KASKUS

Poll: Menurut agan, mana yang paling bagus dan cocok untuk nama club mobilio ??

This poll is closed View Polling Result
Modus (Mobilio Honda kaskus) 11% (30 votes)
Mulus (Mobilio User & Lover Kaskus) 2% (6 votes)
Mobkas (Mobilio Kaskus) 2% (5 votes)
Mobility (Mobilio Community) 55% (149 votes)
MECK (Mobilio Enthusiast Community at Kaskus) 3% (9 votes)
Imoet (Indonesia Mobilio Enthusiast) 3% (7 votes)
KMI (Komunitas Mobilio Indonesia) 2% (5 votes)
Mobilioners 6% (15 votes)
Bilious 1% (3 votes)
Mobilion 3% (7 votes)
Mobilionz 1% (4 votes)
Mobilicious 3% (8 votes)
Mobilio US (Mobilitius) 1% (2 votes)
MCK (Mobilio Community at Kaskus) 5% (14 votes)
Lainnya (Silahkan post di trit ini) 3% (8 votes)
Quote:Original Posted By zeromus


klo kata salesnya emang seperti itu gan. ane juga bingung nich.
padahal sdh berharap lebih bagus dari ipin ama rrrrrr.


Kurang rapi juga ya gan..
Ane & bokap ane juga berharap begitu lebih bagus daripada kompetitor LMPV.. tapi.....

Mungkin buat mobilio owner wannabe jangan terlalu kaget kalo interior si mobilio ini biasa aja bahkan ada yang bilang kayak ember dll..asal tau aja ya gan kalo liat interiornya (dashboard lebih tepatnya) honda CR* sama honda c**i* bakal shock juga soalnya kesannya murahan banget dibanding kompetitor untuk harga mobil segitu(yang udah lumayan itu honda a**o**)..entah kenapa si hando sekarang ga perhatikan estetika interior jadi intinya kalo misal agan2 ga bisa nerima kualitas interior mobilio ya emang mau ga mau harus selingkuh
Akhirnya dah lihat mobilio, meskipun belum bisa test drive. Karena ni mobil ada berapa kejutan, ane mau sharing di sini untuk semua penginden, atau calon pembeli mobilio.


Exterior secara keseluruhan jelas lebih bagus banding avanza. Nah sebelum di serang oknum yang sering bilang nggak etis banding ama mobil lain, ane cuman mau ingatkan aja, ane yakin mayoritas orang saat mau beli mobil yang ada saingannya, nggak mungkin nggak banding. Dan jika banding ama avanza nggak boleh, nggak etis, emang harus banding ama pesawat ? Atau banding ama BMW ?


Sizenya ya gitu, nggak terlalu gede, nggak kecil banget juga. Sesuai expektasi compact MPV. Nggak bikin rasa wow, tapi banding saingannya, lumayan. Belakangnya jelas paling bagus, depan muka brio ya OK. Toh avanza juga nggak bilang wow banget penampilannya.
Ruang mesin ya gitu, dan nggak heran engine hood insulatornya nggak ada. Seperti crv. Cuman beda ama crv yang menurut saya agak kebangetan harga 400 juta gituan aja di ambil, untuk mobilio lebih bisa di toleransi, karena mobil murah di bawah 200 juta. Semoga ada option untuk pasang sendiri nanti.


Dashboard yang banyak di bicarakan, memang iya, agak terlalu gelap, jelas kalah ama ertiga yang cerah dan tampang lebih high class. Sayang, kenapa honda nggak bikin dashboard baru ? Ya udah pasti ambil dash brio demi nekan biaya. Jadi memang kurang wow rasa dashboardnya.


Tapi berita baiknya adalah, ternyata ni mobil ada berapa hal + yang lebih dari kompensasi masalah dashboard gituan. Pertama, beda ama avanza, jok dan posisi duduk baris pertama enak. Ukuran bangkunya juga termasuk besar untuk class mobil ini. Selera orang bisa beda, tapi setidaknya untuk ane, posisi duduknya ane yakin cukup enak untuk perjalanan jauh pun. Dalam hal ini ane thumbs up untuk honda. Bangkunya juga sedang, nggak empuk, namun nggak keras juga.
Quote:Original Posted By Aled87
Mungkin buat mobilio owner wannabe jangan terlalu kaget kalo interior si mobilio ini biasa aja bahkan ada yang bilang kayak ember dll..asal tau aja ya gan kalo liat interiornya (dashboard lebih tepatnya) honda CR* sama honda c**i* bakal shock juga soalnya kesannya murahan banget dibanding kompetitor untuk harga mobil segitu(yang udah lumayan itu honda a**o**)..entah kenapa si hando sekarang ga perhatikan estetika interior jadi intinya kalo misal agan2 ga bisa nerima kualitas interior mobilio ya emang mau ga mau harus selingkuh


Iya Gan, mobil itu buatan manusia, gak ada yang sempurna, pasti ada aja kelemahannya.
Tinggal agan cari aja mana kekurangan yang bisa ditolerir dan mana yang nggak bisa ditolerir. Kalau Ane gak bisa tolerir bagasi sempit dan fitur minim. Makanya Ane pilih mobilio karena walau ada kekurangannya tapi banyak juga keunggulannya. Kalau agan yang lain bisa tolerir bagasi sempit dan fitur minim tapi gak bisa tolerir interior ua silahkan selingkuh. Pengalaman ane naik brio yang interiornya mirip sih fine2 aja.
Quote:Original Posted By Jorca


Namanya juga diskusi dan berbagi informasi gan, saling mengemukakan pendapat kan boleh aja asal ga ngejelek-jelekin. Secara eksterior sangat ok kok si mobilio ini. Ane cuma ga nyangka aja dashboard mobilio yang seharga hampir 200juta dipasang dashboard brio yang LCGC 100juta. Ibaratnya CRV dipasangin dasboard Jazz. Hal itu yang membuat ane galau meskipun ane belum ucapin talak ama salesnya. Ditambah lagi kemarin digoda discount dahsyat untuk mobil merk lain (ane ga sebut merk deh biar enak) dari harga 20jutaan diatas mobilio stl disc malah lebih rendah dari mobilio.

Jujur aja ane masih ngarep mobilio krn kepincut eksteriornya makanya ntar sabtu ane mau datengin dealernya untuk kepastian msh acceptable ga dashboardnya.


brio sport itu harganya 180 jutaan lho gan.....bentuk dashboardnya juga ngga beda sama brio satya yg 107 juta

Seperti berapa agan bilang, mobilio pun nggak mungkin serba OK, pasti ada -nya. Salah satu lagi adalah, yang ane rasakan, nggak tau yang lain berasa nggak, saat duduk di driver seat, bagian bawah kaki kiri berasa sedikit keganggu ama bagian bulat cup holdernya di dekat situ yang nongol.


Ane sih lebih suka jika flat, seperti jika nggak ada cup holder di situ. Jadi kasusnya agak mirip nissan march, cuman mobilio mendingan. Tapi ini bukan hal yang sangat besar, asal sadar aja keganggu atau nggak. Mungkin masing masing orang akan beda rasanya. Tergantung tinggi, posisi duduk, dll.


Baris dua, seperti baris pertama, posisi duduknya cukup nyaman. Malah ane jelas berasa ukuran bangku baris 2 mobilio lebih besar, lebih panjang banding innova yang sebenernya agak kecil (demi dapat ruang kaki extra di innova, perhatikan deh).


Jadi bangku mobilio baris 2, untuk ane ya, lebih enak di dudukin untuk perjalanan jauh banding innova. Dan rasanya bedanya lumayan. Ane yakin jika di ukur pakai meteran, pasti beda berapa centi.


Cuman karena mobilio compact mpv, lebih kecil panjangnya banding innova, jelas ruang kakinya lebih sedikit banding innova. Tapi untuk dewasa ukuran sedang sekitar 160-175 cm, lebih dari cukup.


Dan meskipun innova ruang kaki lebih lega, tapi jika suruh ane pilih jalan jauh mau naik mobilio atau innova, ane pasti pilih mobilio, karena untuk ane, ukuran bangku jika agak kecil, nggak enak jika duduknya agak lama. Mending ukuran bangku lebih besar, asal ruang kaki nggak menyiksa.


Dan ane sarankan pembeli mpv perhatikan hal ini, kenyamanan baris 2, karena bangku baris 2 menurut ane adalah daerah VIP, sering di pakai, misalnya ajak ortu biasanya mereka juga duduk di situ, beda ama baris 3 yang sekali kali kepakai saja.


Maksud ane ukuran bangku lebih besar atau kecil adalah, bukan bagian senderannya siapa lebih tinggi, tapi bagian datarnya yang support bokong - paha bawah. Bangku makin kecil, bagian paha bawahnya makin banyak yang nggak di support, jadi makin nggak enak untuk jalan jauh. Ini faktor sangat penting untuk ane. Comfort.
Jadi bicara daerah VIP baris 2, ertiga karena pengaruh view kedepannya, dashnya yang lebih cerah dan cakep, overall feeling duduk di baris 2 menurut saya akan rasa lebih terang di ertiga.


Namun bicara overall comfort untuk jalan jauh, ertiga dan mobilio mirip. Dua mobil ini sama sama enak. Siapa bangkunya lebih besar ? Mirip. Karena ane nggak berasa perbedaan yang mencolok.








Quote:Original Posted By barba.rian
info yang ane dapat ..
mobilio mulai mejeng di surabaya tanggal 28 Januari 2014 ..


waduh suwi suwi.....yg udah test drive komennya dong
Sekarang, kejutan besar dari honda mobilio ini. Baris 3, yang sangat di cintai mayoritas orang Indonesia, meskipun sebenernya nggak gitu sering di pakai. Tapi ane setuju, bisa dapat 3 baris, kenapa tidak ?


Jika lihat dimensi dan size, bentuk mobilio, sebelum lihat, ane sih pikirnya, paling mirip avanza gitu, agak sempit.


Saat ane pindah ke baris 3 dan ambil posisi duduk, ane baru sadar kenapa mobilio ini layak di hargai lebih mahal banding saingannya. Nggak tau caranya gimana, tapi para team design honda mampu ciptakan posisi duduk di baris 3 mobilio yang lumayan enak ! Ruang kakinya juga cukup. Nggak menyiksa.


Ruang kepala jarak ama plafonnya juga lebih lega banding avanza dan ertiga. Meskipun nggak beda jauh. Dan lebih penting lagi, ukuran bangku baris 3 dan posisi duduknya juga ane berasa lebih enak mobilio banding avanza dan ertiga.


Jelas baris 3 mobilio untuk penumpang yang tingginya nggak lebih dari 170 cm, sudah lebih dari cukup untuk perjalanan jauh ! Dan untuk yang suka touring ama keluarga, dan ingin semua anggota keluarga duduk senyaman mungkin di baris 3 pun, ane rasa faktor + mobilio ini aja udah cukup untuk menilai harga mobilio lebih mahal banding saingannya.


Dalam hal ini ane mau ucapkan Good Job untuk team design mobilio yang udah pasti dengan detail, banyak observasi, banyak pemikiran, dan banyak perhitungan, trial and error, akhirnya mampu ciptakan posisi duduk yang lumayan enak di baris 3 untuk dewasa pun !


Dengan ini, dan berapa faktor + tadi yang sudah di bahas sebelumnya, ane rasa sudah lebih dari cukup untuk menutupi masalah design dashboardnya yang agak gelap / kurang mewah..


Ruang bagasi. Saat kursi baris 3 di isi penumpang, sisa ruang bagasinya juga lumayan lega ! Ini kejutan ke 2 mobilio ! Bisa nggak masukin 3-4 gallon aqua ? Nggak tau, karena nggak bisa beneran coba. Tapi sekilas mata sih bisa. Dan lumayan dalam juga cargo compartmentnya.


Di banding ama sisa ruang bagasi innova saat baris 3nya di pakai yang seingat ane kecil ruang bagasinya, jauh ! Sekali lagi, ane rasa faktor ginian ada nilai uangnya.


Jadi menurut ane wajar harga mobilio di atas avanza. Faktor ginian kan sulit untuk modifikasi sendiri, karena merupakan pondasi design mobilnya. Coba seperti innova, gimana mau modifikasi innova supaya saat baris 3 di dudukin, ruang bagasinya sebesar mobilio ?


Lagi, team design mobilio jelas cukup meras pikiran dan serious untuk maximise space saat ciptakan mobilio ini. Cuman lupa lipat baris 3 dan lihat ruang cargo maxnya berapa. Tapi ane yakin cukup gede. Karena belakang baris 3 di pakai aja udah lumayan.


Tinggal masalah ride and handling, engine performance.

Quote:Original Posted By Win1234
Ruang bagasi. Saat kursi baris 3 di isi penumpang, sisa ruang bagasinya juga lumayan lega ! Ini kejutan ke 2 mobilio ! Bisa nggak masukin 3-4 gallon aqua ? Nggak tau, karena nggak bisa beneran coba. Tapi sekilas mata sih bisa. Dan lumayan dalam juga cargo compartmentnya.


Di banding ama sisa ruang bagasi innova saat baris 3nya di pakai yang seingat ane kecil ruang bagasinya, jauh ! Sekali lagi, ane rasa faktor ginian ada nilai uangnya.


Jadi menurut ane wajar harga mobilio di atas avanza. Faktor ginian kan sulit untuk modifikasi sendiri, karena merupakan pondasi design mobilnya. Coba seperti innova, gimana mau modifikasi innova supaya saat baris 3 di dudukin, ruang bagasinya sebesar mobilio ?


Lagi, team design mobilio jelas cukup meras pikiran dan serious untuk maximise space saat ciptakan mobilio ini. Cuman lupa lipat baris 3 dan lihat ruang cargo maxnya berapa. Tapi ane yakin cukup gede. Karena belakang baris 3 di pakai aja udah lumayan.


Tinggal masalah ride and handling, engine performance.



Kan emang honda punya prinsip gan man maximum machine minimum
Overall, ane rasa mobilio ibaratnya ikan hiu yang cukup berbahaya untuk saingannya. Karena poin + nya jauh lebih banyak banding -nya.


Dan ane mau sarankan untuk yang galau, karena harga mobilio bisa jadi nggak lama lagi akan lebih mahal berapa juta banding avanza, jika benar suka mobilio, dan budgetnya masih kuat untuk cicil / cash mobilio, meskipun lebih mahal, AMBIL ! Kenapa ?


1. Karena jika cicil 2-3 tahun, hitung sendiri, selisih sebulannya banding jika beli avanza sangat tipis ! Karena selisih harganya di cincang jadi kecil kecil, di amortisasi 2-3 tahun.


2. mobilio mini maxi, maksudnya exterior compact, interior lumayan besar, dan baris 3 enak, ruang bagasi lega, ini aja layak di hargai lebih tinggi.


3. Belum masalah irit, performa, ane optimis juga menang. Ini aja udah irit berapa duit bensin jika bicara berapa tahun banding saingannya ? Beda 10% irit aja coba hitung sendiri hemat berapa duit dalam waktu 5 tahun.


4. Saat di jual nanti berapa tahun kedepan, andai kata harga mobilio baru nanti lebih mahal 15 juta banding avanza pun, ane sangat yakin nilai jual kembali mobilio minimal bisa jadi tetap 10-15 juta lebih tinggi juga, malah jika supplynya dikit karena jarang yang jual karena pada suka, lebih tinggi lagi.


5. Belum masalah safetynya.


Jadi awalnya bayar lebih, nikmati banyak fasilitas lebih, hemat banyak duit BBM, dan saat di jual, toh uang extra selisih harga mobilio vs avanza toh akan kembali lagi.


Maksud ane, misalnya 5 tahun ke depan, avanza bekas nilainya 80 juta. Ane sih yakin mobilio bekas saat itu minimal sekitar 95 juta. Jadi saat beli lebih mahal dikit, tapi nilai bekasnya di masa depan pasti lebih tinggi juga.


Jadi anggap aja uang itu uang titipan tanpa bunga untuk nikmati segala fasilitas dan poin + mobilio, habis pakai berapa tahun saat di jual, tinggal ambil kembali uang titipannya, meskipun tanpa bunga.


Jadi menurut ane, deal yang sangat menguntungkan untuk nikmati segala fasilitas mobilio berapa tahun


Tinggal 1-2 hari lagi, yang serius mending hari ini SPK, sebelum hari H tiba dan waktu nunggu inden akan cepat melar ke entah 9 bulan atau lebih ?

Quote:Original Posted By Aled87
Mungkin buat mobilio owner wannabe jangan terlalu kaget kalo interior si mobilio ini biasa aja bahkan ada yang bilang kayak ember dll..asal tau aja ya gan kalo liat interiornya (dashboard lebih tepatnya) honda CR* sama honda c**i* bakal shock juga soalnya kesannya murahan banget dibanding kompetitor untuk harga mobil segitu(yang udah lumayan itu honda a**o**)..entah kenapa si hando sekarang ga perhatikan estetika interior jadi intinya kalo misal agan2 ga bisa nerima kualitas interior mobilio ya emang mau ga mau harus selingkuh


Bener dah dari CR* gen3 ke gen4 emang menurut ane emang ada penurunan kualitas interior. Cakepan gen3 kemana-mana dah interiornya. Jadi pas mobilio interiornya kurang memuaskan ya udah ane merem aja dah . Wong CR* gen4 aja digituin,pagimana mobiliyong. Tapi intinya kalo ane pribadi ,selagi bini gak komplen soal interior mobilio ya ane akan berusaha fine2 aja
Barusan aja liat di showroom honda permata hijau kebayoran lama.

Mau nanya rekan2 yg pernah liat, berhubung daerah saya lumayan suka banjir.

Mana yg lebih tinggi antara avansa r3 ama mobilio ini..

Saya baca kan GC lbh tinggi avansa 200mm lalu mobilio 185mm dan disusul r3.

Cm faktor lain kan penempatan filter udara or air intake mempengaruhi penilaian..soalnya sejauh mata saya yg nubi liat, posisi meain mobilio cukup rendah dibanding kompetitor.

Mohon pandngan rekan2 lain gimana..

Thx
Menurut ane, gini gan, pertama, beda GCnya seingat ane cuman sekitar 10 mm, atau cuman 1 cm saja.


Nah, agan coba perhatikan berita banjir belakangan, jaman sekarang, banjir di Indonesia udah nggak tanggung tanggung. Maksudnya, nggak misalnya pas di borderline dimana avanza bisa lewat dan mobilio tidak bisa. Pasnya emang berapa cm ? Ada level ginian pun saat jalanannya naik / turun dikit 1cm aja atau lebih, lain lagi kasusnya.


Karena banjir jaman sekarang ganas. Sekali datang, 40-60 centi gituan. Malah ada yang 1 meter lebih ! Kalau udah levelnya gitu gan, coba pikir, mau beda GC 1 cm, bahkan 2 cm pun, ane sih ketawa aja. Akhirnya semua mobil pasti mati jika coba coba lewat banjir level segitu.


Mending jangan keluar, atau jika terpaksa, berhenti, atau pindah ke tempat parkir yang tinggi. Banjir gituan mah SUV tinggi aja juga takut.


Toh pula banjir setahun cuman berapa hari saja. Tapi masalah ride and handling, comfort, space, irit, dll kan setiap hari kita butuh dan nikmati (atau tidak bisa nikmati).


Jika mobilio vs saingannya sama semua factor atas, ya nggak salah ambil yang GC lebih tinggi, meskipun efeknya kecil menurut ane. Tapi masalahnya ternyata menurut observasi ane, poin poin mobilio vs avanza banyak yang bedanya lumayan jauh.


Jadi saran ane, ambil poin poin yang lebih sering kepakai ama agan, banding poin poin yang toh selisihnya nggak ada artinya, dan juga setahun cuman kepakai sebentar.


Menurut ane, GC beda 1 cm nggak ada artinya hadapi banjir jaman sekarang. Posisi air intake jika beda 2-3 cm pun juga tetap riskan jika coba jadi kapal di banjir seperti sekarang.


Ingat gan, mobil pada dasarnya bukan amphibian, nggak ada mobil yang benar cocok untuk lewat genangan 60 cm atau lebih. Range Rover gituan sih katanya bisa, tapi ya sayang juga mobil mahal gitu nanti interiornya masuk air.


30 cm aja ane bilang jika bisa, jangan di lewatin. Interiornya risiko masuk air, nanti bersihinnya susah, bau dan efek samping lain.


Kalau hoki cuman 10-15 cm, ya sedan aja bisa lewat



Quote:Original Posted By sim_x
Barusan aja liat di showroom honda permata hijau kebayoran lama.

Mau nanya rekan2 yg pernah liat, berhubung daerah saya lumayan suka banjir.

Mana yg lebih tinggi antara avansa r3 ama mobilio ini..

Saya baca kan GC lbh tinggi avansa 200mm lalu mobilio 185mm dan disusul r3.

Cm faktor lain kan penempatan filter udara or air intake mempengaruhi penilaian..soalnya sejauh mata saya yg nubi liat, posisi meain mobilio cukup rendah dibanding kompetitor.

Mohon pandngan rekan2 lain gimana..

Thx


Setinggi apapun GC sebaiknya banjir jangan dilewatin Gan kecuali cetek. Deket rumah Ane sering banjir dan disana cukup banyak yang punya mobil city car dengan GC pendek dan mereka cukup bijaksana untuk nggak melewati banjir. Justru beberapa mobil yang tinggi jadinya over confidence lewatin banjir akhirnya mati mesin di tengah2 banjir.
Menurut Ane GC mobilio udah bagus, dengan GC 189 (update yg Ane dapet 189 bukan 185) nggak terlalu tinggi tapi juga nggak terlalu pendek. Kalo GC ketinggian nanti efeknya mobilnya jadi limbung dan nggak nyaman dipake sehari-hari Gan
Quote:Original Posted By jokolebay
Setinggi apapun GC sebaiknya banjir jangan dilewatin Gan kecuali cetek. Deket rumah Ane sering banjir dan disana cukup banyak yang punya mobil city car dengan GC pendek dan mereka cukup bijaksana untuk nggak melewati banjir. Justru beberapa mobil yang tinggi jadinya over confidence lewatin banjir akhirnya mati mesin di tengah2 banjir.
Menurut Ane GC mobilio udah bagus, dengan GC 189 (update yg Ane dapet 189 bukan 185) nggak terlalu tinggi tapi juga nggak terlalu pendek. Kalo GC ketinggian nanti efeknya mobilnya jadi limbung dan nggak nyaman dipake sehari-hari Gan

Jadi yang benernya GCnya 185mm / 189mm nih??

Quote:Original Posted By cethingnggoling





tuas persnelingnya kurang mewah ya..kenapa gag pake model karet bulat2 kaya jazz??

itu baris ketiga di doortrim speaker atau blower sedot ac?

He,.. Mas,.. Bisa ditanyakan ke R&D Honda Thailand karena merekalah yang mengkonsep semua,..
Baris ketiga itu speaker bukan blower,..
Quote:Original Posted By peddobear
Kira" Dengan Kekuatan 118ps Kuat di tanjakan ga ya

Yang pastinya kuat gan,..
Dengan 1500 CC Tenaga 118 PS/6.600rpm dan torsi 14,7/4800rpm,..
Coba dibandingkan dengan yang lain,.. he,...