- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Keluh kesah naik busway
TS
cemen88
Keluh kesah naik busway
Agan2 pernah naek busway? Bisa dibilang busway itu senjata andalan ane untuk pegi kmn2, selaen jalurnya paling jelas dibanding angkot laen, busway juga paling minim kejahatan (paling copet, pinter2 jaga barang sendiri aj ya), tp sayang nya busway saat ini masi blm bs menjangkau banyak tempat2 strategis. Sekedar sharing keluh kesah ketika menikmati fasilitas busway dan pengamatan ane tentang busway
1. Informasi yg ga jls untuk keberadaan feeder busway dan angkot pendukung lainnya
Ane pernah mau pergi dari Sawah Besar ke BSD (biasa naek feeder busway yg ada di Mangdu), karena letak Harmoni yg lebih deket dr rumah dan Harmoni sebagai central busway, ane mikir klo Harmoni pasti ada feedernya juga (dulu pernah liat di BSD klo ada jurusan BSD-Harmoni).
Dengan niat mau memastikan, pas malemnya abis pulang kantor, ane menyempatkan diri ke Harmoni untuk menanyakan hal ini. Ane nanya ke petugas di 2 tempat berbeda. Petugas pertama bilang di seberang sana ada feedernya, petugas ke2 bilang disini ga ada feeder buat ke BSD dan diarahin buat naek ke Jelambar. Singkat kata, hasilnya ane malah bingung sendiri sebenernya ada ga jalur Harmoni-BSD. petugas nya sendiri ga tau.
Saran
Mungkin bisa dibuat peta di setiap halte mengenai sarana transportasi pendukung lainnya seperti feeder busway, mikrolet atau bis yg lewat
2. Jembatan dan halte yg ga keurus dan bahan pembuatannya yg spt cm untuk jangka pendek
Contoh yg setiap kali ane liat, di jembatan halte Karet, ada lobang yg ane pikir bisa membahayakan, tp uda berbln2 ga dibenerin. Bahan pembuatan busway yg juga cm dari seng2 yg rasanya mudah rusak spt jebol tadi. Klo memang Jakarta mau menjadikan busway sebagai senjata di bidang transportasi, seharusnya dibuat lbh kuat, mungkin dengan semen misalnya (tentu dana agan lebih besar, ane rasa klo dana ga dikorupsi sama oknum Perda dkk ketika buway dibuat, pasti dananya cukup)
3. Karcis dr kertas yg ga ekonomis dan ga go green
Bayangkan tiap kali penumpang busway beli tiket diksi kertas yg ujung2nya setengah diambil, setengah lagi praktis klo ga diksiin ke penjaganya ato langsung nyemplung ke tong sampah. Ini selain menambah sampah dan menambah kemungkinan orang buang sampah sembarangan dan juga merupakan suatu pemborosan. Bayangin penumpang busway saat ini pasti ada minimal 60% masi ngantri bli karcis dan biaya cetak itu karcis
Saran
Sistem karcis kertas ini mungkin bs diganti dengan kartu seperti di luar negri. Ketika masuk cukup mendekatkan kartu ke sensor dan pas kluar halte busway tinggal memasukkan kartu ke pintu dan pintu akan terbuka. Jika kartu hilang, maka penumpang harus membayar kembali tiket masuk sebagai sanksi
4. Sensor kartu busway yg lama responnya, dan pintu memerlukan waktu cukup lama untuk terbuka
Sewajarnya ketika kartu didekatkan ke sensor, sensor langsung berjalan dan pintu segera terbuka. Tapi dari yg ane amati, sensor butuh sekitar 1-2 detik untuk bekerja dan pintu memerlukan waktu yg sama untuk terbuka. Menurut ane waktu ini cukup lama bila untuk orang yg sedang mengejar waktu. Memang masalah ini tidak terlalu parah, tp jika busway sudah berjalan lancar, maka ini sedikit banyak bs mengganggu kelancaran
5. Banyak petugas yg ga ad kerjaan, padahal di tmpt laen ada yg perlu untuk diawasi malah ga ada keberadaan petugas
Banyak petugas yg cm ngobrol2 dan ketawa-ketiwi di deket loket, padahal di tempat laen spt di pintu antara halte dan bus butuh penjagaan untuk menindaklanjuti orang yg demen nyelak alias ga mau ngantri.
6. Sistem antri yg memudahkan org buat nyelak, dan petugas yg cuek
Lanjutan dari nomor 5, kebanyakan pintu halte dan busway dibagi menjadi 2 dengan sekat, dengan harapan yg turun disebelah kiri, dan naik di sebelah kanan. Tapi sekali lagi hanya dengan sekat dan mental org indo yg kebanyakan ga mau ngantri, ada aja yg ga tau pura2 bloon ato emank bloon langsung masuk dari sana. Sedangkan petugas yg ngeliat ataupun yg ada di dalam bus ga bertindak (pernah sih ada yg suru antri dr blakang, tp cm 1 petugas doank smp saat ini)
7. Sistem naek turun yg jelek (mnrt ane)
Setiap bus minimal punya 2 pintu (depan ato blakang). Papi kebanyakn pintu yg digunain cm 1, klo 2 pun ke2 pintu dipake untuk naik dan turun. Menurut ane, knp ga dibuat supaya naek dr pintu depan dan turun di pintu blakang aj, biar ga ad tabrakan pas pintu kebuka, dengan ini orang yg mau turun langsung ke blakang dan pintu masuk otomatis lbh sedikit orangnya. Berlaku juga dengan 3 pintu, pintu tengah untuk naik dan pintu depan blakang untuk turun, logikanya sama kayak 2 pintu
8. Tmpt antri yg ga cukupy
Kayaknya ini ga usa diomongin lagi krn uda jelas, seperti di Tosari, karet dan halte lain yg relatif kecil
9. Arah jln yg ga diatur (Harmoni)
Harmoni sebagai central busway haltenya cukup besar, tapi ketika penumpang mau pindah bus tidak ada pola jalan di lantai (kembali ke mental kita masing2 apakah mau menaati peraturan)
10. Bus datengnya lama, dan terkadang lewat tanpa penumpang berkali2
Seperti di Dukuh Atas 2, banyak bus yg cm numpang lewat tp ga ngangkat penumpang, ktnya mau isi BBG. Apa ini ga diatur biar isinya selang seling ya?
11. Jalanan rusak, AC bocor, bus bobrok
Ini uda jelas ya, banyak juga yg uda komentar di thread yg laen. Sekarang jalan uda mulai diperbaiki, good job!
12. Pegangan
Untuk bus gandeng, di tengah2 tidak ada pegangan sprt tiang untuk berpegangan, ini rasanya cukup bahaya klo sopir rem mendadak
13. Pas malem pernah ngelewatin bbrp station tanpa pemberitahuan
Pas jam 10 malem, ane mau turun di Sawah Besar, tp tiba2 bus ga berenti dan jalan terus sampe di Mangga Besar tanpa pemberitahuan, setelah lewat Sawah Besar, penjaga baru bilang klo abis Mangga Besar bus langsung berenti di Kota (alias halte trakhir). Ini ga tau emank kyk gini ato petugas n sopir nya uda males dan pengen cpt2 pulang
14. Bus sama smua, yg mencolok cm warna abus2, kuning, dan bus gangdeng
Menurut ane akan lebih enak klo bus dibadain warnanya ato diksi nomor untuk nunjukkin arahnya, jadi dari jauh pun penumpang bisa siap2
Mungkin ada tambahan dari kaskuser laen, smoga ini bs jadi masukan buat pengelola Transjakarta supaya bs member service yg lbh baik dan kemudahan bagi pengguna jasanya
1. Informasi yg ga jls untuk keberadaan feeder busway dan angkot pendukung lainnya
Ane pernah mau pergi dari Sawah Besar ke BSD (biasa naek feeder busway yg ada di Mangdu), karena letak Harmoni yg lebih deket dr rumah dan Harmoni sebagai central busway, ane mikir klo Harmoni pasti ada feedernya juga (dulu pernah liat di BSD klo ada jurusan BSD-Harmoni).
Dengan niat mau memastikan, pas malemnya abis pulang kantor, ane menyempatkan diri ke Harmoni untuk menanyakan hal ini. Ane nanya ke petugas di 2 tempat berbeda. Petugas pertama bilang di seberang sana ada feedernya, petugas ke2 bilang disini ga ada feeder buat ke BSD dan diarahin buat naek ke Jelambar. Singkat kata, hasilnya ane malah bingung sendiri sebenernya ada ga jalur Harmoni-BSD. petugas nya sendiri ga tau.
Saran
Mungkin bisa dibuat peta di setiap halte mengenai sarana transportasi pendukung lainnya seperti feeder busway, mikrolet atau bis yg lewat
2. Jembatan dan halte yg ga keurus dan bahan pembuatannya yg spt cm untuk jangka pendek
Contoh yg setiap kali ane liat, di jembatan halte Karet, ada lobang yg ane pikir bisa membahayakan, tp uda berbln2 ga dibenerin. Bahan pembuatan busway yg juga cm dari seng2 yg rasanya mudah rusak spt jebol tadi. Klo memang Jakarta mau menjadikan busway sebagai senjata di bidang transportasi, seharusnya dibuat lbh kuat, mungkin dengan semen misalnya (tentu dana agan lebih besar, ane rasa klo dana ga dikorupsi sama oknum Perda dkk ketika buway dibuat, pasti dananya cukup)
3. Karcis dr kertas yg ga ekonomis dan ga go green
Bayangkan tiap kali penumpang busway beli tiket diksi kertas yg ujung2nya setengah diambil, setengah lagi praktis klo ga diksiin ke penjaganya ato langsung nyemplung ke tong sampah. Ini selain menambah sampah dan menambah kemungkinan orang buang sampah sembarangan dan juga merupakan suatu pemborosan. Bayangin penumpang busway saat ini pasti ada minimal 60% masi ngantri bli karcis dan biaya cetak itu karcis
Saran
Sistem karcis kertas ini mungkin bs diganti dengan kartu seperti di luar negri. Ketika masuk cukup mendekatkan kartu ke sensor dan pas kluar halte busway tinggal memasukkan kartu ke pintu dan pintu akan terbuka. Jika kartu hilang, maka penumpang harus membayar kembali tiket masuk sebagai sanksi
4. Sensor kartu busway yg lama responnya, dan pintu memerlukan waktu cukup lama untuk terbuka
Sewajarnya ketika kartu didekatkan ke sensor, sensor langsung berjalan dan pintu segera terbuka. Tapi dari yg ane amati, sensor butuh sekitar 1-2 detik untuk bekerja dan pintu memerlukan waktu yg sama untuk terbuka. Menurut ane waktu ini cukup lama bila untuk orang yg sedang mengejar waktu. Memang masalah ini tidak terlalu parah, tp jika busway sudah berjalan lancar, maka ini sedikit banyak bs mengganggu kelancaran
5. Banyak petugas yg ga ad kerjaan, padahal di tmpt laen ada yg perlu untuk diawasi malah ga ada keberadaan petugas
Banyak petugas yg cm ngobrol2 dan ketawa-ketiwi di deket loket, padahal di tempat laen spt di pintu antara halte dan bus butuh penjagaan untuk menindaklanjuti orang yg demen nyelak alias ga mau ngantri.
6. Sistem antri yg memudahkan org buat nyelak, dan petugas yg cuek
Lanjutan dari nomor 5, kebanyakan pintu halte dan busway dibagi menjadi 2 dengan sekat, dengan harapan yg turun disebelah kiri, dan naik di sebelah kanan. Tapi sekali lagi hanya dengan sekat dan mental org indo yg kebanyakan ga mau ngantri, ada aja yg ga tau pura2 bloon ato emank bloon langsung masuk dari sana. Sedangkan petugas yg ngeliat ataupun yg ada di dalam bus ga bertindak (pernah sih ada yg suru antri dr blakang, tp cm 1 petugas doank smp saat ini)
7. Sistem naek turun yg jelek (mnrt ane)
Setiap bus minimal punya 2 pintu (depan ato blakang). Papi kebanyakn pintu yg digunain cm 1, klo 2 pun ke2 pintu dipake untuk naik dan turun. Menurut ane, knp ga dibuat supaya naek dr pintu depan dan turun di pintu blakang aj, biar ga ad tabrakan pas pintu kebuka, dengan ini orang yg mau turun langsung ke blakang dan pintu masuk otomatis lbh sedikit orangnya. Berlaku juga dengan 3 pintu, pintu tengah untuk naik dan pintu depan blakang untuk turun, logikanya sama kayak 2 pintu
8. Tmpt antri yg ga cukupy
Kayaknya ini ga usa diomongin lagi krn uda jelas, seperti di Tosari, karet dan halte lain yg relatif kecil
9. Arah jln yg ga diatur (Harmoni)
Harmoni sebagai central busway haltenya cukup besar, tapi ketika penumpang mau pindah bus tidak ada pola jalan di lantai (kembali ke mental kita masing2 apakah mau menaati peraturan)
10. Bus datengnya lama, dan terkadang lewat tanpa penumpang berkali2
Seperti di Dukuh Atas 2, banyak bus yg cm numpang lewat tp ga ngangkat penumpang, ktnya mau isi BBG. Apa ini ga diatur biar isinya selang seling ya?
11. Jalanan rusak, AC bocor, bus bobrok
Ini uda jelas ya, banyak juga yg uda komentar di thread yg laen. Sekarang jalan uda mulai diperbaiki, good job!
12. Pegangan
Untuk bus gandeng, di tengah2 tidak ada pegangan sprt tiang untuk berpegangan, ini rasanya cukup bahaya klo sopir rem mendadak
13. Pas malem pernah ngelewatin bbrp station tanpa pemberitahuan
Pas jam 10 malem, ane mau turun di Sawah Besar, tp tiba2 bus ga berenti dan jalan terus sampe di Mangga Besar tanpa pemberitahuan, setelah lewat Sawah Besar, penjaga baru bilang klo abis Mangga Besar bus langsung berenti di Kota (alias halte trakhir). Ini ga tau emank kyk gini ato petugas n sopir nya uda males dan pengen cpt2 pulang
14. Bus sama smua, yg mencolok cm warna abus2, kuning, dan bus gangdeng
Menurut ane akan lebih enak klo bus dibadain warnanya ato diksi nomor untuk nunjukkin arahnya, jadi dari jauh pun penumpang bisa siap2
Mungkin ada tambahan dari kaskuser laen, smoga ini bs jadi masukan buat pengelola Transjakarta supaya bs member service yg lbh baik dan kemudahan bagi pengguna jasanya
0
2.3K
31
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan