Rizal Ramli : Kebohongan SBY Soal Bunda Putri Adalah Strategi Alih Sasaran
TS
matbaiktit
Rizal Ramli : Kebohongan SBY Soal Bunda Putri Adalah Strategi Alih Sasaran
Quote:
Jakarta-Kluget.com, Pada waktu lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan sangat tegas mengatakan “ katanya Bunda Putri orang yang dekat dengan Presiden, 1.000 persen Luthfi bohong.” SBY sangat menyangkal pernyataan Luthfi Hasan Isaq pada saat persidangan kasus Fathanah di pengadilan tindak pidana korupsi Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2013.
Tetapi menurut mantan Mentri Koordinator (Menko) Perekonomian Rizal Ramli, SBY sudah mengelabui rakyat Indonesia dengan menyodorkan Bunda Putri. Rizal mengatakan, SBY menerapkan teori militer yang disebut teori decoi atau sasaran palsu. Supaya sasaran palsu itu menjadi perbincangan publik dengan nama Bunda Putri. “padahal ini sasaran palsu, Bunda Putri yang sesungguhnya yang inisialnya (SS). “ujarnya.
Ia lalu sedikit mengungkapkan sosok (SS) yang dimaksudnya.” Presiden berhasil mengelabui rakyat Indonesia dengan membesar-besarkan tokoh decoi, tokoh palsu yaitu yang banyak fotonya dengan mentri-mentri. Tokoh sesungguhnya bukan itu. Adalah (SS), istri dari seorang yang bekerja di Cikeas.”pungkasnya.
Sebagai catatan, strategi decoi dalam mengubah persepsi informasi kerap digunakan intelijen militer Inggris dalam perang dunia kedua.
Haduhhh, ane ga ketemu teori decoy yang pak Ramli bilang, ane dapetnya decoy effect dalam dunia ekonomi, tapi sistematikanya relatif sama seperti anda bilang pak
Quote:
In marketing, the decoy effect (or asymmetric dominance effect) is the phenomenon whereby consumers will tend to have a specific change in preference between two options when also presented with a third option that is asymmetrically dominated. An option is asymmetrically dominated when it is inferior in all respects to one option; but, in comparison to the other option, it is inferior in some respects and superior in others. In other words, in terms of specific attributes determining preferability, it is completely dominated by (i.e., inferior to) one option and only partially dominated by the other. When the asymmetrically dominated option is present, a higher percentage of consumers will prefer the dominating option than when the asymmetrically dominated option is absent. The asymmetrically dominated option is therefore a decoy serving to increase preference for the dominating option. The decoy effect is also an example of the violation of the independence of irrelevant alternatives axiom of decision theory.