- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Beberapa Kesalahan Info Mesin 1KR-DE Pada Web-web Otomotif


TS
everydaybag
Beberapa Kesalahan Info Mesin 1KR-DE Pada Web-web Otomotif
Bagi pecinta otomotif pasti tahu soal mesin yang satu ini. Mesin yang digunakan pada mobil Toyota Agya& Daihatsu Ayla karya bangsa Indonesia. 

Ya, mesin yang dicangkokan pada mobil LCGC ini merupakan "jeroan" yang berasal dari sepupu jauhnya Toyota Aygo & Toyota iQ.
Namun ada sedikit perbedaan dan ada pula kesamaannya. Kesamaannya tentu sama-sama berbasis 1KR alias memiliki cylinder block yang sama, tapi perbedaannya ada terletak pada cylinder headnya. Oleh sebab itu, mesin Aygo & iQ bertipe 1KR-FE sedangkan Agya & Ayla 1KR-DE.
Apa bedanya? Menurut sumber wikipedia arti "FE" pada mesin 1KR-FE adalah DOHC & injection. Sedangkan "DE" saya sendiri belum tahu dan belum ada pengetahuan yang saya dapat tapi menurut logika saya "E" adalah injection dan "D" adalah untuk cylinder head dengan teknologi integrated exhaust manifold karena alfabet pertama setelah tanda "-" mencerminkan karakteristik pada cylinder headnya seperti camshaft atau valvenya. Seperti kutipan glossary pada wikipedia.

Saya liat di beberapa artikel pada website-website otomotif yang membahas hal ini (maaf websitenya tidak saya sebutkan demi perdamaian dunia).
Ada kesalahan informasi seperti ini

Padahal arti dari "FE" tersebut seperti yang sudah saya jelaskan di atas dan sistem VVT-i tidak pernah tercantum dalam engine code seperti halnya mesin pada Corolla Altis yang memiliki tipe 1ZZ-FE yang memiliki versi VVT-i dan nonVVT-i pada generasi awal. Kecuali fitur seperti valvematic atau dual VVT-i memiliki kode tersendiri.
Lalu ada juga tertulis bahwa

Kunci pengurangan bobot pada 1KR-DE sebetulnya terletak pada teknologi integrated exhaust manifoldnya yang mengirit penggunaan manifold seperti pada mobil pada umumnya, sedangkan tutup mesin 1KR-FEpun memang menggunakan valve cover plastik. Teknologi integrated exhaust manifold ini digunakan pada mobil performa / mobil eksklusif / mobil generasi baru seperti Chevrolet Camaro. (wah, karya Indonesia sama dengan bumble bee)

Gambar di bawah perbedaan 1KR-FE dengan 1KR-DE, gambar kiri munjukkan manifold 1KR-FE yaitu ada 3 lubang dengan kata lain ada manifold, sedangkan gambar kanan hanya 1 outport exhaust yakni 1KR-DE rancangan Indonesia.


Meskipun masih belum bisa menciptakan merk sendiri tapi Agya & Ayla ini dari rancangan & pembuatan sebagian besar Indonesia loh kaskuser...
Awalnya mobil Agya & Ayla ini dari concept karya anak bangsa dengan nama A-concept.



Ya, mesin yang dicangkokan pada mobil LCGC ini merupakan "jeroan" yang berasal dari sepupu jauhnya Toyota Aygo & Toyota iQ.
Namun ada sedikit perbedaan dan ada pula kesamaannya. Kesamaannya tentu sama-sama berbasis 1KR alias memiliki cylinder block yang sama, tapi perbedaannya ada terletak pada cylinder headnya. Oleh sebab itu, mesin Aygo & iQ bertipe 1KR-FE sedangkan Agya & Ayla 1KR-DE.
Apa bedanya? Menurut sumber wikipedia arti "FE" pada mesin 1KR-FE adalah DOHC & injection. Sedangkan "DE" saya sendiri belum tahu dan belum ada pengetahuan yang saya dapat tapi menurut logika saya "E" adalah injection dan "D" adalah untuk cylinder head dengan teknologi integrated exhaust manifold karena alfabet pertama setelah tanda "-" mencerminkan karakteristik pada cylinder headnya seperti camshaft atau valvenya. Seperti kutipan glossary pada wikipedia.

Saya liat di beberapa artikel pada website-website otomotif yang membahas hal ini (maaf websitenya tidak saya sebutkan demi perdamaian dunia).

Ada kesalahan informasi seperti ini

Padahal arti dari "FE" tersebut seperti yang sudah saya jelaskan di atas dan sistem VVT-i tidak pernah tercantum dalam engine code seperti halnya mesin pada Corolla Altis yang memiliki tipe 1ZZ-FE yang memiliki versi VVT-i dan nonVVT-i pada generasi awal. Kecuali fitur seperti valvematic atau dual VVT-i memiliki kode tersendiri.
Lalu ada juga tertulis bahwa

Kunci pengurangan bobot pada 1KR-DE sebetulnya terletak pada teknologi integrated exhaust manifoldnya yang mengirit penggunaan manifold seperti pada mobil pada umumnya, sedangkan tutup mesin 1KR-FEpun memang menggunakan valve cover plastik. Teknologi integrated exhaust manifold ini digunakan pada mobil performa / mobil eksklusif / mobil generasi baru seperti Chevrolet Camaro. (wah, karya Indonesia sama dengan bumble bee)


Gambar di bawah perbedaan 1KR-FE dengan 1KR-DE, gambar kiri munjukkan manifold 1KR-FE yaitu ada 3 lubang dengan kata lain ada manifold, sedangkan gambar kanan hanya 1 outport exhaust yakni 1KR-DE rancangan Indonesia.



Meskipun masih belum bisa menciptakan merk sendiri tapi Agya & Ayla ini dari rancangan & pembuatan sebagian besar Indonesia loh kaskuser...

Awalnya mobil Agya & Ayla ini dari concept karya anak bangsa dengan nama A-concept.

sekian inpo dari saya
artikel ini saya buat sendiri tidak ada maksud negatif pada pihak-pihak tertentu / menghakimi beberapa pihak
dan dari menurut sudut pandang ane sendiri
hanya ingin berbagi ilmu penge-tempe-an

tolong jangan dicaci maki / dibata
artikel ini saya buat sendiri tidak ada maksud negatif pada pihak-pihak tertentu / menghakimi beberapa pihak
dan dari menurut sudut pandang ane sendiri
hanya ingin berbagi ilmu penge-tempe-an

tolong jangan dicaci maki / dibata
Spoiler for sumber gambar:
Spoiler for info:
0
9.3K
8


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan