Kaskus

Entertainment

afif.sicmultimeAvatar border
TS
afif.sicmultime
INFO PRAKERIN LENGKAP
Informasi Ini, Ditujukan Untuk Siswa/Peserta Prakerin/Orangtua/Guru Pembimbing Prakerin

Mohon Untuk Pihak Sekolah Jika Berkenan Bisa disampaikan ke Siswanya. Terima Kasih.


BANTUAN INFORMASI
TEMPAT PKL/ PRAKERIN
UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA, ANIMASI,
RPL (REKAYASA PERANGKAT LUNAK) DAN
TKJ (TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN)
DI DAERAH YOGYAKARTA

A. Pendahuluan
a. Latar Belakang
Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan PKL/Prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.

Beberapa siswa peserta Prakerin ada yang memilih tempat Prakerin yang dipilihkan pihak Sekolah, ada yang mencari sendiri, dicarikan saudara, teman, dan sebagainya. Banyak siswa peserta Prakerin yang mengalami permasalahan seperti dibawah ini :
1. Kesusahan dan bingung untuk mencari tempat Prakerin sendiri
• (misal sdh mencari kemana-mana tapi belum dapat juga/sudah penuh diisi dari sekolah lain/belum punya gambaran tempat seperti apa yg tepat utk dicari,ada yang sudah mencari berhari-hari dan berkali-kali belum menemukan juga,dll)
2. Tempat Prakerin/Pekerjaan yang kurang cocok/tidak cocok dengan jurusannnya
• (misal jurusan multimedia/animasi/RPL/TKJ tetapi disuruh entri data saja,mengetik saja,jaga tamu saja,nunggu toko,misal dipercetakan hanya melipat undangan,angkat&menata buku,misal di TV hanya membantu ngulur kabel,menulis artikel,melihat prosesnya saja,misal ada yg diwarnet juga,ada yang disuruh jaga toko computer,dan kasus-kasus lainnya yang sudah pernah dicurhatkan/dialami siswa Prakerin)
3. Kebingungan mencari Kost/Tempat tinggal sementara jika dari luar daerah
• (misal dari luar daerah/tdk memiliki saudara di daerah tempat prakerin yang dituju, terkadang kesusahan mencari kos, ada yg sampai berhari-hari mencari belum dapat, atau dapat kos tetapi terlalu mahal, atau dapat kos tetapi jaraknya jauh dengan tempat Prakerinnya, atau dapat kos tetapi lingkungan tidak aman, atau dapat kos tetapi lingkungan banyak kegiatan negatifnya, dll)
4. Banyak siswa peserta Prakerin yang disepelekan
• (misal dibiarkan saja tanpa bimbingan yang maksimal, hanya disuruh mengerjakan yang mengandalkan fisik saja, hanya dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan diluar kompetensi Jurusannya, misal membuatkan minuman, memijat, mengambilkan barang-barang yang tidak wajar, disuruh membelikan sesuatu diluar kompetensi jurusannya secara terus menerus, tidak ada pekerjaan yang real/nyata yg didapatkan siswa, dll)
5. Banyak siswa peserta Prakerin yang nganggur di jam kerja karena tidak diberi kesempatan ikut dalam kerja secara real/nyata
6. Banyak Peserta Prakerin yang belum tahu kisaran biaya hidup selama di tempat PKL, sehingga terkadang dirasa berat oleh orangtua karena tidak ada persiapan lebih awal dan info yang lengkap
• (misal orangtua menjadi berat karena anak memberitahukannya mendadak, belum tahu biaya hidup selama prakerin didaerah tersebut, biaya apa saja yang akan dikeluarkan oleh siswa, misal biaya makan minum, kos, laporan, pulsa, keperluan pribadi, dll harus diberitahu di awal agar orangtua bisa mempersiapkan secara detail apa saja yang dibutuhkan selama prakerin, jika sudah tahu secara detail biaya hidup selama prakerin satu bulan/2 bulan sebelumnya maka orangtua bisa mempersiapakan/menabung untuk keperluan tersebut)
7. Dan sebagainya


Hal-hal lain untuk dipertimbangkan :
1. Siswa
• Jika siswa mengetahui lebih detail tentang info prakerin, baik tempat, tata cara, jenis pekerjaan, dll maka akan lebih mudah dan juga tepat sasaran dalam mencari tempat prakerin
• Siswa harus tahu/harus berusaha tahu, perkiraan pekerjaan apa saja yang ada di DUDI/Tempat Prakerin tersebut
• Siswa diharapkan tidak mencari berkali-kali keluar daerah karena akan membutuhkan biaya untuk pulang pergi dan selama perjalanan
• Dengan Siswa mengetahui informasi ini, maka bisa ikut membantu orangtua dalam menabung lebih awal, mempersiapkan lebih awal agar tahu secara detail
• Siswa juga jadi memiliki motivasi yang besar, dan memiliki pengalaman yang baik/tidak terlupakan selama prakerin berlangsung
2. Sekolah
• Pihak sekolah juga jadi tidak khawatir dengan adanya informasi ini, karena selain bisa memperingan dalam membimbing, pihak sekolah juga jadi lebih mudah dalam komunikasi/bertemu dengan siswa. Sebagai pertimbangan, banyak siswa juga yang terkadang senang sekali lepas dari sekolah/lepas dari pengawasan, atau terkadang ada yang mencurangi dengan membuat laporan palsu, atau pura-pura ditempat Prakerin ternyata hanya main-main saja, dan kasus-kasus lainnya.
3. Orangtua
• Pihak orangtua jadi bisa lebih mempersiapkan kisaran biaya yang dikeluarkan jauh-jauh hari
• Pihak orangtua bisa lebih ikhlas/tenang karena siswa nya tetap dibimbing dan diawasi
• Pihak orangtua juga bisa lebih tenang jika sewaktu-waktu ada yang sakit, atau terjadi apa-apa ada yang sudah ikut mengawasi/melaporkan
• Tentunya pihak orangtua jadi lebih tahu minimal tahu kira-kira anak mau diberi uang berapa selama prakerin, dan lebih tahu kegiatannya apa saja ditempat prakerin tersebut.
4. Tempat Prakerin/DUDI
• Akan terasa terbantu dengan adanya siswa prakerin yang siap pakai, karena dilengkapi dengan Pelatihan/training dulu selama 3-5 hari untuk pelatihan sesuai dengan pekerjaan yang ada di tempat Prakerin tersebut
• Akan memiliki jaringan/relasi dalam memberikan info lowongan pekerjaan/kerjasama dalam bidang lain.


Dengan adanya kasus/ permasalahan di atas, maka kami dari Panitia ingin membantu memberi informasi dan juga rekomendasi tempat-tempat PRAKERIND di Sekitar Yogyakarta secara online, untuk jurusan :
1. Multimedia
2. Animasi
3. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
4. TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Kami SIAP Membantu Teman-teman, untuk memberikan BANTUAN INFORMASI BERKAITAN DENGAN PRAKERIN dalam beberapa hal yaitu :
• Penempatan ke Tempat PKL/Prakerin, ( Ada lebih dari 10 tempat yang bisa digunakan sebagai tempat Prakerin Untuk Jurusan diatas )
• Pelatihan GRATIS untuk pembekalan sesuai dengan jurusannya masing-masing (beberapa hari di awal pertemuan, sebelum diterjunkan ke Tempat PKL/Tempat Prakerin)
• Penginapan Gratis (Tempat Terbatas, hanya bagi Peserta PKL/Prakerin yang benar-benar kurang mampu/ yatim piatu)
• Bantuan/Fasilitas Umum :
 Bagi Peserta Prakerind diijinkan untuk meminjam LAPTOP /PC dari Panitia Untuk keperluan selama Prakerind/PKL
 Bagi Peserta Prakerind diberi fasilitas internet 24 Jam
 Bagi Peserta Prakerind diijinkan untuk meminjam HANDYCAM/Kamera Digital untuk keperluan dokumantasi Peserta Prakerind
 Bagi Peserta prakerind sewaktu-waktu bisa REFRESHING bersama seperti : FUTSAL Bersama, Karaoke Bersama di Studio, Ke Pantai bersama, dan Rekreasi bersama ke tempat wisata sekitar Yogyakarta ( Keraton, Benteng, Pantai, Malioboro, Bonbin, dll)
 Bagi Peserta Prakerind juga akan mendapatkan bimbingan/bantuan dalam membuat Laporan Prakerin untuk tugas sekolah
 Bisa Konsultasi tentang permasalahan selama prakerin lainnya
 Dll


B. TAHAPAN PENDAFTARAN Kegiatan PKL / Prakerind
1. DAFTAR dulu dengan CARA SMS (ketik) DAFTAR PRAKERIN/PKL (spasi) NAMA LENGKAP (spasi) ASAL SEKOLAH (spasi) JURUSAN (spasi) JENIS KELAMIN (spasi) JUMLAH TEMAN YANG DIAJAK (spasi) ALAMAT ASAL (spasi) TAHU DARI ALAMAT BLOG/WEB APA (spasi) BERAPA LAMA PRAKERIND (spasi) MULAI TANGGAL BERAPA, BULAN APA, DAN BERAKHIR KAPAN kirim KE : 08180 4075 713 ( Panitia)

2. Setelah daftar melalui SMS, maka akan ada INFO Selanjutnya melalui SMS
3. Diadakan Pelatihan GRATIS selama 3-5 Hari terlebih dahulu untuk BEKAL selama Prakerind/PKL meliputi :
 Pelatihan menerima tamu
 Pengenalan Badan Usaha/Profil Badan Usaha nya (profil, staff karyawan, daftar harga, peraturan, jenis pekerjaannya apa saja, dll
 Pelatihan Sesuai dengan Jurusan Masing-Masing Peserta : Multimedia, Animasi, RPL (Rekayasa Perangkat Lunak, dan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
 Langkah Selanjutnya adalah Pelatihan Gratis Tentang Motivasi, Kedisiplinan, Kerjasama, Kebersihan, Tanggungjawab, Percaya Diri, Kemandirian, Kreatifitas, Inisiatif, dll
4. Langkah Selanjutnya Penempatan ke TEMPAT PKL/ Badan Usaha Yang Sudah Dipilih Setiap Peserta Di Awal Masuk, (Boleh Memilih Maksimal 2 Tempat), Pilihannya adalah :
• PRO INTERMEDIA Bisa Menerima 20 Anak
• SIC Multimedia Bisa Menerima 20 Anak
• Herro Notebook Center Bisa Menerima 15 Anak
• KJ Computer Bisa Menerima 10 Anak
• Buana Creative Bisa Menerima 15 Anak
• Auditama Computer Bisa Menerima 15 Anak
• Rajawali Bisa Menerima 10 Anak
• Resentika Computer Bisa Menerima 6 Anak
• Super Production Bisa Menerima 10 Anak
• Home Multimedia Bisa Menerima 6 Anak
• HNP Jogja Bisa Menerima 10 Anak
• O-Design Bisa Menerima 10 Anak
• Orto Creative Bisa Menerima 10 Anak
• Click Creative Bisa Menerima 10 Anak
• Geant Creative Bisa Menerima 6 Anak
• Dll
0
1.5K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan