dolo d google earth..


Ditunggu oleh - olehnya gan...

sebenarnya sama ama segara anakan yang ada karang bolongnya.
itu sebenarnya tempat konservasi. tapi ya...
tapi emang top kok tempat konservasi baik di semeru maupun pulau sempu.

coba deh ke pulau sempu. mantap pantai tersembunyinya.
tapi resiko nyasar gede banget bisa bisa nyasar dan gak bisa pulang
wuihh masih asri gan kelihatannya, gak banyak 'sampah'nya
gak kayak waduk di jakarta banyak 'sampah'nya
Danaunya kecil banget ya, kira2 itu dalam gak ya? tapi tetap keren
Quote:Original Posted By ManPMan
wuihh masih asri gan kelihatannya, gak banyak 'sampah'nya
gak kayak waduk di jakarta banyak 'sampah'nya



Semoga gk dijadiin lokasi syuting kayak film ntu

kalo emang ga boleh dikunjungi, kenapa masih dipublikasi juga ?? kan bikin penasaran orang lain, tau sendiri karakter orang2 Indonesia, semakin dilarang semakin penasaran mereka...

agak kecil juga sih gan tapi kelihatannya itu bersih banget yahh.. itu kalau musim panas kering gk gan kan danau nya kecil?
Quote:Original Posted By Jatafest
kalo emang ga boleh dikunjungi, kenapa masih dipublikasi juga ?? kan bikin penasaran orang lain, tau sendiri karakter orang2 Indonesia, semakin dilarang semakin penasaran mereka...



supaya orang tau gan kalo tempat itu gak boleh dikunjungi

berasa maen game rpg nyari hidden place jadinya
mencurigakan... ada mineral yg sangat berhargakah disana.....?
Quote:Original Posted By Jatafest
kalo emang ga boleh dikunjungi, kenapa masih dipublikasi juga ?? kan bikin penasaran orang lain, tau sendiri karakter orang2 Indonesia, semakin dilarang semakin penasaran mereka...



Keren Komennya... kasusnya kayak situ lembang... Di internet ada banyak informasinya dan fotonya.. Ane pernah kesana ama bini, ealah dihadang oleh kopassus di depan gerbang. Katanya tempat ini dilarang untuk umum... huhuhu benar-benar keindahan yang terlarang

Danaunya keliatannya kecil atau memang beneran kecil itu ya gan?
Quote:Original Posted By pus_abuabu


supaya orang tau gan kalo tempat itu gak boleh dikunjungi

berasa maen game rpg nyari hidden place jadinya


nah jadinya malah seperti itu tetep aja bikin orang awam penasaran kesana ... T_T

spt kasus pulau sempu
http://www.tanpakendali.com/2012/11/...lau-sempu.html

http://andylabina.wordpress.com/2012...depo-sampah-6/

melihat karakter Orang2 Indonesia yang masih primitif, nafsu MENJUAL BESAR tanpa ada kesadaran untuk menjaga dan merawat, lebih baik berita ini segera dihapus. lebih baik lagi DETIK-pun ikut menghapus foto yang ada di dalam berita ini.
wah kalau kesannya misterius kayak gitu malah membuat orang2 jadi penasaran n pengen maen kesana.
ada apaan yah ampe dirahasiain segala tempatnya.??
Quote:Original Posted By broony
sebenarnya sama ama segara anakan yang ada karang bolongnya.
itu sebenarnya tempat konservasi. tapi ya...
tapi emang top kok tempat konservasi baik di semeru maupun pulau sempu.

coba deh ke pulau sempu. mantap pantai tersembunyinya.
tapi resiko nyasar gede banget bisa bisa nyasar dan gak bisa pulang


jangan sampai deh kaya sempu. kawasan konservasi yang jadi tempat alay2 narsis

mudah-mudahan tempat ini tetap terisolasi dan keberadaannya jadi misteri
Quote:Original Posted By 0915burhanuddin
Danaunya kecil banget ya, kira2 itu dalam gak ya? tapi tetap keren


danau seluas 0,7 hektare dengan kedalaman 4-5 meter