KASKUS

Cara Menghitung Luas Area Menggunakan AutoCad

Bagi Anda yang bekerja di kantor desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten yang berurusan dengan tugas pengukuran tanah tentunya Anda akan selalu mengerjakan pekerjaan menghitung luas lahan atau areal yang Anda ukur. Bentuk bidang lahan yang Anda temui tentunya tidak selalu persegi panjang atau trapesium, atau segi tiga yang menghitung luasnya cukup mudah. Tetapi mungkin Anda menemukan bentuk bidang yang tidak beraturan yang menghitung luasnya cukup susah dan memerlukan waktu lama.

Nah, untuk mempermudah pekerjaan Anda.. sebenarnya ada cara yang sangat membantu mempermudah pekerjaan Anda dengan menggunakan program AutoCad. Hanya saja tidak semua orang dapat menggunakan program tersebut. Bagi Anda yang belum bisa menggunakan AutoCad tentu perlu sedikit belajar. Tapi Anda tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu memperdalam belajar AutoCad, yang penting Anda bisa sedikit yang berkaitan dengan yang Anda perlukan saja.

Ikuti saja langkah-langkahnya sebagai berikut :
Pastikan program Autocad sudah terinstall di komputer Anda dengan meinta bantuan toko komputer atau penjual software komputer di kota Anda. Versinya bisa mulai versi AutoCad 2004 ke atas;
Buka program Autocad dengan mengklik ikon AutoCad di komputer Anda;
Mulailah menggambar area persegi empat (retangle). Caranya pilih menu Draw >Retangle. Lalu tempatkan pointer pada tempat/area yang anda kehendaki dan klik kiri satu kali pada mouse Anda dan geser mouse ke kanan atas. Lalu ketik angka 20,10 lalu tekan enter. Hasilnya adalah kotak (area) yang berukuran 20 x 10 meter. Jika anda menginginkan ukuran 2 digit di belakang koma.. gunakan titik. misalnya 20.79 x 10.65 m … maka anda ketik 20.79,10.65;
Buat arsir pada kotak yang telah Anda buat. Caranya pilih menu Draw >Hatch.. pilih Select Object.. lalu bawa pointer (kursor) ke salah satu sisi kotak yang Anda buat, lalu klik dan tekan enter dan klik Ok. Maka arsiran sudah jadi;
Langkah selanjutnya bawa pointer (kursor) ke area yang diarsir dan klik satu kali;
Selanjutnya pilih menu Tools > Property. Maka akan muncul jendela sebelah kiri. Lalu Lihat pada kolom Geometry.. Area = 200 m2. Itulah luas kotak area yang telah Anda buat. Mudah bukan ?





Bagaimana untuk Area yang tidak beraturan ? Caranya mudah seperti di atas, ikuti langkah-langkah berikut :
Pilih menu Draw > Polylyne;
Bawa pointer dan klik kiri di sembarang tempat satu kali;
Bawa kursor ke arah yang anda kehendaki, ketik jarak yang anda inginkan misalnya angka 15 lalu tekan enter. Lalu kursor bawa ke arah lainnya lalu ketik angka 9 misalnya lalu tekan enter. Lakukan berulang-ulang sehingga membentuk bidang area yang tidak beraturan seperti gambar di atas.
Buat arsir pada bidang yang tidak beraturan yang telah Anda buat, caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
Untuk melihat area lakukan juga seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Dan luas area akan terlihat.

Itulah cara menghitung luas area lahan, tanah atau peta dengan menggunakan fasilitas property pada program Autocad. Semoga ada manfaatnya bagi Anda.

SUMBER
bukanya di ccpb udah ada official trid nya ya
go go