TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo menyebut penumpang kereta rangkaian listrik di kawasan Ibu Kota, tergolong manja.
"Penumpang Jakarta cengeng-cengeng, sangat dimanjakan," ujar Tri kepada Tempo, Rabu 16 Oktober 2013.
Tri menyebut satu contoh kemanjaan itu yakni malasnya penumpang KRL Jakarta proaktif mencari informasi soal perkembangan aturan KRL. Padahal, setiap aturan selalu disosialisasikan terlebih dulu.
Karena itu, Tri berharap semua penumpang KRL belajar dulu soal KRL sebelum naik kereta. Misalnya mempelajari peta rute KRL, aplikasi yang sudah ada untuk mengetahui keberadaan kereta, sistem tiket, dan situasi stasiun.
"Petunjuk buat penumpang sudah dipasang. Jangan terus disuapi," katanya dengan nada memohon. Terlebih, penumpang KRL umumnya kalangan melek teknologi. "Semua sudah pada pakai smartphone," katanya.
Ketika keadaan fasilitas stasiun seperti peron dan pengeras suara yang belum sempurna, menurut dia, penumpang harus lebih proaktif.
Tri membandingkan penumpang KRL Jakarta dengan penumpang kereta di Jepang dan Singapura. Di Negeri Matahari Terbit, penumpang terbiasa menaiki stasiun dengan tangga. "Bahkan perempuan hamil pun (pakai tangga)," katanya. Dia melanjutkan, "
Manja semua lo, bayar murah aja pinginnya nyaman, baca itu papan informasi, kalau ngakunya sering naik KRL seharusnya sudah hapal diluar kepala sudah sampai stasiun mana, jadi gak perlu ada announcer di setiap kereta, nambah biaya pegawai aje bagi KCJ...kapan untungnye nih...
Apalagi tuh ibu2 hamil, itu bukan tanggungjawabnya KCJ, suami ente yang harus tanggung jawab, jangan nyalahin eskalator...
Quote:
Original Posted By mukt1►
kaya gini masa di bilang manja..
mungkin mereka yg manja udah terlalu cape di komuter berdiri n desak2an jdi bgitu sampe stasiun maunya ad eskalator n yg mijit kakinya biar sampe kantor bsa fresh kerjanya.. pasang d depan klo berkenan
Quote:
Original Posted By OmotomO►TS nya pasti bukan pengguna CL
Quote:
Original Posted By enterspace►ts kurang pro rakyat nih...
Quote:
Original Posted By abu.irsyad►ni ts bodoh ya, gw dr th 1997 naek krl, bocah msh ijo aj belagu loh...
Quote:
Quote:
Original Posted By uciica►wah ts nya blm pernah naek kereta a.ka cl yak?
:
ts nyobain dlu deh bru komen kaya gt
jd ts bs liat dr sudut pandang yg berbeda2
eskalator di sudirman mati , cm 1 yg idup . itupun jarang idupnya cm wktu tertentu aja
dan bayangin, ini stasiun cabang, stasiun kecil bukan kaya tanah abang/manggarai/serpong/jatinegara dsb
tangganya cm eskalator , nah kalo eskalatornya mati dan space eskalator tau sndri selebar apa, sdangkan jumlah orang yg turun-naik di stasiun ini masyaallah ... coba deh cek sndri gan
:
mana kalo ud jam2 sibuk itu parah bgt
ane sampe rela ngalah atau ketinggalan kereta dah drpd mati keinjek2
td juga smpet dnger ibu2 d blkg ane ngbrol ama tmennya , "ini latihan kita buat naik haji, bayangin nanti di mekah gmna pas naik haji, lbh gila dr ini"
ane cm senyum doank, senyum prihatin ....
ane tiap hari naik turun d sta tanah abang dan sudirman
dan itu di jam2 sibuk pula ...
rawa buntu bagus. tinggal nambah tempat duduk yg nyaman aja.
tanah abg sih bagus. peron panjang dan lebar . tempat duduk sudah lumayan. tangga juga lebar .
sudirman?
ga tau dh stasiun lainnya gmna ...
masalah informasi , ya cuma ngandelin info dr pengeras suara
ane g pke semartpon tuh . jd jgn d samaratakan lah. lagian boro2 liat info krl , ngejar kereta pas ganti peron plus desek2an aja udh cpe, bkin g mkir lg baca info krl
lagian krl suka telat jga . cm ngandelin twitter doank. tp apa smua org bs buka ?? ga kan?
sering bgt ganguan sinyal masuk kereta. jd kereta suka telat . ane pnah ngrasain kereta telat 1 jam lbh, dan itu kereta2 d blkgnya ngantri d sta sebelumnya . bayangin org2 kaya ane yg ngandelin kereta sbg transportasi utama. dn hrs kerja pula
yg perlu dibenahi itu fasilitas2 utk penumpang
apalagi utk penumpang disabilitas a.ka cacat
ane ga ngeliat/blm ngeliat adanya fasilitas utk org cacat tsb
dan eskalator dibenerin donk .. slain buat mempercepat, itu jg fungsinya kan?klo gt eskalator ganti tangga aja .. atau sediain tangga dan eskalator biar g injek2an
trs buat media informasi ud bgus sih yg ane liat d sudirman ,
ad big screen kaya di bandara buat ngliat jdwl keberangkatan dan tiba .
dan 1 tv besar buat nonton tipi
tp itu d lantai atas , d peron kaga ada
d peron malah banyak lcd buat iklan
:
kenapa g kerjasama ama tuh penyedia lcd buat iklan utk nyiarin info2 dn jdwl krl???
drpd pake kertas d tempel2 , kadang d bca kdang ga
klo lwt monitor kan hemat kertas meskipun g hemat listrik, tp lbh efisien soalnya banyak info yg bs d sediakan
just my 2 cents :beer
Quote:
Original Posted By nylekamin►sempakkk bener KCJ!! Commuter Line udah kaya kaleng sarden gituu kalo jam2 kerja masih dibilang manja...eskalator mati dan minta dibenerin ya bukann manja lah namanya!!
masih mending penumpangnya mau tertib tuhh karena ngejar jam masuk kantor!!
sosialisasi2..makanya aturan jangan gonta ganti mulu jadi pada bingung penumpangnya!! asemmm pagi2 udah bikin sewott aja!!
Quote:
Original Posted By thunderglider►Ya gan ane setuju sama ts
Quote:
Original Posted By omotefashion►tapi ane setuju sama TS.
Disini kan yang disoroti <terutama> soal malesnya para penumpang MEMBACA dab mempelajari aturan yang terpampang.
Dan ane udah buktiin, orang-orang emang MALES BACA dan lebih suka nanya. Coba aja agan2 perhatiin, mungkin agan2 sendiri juga kayak gitu. Ketimbang baca peta mendingan nanya kan. Padahal segala sesuatunya ada di papan info, tapi itulah orang Indo, MALES BACA!
Quote:
Original Posted By onachan28►Wakakakakk iya tuh. Perempuan hamil tanggung jawab suaminya. Beliin mobil ples anter jemput. Klo bs jg ga usah kerja, kan kesian..
Quote:
Original Posted By coffee.n.smoke►
Ini gw setujuh banget nih. Suaminya yg enak, orang laen yg mesti repot!
Salahin suamilah, bisa ngehamilin, tp kg mampu cari nafkah sendiri, or at least sediain transportasi yg lebih cocok buat wanita hamil
Quote:
Original Posted By ejaquw►
Ngerti gak sih maksud TS buat thread ? Intinya kan masyarakat Indonesia MALES BACA bukan kemudian komentarin keterlambatan.. Kalau memang gak mau padet-padetan dan duduk nyaman silahkan naik Taksi atau bawa kendaraan pribadi. Gw kira KCJ terus berbenah yah, bisa liat kondisi stasiun saat ini. Klo masalah penuh dan sebagainya, silahkan cek di youtube kereta di jepang pada jam kerja.. Sama aja masbro, bahkan disana ada petugas buat dorong penumpang masuk ke kereta...
Quote:
Original Posted By BeaHero►Bayar murah,naik eskalator,udah gitu pake AC??? Enak banget idup lu,
Penduduk indonesia terlalu di manja gan,saking di manjanya jadi bodoh
Besok2 KRL bikin pengumuman
"Eskalator hanya untuk ibu hamil,lansia dan penderita cacat! Anda mau naik eskalator? Silahkan pilih kriteria anda dulu,"
Quote:
Original Posted By cecurutcurut►
ane setuju sama quote nya TS ne
emang orang sini uda ngelebihin batas egois
mau murah, tp service dan hasil maximal
ga mau kerja, tp ga mau miskin
mau jd apa coba orang2 begitu
suram
Quote:
Original Posted By vonda►Hahaha, setuju gan. Namanya juga manusia, 'nggak pernah puas'. Padahal kondisi KRL di Jabodetabek sangat keren jika dibanding kota lain. Klo misal di Jakarta, perjalanan dari satu daerah kedaerah lain mudah terutama ketersediaan transportasinya, coba mereka skali-kali menjelajah Surabaya, pasti dahh bingung sendiri sama angkutan disini(belum terintegrasi seperti di Jkt).
Salut dahh buat manajemen KRL di Jabodetabek. Ane orang Jawa Timur, baru sekali ke Jakarta. Sekalinya ke Jakarta, kagum ane sama sistemnya. Mulai dari jadwal yg cukup teratur dan terus ada setiap beberapa menit, serta bisa menjangkau berbagai wilayah. Keren dahh pokoknya.
Semoga kota lain juga bisa mengikuti perkembangan transportasi KRL di Jakarta terutama berbagai kota besar (kaya Surabaya) yang akses antar daerah dalam kota cukup sulit/ribet dijangkau pake kendaraan umum.
Quote:
Original Posted By N3O5287►Klo buat pengguna KRL Nubie sie memang wajr gan minta informasi kereta udah sampe mana, atau kereta mana duluan yang jalan atau ngeluh naek tangga yng tinggi banget,.
Tapi kayanya ga dech buat pengguna KRL yg udh tiap hari naek dan melek teknologi.
Buat jadwal pemberangkatan, selain sudah hapal, sekarang bisa monitoring via aplikasi diSmartphone (kebetulan ane pake android). Disitu Realtime, dari stasiun apa, yang berangkat di Line berapa, tujuan kemana dan jam berapa. Realtime sesuai yg diinfokan via pengeras suara
Buat info kereta sudah sampai di stasiun A, sudah sampai di Stasiun B, C, D dan seterusnya, itu klo buat nubie sie emang ketar ketir. Takut kelewat atau kebablasan. Tapi buat yg udh tiap hari naik, ga masalah. Gw kadang walau sambil denger MP3 dan internetan, gw masih bisa tau kapan gw harus turun. Dengan insting perkiraan waktu tempuh. Tapi ini buat kasus harian yg rutenya sama, klo beda gmna? Ya gampang aja, kan rute KRL disetiap pintu dipasang. Setiap kita sampe diStasiun apa, ada petunjuk besarnya, ini distasiun apa. Klo ga kliatan, atau pas rame, tanya lah sama penumpang disebelah
Naik tangga capek? Come on, masa iya bayar masih 2rb - 6rb sekali jalan masih minta Escalator. Investasi besar, listrik mahal dan perawatannya itu pasti makan biaya yg ga sedikit juga. Toh, dengan jalan kaki bikin sehat. Tapi ada benernya juga kata TS, ibu hamil itu tanggungan Suami. Tapi difasilitas publik, pemerintah kudu kasih pelayan juga
,. Ya semoga aja nanti bisa secepatnya dibangun escalator, minimal buat prioritas seperti ibu hamil dan manula
Quote:
Original Posted By zetton►
Komeng:
sbenernya maksud tuh bapak2 inginnya masyarakat kita belajar, udh dikasih keterangan jelas ya dipelajari jgn malas. Karena ya ini jeleknya masyarakat kita kebanyakan malas mempelajari hal baru, mau enaknya aja lgs pake. Coba aja tiap beli barang baru, lgs asal pake coba2 klo bermasalah bingung. Pdhal udh disediakan buku petunjuk biasanya, tp malas dibaca & dipelajari dulu, baru dicari klo udh bermasalah.
Tp buat petugasnya ya jangan pernah cape buat menjawab, namanya juga melayani, dan harap maklum ga semua org juga tau atau mau belajar.
Klo masalah eskalator, itu kan juga bagus namanya meningkatkan pelayanan.
Quote:
Original Posted By Doniee Bramanto►humm,, KRL yaa...
yahh.,,
1. SIntelis (sinyal Telekom dan Kelistrikan) MRI (manggarai) adalah paling sering ambyar karena dia adalah cabang ke bogor bekasi,, jakarta kota gambir - tanah abang
2. pengen liad kerja orang sintelis?? cek aja di gedung sebelah sta MRI yang banyak kacanya,, banyak antenenya,, sebelah balai kesehatan,, masuk dari jln bukit duri utara
3. KRL bekas emang banyak,, yg terakhir yg merah emang bagus karena ex jepang tahun 90an,, yg laen?? tahun 80an
4. AC yg di KRL mati karena pompa banyak yg di ganti made in babah liong dan koh a ling
5. sistem sinyal indo khususnya manggarai mengadopsi SSI-VPI- dan beberapa diganti dari LEN menjadi SIL,, jadi kalo banyak trobel ya wajar,,
6. jujur,, masinis baru masih ngefly kalo bawa KRL,,, tikungan di libas padahal taspat jelas,, maklumm,, kejar target tepat waktu,,
7. SIgn board emang belum efektif,, announcer juga kadang suaranya pelan kayak lum makan 2 hari
8. tiket udah lebih rapi dari pada dulu jadi lebih nyos,,
9. PKD dan kawan2 security tolong di training hospitality lagi biar lebih ramah ke penumpang.
10. kalau delay,, biasanya cuman 2 hal,,, a.. sinyal ngadat,, b ada kereta jarak jauh lewat,,jadi mesti menunggu,, solusinya ,, double2 track kudu rampung
11. ane capek gann,, bagi cendol donk,,,, haussss
### p.s : ane pernah magang di BY MRI unit KRL.. baik jaman ekonomi maupun KRL Merah masu,, juga jaman KRL Inka oranye pas masih di plastikin di depok...
Quote:
Original Posted By frontlinerzs►ane setuju nih . . .
kenapa mesti eskalator segala sih ?
dari segi biaya akan memicu biaya operasional yang lebih tinggi
dari segi penghematan energi tentu akan lebih boros
Quote:
Original Posted By pamegat_ruh►pak handoyo, kalo frekuensi dan keteppatan waktu KRL udah kaya di negara sebelah, silahkan ente komen kayak gini...
kalo belum, silahkan keluarkan kepala dari pantat ente dan mulailah bekerja perbaiki ac yg sering mati dan sinyal manggarai...
Quote:
Original Posted By mydas►Kalo ane sih nyaman2 aja
maklum ane gede di kereta ekonomi
kalo penumpang CL emang manja semua.. Kaya eek semua... Duduk ga mau gantianlah, pura2 molorlah, cuma modal kemeja, pantopel, sama gadget tapi ga ada otak...
Pekiwan gan
Quote:
Original Posted By denicaafryo►waduh gan,, Ibu2 Hamil, anak2, orang tua, para perempuan, dan orang2 yang memakai kursi roda harus lebih di utamakan gan, treat them well, as you want to be treated well
Quote:
Original Posted By tifa7lockhart►
Koplak ni orang...
Yang diterima KAI 1 tiket itu udah sama keuntungan gan...jadi harga komersial (trek ujung ke ujung bogor jakarta) 9.000 itu udah perhitungan bisnis (puas lah KAI dgn hrg tiket sgitu bisa gaji pegawai terndah 4.000.000 apalgi bos2nya, bisa ekstensifikasi gerbong baru, dll)
naah emang yg dbayar penumpang cuman 5.000, karena sisanya 4.000 dibayarin pemerintah...knapa pemerintah mau nombokin? karena penumpang itu rakyat yg musti dilayani...
jadii kalo KAI dapet full harga bisnis 9.000 (5.000 + 4.000) yg musti disalahin siapa..? kalo krl banyak yg batal pagi2, gangguan wesel melulu d manggarai, ac gk nyala adanya angin sauna..?
yg disalahin penumpang gitu..?